10 Manfaat Sambiloto, Meskipun Pahit Tapi Besar Khasiatnya

By

Sumbersehat.com – Manfaat sambiloto untuk kesehatan ternyata masih banyak yang belum tahu. Karena rasanya yang pahit dan mungkin masih belum familiar bagi sebagian orang. Berbagai gangguan kesehatan ternyata dapat diatasi dengan berbagai macam khasiat Andrographis paniculata Ness atau lebih dikenal dengan sebutan sambiloto.

Sudah sejak zaman nenek moyang daun sambiloto digunakan sebagai obat herbal. Tumbuhan ini termasuk dalam jenis Acanthaceae. Masalah flu dan demam sering diatasi dengan sambiloto. Meskipun terasa pahit namun manfaat sambiloto untuk kesehatan sangat banyak.

Inilah 10 Macam Khasiat Sambiloto untuk Kesehatan

Adapun manfaat daun sambiloto untuk kesehatan dan kecantikan adalah:

1. Manfaat Sambiloto untuk Mencegah Diabetes

Meskipun terkenal pahit namun salah satu manfaat sambiloto dapat mencegah penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit yang biasanyanya menahun dan tentunya penyakit ini sangat berbahaya. Biasanya, orang yang menderita diabetes lebih mudah terserang penyakit komplikasi.

Tidak melulu hanya penderita penyakit diabetes, bagi Anda yang sehat tidak memiliki riwayat atau faktor genetik terhadap penyakit ini tetap bisa mengkonsumsinya sebagai sarana pencegahan. Namun konsumsi sambiloto untuk pencegahan diabetes berbeda dengan penyembuhan, sebaiknya konsumsilah secukupnya. 

2. Khasiat Sambiloto dalam Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat sambiloto yang kedua yaitu dapat meningkatkan imunitas tubuh. Pada tumbuhan ini terdapat antioksidan yang dapat mencegah perkembangan berbagai virus dan bakteri yang menginfeksi tubuh. Sifatnya yang imunostimulan, dapat meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem imun. 

3. Manfaat Sambiloto untuk Mengatasi flu

Penyakit flu atau yang sering disebut influenza merupakan jenis infeksi virus. Gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri, bersin-bersin, batuk, dan kedinginan merupakan salah satu tanda penyakit ini. Untuk meredakan flu Anda bisa menggunakan sambiloto. Setelah dua hari mengkonsumsinya maka gejala akan berkurang. 

Jika Anda ingin mencoba mencegah pilek memakai sambiloto, sebaiknya gabungkan dengan ekstrak ginseng. Anda juga bisa menggunakan produk herba untuk dikonsumsi yang terdaftar di BPOM. Meskipun demikian, Anda dapat mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan resep yang sesuai. 

4. Khasiat Sambiloto Sebagai Solusi  Mencegah kanker

Sel kanker yang cenderung bersifat parasit di dalam tubuh dapat dicegah dengan mengkonsumsi manfaat sambiloto. Daun sambiloto diakui sangat manjur untuk menangkal radikal bebas. Karena racun yang menyebabkan kanker dibuang oleh antioksidan yang terdapat dalam kandungan daunnya. 

5. Manfaat Sambiloto untuk Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain buah pepaya, sambiloto dapat dijadikan solusi terhadap masalah pencernaan. Meskipun selama ini, sebagian besar orang mengambil manfaat buah pepaya untuk melancarkan sistem pencernaan. Nah, sekarang Anda bisa menggunakan khasiat sambiloto juga lho.

Untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, sembelit, kolik, hingga gas yang berlebihan dalam usus dapat dibantu oleh kandungan A. paniculata yang terdapat pada tumbuhan sambiloto. Sambiloto termasuk salah satu obat herbal untuk penyakit yang berkaitan dengan pencernaan. 

6. Khasiat Sambiloto untuk Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat  sambiloto yang keenam yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung terjadi sebab penyumbatan pembuluh darah dan penumpukan kolesterol yang berlebihan. Hal ini menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung seperti jantung koroner atau gagal jantung. 

Selain itu penggumpalan darah dapat dicegah dengan sambiloto. Bahkan gumpalan darah dapat serta merta dipecah. Serta kandungan A. paniculata yang terdapat pada sambiloto bisa membantu mengulur waktu terjadinya gumpalan darah hingga penyempitan pembuluh darah.

7. Manfaat Sambiloto untuk Meningkatkan Fungsi Hati

Selain dapat mencegah penyakit jantung sambiloto juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan organ hati.  Beberapa gangguan yang terkait dengan fungsi hati dapat diatasi. Antara lain  penyakit kuning, pembesaran organ hati, hingga kerusakan hati akut yang disebabkan tidak berfungsinya organ hati.

