Ketahui 10 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Agar Sehat Bugar Maksimal

sumbersehat.com – Manfaat pemanasan sebelum olahraga harus dapat tercapai dengan baik. Pasalnya, tubuh memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri, sebelum melakukan aktivitas fisik yang lebih berat. Hal ini dapat memperlancar proses olahraga dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Olahraga merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Porsi olahraga yang dibutuhkan orang dewasa setiap minggu adalah 150 menit dalam intensitas sedang atau 75 menit dalam intensitas tinggi. Agar tidak terasa berat, maka porsi tersebut dapat dibagi ke dalam beberapa sesi.

manfaat pemanasan sebelum olahraga
manfaat pemanasan sebelum olahraga

Pengertian dan Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan merupakan salah satu persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan olahraga inti. Khasiat pemanasan sebelum olahraga dapat diperoleh dengan lebih baik, jika pemanasan yang dilakukan secara tepat. Hal ini boleh dilakukan secara spesifik maupun umum, asalkan benar-benar maksimal.

Pemanasan secara spesifik, yaitu melakukan gerakan olahraga inti yang akan dilakukan, tetapi dalam intensitas ringan. Sementara pemanasan umum, berarti tidak melibatkan gerakan olahraga inti. Adapun tujuan dan manfaat pemanasan sebelum olahraga, antara lain :

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Khasiat pemanasan sebelum olahraga yang pertama adalah meningkatkan fleksibilitas. Tubuh yang masih kaku dan langsung dipaksakan untuk berolahraga berat, maka dapat menimbulkan rasa nyeri. Oleh karena itu, pemanasan diperlukan untuk melenturkan otot-otot tersebut.
Selain saat berolahraga, kelenturan tubuh juga bermanfaat untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Sehingga dapat bergerak dengan lebih leluasa, serta mencegah penurunan kemampuan gerak akibat faktor usia atau penuaan.

2. Menambah Jangkauan Gerak

Selain otot, sendi-sendi pun harus dipersiapkan dengan baik. Ada pun manfaat pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga yang satu ini adalah untuk memperluas jangkauan gerak saat berolahraga. Hal ini dapat dilakukan dengan pemanasan statis maupun dinamis. Pemanasan statis adalah peregangan otot yang dilakukan ke satu arah, dan menahannya selama beberapa saat. Sementara pemanasan dinamis adalah peregangan ringan yang dilakukan secara berulang-ulang.

3. Melancarkan Pernapasan

Khasiat pemanasan sebelum olahraga yang ketiga adalah melancarkan pernapasan. Saat melakukan olahraga berat, napas menjadi salah satu kunci utama keberhasilannya. Jika pernapasan terganggu, maka sebaiknya kurangi intensitas olahraga atau lakukan pemanasan ulang.

Hal ini biasanya terjadi kepada seseorang yang jarang melakukan olahraga. Sehingga napas langsung terasa sesak, saat tubuh melakukan aktivitas fisik yang tinggi. Oleh karena itu, lakukan pemanasan dengan benar, agar sirkulasi udara lebih stabil dan manfaat dari pemanasan sebelum olahraga tercapai.

4. Menstabilkan Jantung

Ada yang pernah merasa detak jantung lebih cepat, saat melakukan olahraga? Hal tersebut memang wajar, terutama bagi orang yang tidak terbiasa berolahraga. Namun, jangan dianggap remeh, karena dapat menimbulkan sesuatu yang lebih serius, seperti serangan jantung. Inilah yang menjadi alasan, bahwa manfaat pemanasan sebelum olahraga harus benar-benar diperhatikan. Salah satu tujuannya yaitu untuk menstabilkan jantung, agar iramanya tetap dapat teratur.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang selanjutnya adalah meningkatkan sirkulasi darah. Aliran darah erat kaitannya dengan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Yaitu membantu untuk meningkatkan fungsi organ dan.pertumbuhan sel, serta meringankan kinerja jantung. Sementara dalam hal olahraga, sirkulasi darah yang lancar dapat mengurangi rasa nyeri serta mempercepat proses pemulihan. Sehingga persiapan ini harus benar-benar dilakukan secara serius, agar manfaat pemanasan sebelum olahraga inti lebih maksimal.

6. Meningkatkan Stamina

Manfaat pemanasan sebelum olahraga dipercaya mampu mengendurkan otot dan tendon, sehingga dapat meningkatkan aliran darah serta mengurangi kelelahan pada otot. Hal ini menjadi sangat penting, karena saat berolahraga ada banyak energi yang terkuras. Semakin banyak energi yang hilang, maka seseorang akan merasa lelah dan lemas. Dengan adanya manfaat pemanasan sebelum melakukan olahraga, maka oksigen dapat mengalir secara efektif dan efisien. Dampaknya, kelelahan otot dapat teratasi dan daya tahan tubuh pun meningkat.

7. Mengurangi Risiko Cedera

Manfaat pemanasan sebelum olahraga dapat membantu proses pendistribusian nutrisi. Sehingga otot mendapatkan pasokan yang cukup besar untuk melakukan aktivitas fisik yang tinggi. Hal ini tentu dapat mengurangi rasa nyeri pada otot, mempercepat masa pemulihan, serta mengurangi risiko cedera akibat olahraga.

8. Meningkatkan Kinerja Atletik

Manfaat pemanasan sebelum olahraga berat diperlukan untuk meningkatkan kinerja atletik, terutama jika olahraga yang dilakukan banyak melibatkan kinerja otot. Sebab, kontraksi otot yang terjadi akibat belum melakukan peregangan, dapat mengurangi efektivitas latihan.

9. Meningkatkan Performa Olahraga

Jika manfaat pemanasan sebelum olahraga sudah tercapai, maka tubuh akan lebih siap untuk menerima pelatihan yang berat. Hal ini disebabkan otot dan sendi sudah lebih lentur dan siap gerak, sehingga tenaga yang dikeluarkan lebih hemat. Dengan begitu, maka latihan dapat lebih optimal dan ditingkatkan intensitasnya.

10. Memperbaiki Postur Tubuh

Tujuan dan manfaat pemanasan rutin sebelum olahraga selanjutnya adalah memperbaiki postur tubuh. Jika pemanasan dan olahraga dilakukan secara rutin, maka postur tubuh perlahan akan membaik (ideal). Hal ini dikarenakan ketidakseimbangan otot dapat dicegah dengan pemanasan yang tepat.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Sebelum Olahraga

Manfaat pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga tidak dapat berdiri sendiri, melainkan ada hal-hal lain yang juga harus diperhatikan. Berikut adalah daftarnya :

1. Makanan

Nutrisi dibutuhkan sebagai sumber tenaga, saat seseorang melakukan pemanasan dan olahraga. Oleh karena itu, pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung gizi seimbang dan waktu yang teratur. Ketidakteraturan waktu dapat menyebabkan orang kalap makan, sehingga berat badan justru semakin melebar.

2. Kondisi Tubuh

Jangan memaksakan diri untuk berolahraga, jika tubuh sedang merasa tidak fit. Hal ini juga berlaku pada seseorang memiliki kondisi khusus, seperti jantung lemah, diabetes, penyakit sendi, maupun penyakit pernapasan. Begitu juga jika orang tersebut obesitas atau kelebihan berat badan, maka pilihlah olahraga yang ringan. Yakni olahraga yang tidak membebani engkel terlalu berat, seperti berjalan kaki atau bersepeda.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Olahraga sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, sore, ataupun malam. Namun, alangkah lebih baik jika tidak melakukan olahraga saat mendekati waktu tidur malam, berikan jeda antara 2 sampai 3 jam. Hal ini dikarenakan olahraga berat akan melepaskan hormon yang menyebabkan tubuh lebih bugar dan segar.

4. Pelaksanaan

Jika belum terbiasa melakukan olahraga, maka lakukan secara bertahap. Optimalkan manfaat pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan dengan benar, sementara latihan intinya disesuaikan dengan keadaan. Misal, untuk olahraga angkat beban, maka lakukan latihan mulai dari beban yang ringan terlebih dahulu.

5. Pakaian

Banyak orang yang abai dengan penggunaan pakaian selama olahraga, sehingga memakai pakaian seadanya. Padahal, sedikit banyak pakaian dapat memengaruhi efektivitas latihan. Oleh karena itu, pilihlah pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik, tidak terlalu sempit atau longgar, serta elastis.

Demikian sedikit ulasan mengenai manfaat pemanasan sebelum olahraga, serta hal-hal kecil yang harus diperhatikan. Semoga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam melakukan olahraga. Hidup sehat dimulai dari diri sendiri, yakni dengan menerapkan pola hidup sehat dan seimbang.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *