13 Manfaat Pohon Bidara Arab Sebagai Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com – Manfaat pohon bidara Arab sudah terkenal di kalangan masyarakat dunia. Tanaman yang tumbuh di wilayah bermusim kering ini kerap digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya yang populer adalah dipakai dalam tradisi ruqyah karena dipercaya ampuh menangkal gangguan jin.

Di bidang kesehatan, pohon bidara Arab punya segudang manfaat. Kandungan senyawa kimia di dalamnya punya beragam manfaat sebagai obat herbal alami, bahkan minyak bidara juga telah dimanfaatkan sebagai bahan utama kosmetik. Mulai dari mencegah penyakit serius hingga perawatan kecantikan, simak ulasan singkat mengenai khasiat pohon bidara Arab berikut ini.

Inilah Khasiat Pohon Bidara Arab untuk Kesehatan

Adapun manfaat pohon bidara arab bagi kesehatan yang penting anda ketahui adalah:

1. Khasiat Pohon Bidara Arap untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Konsumsi daun bidara membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Serat pada daunnya akan mengikat kolesterol kemudian membuangnya keluar dari tubuh melalui feses dan urin.

Manfaat pohon bidara Arab ini bisa Anda nikmati dengan cara mengkonsumsinya dalam bentuk minuman herbal. Caranya, siapkan secukupnya daun bidara, rebus hingga mendidih, kemudian saring dan minum air rebusannya.

2. Manfaat Pohon Bidara Arab sebagai Obat Alami Penurun Demam

Saat demam tinggi, Anda bisa memanfaatkan daun bidara untuk menurunkan suhu tubuh. Anda bisa meminum air rebusan daun bidara Arab ataupun mencampurkannya ke dalam air mandi.

3. Khasiat Pohon Bidara Arab untuk Melancarkan Pencernaan

Terutama bagi Anda yang kerap mengalami masalah pencernaan, konsumsi daun bidara secara rutin akan membantu melancarkan sistem pencernaan. Racun dalam pencernaan akan dikeluarkan dan infeksi saluran pencernaan pun dapat dicegah. Selain cara populer meminum air rebusan bidara, Anda juga bisa mengkonsumsinya secara langsung.

4. Manfaat Pohon Bidara Arab untuk Mengatasi Wasir

Khasiat pohon bidara Arab yang tak kalah mengesankan adalah mengatasi gangguan wasir. Penyakit ini bahkan bisa terasa amat menyiksa dan mengganggu kelancaran aktivitas, khususnya bila harus duduk lama.

Meminum jus bidara ataupun air rebusannya efektif meredakan wasir. Selain dikonsumsi, Anda juga bisa menumbuk halus daun bidara dan menerapkannya langsung pada area yang terkena wasir.

5. Khasiat Pohon Bidara Arab untuk Mengatasi Gangguan Lambung

Mengatasi gangguan kinerja lambung merupakan manfaat pohon bidara Arab lainnya. Ketika maag atau gangguan lambung mulai kambuh, Anda sebaiknya segera mengkonsumsi jus atau air rebusan daun bidara.

6. Manfaat Pohon Bidara Arab untuk Membantu Penyembuhan Luka

Kandungan sifat anti-inflamasi serta antibakteri yang ditemukan dalam pohon bidara dipercaya membantu proses penyembuhan luka, mulai dari luka goresan, lecet, hingga sayatan. Disamping itu, ada kandungan senyawa glikosida yang telah terbukti efektif mempercepat daya regenerasi kulit sehingga membantu penyembuhan luka bakar sekaligus menghilangkan bekasnya pada kulit.

7. Khasiat Pohon Bidara Arab untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Masalah kewanitaan terutama keputihan kerap dikeluhkan sebagian besar wanita. Meski dianggap normal dan tidak berbahaya, nyatanya kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman, gatal, hingga bau tak sedap pada area miss V.

Semua efek tidak nyaman dari keputihan tersebut dapat diatasi dengan terapi daun bidara yang bersifat antibakteri dan antimikroba ini. Caranya sederhana, cukup gunakan air rendaman bidara untuk membersihkan area kewanitaan secara rutin setiap selesai buang air ataupun setiap mandi.

8. Manfaat Pohon Bidara Arab untuk Mengatasi Depresi

Zat aktif serta kandungan mineral di dalam pohon bidara efektif membuat saraf rileks dan tenang, sehingga aliran darah menjadi lancar. Kondisi ini kemudian memberikan efek tenang dan juga meredakan depresi. Anda dapat dengan mudah menemukan produk berbahan dasar daun bidara, seperti minyak telon bidara untuk membantu menenangkan bayi yang rewel dan kembung.

Khasiat Pohon Bidara Arab bagi Kecantikan dan Perawatan Kulit

Selain punya segudang khasiat bagi kesehatan manusia, tanaman bidara juga bermanfaat bagi kecantikan serta perawatan kulit. Apa saja?

1. Manfaat Pohon Bidara Arab untuk Menghitamkan serta Melebatkan Rambut

Untuk menikmati manfaat pohon bidara Arab yang satu ini, Anda bisa membeli bubuk daun bidara di toko-toko herbal baik online maupun offline. Kandungan fitokimia di dalamnya efektif melebatkan serta menghitamkan rambut.

2. Khasiat Pohon Bidara Arab untuk Melindungi DNA

Sejumlah penelitian resmi menunjukkan fakta menarik bahwa pohon bidara Arab memiliki kandungan mineral yang ampuh melindungi DNA manusia dan mencegah kerusakan yang mungkin terjadi akibat pengaruh negatif radiasi actinic.

3. Manfaat Pohon Bidara Arab untuk Mencegah Kerusakan Radiasi UV

Siapa sangka, daun bidara ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Seperti diketahui, berbagai masalah kulit seperti melanoma atau kanker kulit disebabkan oleh buruknya radiasi sinar matahari yang berlebihan.

4. Khasiat Pohon Bidara Arab untuk Melembabkan Kulit

Anda mungkin sedang mengalami masalah kulit kusam dan kering. Nah, ada cara mudah dan asyik untuk mengatasi hal ini, yakni membuat masker dari daun bidara. Caranya, siapkan daun bidara yang baru dipetik dan masih segar, hancurkan dengan cara ditumbuk dan ditambah sedikit demi sedikit air. Saat sudah halus dan teksturnya mengental, Anda bisa mengaplikasikannya ke wajah sebagai masker.

Untuk hasil terbaik manfaat pohon bidara Arab, tambahkan sedikit madu pada masker. Masker bidara ini sebaiknya digunakan setiap malam sebelum tidur. Aplikasikan selama beberapa menit hingga setengah kering kemudian bersihkan wajah dengan air hangat.

5. Manfaat Pohon Bidara Arab untuk Mencerahkan Kulit Tubuh

Tak hanya wajah, khasiat pohon bidara Arab juga bisa Anda nikmati untuk perawatan kulit tubuh. Penelitian resmi membuktikan, air rendaman daun bidara ampuh mencerahkan kulit tubuh, termasuk mengatasi masalah kulit akibat radikal bebas ataupun menghilangkan noda pada kulit tubuh.

Anda bisa menggunakannya sebagai lulur, berendam di dalam air yang sudah dicampur air rendaman bidara, ataupun menggunakan sabun herbal berbahan dasar bidara.

Cara Mengolah Daun Bidara

Ada banyak pilihan cara menikmati manfaat pohon bidara Arab. Satu atau dua cara mengolah daun bidara berikut ini bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Jus bidara

Cara membuatnya mudah, siapkan daun bidara segar, campur dengan air matang, kemudian blender. Anda bisa menyaringnya atau meminumnya langsung dengan seratnya. Tambahkan madu agar terasa lebih segar. Untuk variasi menu, sayuran hijau lain bisa Anda tambahkan ke dalam jus. Bayam, sawi, dan daun mint, misalnya.

2. Teh daun bidara

Untuk membuatnya, cukup menggunakan 1 sendok makan (sdm) daun bidara dan sekitar 300 ml air panas. Seduh daun bidara, tunggu sedikit hangat lalu tambahkan madu. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bunga rosella pada variasi teh bidara Anda.

3. Pizza topping herbal

Cobalah resep enak dan bergizi ini; tambahkan daun bidara sebagai topping pizza. Variasikan dengan bahan lain seperti daun basil, buah zaitun, ataupun jamur.

4. Campuran omelet lezat

Bila biasanya omelet cukup campurkan daun bawang dan bawang merah goreng, Anda bisa mencoba resep baru dengan menambahkan daun bidara ke omelet. Mengkonsumsi bidara pun semakin aman dan mudah.

5. Bakwan bidara

Pernah mencoba bakwan, gorengan nikmat berisi jagung dan potongan daun bawang? Nah, manfaat pohon bidara Arab bahkan bisa Anda rasakan dengan membuat olahan sederhana ini. Tambahkan daun bidara, wortel, daun basil, jagung, serta kol ke dalam adonan bakwan. Goreng dan nikmati selagi hangat sebagai teman minum teh bersama keluarga.

Kini tak perlu ragu lagi untuk memasukkan tanaman bidara sebagai tanaman herbal keluarga. Semua manfaat pohon bidara Arab di atas pun bisa Anda nikmati kapan saja dan dimana saja, bahkan tanpa efek samping bagi kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *