5 Manfaat Sayur Pare Untuk Asam Urat, Jangan Abaikan!

By

sumbersehat.com – Manfaat sayur pare untuk asam urat mungkin jarang yang mengetahui. Hal ini dikarenakan sayur pare yang rasanya pahit apabila dikonsumsi. Sehingga orang-orang tidak pernah berpikir untuk menggunakan sayur ini sebagai obat. Padahal manfaat sayur pare untuk kesehatan banyak sekali. Terutama untuk mengobati penyakit asam urat, penyakit yang banyak diderita orang Indonesia.

Asam urat sering digambarkan sebagai pembengkakan pada persendian. Peradangan tersebut disertai dengan rasa sakit yang seperti terbakar. Umumnya asam urat dapat menyerang semua persendian di dalam tubuh. Namun, yang paling banyak adalah persendian kaki. Penyebab asam urat ini sangat beragam, misalnya karena konsumsi daging berlebihan, minum alkohol hingga masalah obesitas.

manfaat sayur pare untuk asam urat

Inilah Manfaat Sayur Pare Untuk Asam Urat yang Jarang Diketahui

Sayur pare yang memiliki nama latin Momordica Charantia adalah sejenis tanaman merambat dengan buah lonjong serta memiliki tekstur yang kasar. Selain dikenal pahit, pare juga dikenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Apabila pare dikonsumsi dengan takaran yang benar dapat mengobati kelainan pencernaan. Sedangkan untuk asam urat manfaatnya antara lain:

1. Mencegah Hiperglikemik

Para ahli telah melakukan beberapa penelitian yang membuktikan bahwa pare mampu menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah. Seseorang yang memiliki kadar gula tinggi lebih berisiko terkena asam urat. Jadi, secara tidak langsung manfaat sayur pare untuk asam urat telah teruji secara ilmiah. Cara konsumsinya dengan mengambil ekstrak pare dan meminumnya satu sendok per hari. Dapatkan info kesehatan menarik lainnya di Qsehat.

2. Meningkatkan Produksi Insulin

Pare adalah salah satu sayur yang dapat meningkatkan pembentukan sel beta kelenjar pancreas. Dengan meningkatnya sel beta kelenjar, maka produksi insulin juga akan meningkat. Apabila insulin meningkat kadar gula darah akan turun sehingga kadar asam urat juga turun. Manfaat pare untuk asam urat ini jelas menjadi kabar gembira bagi penderita penyakit tersebut.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat sayur pare untuk asam urat tidak hanya melalui uji coba beberapa kali saja. Pare adalah sayur yang dapat meningkatkan produksi hormone insulin. Insulin berfungsi dalam pencernaan glukosa dalam tubuh. Semakin banyal insulin, maka metabolisme akan semakin meningkat. Akibatnya berat badan akan turun, demikian pula kadar asam urat dalam tubuh.

4. Mencegah Obesitas

Mereka yang memiliki masalah dengan berat badan atau obesitas biasanya memiliki risiko lebih besar terkena penyakit. Salah satunya adalah penyakit asam urat. Untuk menekan kadar asam urat agar bisa turun, dapat mengonsumsi sayur pare dengan cara direbus atau dijus. Langkah lainnya, tentu saja dengan mengurangi berat badan yang berlebihan.

5. Meredakan Pembengkakan

Selanjutnya, manfaat sayur pare untuk asam urat memang sudah tidak diragukan lagi. Pare memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Hampir 40% dari AKG. Vitamin C sejak lama telah dikenal sebagai anti inflamasi yang dapat meredakan pembengkakan yang diakibatkan asam urat. Dengan rajin makan sayur pare, pembengkakan dapat berkurang. Rasa sakit karena asan urat juga berkurang.

Mengolah Sayur Pare Untuk Mengatasi Asam Urat

Pare adalah jenis sayuran merambat yang memiliki rasa yang sangat pahit. Meskipun begitu, masih banyak orang yang mengonsumsi sayuran tersebut. Ini dikarenakan pare memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Salah satu yang terkenal adalah manfaat sayur pare untuk asam urat.

Pare memiliki kandungan senyawa alami yaitu minyak lemak, zat besi, protein, asam dammar, vitamin C, vitamin A, vitamin B1, alkaloid, asam momordial dan masih banyak yang lainnya. Kandungan senyawa tersebutlah yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan. Rutin mengonsumsi pare akan sangat baik untuk mencegah penyakit asam urat dan diabetes.

Cara terbaik untuk mengobati asam urat dengan sayur pare adalah dengan mengolahnya terlebih dahulu. Caranya, belah pare mentah dan buang bijinya. Cuci hingga bersih dan potong-potong. Lalu rebus pare dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring dan bisa diminum. Manfaat sayur pare untuk asam urat akan lebih terasa dengan cara yang efektif ini.

Tidak Boleh Berlebihan, Ini Dampak Negatif Konsumsi Pare

Walaupun manfaat sayur pare untuk penyakit asam urat sangat baik, tapi terdapat rambu-rambu yang harus diperhatikan. Mengonsumsi sayur ini tidak boleh berlebihan. Pare dapat menimbulkan efek samping dan interaksi negative jika konsumsinya berlebihan. Apalagi jika sedang menjalani pengobatan tertentu. Berikut adalah dampak negatifnya;

1. Interaksi dengan Obat Tertentu

Ingin merasakan manfaat sayur pare untuk asam urat, maka tidak boleh jika sedang mengonsumsi obat tertentu. Obat penurun kadar gula darah adalah salah satunya. Pare dapat berinteraksi dengan obat diabetes, termasuk insulin. Mengonsumsi obat ini bersama dengan pare akan membuat gula darah turun dengan drastic. Untuk itulah harus berkonsultasi dahulu dengan dokter.

2.  Baik Untuk Ibu hamil

Tidak semua orang dapat menikmati manfaat sayur pare untuk asam urat. Wanita yang sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk menghindari pare. Penyebabnya karena pare dapat menyebabkan keguguran dan melancarkan menstruasi.

Pare adalah sayur yang memiliki emmenagogue yang berfungsi untuk meningkatkan aliran menstruasi. Pare bisa memicu kontraksi pada Ibu hamil. Bahkan wanita yang menyusui pun sebaiknya menghindari konsumsi sayur pahit ini dalam jumlah berlebih. Jika dilakukan dikhawatirkan akan menganggu produksi ASI yang penting untuk bayi.

3. Mempengaruhi Fungsi Hati

Konsumsi pare secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama tidak baik untuk fungsi hati. Pare dapat memicu peradangan pada hati karena pare memiliki kandungan senyawa monorcharin. Jika punya riwayat penyakit hepatitis, sirosis dan penyakit hati lainnya sebaiknya dihindari.

Dalam jangka panjang, efek sampingnya akan berpengaruh dengan meningkatnya enzim hati dan terjadilah aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Walaupun penelitiannya masih terbatas, tapi mengonsumsi segala sesuatu secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, manfaat sayur pare untuk asam urat tidak akan terasa.

4. Membuat Irama Jantung Tidak Teratur

Selain tidak baik untuk kinerja hati, konsumsi pare dengan berlebih juga dapat membuat irama jantung tidak teratur. Detak jantung yang tidak teratur rasanya seperti jantung yang berdebar-debar. Akibat dari keadaan ini adalah memicu adanya penggumpalan darah pada satu sisi jantung. Kondisi ini dapat menyebabkan stroke atau penyakit jantung yang lain.

5. Menyebabkan Keracunan

Konsumsi pare untuk merasakan manfaat sayur pare untuk asam urat tidak akan berhasil apabila dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan bisa menimbulkan keracunan. Gejala yang umum timbul ketika konsumsi berlebihan adalah sakit perut, diare, sakit kepala dan muntah-muntah.

Pare memiliki senyawa triterpenoid tetrasiklik yang cukup beracun apabila dikonsumsi secara berlebihan. Jika ingin meredakan rasa sakit atau bengkak karena asam urat dengan sayur pare, maka jumlah yang dikonsumsi haruslah sewajarnya. Jika dalam pengobatan merasakan sesuatu yang tidak beres sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Ternyata manfaat sayur pare untuk asam urat akan maksimal apabila tahu berapa jumlah pare yang harus dikonsumsi. Mengingat pare banyak mengandung senyawa tertentu yang apabila dikonsumsi berlebihan justru berbalik menjadi racun. Demikian informasi tentang manfaat sayur pare. Dikenal sangat pahit, nyatanya pare juga mempunyai manfaat yang tidak terduga.

Tinggalkan komentar