8 Manfaat Pasak Bumi Tak Hanya Bagi Pria tapi Juga Wanita

Sumbersehat.com – Manfaat pasak bumi tak dapat dipungkiri lagi sebagai jamu atau olahan untuk meningkatkan stamina tubuh khususnya kaum adam. Berbagai merk suplemen yang terang-terangan menyebut serbuk pasak bumi bahkan laris manis di pasaran. Tentu hal ini tidak asing bagi masyarakat Indonesia, mengingat manfaatnya yang sejak dulu telah digunakan.

Namun, tahukah anda di luar ketenarannya sebagai obat vitalitas bagi pria, ternyata tanaman pasak bumi memiliki beragam manfaat yang jarang diketahui, tetapi sangat besar khasiatnya. Oleh karena itu, di bawah ini terdapat beberapa manfaatnya yang wajib anda ketahui khususnya bagi wanita dan pria. Tak melulu soal vitalitas, kok.

manfaat pasak bumi
manfaat pasak bumi

Tentang Tanaman Pasak Bumi

Pasak bumi sering disebut sebagai tanaman tongkat tali atau Eurycoma longifolia dalam bahasa Latin. Tanaman berkayu ini cukup lazim ditemukan di Indonesia maupun Malaysia, khususnya Indonesia bagian barat.

Secara turun-temurun, tanaman ini telah dimanfaatkan oleh orang Melayu sebagai obat kuat ataupun sebagai jamu pasak bumi. Apabila anda tengah berjalan-jalan ke daerah Indonesia bagian barat seperti Pontianak, maka tak ayal anda akan menemukan berbagai penjual serbuk pasak bumi sampai tanaman pasak bumi yang bergelimpangan di sepanjang jalan.

Tanaman ini menjadi komoditas utama yang berasal dari Indonesia bagian barat. Namun, rasanya manfaat pasak bumi sendiri masih jarang diketahui masyarakat Indonesia. Popularitasnya kalah bila dibandingkan berbagai jamu lain khas Jawa, seperti jahe, kunyit, dan berbagai empon-empon lainnya.

Tanaman yang sering disebut masyarakat Kalimantan sebagai tongkat tali ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 10 meter di dalam hutan dataran rendah. Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang rimbun hanya di pucuk atau ujung batang saja, sementara di bagian pohon lain seperti ranting maupun batang terlihat jarang ditumbuhi daun.

Bunga yang dimiliki pun cenderung unik karena tersusun secara padat dari tangkai-tangkainya yang menjulur keluar dari pangkal daun. Manfaat pasak bumi tak hanya ditemukan pada akarnya saja, beberapa masyarakat di daerah Kalimantan maupun Serawak juga mengkonsumsi jamu pasak bumi yang terbuat dari bagian bunganya.

Kandungan dalam Pasak Bumi

Segala manfaat pasak bumi tentu bersumber dari kandungan di dalamnya. Pasak bumi dipercaya memiliki zat yang secara alamiah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di tubuh manusia. Zat ini disebut dengan Canthin yang memiliki sifat bawaan sebagai anti-tumor.

Ini membuat khasiat pasak bumi sebagai pembunuh sel penyebab leukemia atau kanker darah. Canthin juga memiliki sifat sebagai antifungal. Antifungal adalah sebuah senyawa yang mampu mencegah infeksi yang diakibatkan bakteri maupun virus seperti kutu air, kadas, maupun beberapa jenis meningitis.

Selanjutnya, pasak bumi juga mengandung eurycomanone. Kandungan ini termasuk ke dalam zat yang sangat dominan di dalam pasak bumi. Selain itu, pasak bumi juga mengandung Quassinoid sebagai anti leukimia sehingga manfaat pasak bumi bisa dirasakan sebagai pereda atau mengurangi gejala pada penyakit HIV/AIDS.

Terakhir, khasiat pasak bumi berasal dari kandungan Etanol yang memiliki beragam fungsi. Salah satunya adalah afrodisiak. Afrodisiak berasal dari dewa Yunani bernama Aphrodite yang terkenal sebagai dewa cinta sekaligus nafsu dunia.

Afrodisiak juga terkandung dalam berbagai macam makanan salah satunya olahan pasak bumi. Etanol yang digunakan sebagai afrodisiak dalam pasak bumi inilah yang dimanfaatkan sebagai obat peningkat gairah seksual, khususnya bagi kaum adam.

Inilah Manfaat dan Khasiat Pasak Bumi yang Sangat Baik Bagi Kesehatan

Ada beberapa manfaat pasak bumi yang harus Anda ketahui untuk kesehatan, berikut penjelasannya:

Peningkat vitalitas pria

Seperti yang sudah beredar di kalangan masyarakat. Pasak bumi memiliki beragam manfaat sebagai obat untuk meningkatkan vitalitas pria.

Hal ini sudah diterapkan hampir di semua negara-negara di wilayah Asia Tenggara, bahwa pasak bumi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan gairah seksual, mengurangi masalah akibat impotensi, dan meningkatkan kualitas sperma.

Meningkatkan kesuburan

Kesuburan tidak hanya untuk kaum pria, tetapi juga kaum wanita yang mengalami disfungsi dalam hormonnya. Selain tanaman tauge yang bermanfaat untuk kesehatan rahim, manfaat pasak bumi juga tidak bisa diremehkan. Dengan rutin mengkonsumsi pasak bumi selama 2 minggu berturut-turut, secara berkala pagi dan malam, maka dapat merangsang pertumbuhan hormon di tubuh wanita sehingga kesuburan juga akan meningkat.

Menurunkan tingkat stress

Terdapat banyak faktor yang secara tidak langsung dapat memicu stress di dalam diri anda. Hal ini, tentu berdampak tidak baik pada hubungan intim antara suami dan istri.

Salah satu obat tradisional yang dapat anda coba khasiatnya adalah pasak bumi. Serbuk dari pasak bumi dipercaya mengandung berbagai zat yang dapat membuat mood anda menjadi lebih stabil.Tentunya hal ini akan menurunkan tingkat stress yang anda alami secara berangsur-angsur.

Manfaat pasak bumi meningkatkan stamina tubuh

Stamina tubuh yang kuat sangat diperlukan dalam menunjang berbagai aktivitas padat yang kita lakukan. Khasiat pasak bumi dapat Anda nikmati dalam bentuk kapsul atau suplemen untuk membantu menjaga stamina serta meningkatkan daya tahan tubuh anda. Tentu hal ini juga harus diimbangi dengan pola makan dan kebiasaan yang sehat, ya.

Mengatasi demam

Salah satu jurnal perjalanan pernah dikeluarkan universitas ternama di Amerika yang meneliti mengenai efektivitas tanaman pasak bumi dalam mengatasi berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang sering dan umum terjadi di masyarakat Indonesia adalah demam.

Masyarakat Indonesia khususnya di daerah barat juga memanfaatkan pasak bumi sebagai penurun panas. Hal ini sudah dilakukan secara turun-temurun untuk mengatasi berbagai penyakit ringan lainnya. Tak hanya itu, tetua di Kalimantan bahkan juga memanfaatkan pasak bumi sebagai obat untuk mengatasi sakit perut. Cara paling mudah untuk memanfaatkannya dengan merebus atau mengunyahnya secara langsung.

Mengurangi pertumbuhan sel kanker

Seperti yang dijelaskan di atas, kandungan di dalam pasak bumi mampu mencegah terjadinya kanker bahkan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini bukanlah baru di dunia medis. Beberapa penelitian pernah dilakukan untuk menguji seberapa efektif tanaman pasak bumi sebagai anti-tumor di dalam tubuh manusia.

Nyatanya, memberikan minuman dari olahan tanaman pasak bumi pada orang yang terkena kanker stadium 1 sampai 2 efektif mengurangi tingkat penyebaran sekaligus pertumbuhan kanker di dalam tubuh.

Anti Malaria

Manfaat pasak bumi yang lain adalah mengurangi, mencegah, sekaligus mengobati penyakit malaria. Masih ingat kandungan eurycomanone di dalam pasak bumi? Senyawa inilah yang secara aktif memerangi malaria apabila virus ini menyerang tubuh manusia.

Membentuk otot tubuh

Tal hanya kekuatan organ vital saja yang mampu ditingkatkan apabila mengkonsumsi pasak bumi, melainkan otot pada tubuh dapat meningkat apabila mengkonsumsi pasak bumi. Akan tetapi, dalam hal ini diperlukan beberapa campuran lain untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Itulah beberapa manfaat pasak bumi yang bisa dimanfaatkan tak hanya oleh kaum adam, tetapi juga para wanita. Selalu ingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, imbangi dengan makan makanan sehat dan bergizi, serta olahraga ringan rutin setiap hari. Selamat Mencoba!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *