10 Manfaat Senam Lantai bagi Kesehatan, Jangan Lewatkan!

By

sumbersehat.com – Manfaat senam lantai tak pandang usia, mulai dari balita sampai lansia bisa memperoleh hasil maksimal dari olahraga ini bila diterapkan secara rutin atau berkala. Senam lantai adalah salah satu olahraga yang punya beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Olahraga ini juga termasuk mudah dilakukan dimana dan kapan saja, sesuai dengan kebutuhan harian anda. Hal ini tentu menjadi salah satu keunggulan senam lantai dibandingkan jenis olahraga lainnya.

Khususnya di tengah pandemi sekarang ini, senam lantai bisa jadi salah satu pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan tanpa harus keluar rumah. Dan manfaat yang mungkin Anda dapatkan dari senam lantai tak main-main, mulai dari kesehatan tubuh sampai manfaat lainnya. Apa saja? Nah, berikut ini beberapa manfaat yang perlu anda ketahui agar semakin bersemangat untuk melakukan senam lantai. 

manfaat senam lantai

Inilah Manfaat Senam Lantai

Adapun khasiat senam lantai bagi kesehatan adalah:

Meningkatkan imun tubuh

Daya tahan atau imun tubuh merupakan hal penting yang harus dijaga terutama selama masa pandemi. Bagaimana tidak, virus Corona maupun berbagai bakteri penyebab penyakit lainnya dapat mudah menggerogoti kesehatan anda bila imunitas yang dimiliki rendah. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh adalah rutin melakukan olahraga. 

Tanpa harus keluar rumah, senam lantai menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat melakukannya dimana saja dan dapat disesuaikan dengan jadwal atau waktu yang anda inginkan, mungkin setelah bekerja maupun sebelum melakukan aktivitas di pagi hari. Baca juga Jenis-Jenis Senam Lantai Yang Wajib Anda Ketahui, Ada 10!

Meningkatkan kelenturan tubuh

Manfaat senam lantai selanjutnya adalah meningkatkan kelenturan tubuh. Kelenturan tubuh menjadi hal yang penting apalagi saat anda melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan maupun berbagai aktivitas lainnya yang menyita tenaga fisik. Oleh karena itu, untuk mempertahankan stamina anda dalam melakukan setiap aktivitas adalah dengan rajin melakukan senam lantai. 

Terutama bagi anda yang melakukan pekerjaan secara monoton seperti duduk dalam waktu yang terlalu lama, berbagai gerakan yang dilakukan saat senam lantai akan membantu anda memperbaiki kelenturan tubuh. 

Menguatkan tulang

Siapa sangka, manfaat senam lantai lainnya adalah turut membantu menguatkan tulang. Bagi balita dan anak-anak, aktivitas senam lantai dapat dijadikan salah satu olahraga yang cukup menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama serta dapat dipadukan dengan berbagai gerakan yang membuat anak atau balita betah untuk melakukan senam lantai. 

Tak hanya itu, senam lantai juga sangat bermanfaat bagi kesehatan lansia. Senam lantai dapat membantu menguatkan tulang pada lansia, khususnya bila mereka telah mengalami pengeroposan pada persendian maupun tulang belakang. Gerakan yang ada di senam lantai pun dirasa mudah untuk diterapkan, baik bagi lansia maupun balita.

Membantu menurunkan berat badan atau diet

Melancarkan proses penurunan berat badan saat berdiet menjadi salah satu manfaat senam lantai. Anda dapat mengontrol bentuk tubuh yang ideal dengan melakukan senam lantai. Kegiatan ini tidak akan menyita energi anda secara berlebihan dalam satu kali waktu, melainkan secara berkala atau bertahap menurunkan tingkat kalori yang ada di dalam tubuh anda. 

Bagi anda kaum hawa yang mungkin merasa kurang percaya diri untuk datang ke gym atau melakukan kegiatan olahraga seperti jogging, maka senam lantai dapat menjadi pilihan alternatif untuk menurunkan berat badan. Anda hanya perlu menyesuaikan berbagai gerakan dengan kalori yang ingin anda kurangi.

Mencegah penuaan dini

Tahukah anda bahwa senam lantai tak hanya membantu anda untuk menurunkan berat badan maupun menjaga kesehatan tulang saja? Melainkan pada kenyataanya seperti yang diungkapkan salah satu penelitian di Universitas Amerika, dinyatakan bahwa manfaat senam lantai khususnya bagi paruh baya adalah mengurangi kerutan maupun tanda-tanda penuaan dini yang muncul.

Hal ini dikarenakan senam lantai secara tak langsung membuat tubuh anda aktif bergerak dan melatih kesehatan jantung, sehingga peredaran darah yang mengalir di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Akibatnya, berbagai sumbatan maupun kerutan yang seringkali timbul di wajah dapat ternetralisir dengan baik.

Mengurangi stress

Manfaat senam lantai juga efektif memperbaiki suasana hati anda. Apabila anda mengalami bad mood atau gangguan suasana hati secara tiba-tiba, mungkin saja hal ini sebagai pertanda bahwa tubuh anda sedang ingin diistirahatkan. Sehingga, olahraga senam lantai dapat menjadi alternatif yang menyenangkan sekaligus menyehatkan untuk mengurangi stress.

Anda juga bisa memadukan aktivitas senam lantai dengan kegiatan lain seperti meditasi. Sehingga, secara fisik dan mental anda dapat menjadi lebih tenang. Stres akibat tekanan pekerjaan atau kegiatan sosial lainnya pun akan teratasi.

Mencegah berbagai penyakit

Manfaat senam lantai tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh saja, melainkan menghalau berbagai penyakit yang mungkin menyerang anda, mulai dari bakteri sampai penyakit dari dalam tubuh seperti tumor atau stroke

Gerakan-gerakan dinamis dan statis yang ada di senam lantai membantu untuk melancarkan kerja jantung, paru-paru, sampai hati anda. Organ tubuh yang berjalan dengan baik akan mengakibatkan metabolisme yang baik pula bagi tubuh anda. Sehingga anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yang bisa saja menyerang anda.

Memperkuat sendi atau otot

Selanjutnya, senam lantai juga diketahui efektif membantu tubuh untuk memperkuat sendi dan otot-otot. Ditambah lagi bila anda juga memadukannya dengan konsumsi berbagai makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium untuk memperkuat kinerja otot dan tulang. Mau info kecantikan dan fashion? simak disini!

Memperbaiki mood

Seperti yang disinggung di atas, manfaat senam lantai dalam memperbaiki mood dapat membantu anda untuk memulai hari dengan lebih menyenangkan. Ketika anda melakukan senam lantai terlebih dahulu di pagi hari, maka tanpa disadari anda akan merasa lebih segar dan bertenaga untuk melakukan setiap aktivitas dari pagi sampai malam hari nanti.

Memperbaiki kualitas tidur

Terakhir, pernahkah anda merasa insomnia atau kesulitan dalam tidur? Apabila anda pernah mengalami hal demikian, maka olahraga senam lantai dapat menjadi salah satu cara dalam memperbaiki kualitas tidur. Terapkanlah beberapa gaya dalam senam lantai yang dikhususkan untuk memperbaiki kualitas tidur anda.

Tujuan Senam Lantai

Beragam manfaat di atas dapat anda nikmati dengan mudah bila melakukan olahraga ringan ini secara rutin. Namun, apakah sebenarnya tujuan senam lantai? Secara sederhana, olahraga yang disebut senam lantai bertujuan untuk melakukan pengembangan pada fisik seseorang agar tubuh, pikiran, dan kesehatan organ tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Jenis-Jenis Senam Lantai

Selain berbagai manfaat senam lantai, anda juga perlu mengetahui beberapa jenis dari senam lantai yang mungkin bisa anda jadikan inspirasi untuk diterapkan. Jangan lupa, anda bisa memadu-padankan berbagai gerakan sesuai keinginan.

  1. Guling ke depan
  2. Guling ke belakang
  3. Handstand
  4. Lompat harimau
  5. Salto
  6. Sikap lilin
  7. Kayang

Nah, di atas adalah beberapa manfaat senam lantai sampai jenis-jenis senam lantai yang dapat anda coba di rumah. Anda perlu menyadari bahwa kesehatan adalah hal terpenting yang harus dijaga. Olahraga dapat menjadi salah satu pilihan dalam menjaga kesehatan. Pastikan anda menyediakan cukup waktu setiap harinya untuk melakukan olahraga, ya!

Tinggalkan komentar