6 Manfaat Sayur Papaya Muda Untuk Kesehatan, Wajib Anda Baca!

By

Manfaat sayur papaya muda sangat banyak, di antaranya untuk menjaga kesehatan. Tapi jika Anda penasaran, seperti apa bentuk papaya muda, dari segi warna tidak terang layaknya papaya matang yang warnanya orange. Tetapi warna papaya muda ini masih keputih-putihan, namun kandungan gizi tidak kalah dengan papaya yang sudah matang.

Meskipun warnanya masih pudar, tidak semenarik saat matang, papaya muda ini banyak penggemarnya loh! Rupa-rupanya karena sangat bermanfaat untuk kesehatan, daripada Anda penasaran, di bawah ini akan ada jabarannya mengenai manfaat sayur papaya muda untuk kesehatan.

Manfaat Sayur Papaya Muda

Tanaman yang terkenal karena pertumbuhan yang cepat dan banyak dibudidayakan oleh orang-orang ini memiliki buah yang segar dan bergizi. Buah papaya ini berbentuk hampir bulat atau lonjong dengan panjang bervariasi. Ada yang panjangnya 7 cm sampai 30cm. ada pula yang panjangnya mencapai 30 cm.

Buah papaya ini diklaim sebagai sumber nutrisi antioksidan yang terdiri dari folat, flavonoid, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, mineral (kalium dan magnesium), folat dan serat.

Kandungan Antioksidan pada papaya ini akan memerangi radikal bebas yang ada pada tubuh serta menjaga kesehatan kardiovaskuler dan memberikan perlindungan terhadap usus besar. Buah mengkal papaya ini juga berkhasiat lho. Berikut manfaat sayur papaya muda:

1. Meringankan Radang Tenggorokan

Pada suatu penelitian mengklaim pada papaya muda ini memiliki kandungan enzim proteolitik yang berpengaruh lebih besar dalam mengurangi peradangan jika dibandingkan dengan obat anti inflamasi.

Selain itu untuk Anda yang mengalami permasalahan radang tenggorokan, kandungan pepain dan enzim proteolitik pada papaya ini juga berguna untuk menyembuhkan luka dan membantu mengurangi pembengkakan pada tenggorokan Anda.

Selain dapat meringankan permasalahan radang tenggorokan, papaya ini juga sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang memiliki permasalahan asma, rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

2. Membantu penyembuhan luka

Manfaat sayur papaya muda ini juga dapat membantu penyembuhan luka. Salah satunya pada kandungan papain yang dapat dijadikan sebagai obat penyembuhan luka, alergi dan penyakit kulit lainnya.  

Kandungan enzim protease yang tinggi pada buah mengkal dari papaya ini di klaim dalam sebuah penelitian dapat menghilangkan lemak serta sangat efektif dalam penyembuhan luka dengan cepat.

Sedangkan kandungannya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan kalium ini terbukti dapat meringankan kulit Anda yang mengalami permasalahan peradangan seperti memar akibat terbentur, alergi, keseleo, eksim dan lainnya.

3.  Detoksifikasi tubuh

Manfaat sayur papaya muda dari bahan dasar buah mengkal papaya ini diyakini sangat baik untuk tubuh. Salah satunya membantu dalam membuang racun pada tubuh.

Selain itu kandungan serat yang tinggi dari buah mengkal papaya ini sangat dipercaya dapat membersihkan usus besar Anda dari segala kotoran. Dengan demikian proses pencernaan Anda akan lancar.

Lebih dari itu buah mangkal dari papaya ini juga berperan aktif sebagai detoksifikasi yang dapat menyegarkan kulit Anda dari dalam. Papaya ini juga dapat mendorong proses metabolisme pada kulit Anda.

Untuk Anda yang mengalami permasalahan keracunan singkong, Anda dapat menggunakan buah mengkal dari papaya ini sebagai cara untuk mengatasi keracunan Anda.

4.  Membantu mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan papain dan serat pada papaya sangat berperan dalam mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada pencernaan tubuh Anda seperti gangguan lambung, mengatasi wasir, membasmi berbagai parasit pada usus Anda yang mengganggu proses pencernaan pada tubuh.

Seperti bromelain di nanas, Anda juga dapat menggunakankandungan papain pada buah mengkal dari papaya ini untuk melunakkan rebusan daging.

Selain itu  Anda juga dapat menggunakannya ketika Anda mengalami permasalahan diare kronik, rhinitis alergika, dyspepsia, dan polip di kerongkongan Anda.

5. Mencegah Kanker

Pada penelitian yang telah dilakukan dari Yayasan Kanker internasional mendapati hasil bahwa kandungan karoten dan vitamin pada buah mengkal dari papaya ini diklaim dapat membantu mencegah kanker.

Dengan demikian hal ini kemungkinan dapat melawan kanker kolon, kanker kandung kemih, kanker payudara dan kanker pankreas.  Selain itu juga dapat mengurangi radikal bebas yang menjadi pencetus kanker.

Perlu Anda ketahui untuk Anda yang sedang hamil, ada pelarangan mengkonsumsi buah mengkal papaya ini. Hal ini dikarenakan buah mengkal dari papaya ini bersifat abortivum. Dalam hal ini dilarang karena dapat meluruhkan kandungan Anda.

Oleh sebab itu, dalam konteks ini pula banyak kalangan di belahan dunia,  selama berabad – abad buah mengkal dari papaya ini digunakan oleh perempuan sebagai salah satu alat kontrasepsi alami

Dalam konteks ini juga, buah mengkal dari papaya ini juga dapat Anda gunakan dalam mengatasi permasalahan sulit kencing atau urin sedikit, tidak datang Haid, pembesaran hati dan limpa dan ASI sedikit.

6. Contoh Menu Papaya Muda

Cara mengkonsumsi papaya muda ini pun bervariasi. Ada yang dimakan secara langsung. Adapula yang dijadikan berbagai olahan makanan.  Pada buah mengkal yang Anda makan secara langsung, Anda dapat menjadikannya sebagai rujak buah, salad buah, lalapan pecel dan lainnya.

Sedangkan dalam bentuk olahan makanan Anda dapat menjadikan papaya muda sebagai olahan tumis papaya muda. Berikut cara mudah Anda mengolah papaya muda menjadi tumis papaya muda:

  • Pertama, Anda perlu menyiapkan  bahan dan bumbu yang terdiri dari 1 buah papaya muda, minyak goreng secukupnya, setengah liter air, garam secukupnya, 6 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 6 buah cabai merah, 1 lembar daun jeruk, 2 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan gula pasir.
  • Selanjutnya cuci papaya muda. Lebih dari itu Anda juga dapat mengupas kulitnya sampai bersih. Setelah itu cacah atau potong panjang-panjang dan kecil-kecil papaya muda dengan pisau.
  • elanjutnya iris tipis bawang merah, bawang putih cabai dan tomat. Selanjutnya tumis semua bahan ini hingga ada aroma wangi
  • Selanjutnya, masukkan papaya muda yang sudah dicacah. Aduk rata. Kemudian Anda tambahkan pula garam secukupnya. tingkat asinnya dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda.
  • Lebih dari itu Anda juga dapat menambahinya dengan penyedap makanan. Jika Anda tidak menyukai penyedap makanan Anda bisa menguranginya atau menghilangkannya.
  • Selanjutnya Anda masukkan kecap dan gula pasir serta air sesuai dengan selera Anda.adu-aduk hingga rata. Tunggu beberapa saat hingga meresap.
  • Siapkan piring atau mangkok. Sajikan tumis papaya muda dalam piring atau mangkok.
  • Tumis papaya muda siap dihidangkan.

Nah bagaimana setelah mengetahui manfaat sayur papaya muda. Sangat banyak bukan. Mari ubah gaya hidup sehat Anda dengan merubah pola makan sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Salah satunya sayur papaya muda ini. Tentu akan membuat Anda sehat bugar dan menjadi lebih semangat dalam melaksanakan aktivitas. Apabila dikonsumsi dengan baik dan teratur serta porsinya cukup maka anda bisa tumbuh dengan sehat dan bisa jalani semua aktivitas keseharian anda dengan biak tanpa mengalami beragam jenis keluhan kesehatan.

Tinggalkan komentar