Organ hati adalah salah satu organ yang sangat penting serta besar pula perannya dalam tubuh manusia sehingga Anda harus menjaganya dengan sebaik mungkin. Untuk hal itu, Anda bisa mengambil khasiat dari sambiloto. Kendati demikian, perlu diingat dalam menggunakan sambiloto harus dengan cara yang benar.

8. Khasiat Sambiloto untuk Membantu Meredakan Panas Dalam

Salah satu manfaat sambiloto yang belum begitu populer adalah untuk membantu meredakan panas dalam. Ketika merasakan gejala panas dalam seperti batuk, radang tenggorokan, flu, hingga reaksi alergi anda bisa menggunakan sambiloto untuk meredakannya.

Ternyata sambiloto dapat mempercepat proses penyembuhan melalui peningkatan sistem imunitas tubuh. Sehingga Anda dapat mengonsumsinya sebagai salah satu rujukan obat herbal yang mudah ditemukan disekitar Anda. Karena hakikatnya tumbuhan ini dapat tumbuh dengan mudah. Seperti dalam pot. 

9. Manfaat Sambiloto untuk mengatasi ISPA

Pada tahun 2017 telah dilakukan sebuah penelitian oleh salah satu lembaga penelitian yang kemudia menemukan manfaat sambiloto untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan atau ISPA. Batuk, panas dalam, dan lama seseorang mengalami sakit lebih cepat sembuh jika mengkonsumsi tumbuhan ini.

10. Khasiat Sambiloto untuk Mengatasi Masalah Kulit

Khasiat sambiloto yang terakhir adalah untuk mengatasi berbagai macam infeksi kulit. Tumbuhan ini mujarab digunakan sebagai obat berbagai kondisi kulit seperti iritasi, meredakan gatal-gatal, mengobati bisul, mengatasi gigitan ular dan gigitan serangga. Sebab, efek antibakteri dan anti peradangan yang dikandungnya.

Efek Samping Sambiloto

Sambiloto yang seringkali dijadikan bahan jamu pahitan ini ternyata memiliki beberapa efek samping.  Reaksi alergi, sakit kepala, diare, hingga menurunnya nafsu makan merupakan gejala yang disebabkan mengkonsumsi sambiloto. Penggunaan jangka panjang juga bisa memiliki Efek samping sambiloto yang lain. 

Peningkatan enzim dalam hati hingga pembengkakan kelenjar getah bening juga sebab Penggunaan jangka panjang dari tumbuhan ini. Lagi-lagi cara mengkonsumsi sambiloto berpengaruh besar terhadap kesehatan. Untuk mengurangi resiko yang bisa terjadi sebab salah dalam menggunakannya, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter

Meskipun banyak manfaat sambiloto namun orang yang sedang mengonsumsi obat tertentu terutama yang terkait dengan tekanan darah disarankan untuk menghindari konsumsi sambiloto. Sebab, masih perlu banyak penelitian untuk mengetahui aman tidaknya mengonsumsi sambiloto secara berkala. 

Larangan mengkonsumsi sambiloto

Sebelum mengonsumsi sambiloto, sebaiknya perhatikan dulu kondisi tubuh anda. Sehingga, tidak mengalami efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Berikut larangan kondisi mengonsumsi daun sambiloto:

1. Sedang program kehamilan

Lagi, menurut penelitian, manfaat sambiloto tidak selamanya bisa digunakan. Terutama yang sedang dalam program hamil. Tingkat kesuburan bisa jadi terganggu dengan mengkonsumsi sambiloto. Meskipun terjadi pada hewan, namun tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada manusia. Sebaiknya bagi kamu yang ingin memiliki anak hindari memakai sambiloto.

2. Sedang Menyusui atau Hamil

Karena kandungan sambiloto dikhawatirkan mungkin bisa meningkatkan risiko keguguran. Meskipun dampak untuk ibu menyusui belum diketahui dengan jelas, sebaiknya hindari pemakaian daun sambiloto untuk berjaga-jaga jika saat ini anda hamil atau sedang menyusui. 

3. Memiliki Anemia. 

Walaupun terkenal dengan manfaat sambiloto yang sangat banyak , tetapi menurut sebuah penelitian, sambiloto mungkin bisa menurunkan tekanan darah. Jadi, sebaiknya bagi yang sering mengalami darah rendah disarankan untuk menghindari mengkonsumsi sambiloto karena efek sampingnya yang cukup berbahaya. 

4. Mengidap penyakit autoimun.

Penyakit yang terjadi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh itu sendiri, yang seharusnya melindungi disebut Autoimun. Sambiloto meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini cukup diakui oleh masyarakat banyak. Tetapi, bagi penderita  penyakit autoimun hal ini dapat memperparah kondisinya. 

Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menggunakan manfaat sambiloto sebagai obat meringankan atau mengatasi penyakit. Jika masih ragu, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi sambiloto. Lalu cari tahu resiko efek samping yang ditimbulkan dan dosis yang disarankan.

Tinggalkan komentar