11 Manfaat Pohon Kemuning Yang Jarang Diketahui Orang

By

11 Manfaat Pohon Kemuning Yang Jarang Diketahui Orang, Sumbersehat.com | Sebagian orang mungkin tak pernah tau atau melihat pohon kemuning. Salah satu pohon yang mirip dengan bunga melati dan memiliki segudang manfaat. Kemuning memiliki aroma yang sangat wangi dan bentuk yang sangat indah untuk dipandang mata, sehingga tidak heran lagi jika banyak orang memburu tanaman ini untuk dijadikan tanaman hias di halamannya sebagai penyegar pikiran ketika sedang mumet. Sayangnya, pohon kemuning keberadaannya saat ini sangat langka.

Selain dapat dipergunakan sebagai tanaman hias di halaman, ternyata tanaman yang memiliki nama latin Murraya paniculata ini bisa digunakan sebagai obat-obatan herbal yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Uniknya lagi, pohon kemuning bisa dimanfaatkan dari ujung daun hingga ujung akar. Penting juga untuk diketahui, pohon kemuning menyimpan berbagai zat rahasia yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Diantaranya adalah tanin, murralonginal, cadinene, carene-3, bisabolene, coumurrayin, dan paniculatin. Untuk mengobati rasa penasaran kamu, mari ketahui manfaat pohon kemuning.

11 manfaat pohon kemuning bagi kesehatan manusia

Mampu menghaluskan kulit

Siapa sih diantara kamu yang tidak suka dengan kulit halus? Tentunya semuanya mengidam-idamkan hal ini. Untuk mendapatkan kulit halus, kini kamu tidak perlu lagi membuang-buang uangmu untuk membeli obat penghalus kulit. Sebab pohon kemuning memiliki manfaat untuk mengaluskan kulitmu.

Cara pemakainnya terbilang sangat sederhana. Kamu hanya tinggal mengambil beberapa daun kemuning yang sudah dicuci bersih, ditumbuk dan dicampurkan kedalam air bersih, dan diaduk hingga campuran itu merata. Jika sudah demikian, kamu hanya tinggal menggunakan campuran itu sebagai lulur dikulit sebelum tidur. Mudah bukan?

Mengatasi datang bulan yang tidak lancar

Manfaat pohon kemuning yang kedua adalah untuk mengatasi haid atau datang bulan yang tidak lancar bagi mereka para perempuan. Cara pemakainnya pun sangat sederhana, kamu hanya tinggal mengambil beberapa lembar daun kemuning, beberapa lembar daun pacar kuku, dan juga rimpang temu lawak secukupnya. Selanjutnya cuci dengan bersih semua bahan itu. Setelah dicuci dengan bersih, kamu iris tipis-tipis semua bahan. Kemudian rebuslah irisan bahan itu. Setelah selesai merebus, angkat rebusan dan saring agar ampas rebusan tidak ikut dalam saringan. Dan yang terakhir kamu tinggal meminum air saringan itu pada pagi hari dan malam hari.

Mengobati luka yang memar

Kemuning juga memiliki manfaat untuk mengobati luka memar pada kulit seseorang. Cara yang perlu dilakukan tergolong sederhana. Kamu hanya tinggal mengambil daun kemuning dan daun kaca piring secukupnya, kemudian cuci hingga bersih menggunakan air mengalir. Setelah mencuci, giling kedua jenis daun tersebut hingga halus dan rebuslah pada air hangat beberapa menit. Setelah di rasa cukup, ambil rebusan kedua bahan itu dan tempelkanlah pada bagian luka yang memar.

Meredakan sakit gigi

Sakit gigi yang diderita oleh seseorang akan menimbulkan perasaan yang kurang nyaman saat beraktivitas. Bahkan mereka akan enggan untuk melakukan aktivitas akibat sakit gigi yang dialaminya.

Cara pemakain kemuning untuk meredakan sakit gigi adalah dengan cara mencari kulit batang pohon kemuning. Setelah itu bakar kulit batang kemuning hingga mengeluarkan air. Nah, air yang dikeluarkan dari hasil pembakaran kulit batang kemuning inilah yang dijadikan obat sakit gigi dengan cara meneteskan pada bagian gigi yang dirasa sakit.

Obat infeksi saluran kemih

Manfaat pohon kemuning berikutnya kemuning adalah bisa digunakan sebagai obat infeksi saluran kemih. Cara pengaplikasian ramuan herbalnya pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal mencari beberapa lembar daun kemuning, kemudian dicuci menggunakan air mengalir hingga bersih dan direbus. Nah air rebusan daun kemuning inilah yang bisa kamu minum dan dipercaya mampu mengobati infeksi saluran kemih.

Mengobati rematik

Bagian akar kemuning bisa kamu gunakan untuk mengobati penyakit rematik yang diderita selama ini. Kamu hanya tinggal mencari akar kemuning dan mencucinya hingga bersih, kemudian direbus menggunakan air. Air hasil rebusan akar kemuning inilah yang nantinya kamu minum secara teratur agar bisa mencegah penyakit rematik yang diderita.

Meredakan penyakit batu ginjal

Pohon kemuning bisa juga dimanfaatkan oleh orang yang sedang mengalami keluhan batu ginjal. Dengan cara meminum ramuan dari kemuning secara teratur, maka masalah ini bisa teratasi.

Cara membuat ramuannya sangat mudah, kamu hanya tinggal menghaluskan 30 gram daun kemuning, kemudian di blender hingga halus bersama dengan air putih dan bersih sebanyak 150 mililiter. Setelah di rasa halus, angkat air blender tersebut dan saring agar ampasnya tidak ikut tercampur ke ramuan. Dan yang terakhir, kamu tinggal meminum ramuan itu secara rutin disetiap harinya.

Obat bisul

Ternyata salah satu manfaat pohon kemuning juga dapat menuntaskan masalah bisul yang ada pada tubuhmu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal terlebih dahulu harus membuat ramuannya.

Cara pembuatan ramuan kemuning untuk mengatasi bisul adalah dengan cara mengambil 30 gram akar kemuning yang sudah kering. Cucilah akar kemuning itu dengan air mengalir hingga bersih lalu dipotong tipis-tipis. Setelahnya kamu rebus potongan akar kemuning itu menggunakan air mendidih sebanyak 3 gelas minum. Tunggu beberapa saat hingga mendidih, kemudian angkat dan saring agar ampasnya tidak ikut dalam ramuan. Selesai.

Untuk ramuannya sendiri kamu harus meminumnya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal sesuai harapan. Yang mana diminum pagi dan sore hari sebanyak setengah gelas minum.

Menurunkan kolestrol

Kandungan tannin, flavonoid, alkaloid, dan steroid pada kemuning dipercaya mampu menurunkan kolestrol pada penderitanya. Dalam penggunaan kemuning sebagai obat penurun kolestrol, kamu hanya meminum ekstrak dari daun kemuning secara teratur di setiap harinya. Dengan cara ini, secara perlahan keluhan kolestrol yang dialami selama ini bisa teratasi dengan alami dan tuntas.

Mengobati keputihan

Bagi para wanita, keputihan merupakan masalah yang sering dihadapinya. Tapi, tahukah kamu jika pohon kemuning bermanfaat untuk mengatasi keputihan?

Jika menggunakan ramuan herbal dari kemuning secara teratur, pasti hasilnya akan sangat luar biasa terutama untuk mengobati keputihan. Cara yang dilakukan pun sangat sederhana. Di mana kamu hanya tinggal mencari beberapa lembar daun kemuning dan mencucinya, kemudian di rebus, setelah direbus angkat rebusan itu dan saring agar ampasnya terpisah dari ramuan. Setelah itu, minumlah ramuan daun kemuning ini secara teratur disetiap harinya.

Obat herbal untuk diet

Memiliki tubuh langsing dan ideal adalah dambaan semua orang. Entah itu seorang laki-laki ataupun perempuan. Untuk kali ini, kamu tidak perlu ambil pusing untuk mendapatkan solusi dari permasalahan ini. Sebab pohon kemuning adalah jawabannya.

Yang dimanfaatkan dari pohon kemuning ini untuk membuat tubuh langsing adalah air hasil rebusan daunnya yang diminum secara rutin. Selain mampu membuat tubuh langsing, rebusan daun kemuning ini juga dipercaya oleh banyak orang untuk membuat kenyang yang lebih lama.

Itulah 11 manfaat pohon kemuning untuk obat herbal yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan semua orang. Kendati memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dalam pengaplikasiannya gunakanlah dosis yang wajar agar tidak menimbulkan masalah yang lain. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar