7 Manfaat Sayur Nangka Untuk Ibu Menyusui, Mau Tahu?

By

sumbersehat.com – Manfaat sayur nangka untuk Ibu menyusui ternyata begitu mencengangkan di tengah mitos masyarakat. Sejak dahulu telah muncul mitos bahwa Ibu yang hamil atau menyusui dilarang makan buah atau sayur nangka karena akan berbahaya untuk bayi. Namun, dengan berbagai macam penelitian, mitos tersebut terbantahkan. Nangka memiliki segudang manfaat yang baik untuk Ibu yang sedang menyusui.

Beberapa daerah di Indonesia banyak menggunakan nangka muda sebagai bahan utama masakan. Seperti daerah Jogja yang terkenal dengan gudegnya atau Padang dengan gulai nangka khas Minang. Daging nangka muda memang sangat enak apabila dijadikan sayuran dan bergizi. Selain buahnya, mulai dari biji hingga daun nangka semuanya bermanfaat baik untuk kesehatan.

Manfaat sayur nangka untuk Ibu menyusui

Manfaat Sayur Nangka Untuk Ibu Menyusui yang Jarang Diketahui

Dilansir dari berbagai sumber, buah nangka mengandung vitamin A, B, C, zat besi, kalium, mangan, fosfor, magnesium hingga kandungan serat yang tinggi. Kandungan inilah yang menyebabkan manfaat sayur nangka muda untuk Ibu menyusui sangat banyak dan menyehatkan. Berikut adalah manfaat sayur nangka yang wajib untuk diketahui;

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat sayur nangka untuk Ibu menyusui  adalah dapat dijadikan sebagai bahan diet. Rata-rata Ibu yang telah melahirkan anak akan mengalami penambahan berat badan yang sangat banyak. Untuk menurunkannya ternyata tidak sulit. Mengonsumsi sayur nangka bisa jadi solusi yang menarik. Nangka muda memiliki serat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.

Disamping itu, nangka muda juga rendah kalori. Aman bagi siapa saja yang sedang melakukan diet atau ingin menurunkan berat badan. Jadi, selain memberi ASI, makan sayur nangka bagi Ibu menyusui sangat baik untuk menurunkan berat badan. Namun, jangan berlebihan karena bisa berbahaya bagi tubuh. Info kesehatan menarik untuk disimak di Qsehat.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Nangka muda banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa meningkatkan system imunitas tubuh. Manfaat sayur nangka untuk Ibu menyusui ini tidak boleh diabaikan, karena Ibu menyusui membutuhkan imun dan stamina tinggi saat menyusui. Vitamin C  di dalamnya dapat merangsang dengan baik produksi sel darah putih.

Sementara antioksidannya dapat mencegah stress dan radikal bebas. Keduanya dapat merusak sel tubuh yang menyebabkan berbagai macam penyakit dan timbulnya peradangan.  Ibu menyusui biasanya rawan stress karena harus adaptasi dengan keadaan yang baru sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang banyak mengandung antioksidan.

3. Mengatur Tekanan Darah

Nangka muda mempunyai kandungan potassium yang cukup tinggi. Fungsi zat ini sendiri adalah membuat darah dan arteri menjadi rileks. Akibatnya tekanan darah akan turun dan stress pada system kardiovaskuler akan berkurang. Dengan adanya manfaat sayur nangka untuk Ibu menyusui dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke yang masih cukup tinggi di Indonesia.

4. Menguatkan Kepadatan Tulang

Manfaat sayur nangka untuk kesehatan Ibu menyusui selanjutnya adalah dapat menguatkan kepadatan tulang. Ibu menyusui kerap mengalami masalah tulang yang menganggu, hal ini dikarenakan selama hamil kalsium banyak diserap oleh bayi. Untuk itulah dibutuhkan asupan yang banyak mengandung kalsium. Nah, sayur nangka ini bisa dijadikan sumber kalsium tinggi.

Kalsium yang terdapat pada nangka muda diyakini dapat menguatkan tulang. Tidak hanya itu kandungan vitamin C dan magnesium yang ada di dalamnya dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan menjaga tulang dan gigi tetap kuat. Manfaat sayur nangka untuk Ibu menyusui ini sangat tepat bagi mereka yang memiliki masalah tulang dan gigi.

5. Merawat Kesehatan Mata dan Tulang

Selanjutnya, manfaat sayur nangka untuk ibu menyusui adalah merawat kesehatan mata dan tulang. Ternyata buah ini tidak hanya mengandung vitamin C yang tinggi saja. Nangka muda juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A berfungsi untuk mengurangi kemungkinan degenerasi macula dan meningkatkan ketajaman penglihatan. Vitamin A juga bermanfaat untuk menangkal kerusakan kulit.

Umumnya karena terkena sinar matahari berlebih sehingga menyebabkan keriput dan garis halus. Kandungan anti aging dalam nangka muda akan membuat kulit Ibu menyusui tetap sehat. Wanita yang menyusui juga ingin tampil cantik dengan memiliki kulit yang sehat. Jadi, jangan lupakan untuk konsumsi sayur ini.

6. Meredakan Gejala Insomnia

Ibu menyusui kerap mengalami insomnia karena sering begadang untuk menyusui bayi. Oleh sebab itu manfaat sayur nangka untuk Ibu menyusui ini sangat cocok. Baik itu buah nangka yang sudah matang atau nangka muda kaya akan magnesium. Zat ini adalah mineral alami yang dapat meningkatkan neurotransmitter dalam tubuh. Akibatnya bisa membuat tidur lebih nyenyak.

7. Baik Untuk Ibu Menyusui yang Menderita Diabetes

Ibu menyusui atau mereka yang menderita diabetes tidak ada salahnya apabila mengonsumsi sayur nangka. Di dalam buah ini terkandung gula alami dan serat yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Baik sekali untuk mengurangi risiko terkena diabetes. Gejala diabetes pun dapat berkurang karena kandungan nangka muda dapat melepas glukosa dan insulin dalam tubuh serta meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

Efek Samping Sayur Nangka Untuk Ibu Menyusui

Manfaat sayur nangka untuk bagi Ibu Hamil dan menyusui telah dipaparkan dengan jelas di atas. Beragam manfaatnya telah mematahkan mitos yang selama ini beredar di masyarakat. Manfaat sayur nangka untuk ibu menyusui didapat karena nangka muda bisa memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan Ibu selama menyusui. Akan tetapi, konsumsi tersebut juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan.

Boleh saja mengonsumsi sayur nangka asalkan jumlahnya tidak berlebihan dan diolah dengan baik. Efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan adalah dapat memicu kondisi perut seperti penuh gas sehingga merasa tidak nyaman. Kondisi nyaman pada perut dan pencernaan akan berpengaruh pada proses menyusui. Agar aman konsumsi sayur nangka hanya beberapa kali dalam seminggu.

Cara Mengolah Nangka Muda yang Baik dan Tepat

Untuk mendapatkan manfaat sayur nangka untuk Ibu menyusui dan menambah nutrisi yang terkandung di dalamnya, pengolahannya harus tepat. Masak nangka muda yang bersih dari getahnya hingga benar-benar matang. Tambahkan beberapa jenis makanan lain dengan kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Dalam pengolahannya, hindari rasa pedas agar tidak terjadi masalah pada pencernaan Ibu.

Sayur nangka muda biasanya akan semakin nikmat apabila dimasak berulang kali. Namun, untuk Ibu hamil sebaiknya hal tersebut dihindari. Sebaiknya selalu masak sayur nangka yang segar agar tidak menganggu proses menyusui. Jumlah sayur nangka yang dikonsumsi juga tidak boleh berlebihan, secukupnya saja. Untuk mendukung manfaat sayur nangka yang baik untuk Ibu menyusui, imbangi dengan makanan sehat lainnya.

Itulah beberapa manfaat  nangka muda  untuk Ibu menyusui yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat luas. Mengingat banyak anggapan bahwa Ibu menyusui dilarang untuk mengonsumsi nangka muda karena dikhawatirkan akan menganggu pencernaan. Hal demikian benar adanya apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Apabila dikonsumsi secara baik dan benar dengan jumlah yang tidak berlebihan, manfaat sayur nangka untuk Ibu menyusui akan sangat terasa. Badan bisa menjadi ringan karena dapat menurunkan berat badan, kulit menjadi sehat karena kandungan vitamin C nya serta  memperbaiki mood Ibu menyusui yang terkadang masih naik turun. Sekarang tidak takut lagi mengonsumsi sayur nangka, bukan?

Tinggalkan komentar