12 Manfaat Sawi Hijau Sebagai Obat Herbal Penyakit

Sumbersehat.comManfaat sawi hijau untuk kesehatan tubuh kita sangatlah banyak, salah satunya yaitu mampu meningkatkan imunitas tubuh. Sawi hijau merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah akrab dimanfaatkan sebagai menu masakan atau jus herbal. Sawi hijau biasanya sering kita jumpai sebagai pelengkap mie ayam atau bakso.

Agar tubuh tetap sehat dan imunitas tubuh kuat, maka perlu mengonsumsi sayuran hijau setiap hari terutama sawi. Untuk mendapatkan khasiat sawi hijau, Anda bisa mengonsumsinya dalam kondisi segar atau dimasak. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

manfaat sawi hijau

Kandungan Sawi Hijau

Sawi hijau merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab, beberapa kandungan sawi hijau sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin A, dan vitamin C dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi bagi tubuh. Selain itu, sawi hijau juga kaya akan vitamin K yang sangat baik untuk tulang.

Tidak hanya itu, sawi hijau juga memiliki kandungan berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, sodium, dan fosfor. Sama halnya seperti sayuran hijau ada umumnya, sawi hijau juga dilengkapi dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Karena beberapa kandungan tersebut membuat manfaat sawi hijau menjadi melimpah.

Inilah Khasiat Sawi Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Supaya Anda menjadi lebih bersemangat mengonsumsi sawi hijau, simak manfaat sawi hijau untuk kesehatan berikut:

1. Khasiat Sawi Hijau untuk Membantu Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Kadar kolesterol yang tinggi tentu memiliki potensi besar pada resiko terkena penyakit jantung. Apalagi kolesterol jahat yang seringkali menumpuk di bagian pembuluh darah sehingga bisa mengganggu peredaran darah ke jantung. Hal ini terjadi karena orang yang menderita kolesterol mengonsumsi lemak yang tinggi dan kurang mengonsumsi sayuran hijau.

Kandungan sawi hijau dapat membantu mengubah kolesterol baik menjadi asam empedu. Dimana nantinya bisa memecah lemak dalam makanan sehingga jumlah kolesterol jahat dalam tubuh bisa ditekan.

Perlu Anda ketahui bahwa sayuran dengan jenis sawi hijau mempunyai kemampuan untuk meningkatkan pengikatan empedu, terutama seusai diolah atau dimasak. Dengan adanya pengikatan empedu dapat membantu menurunkan resiko penyakit kanker dan jantung.

2. Manfaat Sawi Hijau untuk Menjaga Kondisi Tubuh Supaya Tetap Fit

Khasiat sawi hijau selanjutnya yaitu bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Vitamin C yang terkandung dalam sayuran sawi berperan sebagai vasodilator dan antioksidan untuk mencegah kerusakan sel. Dengan begitu, dapat mencegah timbulnya penyakit kronis seperti kanker.

Kandungan sawi hijau yaitu vitamin C juga mampu melindungi tubuh dari terkena infeksi ataupun virus. Pastikan sawi hijau menjadi menu makanan Anda ketika musim hujan dan pancaroba tiba. Supaya tubuh Anda tetap sehat dan tetap fit untuk menjalankan aktifitas keseharian.

3. Khasiat Sawi Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani masa diet, maka sangat cocok sekali untuk menjadikan sawi hijau sebagai menu makanan sehari-hari. Karena sawi hijau kaya akan kandungan serat dimana dapat membantu Anda membantu menurunkan berat badan.

Kandungan serat yang tinggi dalam sawi hijau dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi porsi makan berat Anda. Selain itu, manfaat sawi hijau juga bisa membantu mengatasi sembelit sehingga dapat melancarkan pencernaan Anda.

4. Manfaat Sawi Hijau Sebagai Pembentuk Tulang

Sawi hijau dapat membantu pembentukan tulang karena memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Sawi hijau bermanfaat dalam mineralisasi tulang serta pembekuan darah. Selain itu, sawi hijau juga dipercaya bisa menghentikan pengeroposan tulang pada penderita osteoporosis.

Tidak hanya itu, bagi wanita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sawi hijau. Sebab salah satu khasiat sawi hijau juga bisa membantu mengurangi kram saat PMS dan nyeri haid. Selain itu, juga dapat membantu mencegah serta menyembuhkan memar-memar.

5. Khasiat Sawi Hijau Sebagai Antioksidan Bagi Tubuh

Manfaat sawi hijau berikutnya yaitu sebagai antioksidan bagi tubuh. Sawi hijau memiliki tingkat antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sumber antioksidan seperti yang terdapat pada sawi dan sayuran hijau lainnya sangat penting untuk dikonsumsi sebagai menu makanan sehari-hari.

Antioksidan yang terdapat pada jenis sawi hijau mampu melindungi tubuh dari beberapa masalah kesehatan. Caranya dengan memerangi kerusakan akibat radikal bebas, melindungi sel-sel sehat pada sistem pencernaan, pencernaan dan sistem pernapasan serta mengurangi peradangan.

Radikal bebas bisa menimbulkan terjadinya kerusakan pada sel tubuh manusia serta sangat berbahaya bagi sel dan jaringan tubuh. Apabila hal itu diabaikan dan tidak segera mendapatkan penanganan serius, maka bisa berdampak buruk pada jangka panjang.

6. Manfaat Sawi Hijau Dalam Mendukung Fungsi Hati

Dengan menyediakan sawi hijau sebagai menu makanan sehari-hari, maka bisa mendukung kesehatan hati. Hal ini dikarenakan adanya efek anti-inflamasi serta memiliki kandungan klorofil yang tinggi sehingga sangat berguna untuk proses detoksifikasi.

Terdapat sebuah studi yang mengatakan bahwa makanan yang menghasilkan turunan klorofil bisa turut memegang peranan dalam pencegahan penyakit kanker.

7. Khasiat Sawi Hijau untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena kaya akan vitamin C maka manfaat sawi hijau juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga sangat baik untuk kesehatan kulit, mata, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsinya, Anda bisa melindungi tubuh agar tidak sampai terserang berbagai infeksi. Konsumsilah sawi hijau setiap hari demi tubuh sehat.

8. Manfaat Sawi Hijau untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Tidak hanya Vitamin C, sawi juga mengandung Vitamin A yang baik untuk mata dan kulit. Sawi mengandung lebih dari seluruh nilai harian vitamin A yang sangat dianjurkan untuk membantu menjaga kesehatan mata. Dengan mengonsumsi sawi hijau, maka dapat membantu memperlambat proses penuaan secara alami.

Sawi hijau juga dapat membantu membangun kolagen pada kulit, membantu kulit agar lebih kencang, sehat dan mencegah hilangnya elastisitas. Mereka bermanfaat bagi kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, melawan kanker kulit dan membantu pertumbuhan sel.

Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi sawi hijau secara rutin dapat membantu membersihkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Bagaimana? ingin mendapatkankan khasiat sawi hijau untuk mata dan kulit Anda? Konsumsi sawi hijau setiap hari.

4 Khasiat Sawi Hijau Lainnya

Apabila Anda rutin mengonsumsi sawi hijau, maka akan memetik manfaat sawi hijau di atas. Ada juga beberapa jenis sawi yang perlu Anda ketahui pula. Beberapa diantaranya yaitu jenis sawi putih dan sawi sendok. Selain manfaat-manfaat di atas, ada juga lho manfaat lainnya dari tanaman herbal ini, yaitu:

  • Dapat membantu detoks tubuh
  • Dapat mencegah kanker
  • Dapat mencegah menopause
  • Bisa mengobati psoriasis

Berbagai khasiat sawi hijau tersebut tentu karena tanaman hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya membuat khasiat sawi hijau tidak perlu diragukan lagi.

Selain kaya akan manfaat, harga sawi hijau pun juga sangat terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila ingin membeli banyak untuk menu makanan sehat bersama keluarga.

Semoga ulasan tentang manfaat sawi hijau di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Dengan membaca berbagai khasiat sawi hijau di atas diharapkan Anda menjadi lebih bersemangat dan dapat rutin untuk mengonsumsi sayuran ini.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *