7 Manfaat Olahraga Sepeda dan Efek Sampingnya yang Perlu Diketahui

sumbersehat.com – Manfaat olahraga sepeda mendadak ramai diperbincangkan sewaktu pandemi berlangsung. Hal ini mengakibatkan lapak penjualan sepeda ikut berjamur di seantero Indonesia. Kebiasaan baru ini juga dirasa tak pandang usia. Pasalnya segala elemen masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa turut memenuhi jalanan dengan berbagai jenis sepeda.

Bukan tanpa sebab, masyarakat beranggapan bahwa olahraga ini dapat memperkuat imun tubuh dalam menghadapi virus. Kegiatan ini juga dirasa menyenangkan karena bisa merasakan udara segar di luar rumah. Namun, apakah manfaatnya hanya sekedar memperkuat imun tubuh? Berikut beberapa manfaat olahraga bersepeda yang perlu anda ketahui.

manfaat olahraga sepeda
manfaat olahraga sepeda

Inilah Manfaat Olahraga Sepeda untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa khasiat olahraga sepeda yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Secara efektif menurunkan berat badan

Manfaat pertama dari kegiatan bersepeda adalah menurunkan berat badan secara efektif. Bila anda melakukan kegiatan ini secara rutin dan berkala maka tak perlu waktu lama untuk mendapatkan perubahan berat badan. Olahraga sepeda memaksa beberapa bagian tubuh untuk bekerja lebih keras sekaligus membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Itu bisa menjadi solusi setelah sekian lama mengalami penumpukkan akibat kurangnya aktivitas di luar ruangan.

Untuk mendapatkan manfaat olahraga sepeda yang maksimal, sebaiknya anda juga bisa mengimbangi dengan mengatur pola makan. Mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah porsi protein atau vitamin dapat mempercepat bentuk tubuh ideal sesuai yang anda inginkan.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat olahraga sepeda selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit jantung, apalagi jika anda sudah menginjak usia paruh baya dan menjalani pola hidup yang kurang baik. Olahraga ini bisa dilakukan setiap pagi hari saat udara masih segar dan baik untuk memperlancar peredaran darah anda, dikarenakan otot-otot yang biasanya kaku kini mulai digunakan kembali secara efektif.

3. Meningkatkan imun tubuh

Manfaat olahraga sepeda yang sering dibicarakan oleh masyarakat adalah bahwa bersepeda dapat membantu meningkatkan imun tubuh. Sebenarnya statement ini tidak benar seratus persen, tetapi juga tidak salah sepenuhnya. Bayangkan jika setiap hari anda bersepeda, secara tidak langsung segala pergerakan otot akan terus-menerus digunakan dan dilatih.

Ditambah lagi apabila terdapat lemak jahat dalam tubuh, tentunya kalori tersebut dapat dibakar dengan kegiatan bersepeda. Sehingga tubuh menjadi lebih fit atau dalam kondisi prima. Hal inilah yang nantinya membantu untuk meningkatkan imun tubuh. Apabila kondisi badan anda berada dalam stamina terbaik maka kecil kemungkinannya bagi virus atau bakteri untuk masuk ke dalam tubuh anda.

4. Baik untuk kesehatan paru-paru

Selanjutnya, manfaat olahraga sepeda tak hanya mengenai kesehatan jantung saja. Organ lain yang mendapatkan dampak positif adalah paru-paru. Seperti yang sempat disinggung di atas, apabila anda melakukan kegiatan bersepeda terlebih di pagi hari maka akan sangat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru karena darah yang dipompa menuju paru-paru lebih lancar dengan membakar kalori di dalam tubuh.

5. Mengobati insomnia

Sulit tidur sering mengganggu aktivitas anda di pagi hari. Apakah insomnia ini berlangsung lebih dari 3 hari? Apabila anda mengalami gejala-gejala insomnia, maka tidak ada salahnya untuk mencoba kegiatan bersepeda. Tentunya, menjadi olahraga yang cocok bagi anda yang sering kurang tidak nyenyak di malam hari.

Salah satu penelitian dari Universitas di Singapura pernah menyatakan bahwa cara sederhana untuk menghadapi insomnia adalah melakukan beberapa kegiatan olahraga sepulang kerja atau setidaknya satu kali dalam sehari. Beberapa olahraga yang dianjurkan adalah tenis, bersepeda maupun jogging.

6. Mengurangi stress

Perlu anda ketahui, bahwa manfaat olahraga sepeda juga sangat baik untuk kesehatan mental. Bagi anda yang sering mengalami stress maupun banyak pikiran di tempat kerja, anda dapat mencoba olahraga sepeda sebagai sebuah peredam stress yang efektif.

Jadikan kegiatan bersepeda sebagai sebuah bentuk terapi untuk mengurangi stress dan beban pikiran yang anda dalam pekerjaan, rumah, maupun diri anda sendiri. Sesekali pula menikmati udara luar, keramaian, dan meluangkan waktu bagi diri anda sendiri juga perlu untuk menghindari stress.

7. Menyehatkan tulang

Kegiatan bersepeda sangat dianjurkan bagi anak-anak sampai remaja untuk memaksimalkan perkembangan otot maupun tulang. Selain mengonsumsi beberapa makanan atau minuman yang mengandung kalsium, berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D, kegiatan olahraga yang dapat dilakukan adalah bersepeda.

Manfaat olahraga sepeda bagi anak-anak memang sering dijumpai di seluruh dunia. Olahraga satu ini dinilai cocok dilakukan segala umur, karena kegiatannya yang menyenangkan dan mampu membantu anak-anak dalam memaksimalkan tulang-tulang dalam tubuhnya.

Efek Samping Olahraga Sepeda

Manfaat olahraga sepeda sudah tidak dapat disanggah kebenarannya. Namun begitu, walau olahraga bersepeda adalah kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan siapa saja dan dengan siapa saja, baik sendiri maupun bersama teman dan keluarga, rupanya ada beberapa efek negatif yang mungkin terjadi. Apa saja?

1. Tidak dianjurkan untuk beberapa orang

Olahraga sepeda memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Namun, juga terdapat beberapa orang yang kurang dianjurkan untuk melakukan olahraga sepeda. Beberapa di antaranya adalah ibu hamil di atas 4 bulan, lansia, maupun paruh baya yang memiliki rematik.

Beberapa orang di atas sebaiknya menghindari kegiatan olahraga ini karena memiliki kemungkinan untuk memperburuk kesehatan. Sebagai contoh pada penderita rematik atau radang sendi karena semakin memperburuk keadaan tersebut.

2. Robeknya selaput dara

Salah satu efek samping olahraga sepeda yang ditimbulkan adalah robeknya selaput dara bagi kaum wanita. Hal ini memang tidak dapat dihindari bila terjadi pergesekan berlebihan antara tempat duduk sepeda dengan bagian selangkangan yang akan menimbulkan luka apabila terlalu sering dilakukan dan dalam posisi duduk yang salah.

3. Cedera punggung

Selain itu, terdapat efek samping seperti cedera punggung yang lazim dialami khususnya bagi anda yang menggunakan sepeda gunung sebagai jenis sepeda untuk berolahraga. Terlebih jika anda melewati medan yang curam, maka risiko untuk cedera punggung pun lebih besar.

Tips Olahraga Sepeda

Manfaat olahraga sepeda dapat anda rasakan bila melakukannya dengan rutin, aman, serta memperhatikan faktor kenyamanan. Berikut ini beberapa tips penting yang harus anda perhatikan saat berolahraga menggunakan sepeda:

  • Tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun, penggunaan masker saat bersepeda tidak dianjurkan karena akan membatasi pernapasan. Sehingga lebih baik bersepeda di pagi hari.
  • Gunakan pelindung pada tubuh, seperti helm, penutup siku, dan lutut. Jangan anggap remeh tips yang satu ini, apalagi bila anda senang bersepeda di jalanan besar yang cukup ramai.
  • Jangan melakukan kegiatan sepeda di atas 3 jam. Bila terpaksa, usahakan sering berhenti untuk beristirahat dan melakukan peregangan otot.
  • Ingat untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga, termasuk bersepeda. Ini penting agar otot tubuh tidak kaget.
  • Bersepedalah dengan aman, termasuk mematuhi peraturan rambu lalu lintas serta hindari bersepeda secara bergerombol terutama di jalan raya.
  • Anda juga bisa membawa air minum sebagai tips olahraga sepeda agar tidak dehidrasi selama perjalanan.

Nah, di atas adalah beberapa manfaat olahraga sepeda yang perlu anda ketahui. Ternyata kegiatan bersepeda tidak hanya baik untuk meningkatkan imun tubuh saja melainkan juga bagi kesehatan mental maupun pertumbuhan bagi anak-anak.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *