10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com – Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Rumput ini seringkali dikategorikan sebagai rerumputan liar yang mampu tumbuh di mana saja. Namun meski disebut rumput liar, khasiat rumput mutiara ternyata cukup beragam. Berikut pengenalan rumput mutiara hingga cara mengolah rumput mutiara yang dapat anda lakukan di rumah.

manfaat rumput mutiara
manfaat rumput mutiara

Apa itu Rumput Mutiara?

Rumput mutiara atau dalam bahasa latin disebut sebagai Hedyotis corymbosa adalah sebuah tanaman rumput yang masuk dalam kategori rumput liar. Rumput ini tumbuh di berbagai tempat yang lembab seperti pekarangan rumah, rumah kosong, kebun liar, sampai pinggir jalan raya.

Menurut sejarah, rumput ini pertama kali tumbuh dan berkembang di Cina dan meluas ke India sampai negara-negara di Asia Tenggara. Manfaat rumput mutiara sebagai obat tradisional juga pertama kali dilakukan oleh negara Cina. Dahulu, rumput ini digunakan sebagai campuran ginseng dalam minuman teh khas rakyat Cina.

Bila dilihat dari bentuk fisik atau morfologinya, rumput mutiara memiliki penampakan yang tegak atau condong. Batangnya bersegi empat dengan sisik yang pendek dan berwarna hijau kecoklatan. Tak jarang juga ditemukan beberapa rumput mutiara berwarna hijau sampai keabu-abuan.

Sementara itu, daun rumput mutiara berwarna hijau pucat dan runcing di ujungnya. Sedangkan akarnya merupakan akar tunggang dengan cabang akar yang berbentuk seperti benang.

Kandungan dalam Rumput Mutiara

Manfaat rumput mutiara sebagai obat antikanker digadang-gadang berasal dari dua senyawa kimia aktif yaitu asam ursolat dan oleanolat. Namun, ternyata bukan hanya kedua senyawa aktif ini saja yang berperan penting dalam mencegah kanker. Berikut beberapa kandungan dalam rumput mutiara yang diketahui sebagai cikal bakal khasiat rumput mutiara yang beragam:

Asam ursolat dan uleanolat

Senyawa ini tak hanya bersifat antikanker, melainkan dalam perkembangan selanjutnya juga bersifat reaktif terhadap bakteri yang seringkali menyerang pernapasan seperti pneumonia atau radang faring (faringitis)

Flavonoid glikosida

Zat ini dipercaya mampu menghambat berbagai proses yang bersifat karsinogenesis di dalam tubuh manusia. Sedangkan, dalam situasi lain juga mampu menjadi antioksidan bagi tubuh manusia.

Glutation S-Transferase

Zat flavonoid glikosida di dalam rumput mutiara mampu meningkatkan ekresi dalam glutation S-transferase sehingga manfaat rumput mutiara juga mengaktifkan detoksifikasi karsinogen apabila direaksikan dalam tubuh manusia.

Zat lain di dalam rumput mutiara

Kandungan lainnya di dalam rumput mutiara adalah stigmasterol, beta-sitosterol, kumarin, dan asam kumarat.

Apabila dimakan secara langsung maka rumput mutiara ini terasa manis walau ada sedikit rasa sepat di akhir. Namun teksturnya yang lembut dan agak dingin sangat cocok berfungsi sebagai pereda panas sampai radang.

Inilah Khasiat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Kecantikan

Adapun manfaat rumput mutiara untuk kesehatan yaitu:

1. Khasiat Rumput Mutiara sebagai Anti kanker

Manfaat rumput mutiara yang pertama adalah mencegah perkembangan sel ganas di dalam tubuh manusia dengan melakukan pemecahan sel-sel yang dianggap tidak normal atau berlebihan di dalam tubuh manusia. Sehingga secara garis besar rumput mutiara bukanlah tanaman yang mampu menghilangkan, melainkan mengurangi risiko yang ditimbulkan dari kanker.

2. Manfaat Rumput Mutiara Sebagai Detoksifikasi

Selanjutnya, rumput mutiara juga berkhasiat sebagai detoksifikasi apabila direaksikan ke dalam tubuh manusia. Hal ini diakibatkan karena rumput mutiara bersifat anti karsinogenesis sehingga mampu menguras racun-racun di dalam tubuh manusia. Selain itu, sebagai bentuk pencegahan pertama apabila adanya pertumbuhan sel secara tidak normal pada tubuh manusia.

3. Khasiat Rumput Mutiara untuk Mengobati Radang Tenggorokan

Apabila anda mengkonsumsi rumput mutiara secara langsung, maka akan menimbulkan sensasi dingin di tenggorokan anda. Dalam hal ini rumput mutiara mampu secara efektif mengobati penyakit radang tenggorokan, faringitis, bahkan batuk ringan hingga berdahak.

4. Manfaat Rumput Mutiara untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat rumput mutiara selanjutnya yaitu melancarkan sirkulasi darah. Rumput mutiara dapat mengurangi lemak jahat atau kolesterol yang seringkali menumpuk di dalam tubuh manusia sehingga menyumbat beberapa peredaran darah yang bila dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan pecah pembuluh darah. Rumput mutiara membantu melancarkan peredaran darah bila dikonsumsi secara rutin.

5. Khasiat Rumput Mutiara untuk Mencegah Penyakit Lambung

Terdapat beragam penyakit yang ditimbulkan dari lambung, salah satunya maag atau gesekan lambung yang dapat menyebabkan luka pada kulit lambung. Sebagai obat tradisional, rumput mutiara juga mampu mengobati penyakit maag apabila anda konsumsi sebelum makan di pagi hari. Tujuannya, untuk menetralisir asam yang naik di lambung.

6. Manfaat Rumput Mutiara Sebagai Obat Luar

Tak hanya beragam manfaat bagi organ manusia bagian dalam, rumput mutiara juga berkhasiat mengobati berbagai luka pada kulit. Luka berat seperti terbakar hingga luka akibat jatuh dari sepeda juga dapat diobati dengan rumput mutiara. Apabila Anda memiliki borok atau bisul di bagian kulit lainnya, Anda bisa meredakannya dengan menggunakan daun dari rumput mutiara.

7. Khasiat Rumput Mutiara untuk Meredakan Infeksi Saluran Kemih

Terdapat beberapa penyakit serius yang ditimbulkan apabila sering menunda buang air kecil. Salah satunya adanya infeksi saluran kemih yang menimbulkan nyeri luar biasa saat buang air kecil. Anda dapat meredakan gejala nyeri dari infeksi saluran kemih dengan mengkonsumsi rumput mutiara secara teratur sebagai obat tradisional.

8. Manfaat Rumput Mutiara sebagai Minuman Herbal

Rumput mutiara juga bisa dijadikan minuman herbal dan dapat dikonsumsi sehari-hari secara berkala. Khasiat di dalam rumput herbal ini dapat menghilangkan panas tubuh dan berperan untuk menangkal virus maupun racun, sangat cocok digunakan ketika pandemi. Konsumsi rutin herbal ini pun telah diterapkan rakyat Cina secara turun-temurun untuk mengobati beberapa penyakit ringan seperti demam dan hidung tersumbat.

9. Khasiat Rumput Mutiara untuk Mengobati hepatitis

Secara ampuh manfaat rumput mutiara juga mengobati hepatitis sebagai obat alternatif apabila Anda mengalami ketidakcocokkan dengan obat dari dokter. Tentu sebagian besar orang takut mengkonsumsi obat secara besar dalam tempo waktu yang singkat. Sehingga rumput mutiara dapat menjadi langkah alternatif untuk mengobati hepatitis.

10. Manfaat Rumput Mutiara untuk Mengatasi Bisa Ular

Di beberapa tempat tak berpenghuni seringkali terdapat ular yang melintas yang bisa menjadi ancaman bagi Anda. Tak perlu khawatir, meredakan racun dari bisa ular adalah khasiat rumput mutiara yang lain. Anda dapat dengan mudah menemukannya sebagai rumput liar di rumah atau bangunan kosong.

Cara Mengolah Rumput Mutiara

Setelah mengetahui beberapa manfaat rumput mutiara, kini saatnya Anda mengetahui cara pengolahan rumput mutiara yang mudah dan dapat dilakukan di rumah.

1. Meredakan penyakit dalam

Untuk mengobati penyakit dalam, Anda dapat menggunakan beberapa tanaman rumput mutiara (umumnya 50 hingga 60 gram), kemudian cuci tanaman sampai bersih di bawah air mengalir.

Setelah itu, rebus dengan air secukupnya, dan tunggu hingga mendidih. Saringlah airnya, kemudian minum 2-3 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan beberapa rempah-rempah sebagai campuran, misalnya ginseng.

2. Mengobati penyakit luar

Selain penyakit dalam, beberapa rumput mutiara juga bermanfaat sebagai obat luar. Caranya, cuci bersih daun rumput mutiara dengan air mengalir, lalu tumbuk kasar. Kemudian, lumatkan di atas luka dan tunggu hingga kering.

Nah, di atas adalah beberapa manfaat rumput mutiara hingga cara pengolahannya yang dapat Anda lakukan di rumah. Meski tidak pernah ada laporan khusus mengenai efek samping penggunaan rumput ini, sebaiknya berhati-hati dengan reaksi alergi bagi Anda yang memiliki riwayat alergi ataupun kulit sensitif.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat keladi tikus

5 Manfaat Keladi Tikus untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

sumbersehat.com - Manfaat keladi tikus memang tidak diragukan lagi. Saat mendengar nama Keladi tikus mungkin yang terbayang di benak adalah sebuah pohon yang mungkin ada kaitannya dengan sejenis hewan pengerat yang cerdas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *