17 Manfaat Moringa Sebagai Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com – Manfaat moringa yang sangat istimewa saat ini sudah sangat dikenal luas. Moringa atau kelor merupakan tumbuhan yang berasal dari India dan sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia termasuk ke Indonesia. Tumbuhan dengan pohon berupa batang keras dan memiliki daun yang berukuran kecil ini kini banyak dibudidayakan.

Moringa sangat mudah untuk dibudidayakan baik melalui biji ataupun stek batang. Pemanfaatan moringa atau kelor bisa dengan cara menjadikan daun kelor sebagai sayuran harian. Daun kelor atau daun moringa dapat dikonsumsi oleh bayi, anak-anak hingga lanjut usia. Penelitian tentang manfaat daun moringa sudah banyak dilakukan. Nah, berikut ulasannya!

manfaat moringa
manfaat moringa

Inilah 9 Manfaat Moringa untuk Kecantikan

Adapun khasiat moringan untuk kecantikan yang perlu anda ketahui:

1. Menghilangkan jerawat

Manfaat moringa yang pertama adalah untuk menghilangkan jerawat. Cara mengobati jerawat dengan menggunakan daun moringa sangatlah mudah. Hancurkan daun moringa segar hingga halus seperti bubur. Campurkan dengan sedikit madu dan oleskan pada wajah sebagai masker. Setelah 30 menit, bersihkan menggunakan air bersih.

2. Menghilangkan flek hitam

Flek hitam pada wajah tentu saja sangat mengganggu penampilan. Manfaat moringa untuk wajah salah satunya adalah menghilangkan flek hitam. Haluskan daun kelor sebanyak yang dibutuhkan. Tambahkan madu dan oleskan pada wajah. Untuk memperoleh hasil yang diinginkan, lakukan secara rutin selama 30 menit setiap harinya.

3. Sebagai antioksidan

Moringa atau kelor dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Manfaat moringa sebagai antioksidan akan sangat membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas, melindungi kulit dari pengaruh radiasi sinar matahari dan membantu produksi kolagen dalam tubuh. Gunakan daun moringa segar yang telah dihaluskan sebagai masker. Lakukan setiap hari sebelum tidur.

4. Mencegah penuaan dini atau anti aging

Konsumsi daun kelor atau moringa atau menjadikannya sebagai masker secara teratur dapat mencegah dan menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Kulit kering dan keriput merupakan tanda awal terjadinya penuaan kulit. Banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat moringa bagi kulit wajah yaitu bahwa konsumsi moringa sangat bagus untuk meremajakan kulit.

5. Mengatasi kulit berminyak

Kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang dimiliki oleh moringa sangat bagus untuk menetralisir kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Gunakan daun moringa yang telah dihaluskan sebagai masker wajah agar kulit wajah tidak berminyak dan terlihat kusam. Manfaat moringa untuk menetralisir kelebihan minyak pada kulit wajah tidak perlu diragukan lagi.

6. Atasi Mata Panda

Istirahat kurang atau kurangnya kualitas tidur dapat menyebabkan muncul lingkaran hitam di bawah mata atau sering disebut dengan mata panda. Untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda, daun kelor ahlinya. Ambil daun kelor secukupnya dan haluskan hingga benar-benar halus. Aplikasikan sebagai masker pada kulit wajah terutama area di bawah mata yang menghitam. Setelah masker mengering, bilas dengan air bersih.

7. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat moringa lainnya bagi kulit adalah mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit. Oleskan daun moringa yang telah dihaluskan pada bagian kulit yang ingin dibersihkan sel kulit matinya. Jika akan digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, gunakan masker daun moringa.

8. Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori wajah yang membesar bisa disebabkan karena bekas jerawat atau kulit wajah yang berminyak. Untuk mengatasi pori-pori wajah yang membesar ini bisa dengan mengaplikasikan masker daun moringa secara teratur. Kandungan pada daun moringa yang dapat menyerap kelebihan minyak pada wajah menjadikan pori-pori wajah mengecil.

9. Mencerahkan kulit wajah

Kulit wajah yang bersih dan cerah menjadi dambaan banyak orang terutama kaum wanita. Manfaat moringa untuk mencerahkan wajah dapat dengan mudah diperoleh. Campurkan daun moringa yang telah dihaluskan dengan sedikit madu untuk dijadikan masker wajah. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, masker moringa sebaiknya diaplikasikan secara rutin.

Manfaat moringa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit sudah diketahui sejak jaman dahulu. Pada masa lampau, daun kelor atau daun moringa dipercaya dapat mengusir roh jahat atau kekuatan jahat yang ada dalam tubuh seseorang. Saat ini moringa dikenal luas sebagai salah satu herba yang berkhasiat bagi kesehatan.

7 Manfaat Moringa untuk Kesehatan

Adapun manfaat moringa untuk kesehatan yaitu:

1. Membantu mencukupi nutrisi tubuh

Daun moringa atau kelor kaya akan mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Mengkonsumsi daun moringa setiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi. Vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, ribloflamin dan magnesium yang ada pada daun moringa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Membantu menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat moringa selanjutnya adalah untuk membantu menurunkan kadar gula daram darah. Daun moringa bagus untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Sayur daun moringa dapat dimasukkan dalam menu harian orang-orang yang memiliki kadar gula tinggi dalam darahnya.

3. Membantu menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi moringa baik yang masih segar atau berupa ekstrak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh dapat menyebabkan beraneka macam penyakit. Manfaat mengkonsumsi moringa dapat dirasakan jika dilakukan secara teratatur.

4. Meningkatkan daya ingat

Kandungan antioksidan dan zat-zat baik pada daun kelor mampu untuk menurunkan stres dan juga meningkatkan kinerja otak. Daya ingat akan meningkat seiring dengan semakin baiknya kinerja otak. Konsumsi daun moringa memberi manfaat untuk mencegah kepikunan.

5. Mencegah anemia

Daun moringa mengandung zat besi yang cukup tinggi. Anemia pada seseorang akan membahayakan jika dibiarkan terus-menerus. Mengkonsumsi daun moringa dipercaya dapat mengatasi dan mencegah terjadinya anemia.

6. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat moringa bagi sistem pencernaan sangatlah penting. Moringa mengandung serat yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan pencernaan. Serat tinggi pada daun moringa akan memberikan efek mengenyangkan lebih lama sehingga dapat mengontrol nafsu makan. Efek mengenyangkan dan kontrol nafsu makan menjadikan berat badan bisa menurun dengn konsumsi moringa.

7. Menyehatkan mata

Moringa memiliki kandungan vitamin A yang lebih besar dari pada wortel. Kandungan vitamin A pada daun moringa empat kali lebih banyak daripada vitamin A yang ada pada wortel. Tingginya kandungan vitamin A ini menjadikan manfaat daun moringa bagi kesehatan mata sangat besar.

Manfaat moringa yang begitu banyak tidak serta merta menjadikan semua bagian dari pohon moringa dapat dimanfaatkan untuk obat atau perawatan wajah. Bagian akar dari tumbuhan moringa diketahui mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya hanya mengkonsumsi bagian dari pohon moringa yang sudah diketahui keamanannya.

Saat ini daun moringa sudah banyak diolah menjadi ekstrak moringa dan juga teh daun moringa. Produk-produk ini dijual bebas tanpa resep khusus dari dokter. Terobosan ini menjadikan semakin banyak orang dapat mengkonsumsi moringa dengan mudah tanpa harus bingung darimana mendapatkannya.

Tanaman moringa sangat mudah untuk dibudidayakan. Oleh karena itu, baik jika di sekitar rumah ditanami dengan beberapa batang pohon moringa. Pohon moringa ini juga dapat ditanam di dalm pot dan menjadi hiasan di halaman rumah. Dengan adanya pohon moringa di halam rumah, manfaat moringa bisa didapat setiap hari dari daun segar. Tertarik membuktikan khasiat moringa?

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *