Inilah 8 Manfaat Pepaya untuk Wajah, Wajah Cantik dan Sehat Alami

sumbersehat.com – Pepaya adalah salah satu buah yang sangat kaya akan kandungan baik dan bermanfaat untuk kesehatan manusia. Tahukah Anda apa saja manfaat pepaya untuk wajah? Buah pepaya seringkali menjadi jagoan dalam hal perawatan wajah. Banyak orang yang suka menggunakan pepaya untuk perawatan wajah dengan alasan beberapa hal.

Pepaya tidak mempunyai kandungan yang akan membawa wajah mendapatkan efek buruk. Selain itu, pepaya juga akan menutrisi dan menjadikan kulit semakin sehat. Banyak sekali permasalahan kulit yang bisa diatasi dengan buah pepaya. Pada bacaan di bawah ini akan dijelaskan kandungan dan manfaat pepaya untuk wajah.

manfaat pepaya untuk wajah
pepaya dan wajah cantik

Kandungan Baik Buah Pepaya

Manfaat pepaya untuk wajah, tak lepas dari kandungan nutrisinya. Menurut informasi data yang diambil dalam sebuah penelitian, buah pepaya ternyata mengandung banyak vitamin. Pepaya mengandung vitamin A, B, dan D. Sangat menarik bukan? Tentunya Anda harus mengetahui apa saja manfaat vitamin tersebut untuk tubuh.

Tidak hanya vitamin, buah pepaya juga mengandung enzim-enzim proteolitik. Enzim ini meliputi papain dan chymopapain. Apa fungsi dari enzim tersebut? Fungsinya adalah sebagai antijamur, antivirus, serta antibakteri. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan kandungan tersebut untuk kulit wajah agar lebih sehat lagi.

Inilah Manfaat Buah Pepaya untuk Wajah

Setelah mengetahui kandungan yang ada di buah pepaya, Anda harus mengetahui manfaat buah pepaya untuk wajah. Berikut adalah ulasan lengkapnya!

1. Mencerahkan Kulit Wajah yang Maksimal

Manfaat yang pertama, buah pepaya bisa mencerahkan kulit wajah. Ini dikarenakan di dalam buah pepaya mengandung Vitamin A dan C. Kedua vitamin inilah yang berpadu dan berproses untuk mencerahkan kulit wajah. Cara memakai pepaya untuk mencerahkan kulit wajah itu sangat mudah.

Anda hanya perlu buah pepaya, iris kecil-kecil. Kemudian, ambil 4 potong dari irisan tersebut dan tambahkan 1 sendok makan kunyit bubuk dan 1 sendok makan madu. Setelah itu, campurkan ketiganya secara merata. Selanjutnya, oleskan masker pepaya tersebut ke area permukaan wajah secara merata. Tunggu hingga mengering dan bilas wajah menggunakan air hangat.

2. Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat pepaya untuk wajah yang selanjutnya yaitu melembabkan kulit wajah. Ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Anda tentu akan merasakan ketidaknyamanan ketika memiliki kulit wajah yang kering. Untuk wajah, Anda bisa memanfaatkan buah pepaya untuk permasalahan tersebut.

Kandungan enzim yang ada di dalam buah pepaya menutrisi dan membuat wajah terasa kenyal. Untuk mendapatkan kulit seperti itu, Anda hanya perlu menghaluskan buah pepaya dan tambahkan 1 sendok teh madu. Kemudian langsung saja oleskan ke semua wajah hingga merata (Anda bisa menggunakan tanga, spatula, atau kuas). Kemudian, diamkan hingga masker pepaya menguning dan bilas hingga bersih.

3. Mengurangi Kerutan di Wajah Secara Alami

Tidak banyak orang yang mengetahui jika ternyata manfaat pepaya untuk wajah ini bisa mengurangi kerutan di wajah. Baik itu di area dahi, pipi, hingga dagu. Pepaya bisa mengurangi kerutan di wajah disebabkan karena buah ini sangat kaya akan antioksidan. Antioksidan yang bernama likopen inilah yang akan menolak proses penuaan pada wajah.

Selain itu, antioksidan itu bisa melawan radikal bebas yang bisa membuat kulit wajah semakin bersih dan mulus. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menggosokkan kulit pepaya di area permukaan wajah. Anda juga bisa menggunakannya di kulit yang mengalami kerutan. Diamkan 20 menit kemudian bilas menggunakan air biasa.

4. Menghilangkan Mata Panda

Manfaat pepaya untuk wajah juga bisa mengatasi adanya mata panda. Sebenarnya, mata panda ini bukanlah penyakit atau apapun. Hanya saja, mata panda ini sangat mengganggu seseorang dalam hal penampilan. Di dalam kandungan buah pepaya terdapat zat papain yang digunakan untuk mengatasi dark circle.

Caranya, Anda hanya perlu menghaluskan buah pepaya sesuai dengan porsi Anda. Setelah buah pepaya halus maka langsung oleskan saja di area bawah mata yang hitam. Kemudian, tunggu sekitar 10 menit kemudian basuhlah wajah menggunakan air hangat. Ini sangat ampuh untuk menghilangkan mata panda di area wajah.

5. Mengatasi Adanya Jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu penampilan karena letaknya yang begitu jelas di area wajah. Anda harus mengetahui jika manfaat pepaya untuk wajah juga bisa menyembuhkan jerawat. Ini disebabkan karena di dalam kandungan buah pepaya terdapat enzim papain dan chymopapain.

Ini sangat efektif dan manjur jika digunakan untuk jerawat yang sedang meradang. Selain itu, enzim tersebut juga bisa mengangkat sel kulit mati yang ada di pori-pori. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan pepaya kemudian langsung mengoleskannya dan membasuhnya jika sudah mengering.

6. Digunakan sebagai Obat Pigmentasi

Manfaat pepaya untuk wajah juga bisa digunakan sebagai obat pigmentasi (melasma). Apa itu melasma? Melasma merupakan salah satu jenis dari hiperpigmentasi pada kulit. Ini disebabkan karena adanya perubahan hormon. Pepaya memiliki kandungan yang berguna untuk mencerahkan dan membersihkan bekas-bekas pigmentasi dan jerawat.

Di dalamnya terdapat betakaroten, vitamin, dan phytochemical yang berfungsi sebagai meratakan warna kulit di wajah. Caranya, Anda hanya perlu membasahi kapas dengan satu sendok makan jus pepaya (pepaya yang sudah dihaluskan). Kemudian oleskan atau tempelkan ke area kulit wajah yang ada noda pigmentasi. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian lepas dan bilas menggunakan air biasa.

7. Mencegah Peradangan Kulit

Buah pepaya ini seringkali digunakan sebagai masker wajah. Ini dikarenakan memang manfaat masker papaya ini sangat maksimal dan tentunya tidak membahayakan. Buah pepaya juga bisa untuk mencegah adanya peradangan pada kulit. Ini dikarenakan adanya enzim proteolitik atau enzim pengurai.

Selain itu, di dalam kandungan papain membuat manfaat pepaya untuk wajah dalam menyembuhkan infeksi pada kulit. Infeksi tersebut mungkin bisa terjadi karena terbakar sinar matahari seperti ketika Anda berjemur di pantai. Buah pepaya ini akan berperan sebagai eksfolian kulit. Eksfolian disini berarti melarutkan protein dan membuang sel-sel kulit mati.

8. Memperkecil Pori-Pori Wajah

Manfaat Pepaya untuk wajah yang selanjutnya adalah memperkecil pori-pori wajah. Anda harus mengetahui jika pori-pori besar pada wajah akan menyebabkan banyak permasalahan kulit. Dengan pori-pori yang besar akan menjadi sarang masuknya kotoran dan debu. Akibatnya, kulit akan mudah berjerawat.

Selain itu, kotoran dan debu yang menempel akan membuat kulit menjadi kusam. Untuk memanfaatkan buah pepaya untuk masker itu cukup mudah. Anda hanya mengoleskan masker pepaya secara merata di area wajah secara rutin. Jangan lupa bilas dengan air bersih ketika masker sudah mengering.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai manfaat pepaya untuk wajah. Anda harus mencoba masker pepaya ini sekarang juga untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat. Anda harus mengetahui jika permasalahan-permasalah kulit itu pasti akan terjadi. Dan solusinya, Anda harus pandai merawat kulit agar tetap terjaga.

Jangan lupa untuk memakai masker pepaya secara rutin. Dengan begitu, hasil dari masker tersebut akan lebih tampak dan maksimal. Jangan pernah malas menggunakan masker ini karena cara mendapatkan dan menggunakannya sangat mudah dilakukan di rumah.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *