16 Manfaat Putri Malu, yang Luar Biasa bagi Kesehatan Tubuh

sumbersehat.com – Manfaat putri malu belum banyak diketahui orang, meskipun tanaman ini mudah ditemukan. Seringkali kita melihat tanaman liar yang satu ini tumbuh bebas di berbagai tempat. Mulai dari di pinggir jalan, samping rumah, perkebunan dan lain sebagainya. 

Mimosa pudica merupakan nama latin dari putri malu yang memiliki kandungan antidepresan, afrodisiak, antikonvulsan dan masih banyak lagi. Gerak seismonasti (tigmonasti) merupakan salah satu ciri khas dari tanaman liar yang satu ini. Apabila Anda menyentuh daunnya, secara otomatis dia akan mengatupkan anak-anak daunnya. Ketahui manfaat putri malu bagi kesehatan tubuh!

manfaat putri malu
manfaat putri malu

Inilah Khasiat putri malu bagi Tubuh dan Kesehatan 

Kali ini kita akan mengulas lebih dalam manfaat putri malu, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Khasiat putri malu bagi Penderita Diabetes

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang melakukan sebuah riset mengenai putri malu. Kemudian didapatkan bahwa manfaat putri malu dapat membantu menyembuhkan luka pada penderita diabetes. Ekstrak kloroform di dalamnya sangat berguna bagi penderita diabetes.

2. Manfaat Putri Malu untuk Menyembuhkan Batuk

Khasiat putri malu untuk batuk merupakan salah satu tema yang paling banyak dicari di internet. Tidak mengherankan memang, karena banyak  orang mudah sekali terserang batuk. Dibandingkan mengonsumsi obat-obatan kimia, sebagian besar orang memilih obat-obatan herbal, salah satunya menggunakan putri malu.

Ketika kita batuk biasanya akan dibarengi dengan munculnya flu. Mengonsumsi putri malu ketika diserang batuk dan flu bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. 

3. Khasiat Putri Malu untuk Mengobati Luka

Di Awal sudah dibahas tentang manfaat putri malu untuk menyembuhkan luka bagi penderita diabetes. Ternyata, menyembuhkan luka ini tidak hanya untuk penderita diabetes saja. Akan tetapi luka akibat bakar juga bisa diobati dengan memanfaatkan putri malu. Bakteri yang menjadi penyebab infeksi dapat dibunuh dengan kandungan fenol di dalamnya.

4. Manfaat Putri Malu untuk Mencegah dan Mengobati Hepatitis

Hepatitis bisa dicegah dan diobati dengan rutin mengonsumsi air rebusan putri malu. Virus hepatitis biasanya akan menyerang organ hati dan kemudian terjadi peradangan. Gejala peradangan tersebut dapat diminimalisir dengan memanfaatkan putri malu.

5. Khasiat Putri Malu untuk Insomnia

Dampak buruk bisa menyerang orang-orang yang mengalami susah tidur atau lebih dikenal dengan insomnia. Ekstrak yang terdapat di dalam putri malu sangat membantu untuk mencegah susah tidur. Cara mengonsumsinya sangat mudah, cukup minum rebusan putri malu dan diminum pada malam hari sebelum tidur.

6. Manfaat Putri Malu untuk Gigi dan Gusi

Bakteri periodontitis seperti actinobacillus actinomycetemcomitans dapat dihambat dengan menggunakan putri malu. Selain itu, banyak orang yang mengambil manfaat putri malu untuk menghilangkan bau tak sedap. Plak, dingivitis dan beberapa permasalahan gigi maupun gusi juga dapat diatasi dengan memanfaatkan putri malu.

7. Khasiat Putri Malu untuk Mengatasi Demam

Demam dan sakit kepala sering menyerang secara tiba-tiba siapa saja. Untuk itu putri malu bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk mengobati demam maupun sakit kepala. Ketika demam terjadi, biasanya suhu akan naik tanpa bisa kontrol. Dengan mengonsumsi putri malu akan membantu untuk mengontrol suhu tubuh.

8. Manfaat Putri Malu untuk Mengencerkan Dahak

Selain untuk mengatasi demam, manfaat putri malu adalah untuk mengencerkan dahak. Ketika dahak kita encer, maka dia akan lebih mudah dikeluarkan dari tenggorokan.

9. Khasiat Putri Malu untuk Melancarkan Saluran Kemih

Sifat antibakteri dalam putri malu bermanfaat untuk melancarkan saluran kemih. Sifat tersebut dapat menghindarkan tubuh dari serangan bakteri maupun kuman.

10. Manfaat Putri Malu untuk Pencegahan Disentri

Selain untuk melancarkan saluran kemih, manfaat putri malu adalah untuk mencegah disentri. Bakteri shigella dysenteriae (bakteri penyebab disentri) dapat ditangkal pertumbuhannya dengan mengonsumsi putri malu.

11. Khasiat Putri Malu Sebagai Anti Bisa untuk Menangkal Racun Ular

Tidak banyak yang tahu, jika ternyata putri malu dapat digunakan untuk menangkal racun ular. Hal ini dibuktikan dengan ekstrak dari akar tanaman putri malu yang sudah  dikeringkan dan direbus. Namun untuk menjadikan putri malu sebagai penawar racun, alangkah baiknya dilakukan oleh pakar atau ahli.

12. Manfaat Putri Malu untuk Penderita Rematik

Autoimun yang rendah di dalam tubuh menyebabkan terjadinya peradangan di area persendian atau disebut dengan rematik. Rasa sakit dan nyeri yang dialami penderita rematik dapat diredakan dengan mengonsumsi putri malu. 

Khasiat putri malu untuk penderita rematik dapat dirasakan dengan merendam tanaman ini bersama arak putih. Waktu untuk merendam putri malu dan arak putih kurang lebih selama 2 minggu. Setelah itu kompres bagian tubuh yang sakit dengan menggunakan air rendaman tersebut.

13. Khasiat Putri Malu dapat Membantu Meningkatkan Stamina Pria

Manfaat putri malu untuk pria atau suami adalah agar tahan lama ketika berhubungan. Caranya yaitu dengan:

  • Siapkan 15 lembar putri malu, cuci hingga bersih
  • Rebus dengan menggunakan 3 gelas air
  • Sisakan hingga 1 gelas air saja
  • Saring dan masukkan ke dalam gelas
  • Biasanya khasiat ini akan terasa setelah 30 menit kemudian

14. Manfaat Putri Malu untuk Mengatasi Wasir

Tanaman imut yang satu ini ternyata juga bisa menjadi obat wasir lho. Baik untuk pencegahan, maupun untuk Anda yang sudah terkena penyakit wasir. Astringent alami merupakan salah satu khasiat putri malu. Pasalnya, kandungan antiseptik di dalamnya mampu mengurangi pembengkakan maupun mengecilkan wasir.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan pasta daun putri malu pada area yang sakit. Bahkan, tanaman ini mampu mengatasi iritasi sekaligus gatal-gatal yang dikarenakan penyakit wasir.

15. Khasiat Putri Malu untuk Obat Hipertensi

Bagi Anda penderita hipertensi, putri malu bisa menjadi salah satu obat herbal alami. Caranya mengonsumsinya cukup dengan meminum air rebusan putri malu sebanyak 15 ml dua kali sehari. Minumlah secara rutin air rebusan putri malu tersebut dan rasakan khasiatnya.

16. Manfaat Putri Malu untuk Penderita Asam Urat

Hasil samping dari pemecahan sel dalam darah atau sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan disebut asam urat. Normalnya, kadar asam urat yaitu kisaran 2,4-6 untuk wanita dan 3,0-7 untuk pria. Jika melebihi dari kadar tersebut, berarti seseorang telah terserang asam urat dan harus segera diobati.

Serangan mendadak dan berulang dari artritis merupakan tanda jika seseorang terkena asam urat. Biasanya akan terasa sangat nyeri, dikarenakan endapan kristal monosodium urat. Untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi, Anda dapat memanfaatkan putri malu, dengan cara:

  • Siapkan 10-15 tangkai putri malu, ambil daunnya saja
  • Cuci daun putri malu hingga bersih
  • Rebus dengan air secukupnya
  • Saring dan masukkan dalam gelas
  • Tunggu hingga dingin dan air rebusan putri malu siap dikonsumsi

Demikianlah segudang manfaat putri malu yang sangat luar biasa bagi tubuh dan kesehatan. Bahkan dapat membantu menyembuhkan serta mengatasi berbagai penyakit. Sebelum Anda mengonsumsi putri malu, pastikan bahwa ia tercuci bersih. Hal ini dikarenakan putri malu merupakan tanaman liar yang belum tentu bebas dari berbagai macam kotoran.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *