10 Manfaat Musik untuk Kesehatan Semua Usia, No. 2 Penting Sekali!

sumbersehat.com – Manfaat musik tanpa disadari ternyata begitu banyak, terutama ketika Anda mendengarkan beberapa jenis musik atau lagu tertentu. Apakah anda sering mendengarkan musik ketika melakukan aktivitas seperti saat belajar, memasak, atau mengendarai mobil? Manfaat tersebut akan semakin maksimal bila dipasangkan dengan aktivitas yang tepat, salah satunya yaitu kegiatan bermain atau belajar.

Terutama bagi ibu hamil, mendengarkan musik dapat menjadi salah satu alternatif menyenangkan yang bisa dilakukan untuk memberikan pertumbuhan yang baik untuk sang janin. Walau di belahan dunia ini terdapat berbagai genre musik, tetapi secara keseluruhan musik tersebut memiliki manfaat yang sama yaitu baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

manfaat musik untuk kesehatan
musik dan kesehatan

Apa Pengertian Musik?

Sebelum mengulas tuntas manfaat musik untuk kesehatan, anda juga perlu tahu bahwa pengertian musik adalah sebuah gabungan antara melodi dan lirik yang disusun sebaik mungkin dengan keselarasan atau keseimbangan antara instrumen lirik yang terkandung. Musik juga bisa disebut sebagai sarana ekspresi dari penulis atau musisi itu sendiri. Berikutnya akan kita bahas tentang macam-macam khasiat musik untuk kesehatan.

Inilah Manfaat Musik untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, musik secara turun-temurun memang memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi anak-anak sampai lansia, berikut di antaranya:

Meredakan stress

Pertama, manfaat musik untuk kesehatan secara efektif dapat membantu anda meredakan stress. Tekanan yang anda alami dari sekolah, sosial, sampai pekerjaan seringkali menimbulkan stress. Tentu hal ini tak baik untuk kesehatan mental, khususnya bagi anda kaum hawa.

Salah satu penelitian yang dilakukan universitas Amerika menyatakan bahwa perempuan cenderung memiliki tingkat risiko terkena stress lebih tinggi daripada pria. Lantas, hal ini menimbulkan berbagai gejala tingkah laku yang mampu memperburuk suasana hati dan kehidupan sosial anda.

Sehingga, salah satu cara alternatif yang dapat anda lakukan untuk mengatasi stress adalah dengan mendengarkan musik. Beberapa musik tertentu seperti musik klasik atau mendengarkan musik berbahasa Inggris dapat membantu menenangkan keadaan pikiran anda. Musik-musik seperti ini cocok didengarkan ketika anda melakukan meditasi.

Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat musik untuk kesehatan berikutnya adalah meningkatkan kemampuan otak atau kognitif. Manfaat ini sangat berguna bagi janin sampai balita khususnya saat berada di golden age. Ketika sang anak sedang mengalami proses atau kemampuan untuk belajar secara besar-besaran, maka musik dapat membantu otak dalam menerima segala pembelajaran tersebut hingga terserap lebih baik.

Selain itu, musik juga secara signifikan membantu anak untuk meningkatkan IQ atau kemampuan lainnya dalam berlogika sampai berbahasa. Musik yang dapat diperdengarkan antara lain musik klasik sampai jazz yang dapat membantu merangsang saraf pada otak anak.

Meningkatkan daya ingat

Tak hanya kemampuan otak dalam kognitif saja, musik dapat membantu anak untuk mengingat segala materi atau pembelajaran secara baik. Daya ingat akan lebih terasah bila anda sering memberikan musik-musik tertentu untuk diperdengarkan pada anak. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah mendengarkan musik berbahasa Inggris saat sang anak sedang belajar.

Manfaat musik ini bukanlah mitos atau isu belaka, melainkan pernah dibuktikan pada sejumlah anak di Inggris dalam suatu penelitian mengenai daya ingat, dan hasilnya menyatakan bahwa anak yang mendengarkan musik setiap harinya memiliki kemampuan dalam mengingat lebih tinggi daripada anak yang tidak mendengarkan.

Menurunkan berat badan

Tahukah anda manfaat musik untuk kesehatan selanjutnya tak hanya terjadi pada anak-anak saja, melainkan juga orang dewasa. Salah satunya adalah menurunkan berat badan secara signifikan, khususnya bagi anda yang sedang menjalani program diet. Musik secara efektif membantu anda untuk mengurangi nafsu makan sehingga direkomendasikan untuk anda yang ingin menurunkan berat badan.

Salah satu cara menyenangkan yang bisa anda lakukan adalah menyalakan musik beralunan lembut saat mengonsumsi makanan di sore hari, menggunakan lampu redup. Kegiatan ini membuat anda cenderung mengonsumsi makanan yang memiliki kalori rendah dalam porsi yang lebih sedikit daripada yang biasanya anda konsumsi.

Mengurangi rasa sakit atau nyeri

Manfaat musik lainnya adalah membantu anda mengurangi rasa sakit atau nyeri. Ketika anda mendengarkan lagu atau musik tertentu, khususnya yang anda sukai maka tubuh akan mengeluarkan hormon endorphine dan membantu anda untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri yang dirasakan oleh tubuh.

Memperbaiki mood

Manfaat musik untuk kesehatan selain berfungsi untuk meredakan stress, juga membantu memperbaiki mood yang kurang baik. Bila mood anda di hari ini sudah mulai turun dan menyebabkan hari anda terasa berat, maka salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah mendengarkan musik yang disukai dan biarkan tubuh anda rileks selama kurang lebih 15 menit.

Umumnya, setelah anda melakukan aktivitas di atas maka tubuh akan lebih rileks dan perasaan anda cenderung membaik. Selain itu, anda juga dapat memperdengarkan musik pada saat melakukan berbagai aktivitas pekerjaan. Hal ini sangat baik untuk memperbaiki mood anda.

Menambah stamina

Dapat menambah stamina merupakan salah satu manfaat musik yang jarang diketahui. Ketika anda melakukan aktivitas olahraga tanpa menggunakan musik, maka tubuh cenderung mudah merasa bosan dan aktivitas olahraga pun akhirnya hanya berjalan selama beberapa menit saja. Sementara, bila anda melakukan olahraga dengan mendengarkan musik tertentu. Maka tubuh secara alami akan mengikuti tempo musik sehingga akan meningkatkan stamina.

Musik yang dapat anda dengarkan pada saat berolahraga adalah musik dengan tempo cepat. Sehingga, Anda pun dapat melakukan aktivitas olahraga dengan lebih semangat daripada ketika mendengarkan musik dengan tempo lambat.

Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat musik selanjutnya adalah memperbaiki kualitas tidur. Bila saat malam hari anda mengalami insomnia atau kelelahan di pagi hari saat bangun tidur, maka untuk tidur selanjutnya anda dapat menggunakan musik untuk membantu memperbaiki kualitas tidur anda.

Dengarkanlah beberapa musik yang beralunan lembut atau musik yang anda sukai agar memberikan ketenangan pada tubuh dan pikiran. Namun, jenis musik yang disarankan untuk meningkatkan kualitas tidur adalah musik dengan tempo yang lambat.

Menjaga kesehatan otak lansia

Manfaat musik diantaranya juga membantu beberapa lansia untuk menjaga memori atau ingatan secara lebih baik. Musik juga dapat membuat tubuh mereka menjadi lebih rileks dan memiliki suasana hati yang baik. Secara keseluruhan, musik berfungsi memperbaiki suasana hati dan kesehatan memori bagi lansia, khususnya musik-musik yang mereka sukai.

Membantu pemulihan pasien stroke

Terakhir, manfaat musik bagi kesehatan adalah membantu para pasien stroke untuk memulihkan kembali keadaan tubuh mereka. Secara efektif, musik dapat membantu memori atau verbal dari pasien yang baru saja melakukan operasi. Sehingga, mendengarkan beberapa musik favorit pasien mampu membantu pemulihan dari pasien.

Sebenarnya tanpa mengharapkan manfaat berlebih dari musik, esensi musik sendiri sudah berfungsi sebagai sarana yang mampu meringankan stress sampai berbagai gangguan kesehatan yang dialami manusia.

Nah, di atas adalah pengertian musik sampai manfaat musik untuk kesehatan anak-anak, ibu hamil, sampai lansia yang perlu anda ketahui. Sejatinya, musik sendiri diciptakan sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi dari manusia sekaligus sebagai suatu cara untuk memberikan pesan tertentu secara tidak langsung bagi para pendengarnya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

Olahraga sehat untuk wanita

1 Tips Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Dapat Diterapkan Dimana Saja

1 Tips Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Dapat Diterapkan Dimana Saja. Suasana kota yang begitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *