Segudang Manfaat Sayur Okra Hijau untuk Kesehatan di Balik Harga Yang Terjangkau

sumbersehat – Dewasa ini semakin banyak orang yang mengenal manfaat sayur okra hijau. Tanaman okra yang mudah tumbuh tanpa perawatan ekstra ribet membuat sayuran ini semakin meluas. Jika dulu orang-orang hanya dapat membeli sayur okra di supermarket besar, kini sudah tersedia okra hijau di pasar tradisional.

Okra hijau adalah salah satu jenis sayur lunak. Bentuknya kecil panjang berujung runcing seperti cabe. Jika dibanding dengan cabe, okra memilki ukuran sedikit lebih besar. Tekstur kulitnya lunak dan sedikit berbulu. Bagian dalamnya mirip gambas dengan biji yang berbentuk bulat dan mudah diiris. Bedanya, ketika dipanaskan okra cenderung lengket dan berlendir.

manfaat sayur okra hijau

Tanaman Sayur Okra Hijau

Tanaman Okra berasal dari daerah tropis di kawasan Asia Selatan. Kemudian menyebar ke Asia Tenggara termasuk Filipina dan Indonesia. Kandungan serat dan gluten yang tinggi serta adanya manfaat sayur okra hijau sebagai obat herbal membuat buah tanaman ini semakin diminati.

Pada dasarnya okra memiliki dua jenis warna, yaitu okra hijau dan okra merah. Kedua jenis tersebut hanya dibedakan berdasarkan warnanya. Karena rasa dan manfaat okra merah sama dengan yang hijau.

Manfaat Sayur Okra Hijau

Ada beragam manfaat sayur okra hijau yang perlu Anda ketahui. Baik sebagai bahan konsumsi, alternatif obat herbal, atau bisa juga digunakan sebagai lahan bisnis. Karena di Indonesia masih cukup jarang, budidaya tanaman ini dapat mendatangkan pundi rupiah. Pangsa pasar yang tersedia cukup luas baik di pasar tradisional maupun modern.

1. Untuk Bisnis Sayur Sehat

Selain itu, okra memiliki sejumlah nutrisi penting seperti vitamin dan berbagai jenis mineral. Untuk mendapat vitamin dari sayur okra, tentu harus berhati-hati ketika memasak. Karena struktur vitamin mudah hancur jika dimasak dalam suhu tinggi. Okra juga mengandung antioksidan tinggi sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Okra atau biasa juga disebut sayur bendi dapat dikonsumsi mentah atau masak. Jika ingin mengonsumsi bendi tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu, pastikan sudah dicuci bersih dan aman dari kuman okra dapat diiris dan dijadikan campuran salad sayur atau diolah dengan berbagai macam bumbu sesuai selera.

Berikut beberapa .manfaat sayur okra hijau yang dapat diambil jika Anda tertarik untuk mengonsumsi atau menjadikannya lahan bisnis baru. Di daerah asalnya, sayuran yang mendapat julukan Lady’s Finger ini tidak sulit dibudidayakan. Maka dengan perawatan khusus, harusnya mudah juga dibudidayakan di Indonesia.

2. Variasi Sayur dan Makanan

Manfaat sayur okra hijau yang kedua adalah sebagai variasi sayur dan makanan. Okra dapat dimasak sesuai selera. Mulai dari cara sederhana seperti sayur bening hingga sayur yang rumit seperti kare, tumisa, atau lainnya. Jika dimasak sebagai sayur bening, pastikan potongan sayur okra masuk ketika air kuah sudah mendidih. Jangan biarkan mendidih terlalu lama agar kandungan vitamin tidak larut dan strukturya hancur tanpa sisa.

3. Obat Herbal

Selain sebagai makanan, manfaat sayur okra hijau berikutnya adalah sebagai obat herbal. Beberapa penyakit yang disinyalir bisa diobati dengan okra yaitu: asma, kolesterol, diabetes, anemia, hingga berfungsi menguatkan tulang. Sebagai obat anemia, okra dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Maka jika Anda termasuk penderita anemia, mengonsumsi okra hijau secara rutin dapat mengurangi risiko kembali diserang anemia.

Kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki okra dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah mutasi sel kanker. Selain mencegah mutasi sel kanker, okra juga bisa melawan bakteri dan virus baru yang masuk ke tubuh. Maka secara tidak langsung okra dapat membantu penyembuhan pasien Covid dan penyakit lain yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Kolaborasinya dengan vitamin C yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit asma.

Khasiat sayur okra hijau lainnya diperoleh dari kandungan asam folat yang dimilikinya. Selain dapat menguatkan tulang orang yang mengonsumsi, juga baik untuk pertumbuhan janin jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Karena pertumbuhan bayi membutuhkan folat yang cukup agar bayi tidak terlahir cacat.

Sebagai obat kolesterol, asam urat dan diabetes, okra dapat dikonsumsi setiap hari baik sebagai sayur atau lalapan. Kandungan serat yang tinggi dan sifat alaminya mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Sehingga kadar gula darah terkontrol dan tidak melonjak tinggi. Tentu dengan syarat konsumsi gula atau makanan yang mengandung glukosa harus dibatasi.

4. Nilai Ekonomis

Untuk mendapat manfaat sayur okra hijau dari sisi ekonomi, maka Anda harus memanfaatkannya sebagai lahan bisnis. Memulai budidaya tanaman okra tidak selalu membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa menggunakan polibag sebagai media tanam, dan lahan yang tidak terlalu luas asal mendapat sinar matahari cukup.

Media tanam yang digunakan dapat berupa campuran pupuk kandang, sekam, abu dan tanah. Tinggi tanaman okra maksimal hanya sekitar 1-2 meter. Sehingga tidak akan menjuang dan menghabiskan lahan. Dari setiap pohon yang berkembang baik, dapat dihasilkan 3-5 kg buah okra segar. Sementara harga sayur okra di pasaran berkisar mulai Rp.40.000 an.

Sejak mulai tanam, okra dapat berbuah setelah berusia sekitar 45 hari. Jika Anda mencoba budidaya mulai dari 10 pohon saja, terbayang berapa keuntungan yang akan diperoleh? Selain bermanfaat untuk konsumsi pribadi, dapat dijual ke tukang sayur atau langsung ke tangan konsumen yang membutuhkan. Apalagi sistem pemasaran online sekarang semakin mudah.

Efek Samping Makan Okra

Selain memiliki berbagai manfaat, okra juga memiliki efek samping jika tidak dikonsumsi secara tepat. Manfaat sayur okra hijau tidak dapat dinikmati jika dikonsumsi bersama dnean metformin, salah satu jenis obat untuk diabetes. Konsumsi okra bersamaan dengan obat ini mengakibatkan penyerapan obat tidak maksimal sehinga menurunkan fungsi obat.

Selain itu, efek samping okra hijau dapat menyebabkan diare, gangguan pensernaan, buang angin berlebihan, bahkan sembelit jika berlebihan. Hal ini diakibatkan oleh tingginya kadar fruktan yang dikandung oleh buah okra. Selain itu, okra tidak dapat dikonsumsi bersama dengan obat pengencer darah, karena akan bereaksi dengan vitamin K yang dikandung okra.

Reaksi antara vitamn K dengan obat pengencer darah justru dapat membentuk gumpalan darah yang menempel pada arteri. Akhirnya, pasokan oksigen ke organ tubuh lainnya akan terhambat.

Cara Memasak Okra Hijau

Jika dimasak sembarangan, okra mengeluarkan banyak lendir ketika mulai dipanaskan. Lendir inilah yang membuat sebagian orang merasa jijik atau enggan memakannya. Cara memasak okra hijau untuk menghilangkan lendir yang berlebihan, Anda dapat merebus okra pada air yang sudah benar-benar mendidih. Setelah sayuran hendak matang, segera matikan atau kecilkan api.

Dengan cara demikian, lendir yang terbentuk bisa segera disisihkan dan okra siap dimasak dengan cara sesuai minat. Selain untuk menghilangkan lendir, cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan bau kurang sedap dari okra yang baru dimasak. Sehingga manfaat sayur okra hijau setelah mengonsumsinya dapat diserap sempurna.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat sayur okra hijau. Mulai dari manfaat sebagai bahan pangan hingga manfaatnya sebagai peluang ekonomi. Jika ulasan ini dirasa bermanfaat, Anda bisa membagikannya setelah mempraktikkan dan mengambil manfaatnya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *