8 Manfaat Secang untuk Kesehatan Tubuh, Kandungan dan Cara Mengolahnya

sumbersehat.com – Manfaat secang atau dalam bahasa latin sering disebut caesalpinia sappen L sudah tidak diragukan lagi. Sejak berabad-abad silam kemujaraban kayu secang ini sudah sangat dikenal. Kala itu kayu secang digunakan sebagai ramuan obat tradisional yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Belakangan ini, khasiat secang juga mulai populer di kalangan masyarakat. Hal itu dikarenakan kemanjuran khasiat kayu secang ini memang bisa dibuktikan. Berbicara mengenai manfaat secang untuk kesehatan tubuh, ada baiknya juga kalau sebelumnya kita pahami dulu kandungan nutrisi yang terdapat dalam kayu secang. Berikut adalah beberapa kandungan yang ada dalam kayu secang.

manfaat secang
kayu secang

Kandungan dalam kayu secang

Kandungan secang yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan antara lain brazilin, brazilein, alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, terpenoid, dan antrakuinon. Selain itu Setiap potongan kayu secang juga memiliki kandungan asam galat, delta-a phellandrene, ocimene, resin, resorsinol, dan minyak atsiri.

Dari beberapa kandungan tersebut, ada juga zat khusus di dalam kayu secang yaitu sappanchalcone dan Caesalpin P. Kandungan dan zat khusus tersebutlah tercipta banyak manfaat secang untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Berikut ini adalah 9 khasiat secang untuk kesehatan tubuh.

Inilah Manfaat Secang untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Ada beberapa khasiat secang bagi kesehatan diantaranya adalah:

1. Sebagai antialergi

Manfaat secang bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah sebagai anti alergi. Kayu secang memang dipercaya mampu menjadi penawar berbagai alergi yang dirasakan tubuh. Kandungan dalam kayu secang yaitu senyawa kalkon, terbukti sangat efektif untuk dimanfaatkan sebagai anti alergi. Kandungan ini dipercaya mampu melemahkan hingga menghilangkan efek alergi yang dirasakan tubuh.

2. Bersifat antimikroba

Manfaat yang juga bisa didapatkan dari kayu secang adalah bersifat anti mikroba. Kayu secang diketahui mengandung senyawa metanol yang bisa menghambat bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini bisa menimbulkan infeksi kulit, keracunan makanan, hingga infeksi persendian. Manfaat ini bisa anda rasakan dengan cara mengkonsumsi rebusan air secang secara rutin.

3. Sebagai sumber antioksidan

Selain ke 2 manfaat secang tersebut, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan saat mengkonsumsi kayu secang adalah sebagai sumber antioksidan. Antioksidan dalam kayu secang memang sangat tinggi. Sebelumnya tanaman yang dikenal memiliki kandungan antioksidan adalah teh.

amun sayang, mengkonsumsi teh secara berlebihan bisa mengakibatkan kecanduan layaknya kecanduan kafein. Oleh karena itu, bagi anda yang membutuhkan banyak antioksidan namun tidak ingin kecanduan, anda bisa mengkonsumsi kayu secang secara rutin.

4. Meningkatkan imun tubuh

Manfaat secang untuk kesehatan tubuh yang juga tidak banyak diketahui orang adalah mampu meningkatkan imun tubuh. Imunitas merupakan salah satu elemen terpenting dalam tubuh yang harus dirawat. Imunitas tubuh memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan imun tubuh dengan mengkonsumsi secang.

Mengapa dengan kayu secang? Hal itu dikarenakan di dalam kayu secang terdapat senyawa fenolik dan flavonoid yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Dengan kandungan ini anda bisa dengan mudah meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat dan menghindari kerusakan sel-sel tubuh secara oksidatif.

5. Menstabilkan sel syaraf

Khasiat secang selanjutnya adalah karena kandungan anti konvulsan alami. Antikonvulsan dalam dunia medis memiliki arti jenis obat-obatan yang dapat membantu menormalkan dan menstabilkan rangsangan sel saraf agar tak mengalami kejang-kejang. Selain itu antikonvulsan ini juga memiliki fungsi untuk meredakan nyeri karena gangguan saraf dan mampu mengobati bipolar.

6. Dapat mengobati penyakit diabetes

Selanjutnya manfaat secang yang juga tidak kalah bagus adalah mampu mengobati penyakit diabetes. Kandungan senyawa yang terdapat pada kayu secang dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Kandungan senyawa positif seperti brazilin caesalpinia P, sappa kalkon, dan protosappanin A mampu menghambat produksi enzim aldose reduktase yang menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit diabetes. Karena itulah minuman secang sangat disarankan untuk penderita diabetes.
Sebagai bahan minuman tradisional.

Selain digunakan sebagai obat-obatan, secang juga sering dimanfaatkan untuk bahan minuman tradisional. Kayu secang memang sangat sering dijadikan campuran untuk membuat minuman tradisional. Sejak dahulu secang ini memang menjadi minuman favorit. Hal itu ternyata tidak serta Merta karena rasa nya tetapi juga khasiat yang dirasakan ketika mengkonsumsi minuman secang.

7. Penangkal radikal bebas

Kandungan yang terdapat dalam kayu secang memang tidak bisa diragukan lagi. Seperti kandungan flavonoid, dengan kandungan flavonoid ini Kayu secang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan asupan vitamin C,antibiotik alami, serta penangkal radikal bebas. Oleh karena itu kayu secang ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

8. Mengobati diare, mual dan muntah

Manfaat secang yang ke sembilan adalah untuk mengobati diare, mual dan muntah. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa yang baik dalam kayu secang juga bisa menjadi alat pembasmi bakteri escherichia coli penyebab diare dan penyakit pencernaan. Dengan rutin mengkonsumsi minuman secang ini, maka tidak heran jika bakteri-bakteri penyebab gangguan pencernaan pun bisa segera sirna.

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh secang, ada baiknya juga kita mengetahui bagaimana cara mendapatkan manfaat tersebut. Berikut ini ada beberapa cara pengolahan kayu secang agar bisa dinikmati manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Berikut ulasannya!

Cara Mengolah Secang untuk Menikmati Khasiat Secang

Adapun cara mengolah secang yang efektif untuk mendapatkan manfaat yang maksimal adalah :

1. Diolah sebagai campuran minuman

Untuk mendapatkan manfaat kayu secang, anda tentunya harus mengerti dulu bagaimana cara mengolah secang agar manfaatnya bisa dirasakan tubuh. Cara yang pertama adalah dengan diolah sebagai campuran minuman. Biasanya secang ini di campurkan ke dalam minuman-minuman tradisional seperti wedang secang, wedang uwuh dan juga bandrek. Dengan cara ini manfaat secang akan langsung dirasakan oleh tubuh.

2. Dijadikan olahan obat

Untuk mendapatkan khasiat secang untuk kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengolah secang mentah sebagai obat. Seperti dengan cara merebus beberapa potong kayu secang ke dalam air lalu meminum air rebusan tersebut. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengkonsumsi racikan obat yang dibuat dari bubuk kayu secang kering.

Untuk bisa mendapatkan manfaat secang untuk kesehatan tubuh, tentunya dibutuhkan ketelatenan dan juga rutin dalam mengkonsumsi. Hal itu dikarenakan walaupun kandungan yang terdapat dalam kayu secang sangat baik tapi jika tidak dikonsumsi secara teratur, manfaatnya pun akan sulit dirasakan. Obat alami tentu efeknya tidak sama dengan obat kimia, sehingga Anda harus bersabar dalam menunggu hasilnya.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan mengenai 9 khasiat secang untuk kesehatan yang jarang diketahui orang. Semoga dengan informasi yang kami berikan anda bisa merasakan bagaimana manfaat secang yang sesungguhnya , tentunya juga dengan cara pengolahan yang tepat. Selaman mencoba dan semoga bermanfaat, teruslah simak artikel bermanfaat di sumbersehat.com

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *