Manfaat Sayur dan Buah-Buahan 8 jenis Untuk Kesehatan Kulit cantik yang anda inginkan

Manfaat Sayur dan Buah-Buahan 8 jenis Untuk Kesehatan Kulit cantik yang anda inginkan – Keduanya bermanfaat untuk menjaga kulit agar tetap awet muda dan sehat secara alami. Sayuran dan buah yang bagus dan baik untuk dikonsumsi bisa dalam bentuk jus  atau mengkonsumsinya secara langsung. Banyak buah dan sayur yang direkomendasikan diantaranya adalah wortel, tomat, timun, pepaya yang kaya antioksidan.  Zat ini sendiri baik untuk meregenerasi sel kulit mati dan melembabkan kulit kering.

manfaat sayur dan buah-buahan
manfaat sayur dan buah-buahan

Manfaat Sayur dan Buah-Buahan Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami sejumlah perubahan.  Mulai dari kulit berkeriput, kulit kering, flek hitam dan tanda penuaan dini yang lainnya. Tidak hanya kecantikan kulit saja yang berubah, fungsi organ tubuh juga kian menurun, misalnya sulit dalam mencerna makanan, mudah lelah dan kehilangan nafsu makan. Nah, agar kulit tetap awet muda, sehat dan cantik serta memiliki tubuh yang sehat, konsumsi sayur dan buah-buahan tidak boleh ditinggalkan. Berikut adalah rekomendasi buah dan sayur yang baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit;

Buah Delima

Dilansir dari berbagai macam sumber, manfaat sayur dan buah-buahan bisa didapat dari buah delima. Buah delima adalah salah satu buah yang paling direkomendasikan dan paling sehat karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Buah dengan warna merah ini memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk mencegah munculnya kerutan akibat sinar matahari. Disamping itu, buah delima juga mengandung asam ellagic dan punicalagin yang penting untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Minum jus delima secara rutin, dijamin akan mendapatkan kulit yang awet muda, sehat dan kencang.

Alpukat

Alpukat selain memiliki rasa yang lezat juga dikenal sebagai buah yang punya segudang manfaat untuk kesehatan. Nutrisi khas yang bisa didapatkan dari alpukat adalah kandungan lemak sehatnya yang aman dan tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Dalam buah ini juga mengandung senyawa unik yang disebut alkohol polihidroksi, yaitu sejenis lemak yang berfungsu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperbaiki DNA yang rusak.

Selain itu, alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan yang akan memberikan perlindungan secara ganda pada kulit. Dengan demikian kulit akan tetap kencang dan tidak mudah timbul keriput akibat efek penuaan dini. Konsumsi alpukat setiap hari bisa dalam bentuk jus, salad atau mengkonsumsinya secara langsung. Ditambah dengan madu, tentu manfaat ganda bagi kesehatan kulit akan didapat dengan mudah. Simple, bukan? Cara konsumsi untuk mendapatkan  manfaat sayur dan buah-buahan yang satu ini.

Tomat

Cara lain untuk mendapatkan kulit yang awet muda, sehat dan kencang adalah dengan konsumsi tomat secara rutin. Tomat bisa ditambahkan pada menu makanan dengan jumlah banyak atau mengkonsumsinya saat masih segar. Hal ini dikarenakan tomat mengandung likopen, yaitu sejenis karotenoid yang dapat melawan efek sinar UV pada kulit. Sinar inilah yang berbahaya pada kulit dan dapat memicu timbulnya penuaan dini.

Penuaan dini bisa berupa kulit menjadi rusak, cepat tua dan yang paling parah adalah dapat menimbulkan kanker. Berdasar penelitian, manfaat sayur dan buah-buahan  dari tomat ini dapat dirasakan  setelah 15 minggu mengkonsumsi tomat hingga akan mengalami penurunan jumlah kerutan pada kulit secara signifikan. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda, bisa memadukan tomat dengan manfaat minyak zaitun. Dimana kombinasi 2 bahan ini dapat meningkatkan penyerapan likopen ke dalam tubuh. Jadi, kulit tetap sehat terjaga meskipun usia terus bertambah.

Blueberry

Bentuknya memang kecil, tapi siapa sangka jika buah mungil ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit yang menakjubkan. Blueberry telah terbukti dapat memperlambat efek penuaan dini dan bahkan manfaat supernya bisa membuat panjang umur. Buah ini juga mengandung antosianin tinggi, yaitu senyawa yang dapat menurunkan kerusakan sel akibat radikal bebas. Rutin mengkonsumsi blueberry setiap hari, akan mudah terhindar dari garis halus dan kulit yang berkeriput sehingga kulit tetap segar dan awet muda hingga tua.

Bayam

Manfaat sayur dan buah-buahan selanjutnya adalah dari bayam yang juga baik untuk kesehatan kulit. Sayur bayam dikenal sebagai sayur yang mengandung beta karoten dan lutein yang terbukti dapat meningkatkan elastisitas kulit. Semakin elastis kulit, artinya kulit akan menjadi lebih kencang dan garis halus yang dapat memicu keriput tidak akan mudah timbul. Sayuran hijau yang satu ini juga mengandung fitonutrien, yaitu senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jadi, dengan konsumsi bayam rutin setiap minggunya akan membuat kulit tetap sehat dan awet muda.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayur yang kaya akan antioksidan, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin E dan vitamin C. Kandungan tersebut mempunyai peran penting dalam meningkatkan kelenturan dan kesehatan kulit. Yang paling penting bermanfaat untuk meremajakan sel kulit yang mati. Di dalam brokoli juga terkandung asam lemak omega 3, kalsium dan folat yang mempunyai fungsi untuk membantu proses penyembuhan. Selain itu, manfaat brokoli yang dapat dirasakan adalah mengandung zat yang dapat membentuk kolagen untuk peremajaan kulit dan wajah.

Selada Air

Lebih banyak ditemukan sebagai penghias makanan atau nama lainnya garnish karena memang bentuk sayuran ini yang cantik. Namun, manfaatnya tak hanya sekedar sebagai penghias makanan saja, selada pun diketahui memiliki manfaat yang banyak untuk kecantikan kulit. Selada memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, asam oleat yang bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih halus. Tidak sulit mendapatkan sayur yang satu ini, jadi tak perlu risau untuk mendapat manfaat sayur dan buah-buahan dari selada.

Baca artikel lainnya disini .

Mentimun

Manfaat sayur faktanya banyak sekali dan mudah untuk menemukan berbagai macam sayur dan buah yang baik untuk kulit. Salah satunya adalah mentimun. Sayur ini telah dikenal sejak dahulu sebagai bahan untuk ramuan kecantikan.  Manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan kulit adalah kandungan airnya yang kaya dapat menghidrasi kulit dengan baik. Selain itu, kandungan potassium, vitamin A, sulfat dan vitamin C dapat mengatasi kondisi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari.

Demikianlah  beberapa manfaat sayur dan buah-buahan yang penting untuk kesehatan kulit. Secara garis besar keduanya memiliki manfaat antara lain untuk membersihkan kulit agar lebih bersih dan cerah. Sayur dan buah juga dapat membantu mencegah penuaan dini dan melembabkan kulit serta membuat kulit tampak lebih sehat. Semakin rutin mengkonsumsi, maka manfaatnya akan semakin cepat terasa dan kulit akan terjaga hingga usia lanjut nanti.

Sekarang, tidak ada alasan untuk malas mengkonsumsi buah dan sayur. Dengan membaca manfaat sayur dan buah-buahan yang sangat penting dan banyak tersebut, pastinya akan semakin rajin, bukan? Apalagi sayur dan buah yang direkomendasikan tidak sulit untuk didapatkan. Di pasar atau supermarket tersedia cukup banyak. Lebih baik lagi jika menanamnya sendiri secara organik. Lebih sehat dan berkualitas. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk semua pembaca.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *