Mengulik 4 Manfaat Sayur Hidroponik: Ekonomis dan Praktis!

sumbersehat – Pamor sayuran hidroponik semakin meroket di masa pandemi ini. Orang berbondong-bondong lebih memilih hasil panen hidroponik di gerai sayur dan buah supermarket. Ini disebabkan semakin banyak orang yang mengetahui manfaat sayur hidroponik baik bagi tubuh maupun secara perhitungan finansial.

Ya, sayur hidroponik tidak hanya dinilai lebih sehat bagi tubuh. Tapi juga lebih ekonomis jika dihitung berdasarkan banyak faktor dan kepentingan. Meskipun jika dibandingkan dengan sayuran dari pasar yang ditanam secara tradisional, harga sayur hidroponik cenderung lebih tinggi. Tapi jika sudah mengetahui manfaatnya, harga tersebut sebanding dengan kualitas yang dtawarkan.

manfaat sayur hidroponik

Pengertian Sayur Hidroponik

Sebelum mengulas manfaat sayur hidroponik, kita perlu pahami apa yang dimaksud dengan sayur hidroponik. Yaitu sayuran yang dihasilkan dari sistem tanam menggunakan sistem hidroponik. Sistem tanam hidroponik adalah sistem tanam yang tidak menggunakan tanah sebagai media, hanya mengandalkan air dan sejumlah mineral agar tanaman dapat tumbuh besar.

Sistem tanam hidroponik banyak diminati karena hasilnya lebih banyak dari sistem tanam konvensional. Selain itu, biaya yang dibutuhkan lebih sedikit. Sementara dai sisi kualitas, juga lebih baik dari hasil panen konvensional. Meskipun untuk mendapat manfaat menanam sayur hidroponik, butuh modal yang cukup ketika memulai instalasi media tanam.

Manfaat Sayur Hidroponik

Orang lebih suka memilih sayur hidroponik karena mengetahui beragam manfaatnya. Baik dari sisi kualitas maupun finansial. Berikut beberapa manfaat sayur hidroponik yang lazim dicari dan dinikmati:

1. Organik

Sayur organik belum tentu ditanam dengan sistem hidroponik. Namun hampir semua sayur hidroponik adalah sayuran organik. Inilah manfaat sayur hidroponik yang paling dicari orang. Untuk perbedaan sayuran hidroponik dan organik akan dibahas lebih rinci pada sub pembahasan berikutnya.

Di supermarket, tepatnya bagian sayur, buah dan bahan makanan dapur lainnya, berapapun stok sayur hidroponik yang tersedia hampir selalu habis. Ini menunjukkan minat pembeli luar biasa terhadap sayur hidroponik. Kesadaran untuk menjaga kesehatan dengan makan manakan yang bergizi akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

2. Lebih Sehat

Dengan konsep hidroponik, sayuran yang dihasilkan lebih sehat dibanding sayuran hasil sistem tanam konvensional. Manfaat sayur hidroponik yang kedua ini disebabkan sayur hasil tanam sistem hidroponik tidak banyak membutuhkan pupuk kimia. Hanya perlu pengaturan kadar mineral dalam air, itupun bisa didaur ulang.

Manfaat mengonsumsi sayuran hidroponik diantaranya adalah sistem pencernaan lebih sehat dan kebutuhan nutrisi sayur terpenuhi. Nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh terdapat dalam sayur diantaranya adalah protein, mineral, vitamin, zat besi dan magnesium. Menurut penelitian, tubuh manusia perlu mengonsumsi sekitar 1 kg sayuran mentah setiap hari.

3. Lebih Ekonomis

Sayuran hidroponik dari sisi produksi jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan menanam sayuran dengan metode konvensional. Karena tidak banyak pupuk yang dibutuhkan dalam proses perawatan tanaman. Lagipula, sistem tanam hidroponik tidak membutuhkan pestisida karena serangga enggan menyerang tanaman yang tumbuh sangat dekat dengan manusia.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai proses tanam sayur sistem hidroponik di rumah hanya berkisar satu jutaan. Namun jika dikelola dengan baik, modal tersebut segera kembali hanya dalam waktu beberapa bulan. Ditambah dengan keuntungan dari penjualan hasil panen. Hanya memang perlu tenaga khusus untuk merawat tanaman agar menghasilkan kualitas seperti yang diharapkan.

Manfaat sayur hidroponik yang luar biasa setelah dikonsumsi membuat bisnis ini memiiliki kemungkinan kecil merugi. Ditambah persepsi baik yang tertanam di masyarakat menambah potensi keuangannya semakin baik. Tidak salah jika semakin banyak yang tertarik ada bisnis ini.

Dari segi konsumen, wajar jika orang tertarik dengan sayuran segar yang dijual di supermarket. Dengan kemasan yang rapi dan ukuran sayuran termasuk jumbo, menandakan sayur yang dijual dalam kondisi sangat baik. Ketika orang melihat harganya masih terjangkau, hanya sekitar 4000 hingga 5000 rupiah/ bungkus.

4. Lebih Praktis

Penanaman dan perawatan sayuran hidroponik juga lebih praktis dibanding dengan perawatan sayuran dengan sistem tanam konvensional. Karena petani tidak perlu mengotori diri dengan tanah ketika merawat. Selain itu, proses panen jauh lebih praktis karena hanya perlu mengambil tanaman dari media dan langsung membungkusnya sebelum dijual.

Perbedaan Sayur Hidroponik dan Organik

Perbedaan sayur hidroponik dan organik terletak pada media tanamnya. Jika sayur hidroponik ditanam pada media air dengan pengaturan mineral dan unsur hara lainnya, sayur organik tetap ditanam dengan media tanah. Dengan demikian sayur organik membutuhkan perawatan lebih ekstra karena membutuhkan lahan yang luas dan rawan terancam serangan hama.

Dengan demikian manfaat sayur hidroponik lebih banyak daripada sayur organik. Baik dari sisi petani maupun konsumen. Bagi petani, menanam sayur hidroponik jauh lebih menguntungkan dan perawatannya lebih praktis dari sistem tanam konvensional.

Perawatan tanaman sayur organik tidak boleh menggunakan pestisida dan pupuk kimia. Ciri khas sayur organik adalah bebas pestisida dan pupuk kimia. Sayur organik bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos yang jauh lebih aman dari pupuk kimia. Begitu juga untuk menghalau hama serangga, bisa menggunakan bahan alami seperti air kencing kelinci.

Penanaman Sayur Hidroponik di Rumah

Penanaman sayur hidroponik dapat dilakukan di rumah. Dengan demikian semakin banyak manfaat sayur hidroponik yang dapat dirasakan. Untuk memulai  peran sebagai petani sayuran hidroponik, ikuti langkah demi langkah dalam beberapa poin berikut:

1. Instalasi Media Tanam

Proses instalasi media tanam dapat dimulai dengan membeli serangkaian pipa yang akan digunakan sebagai media tanam. Banyak penjual yang menyediakan seperangkat alat tanam ini lengkap dengan bahan dan aksesori yang dibutuhkan. Harganya beragam, mulai dari satu jutaan untuk konsep sederhana hingga beberapa juta tersedia.

Semakin banyak manfaat sayur hidroponik yang ingin dirasakan, semakin banyak modal yang dibutuhkan. Terutama untuk penyediaan media tanam yang cenderung lebih mahal jika dibanding dengan penyediaan media polibag dan tanah. Namun dari sisi kepraktisan, tentu sistem tanam hidroponik jauh lebih praktis.

2. Perolehan dan Penanaman Bibit

Bibit sayur hidroponik tersedia di marketplace atau penjual bibit tanaman dan sayuran. Ada banyak penjual di berbagai kota di Indonesia. Kita hanya perlu memilih yang terdekat dan memiliki reputasi baik. Jika memungkinkan, cari tahu langsung dari penjualnya bagaimana cara menumbuhkan bibit tersebut sehingga ketika praktik tidak perlu bingung lagi.

3. Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman sayur hidroponik membutuhkan alokasi waktu dan tenaga yang cukup. Untuk itu, jika sudah mantap menambah kegiatan tanam-menanam melalui media hidroponik, sediakan waktu khusus. Agar sayuran yang sudah ditanam tersebut tidak terbengkalai sehingga akhirnya gagal panen.

Manfaat menanam sayur hidroponik tidak hanya bisa dirasakan oleh para petani. Dalam skala kecil, minimal kebutuhan sayur harian keluarga terpenuhi. Jika panen cukup banyak, bisa dibagi kepada para tetangga dan saudara. Untuk skala tanam yang lebih besar, tentu bukan hanya bahagia bisa berbagi. Keuntungan secara ekonomi juga lumayan sebagai tambahan pendapatan.

Dai ulasan tentang manfaat sayur hidroponik di atas, apakah Anda tertaik untuk mencoba bisnis tanaman ini? Atau hanya tertarik untuk ikut mengonsumsinya dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh? Apapun piihan Anda, pastikan hanya mengonsumsi makanan yang sehat dan bermanfaatbagi tubuh.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *