14 Manfaat Sengatan Lebah bagi Tubuh Manusia, Untuk Kesehatan dan Kecantikan

By

Meski terdenger menyeramkan, namun manfaat sengatan lebah bagi tubuh manusia cukup efektif mengobati beberapa keluhan penyakit. Lebah memiliki racun yang mengandung zat kimia dan memiliki efek antiperadangan. Zat tersebut dipercaya mampu dalam mengurangi nyeri serta berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit karena mengurangi peradangan.

Manfaat sengatan lebah melalui terapi sengat lebah atau apitherapy adalah pengobatan penyakit menggunakan produk yang dihasilkan lebah seperti madu, racun, liur (propolis), serta susu lebah teruji dapat bermanfaat bagi penyembuhan penyakit. Selain itu, sengatan lebah juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Berikut uraiannya :

A. Manfaat Sengatan Lebah Bagi Tubuh Manusia [Kesehatan]

Sengatan lebah telah dikaji dalam berbagai penelitian. Beberapa hasil dalam penelitian memang menyatakan bahwa sengatan lebah memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Adapun berbagai jenis manfaat sengatan lebah bagi tubuh manusia untuk kesehatan di antaranya adalah sebagai berikut:

Alergi

Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan terapi sengat lebah adalah alergi. Terapi sengat lebah mampu membantu dalam mengurangi reaksi dari kekebalan tubuh bagi penderita alergi. Selain itu, terapi sengat lebah juga dapat mengurangi reaksi peradangan yang diderita oleh penderita asma. Namun cara ini harus dilakukan dengan langkah yang benar.

Rheumatoid arthritis (RA)

Terapi sengat lebah dipercaya dapat mengurangi beberapa keluhan penyakit seperti nyeri, bengkak, dan juga kaku pada persendian yang sering dialami oleh penderita rheumatoid arthritis.Dengan terapi sengat lebah, dapat membantu setidaknya meredakan beberapa rasa sakitnya.

Selain dari itu, terdapat juga penelitian yang menyatakanbahwa ketika memberikan obat-obatan dalam menangani gejala rheumatoid arthritis serta ditambah dengan terapi sengat lebah juga dipercaya mampu dalam mencegah kekambuhanrheumatoid arthritis.

Lupus

Penyakit lupus merupakan penyakit radang, penyebabnya dalah sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan tubuh sendiri. Karena terapi sengat lebah salah satunya efektif dalam penyembuhan radang, maka terapi ini juga dipercaya dapat mengurangi peradangan akibat penyakit lupus.

Penyakit saraf

Penyakit saraf merupakan penyakit yang menyerang saraf dan berdampak pada terganggunya sistem saraf seperti susah untu gerak, berbicara, beripikir, menelan dan lainnya. Dengan Terapi sengat lebah yang juga dapat bermanfaat sebagai pengobatan alternatif  untuk mengatasi berbagai  penyakit saraf, seperti penyakit multiple sclerosis dan Parkinson. 

Nyeri punggung

Nyeri pada punggung merupakan nyeri karena kekakuan yang terasa sepanjang tulang belakang hingga tulang ekor serta dasar leher. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa setelah melakukan terapi sengat lebah dengan durasi 3 hingga 6 minggu, penderita nyeri punggung kronis dapat mengurangi rasa nyeri serta semakin nyaman dalam melakukan aktivitas lagi.

Sebagai obat antiradang

Manfaat terapi sengat lebah salah satunya adalah dapat memberi efek positif dari kandungan anti radang atau antiinflamasi di dalamnya. Meski begitu, tidak disarankan dalam melakukan terapi sengat lebah dengan jumlah yang terlalu banyak. Hal tersebut dikarenakan senyawa melittin di dalamnya dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal dan radang dalam dosis yang berlebih.

Meredakan rasa nyeri

Universitas Oxford melakukan penelitian pada tahun 2005 yang menyatakan bahwa racun lebah dari sengatan lebah memiliki manfaat dapat menghilangkan rasa nyeri yang kuat.Swedish Medical Center juga menyatakan bahwa racun lebah terdapat adolapin yang memiliki sifat analgesik.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa bukti anekdotal di situs AAS yang membuktikan bahwa racun lebah memiliki kemampuan untuk menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri.

Berfungsi mengatur kelenjar tiroid

Terdapat penyakit yang merupakan hipertiroidismedesebabkan kaena tiroid terlalu aktif. Dalam mengatur fungsi tiroid agar norma kembali pada wanita, terapi sengat lebah dipercaya mampu mengatasinya. Namun, pengobatan untuk tiroid ini masih diteliti lebih lanjut.

Meringankan gejala radang sendi atau rematik

Acupuncture Research mempublikasikan penelitian pada tahun 2008 yang menyatakan bahwa rematik atau radang sendi (arthritis) dapat diobati dengan terapi sengat lebah. Sejumlah 100 orang terlibat dalam penelitian tersebut, yaitu orang-orang dengan keluhan penyakit radang sendi.

Dalam proses penelitiannya, para peserta yang berpartisipasi diberikan obat, yaitu terapi sengat lebah dan obat rematik. Dua kelompok perlakuan yang berbeda tersebut, selang waktu tiga bulan pengobatan mulai menunjukkan bahwa keluhan gejala radang sendi berkurang. Namun, didapat hasil bahwa kelompok terapi sengat lebah lebih jarang kambuh dari pada hanya obat biasa.

B. Manfaat Sengatan Lebah Bagi Tubuh Manusia [Kecantikan]

Salain berkhasiat dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Ternyata terapi sengat lebah juga memiliki khasiat untuk kecantikan.Berikut uraiannya :

Dapat membasmi jerawat

Wima M. Harsono, Akp, yang merupakan ahli apitherapy mengungkapkan bahwa salah satu manfaat apitherapy untuk estetik adalah untuk membersihkan wajah yang memiliki jerawat membandel. Jerawat yang tumbuh besar serta memilikisifat patologis hingga keluar nana maka perlu dilakukan sengatan agar bakteri yang bersarang hilang atau dengan air liur lebah (propolis).

Bermanfaat menghilangkan kerutan

menghilangkan kerutan juga dapat dilakukan dengan perawatan menggunakan sengat lebah. Terdapat penelitian dari seorang pekerja farmasi dari Inggris yang menuturkan bahwa bee venom atau racun lebah dapat bermanfaat mengencangkan kulit.

Dalam penggunaannya, bisa dipilih untuk langsung mendapat sengatan lebah atau cukup memakai krim saja.Tentu kembali lagi dilihat dari kondisi kerutan, jika kerutan yang muncul hanya biasa cukup dengan menggunakan susu lebah khusus untuk wajah. Namun, jikakerutan secara alami msialkan kerutan dibawah mata, maka cukup dioleskan susu lebah diarea tersebut saja.

Bermanfaat menghaluskan kulit

Banyak dari bagian lebah yang dapat dimanfaatkan, tidak hanya dari sengatannya saja. Salah satunya adalah madu yang dihasilkan oleh lebah. Kulit dapat menjadi halus ketika menggunakan madu dalam perawatannya. Madu juga dapat menghaluskan bekas dari jerawat yang mengganggu penampila.

Mengecilkan Pori-pori

Permasalahan wajah selain jerawat adalah pori-pori kulit wajah yang membesar. Produk lebah lainnya yang dapat membantu dalam merawat kecantikan wajah adalah venom atau racun lebah. Racun lebah dipercaya dapat mengecilkan pori-pori wajah. Namun, ekstrak venom dari lebah sangat sulit didapat, hingga membuat harga dari perawatan ini sangat mahal.

Kulit Tidak ‘Bersisik’

Madu asli dari lebah memiliki manfaat untuk kecantikan lainnya, yaitu membantu agar kulit tidak bersisik. Dokter spesialis kulit dan kelamin RSCM, dr.  Eddy Karta, SpKK, menyatakanmeski banyak yang meyakini khasiat terapi sengat lebah untuk kecantikan, namun hal tersebut belum diuji secara ilmiah sehingga keamannya belum diketahui.

C. Efek Samping Terapi Sengat Lebah

Meski manfaat sengatan lebah bagi tubuh manusia dapat membantu mengurangi penyakit serta kebutuhan kecantikan, namun terapi sengat lebah memiliki beberapa efek samping. Efek samping ini biasanya terlihat oleh beberapa orang yang mengalami pembengkakan dan kemerahan sesaat ketika telah melakukan terapi ini. Selain manfaat sengatan lebah bagi tubuh manusia dapat mengobati alergi, namun sengat lebah dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa penderita alergi tertentu. Bahkan, untuk orang yang tidak alergi sekalipun efek samping yang ditimbulkan kulit bengkak tetaplah berisiko.

Tinggalkan komentar