16 Manfaat Sayur Daun Pepaya untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

sumbersehat.com – Manfaat sayur daun pepaya bagi kesehatan sudah banyak diketahui. Namun sebagian orang enggan mengkonsumsinya karena rasanya yang pahit. Tapi sebagian lagi justru menyukai rasa pahit yang khas dari daun pepaya ini. Karena itu daun pepaya banyak digemari. Olahan daun pepaya memang beraneka ragam dan nikmat.

Meskipun banyak manfaatnya, boleh jadi hanya sedikit yang benar-benar paham akan manfaat daun pepaya. Dari manfaat sayur daun pepaya untuk wanita dan kecantikan, sampai bayi dan anak. Nah bila rasa pahitnya tak dapat ditolerir, maka pengolahan bisa dilakukan dengan cara lain. Contohnya dijus sehingga tak harus mengunyahnya.

manfaat sayur daun pepaya
daun pepaya

Kandungan Sayur Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki banyak kandungan seperti fitonutrien, papain, campuran fenolik, dan alkaloid. Kandungan-kandungan tersebut memperkaya khasiat sayur daun pepaya karena dapat membantu pengolahan protein.

Rasa panas dalam, perut terasa kembung, gangguan perut lainnya dapat terasa lebih ringan karena kandungan daun pepaya. Kandungan di dalamnya yang terdapat bakteri baik, kalium, kalsium, natrium, mangan, besi, dan mangan. Pepaya kaya akan antispasmodik untuk membantu menghilangkan rasa sakit. Selain itu dapat mencegah kanker.

Manfaat Sayur Daun Pepaya untuk Kesehatan

Banyak juga khasiat sayur daun pepaya bagi kesehatan tubuh. Banyak orang memanfaatkan daun ini untuk menjaga dan mengatasi berbagai penyakit. Di antaranya adalah:

1. Untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh

Mengandung phytonutrient sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus yang menyebabkan influenza atau diare. So dengan makan daunnya, maka meskipun pahit namun manfaat sayur daun pepaya untuk kesehatan bisa didapatkan.

2. Mengatasi penyakit diabetes

Penyakit diabetes saat ini memang menjadi penyakit yang jumlah penderitanya semakin banyak. Berbagai herbal dicoba untuk menyembuhkannya. Obat kimia pun banyak macamnya. Ada yang memilih herbal sebagai jalan pengobatan, namun banyak juga yang mempercayakan pada obat kimia.

Nah dengan kandungan yang berlimpah akan antioksidan, khasiat sayur daun pepaya bisa menurunkan kadar gula darah. Efeknya bukan hanya mencegah namun mengatasi penyakit diabetes. Boleh dicoba konsumsi daun pepaya agar gula darah tidak meningkat pesat.

3. Mengobati berbagai penyakit berbahaya

Saat ini karena bahan kimia dalam berbagai makanan kemasan serta pengaruh polusi yang makin menggila, banyak orang terserang penyakit berbahaya. Namun, adanya zat acetogenin dalam daun pepaya sesungguhnya bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Diantara penyakit berbahaya yang dapat dicegah adalah tumor, kanker. Demam berdarah dapat diatasi dengan bantuan zat anti-malaria yang terdapat dalam daun pepaya. Selain itu manfaat sayur daun pepaya untuk kesehatan berikutnya dapat mencegah kontaminasi dan menghancurkan mikroorganisme.

4. Melancarkan pencernaan

Sistem metabolisme tubuh sangat dipengaruhi oleh lancar tidaknya sistem pencernaan. Terganggunya metabolisme tubuh akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sisa-sisa makanan yang mengendap terlalu lama dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit lain. Kandungan daun pepaya memang kaya akan chymopapain, protease, amilase, serta bahan kimia papain. Kandungan tersebut memisahkan protein dan karbohidrat.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dengan tingkat kematian yang tinggi. Penyebab awalnya adalah tersumbatnya pembuluh darah oleh kolesterol dan lemak-lemak sehingga aliran oksigen ke otak dan darah terganggu. Manfaat sayur daun pepaya untuk kesehatan dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga kesehatan jantung dapat lebih terjaga dan terkontrol dengan baik. Dengan daun pepaya, penyakit kardiovaskular yang lain dapat dicegah.

6. Memproduksi trombosit dalam darah

Trombosit darah bisa berkurang karena penyakit demam berdarah dan beberapa penyakit lainnya. Pendarah dalam tubuh juga meungkinkan seseorang kekurang trombosit. Namun jus daun pepaya bermanfaat meningkatkan trombosit dalam darah.

7. Mengatasi kerusakan hati

Kerusakan hati dan ginjal yang serius dapat menyebabkan seseorang harus terus-terusan tergantung pada obat seumur hidupnya. Terlebih penyakit ginjal yang bisa menyebabkan seseorang harus rutin cuci darah untuk membersihkan darah. Manfaat sayur daun pepaya untuk kesehatan di sini dapat mengurangi bahaya kerusakan hati dan ginjal. Jus daun pepaya sendiri dampaknya cukup signifikan pada pembersihan hati. Bahkan penyakit kuning, sirosis hati, dan keganasan hati bisa diatasi.

8. Mengobati infeksi

Luka yang tak kunjung sembuh dapat menyebabkan infeksi yang parah. Cobalah tempelkan beberapa helai daun pepaya yang ditumbuk dan diaplikasikan pada luka bakar. Tunggulah sampai meresap lalu bersihkan. Efeknya peradangan luka dapat segera diatasi.

Manfaat Sayur Daun Pepaya untuk Wanita dan Kecantikan

Khasiat sayur daun pepaya dapat dirasakan juga oleh wanita dan kecantikannya. Nah mau tahu kan beberapa di antaranya adalah:

1. Menjaga keindahan rambut

Rambut yang indah adalah rambut yang sehat luar dan dalam. Tidak sedikit rambut yang terlihat indah namun ternyata mengalami gangguan rambut rontok dan kulit kepala kering. Juga mudah patah atau rambut gampang rontok. Tapi phytochemical pada daun pepaya bisa lho mengatasi masalah-masalah tersebut.

2. Mengatasi jerawat

Jerawat sangat mengganggu terutama bagi wanita. Manfaat sayur daun pepaya untuk wanita dan kecantikan adalah mengatasi wajah yang terlihat rusak karena banyaknya jerawat. Caranya buatlah masker daun pepaya. Blender daun pepaya bersama air. Oles pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit. Bilas. Nah rasakan perbedaannya kemudian.

3. Menjaga kebugaran ibu menyusui

Untuk ibu menyusui, tidak jarang sering merasa lemas jika asupan nutrisi tak mencukupi. Manfaat sayur daun pepaya dapat menambah kebugaran ibu menyusui.

4. Meningkatkan produksi ASi

Daun pepaya sudah dipercaya sejak dahulu sebagai salah satu booster ASi. Itulah sebabnya banyak ibu menyusui yang dengan sengaja memperbanyak konsumsi daun pepaya agar air susunya lancar dan berlimpah.

5. Mengatasi gangguan menstruasi

Tidak skedit wanita yang bermasalah dengan siklus haidnya. Baik sebelum maupun sesudahnya. Manfaat sayur daun pepaya untuk wanita dan kecantikan salah satunya adalah mengurangi derita PMS, menstabilkan hormon saat haid, juga mengontrol siklus menstruasi.

6. Membersihkan organ intim wanita

Mungkin sebagian orang belum terlalu menyadari bahwa dengan rutin mengkonsumsi racikan daun pepaya bisa mengencangkan serta mengesatkan miss V. Manfaat sayur daun pepaya juga dapat membersihkan area kewanitaan dengan baik.

7. Kecantikan kulit

Nah kesehatan kulit pastinya berkaitan erat dengan kulit yang cantik. Kecantikan kulit adalah salah satu hal yang paling diinginkan wanita. Dengan kandungan vitamin A, C, dan E dapat melembabkan serta mempercantik kulit.

Manfaat Sayur Daun Pepaya untuk Bayi dan Anak

Tidak hanya orang dewasa namun bayi dan anak-anak bisa mendapatkan manfaat sayur daun pepaya. Daun pepaya bisa memperkuat tulang dan gigi bayi. Selain itu dengan kandungan kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, dan kandungan nutrisi lainnya bisa menjaga kesehatan bayi dan anak.

Bukan hanya itu, daun pepaya dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pada bayi dan anak-anak yang seringkali sulit makan. Bonusnya tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal apalagi dalam masa pertumbuhan.

Begitulah manfaat sayur daun pepaya yang begitu banyak. Meskipun pahit namun dibalik itu terdapat berjuta manfaat. Tidak akan rugi mengkonsumsi aneka olahan daun pepaya. Yuk mulai konsumsi daun pepaya dan nikmati berbagai manfaatnya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *