Kenapa Harus Konsumsi Sayur Dan Buah Setiap Hari? Ternyata Ini Manfaat Sayur Dan Buah Serta Kandungannya yang lebih dari 1

Kenapa Harus Konsumsi Sayur Dan Buah Setiap Hari? Ternyata Ini Manfaat Sayur Dan Buah Serta Kandungannya. Sayuran dan buah-buahan merupakan jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Meskipun begitu, tidak sedikit yang merasa malas atau jarang untuk mengkonsumsi makanan ini. Padahal, manfaatnya sangat besar untuk kesehatan tubuh.

Ini didasari dengan alasan sayur dan buah adalah jenis makanan yang tidak enak dan kurang menarik. Sebagai gantinya, mereka memiliki gaya hidup tidak sehat yang justru malah merusak tubuh. Hampir semua penyakit bisa disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Bahkan, kanker sekalipun.

Inilah yang membuat Anda harus rutin mengkonsumsi jenis makanan ini. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari kandungan yang ada di jenis makanan ini. Dimana kandungannya benar-benar bagus dan bermanfaat untuk tubuh. Supaya mulai terbiasa, kami akan membahas seputar kandungan serta manfaat sayur dan buah. Jadi setelah itu, diharapkan Anda mau mengkonsumsinya setiap hari.

manfaat sayur dan buah
manfaat sayur dan buah

Mengapa Harus Mengkonsumsi Sayur Dan Buah?

Sayur dan buah menjadi dua hal yang tidak mungkin bisa dipisahkan. Dua bahan makanan ini mengandung vitamin dan juga mineral serta serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan beberapa vitamin yang sangat penting untuk tubuh bisa kamu penuhi kebutuhannya dengan mengkonsumsi sayur dan buah. Misalnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan masih banyak lainnya.

Kandungan-kandungan inilah yang membuatnya menjadi bahan terbaik untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Penyakit yang bisa diobati juga tidak sembarang penyakit karena termasuk kelas berat. Contohnya saja seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko kehilangan massa tulang hingga mencegah terjadinya batu ginjal. Jadi tidak perlu heran jika manfaat sayur dan buah tidak bisa Anda anggap enteng begitu saja.

Serat yang terkandung dalam sayur dan juga buah juga bisa mencegah berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, penyakit pencernaan, stroke hingga diabetes. Hal ini karena serat adalah kandungan yang bisa mengontrol kolesterol jahat, kadar gula dalam darah, melancarkan sistem pencernaan hingga membuat kamu bisa kenyang.

Kandungan Nutrisi Di Dalam Sayur Dan Buah Berdasarkan Warna

Nutrisi menjadi bagian penting dari sayuran dan buah-buahan. Menariknya, kandungan nutrisi di sayur dan buah berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan warnanya masing-masing. Menariknya, manfaat sayur dan buah dari setiap warna ini juga berbeda-beda. Misalnya seperti ini;

  1. Sayur dan buah yang berwarna merah, contohnya seperti tomat dan semangka ternyata mengandung nutrisi likopen. Nutrisi ini bisa membantu tubuh untuk melawan kanker tertentu. Misalnya seperti kanker prostat ataupun penyakit jantung.
  2. Sayur dan buah yang berwarna hijau seperti brokoli, kale ataupun bayam memiliki kandungan lutein dan juga zeaxanthin. Dua zat penting tersebut bisa membantu tubuh untuk mencegah berbagai penyakit seperti katarak ataupun penyakit lain karena faktor usia. Manfaat sayur dan buah ini tentunya sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh Anda yang tidak mau terjadi gangguan kesehatan di masa tua.
  3. Sayur dan buah-buahan yang berwarna biru dan ungu seperti blueberry dan juga terong biasanya mengandung antosianin. Kandungan ini bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit kanker
  4. Sayuran dan buah-buahan yang memiliki warna putih umumnya mengandung sulforaphane yang begitu bermanfaat. Zat tersebut bisa membantu untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit kanker juga. Manfaat sayur dan buah ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah ataupun mengobati penyakit kanker. Contoh sayurannya adalah kembang kol.

Nyatanya mengkonsumsi sayur dan buah memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak heran mulai sekarang ubah gaya hidupmu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Dengan begitu, kamu bisa hidup sehat dan jarang terserang penyakit yang menggerikan. Nah, untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, ada juga takaran yang perlu diperhatikan.

Berapa Banyak Sayur Dan Buah Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Setiap Harinya

Kementrian Kesehatan RI menyebutkan jika makan sayur dan buah-buahan itu sangat penting karena manfaat sayur dan buah sangatlah berguna untuk tubuh. Namun tetap tidak boleh terlalu berlebihan. Disarankan untuk mengkonsumsi 5 porsi saja setiap harinya. Ini juga sudah disebutkan oleh organisasi kesehatan dunia seperti WHO. Dimana organisasi tersebut menyarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah sebanyak 5 porsi saja.

WHO sudah melakukan banyak penelitian yang membuktikan jika mengkonsumsi sayur dan buah minimal 400 gram setiap hari itu sangat diperlukan. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan juga menurunkan berbagai resiko penyakit seperti diabetes, obesitas dan juga stroke hingga penyakit jantung.

Jadi lima buah porsi yang dimaksud di sini adalah batas minimal untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung buah dan sayuran. Jadi, jika Anda mengkonsumsinya lebih banyak dari standar ini tentu saja akan semakin baik. Pasalnya membuat manfaat sayur dan buah semakin terasa dan akhirnya mendapat manfaat yang lebih optimal nantinya.

Sayangnya, jumlah itu masih terlalu tinggi untuk masyarakat Indonesia karena memang tidak tertib untuk memenuhi jumlah tadi. Hal ini bisa dibuktikan melalui riset yang dilakukan oleh kementrian kesehatan yang menyebutkan jika 94 persen masyarakat Indonesia masih kurang dalam mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Simak artikel lainnya disini.

Cara Mudah Menambahkan Asupan Sayur Dan Buah Di Kehidupan Sehari-Hari

Ada banyak cara yang bisa dimanfaatkan untuk menambah asupan sayur yang masuk ke dalam tubuh manusia. Jadi mulai sekarang tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya. Pasalnya manfaat sayur dan buah memang benar-benar sangat bermanfaat untuk tubuh. Adapun caranya sebagai berikut;

  1. Anda bisa menambahkan irisan pisang, stroberi dan juga apel untuk semangkok sereal setiap paginya. Anda juga dapat membuat yogurt yang diberi tambahan buah-buahan dan juga setiap pagi untuk sekedar sarapan.
  2. Ketika makan malam ataupun siang, Anda bisa mengambil satu atau dua porsi sayuran yang berbeda. Cara ini bisa membantu tubuh untuk menurunkan berat badan karena serat yang ada dalam kandungan sayuran bisa membuatmu lebih kenyang lebih lama.
  3. Coba untuk mengkonsumsi buah untuk makanan penutup setelah mengkonsumsi makanan utama. meskipun sulit di awal, kamu tetap harus mencobanya dan rasakan manfaat sayur dan buah setelah itu.
  4. Bagi yang ingin membuat jus, tidak ada salahnya jika menambahkan beberapa potong sayuran ke jus tersebut. Dengan begitu, nutrisi dalam jus buah tadi bisa semakin lengkap untuk tubuh
  5. Jadikan buah untuk makanan selingan yang dikonsumsi ketika lapar. Ini bisa dilakukan ketika Anda sudah lapar di tengah waktu makanan utama. dengan terbiasa begitu, kemungkinan Anda mulai rutin mengkonsumsi dua jenis makanan ini.

Manfaat sayur dan buah memang sangat nyata untuk tubuh. Tidak heran mulai sekarang Anda harus mengkonsumsinya secara rutin. Di awal mungkin saja agak sulit. Namun setelahnya, tentu Anda tidak akan kesulitan lagi. Jadi biasakan saja mulai sekarang.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *