13 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa – Khasiat minyak kelapa ternyata sangat banyak dan memiliki khasiat bagi manusia baik itu untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak kelapa adalah salah satu jenis minyak yang paling sering digunakan dan mudah ditemukan.

Para ahli mengatakan bahwa manfaat minyak kelapa dikarenakan minyak ini mengandung susunan lemak yang berbeda dengan lainnya. Berikut ini ialah beberapa manfaat dari minyak kelapa ini yang dapat Anda manfaatkan untuk tubuh.

Manfaat Minyak Kelapa

1. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan dan ingin menurunkan berat badan, minyak kelapa mampu membantunya. Manfaat minyak kelapa yang pertama ialah mampu menurunkan berat badan karena terdapat kandungan MCT dalam minyak ini.

Kandungan ini mampu membuat tubuh lebih banyak memiliki energi dibandingkan dengan lemak yang disimpan dalam tubuh. Namun, tetap saja Anda tidak bisa hanya mengandalkan minyak kelapa untuk menurunkan berat badan karena minyak ini juga tinggi kalori.

Sehingga dengan pemilihan makanan yang sehat dan olahraga yang cukup, mengkonsumsi minyak kelapa secukupnya dapat membantu mempercepat penurunan berat badan.

2. Anti Virus dan Bakteri

Di perubahan cuaca dan musim yang tidak menentu, tubuh akan lebih mudah sakit karena terserang berbagai virus dan bakteri. Tentu Anda tidak ingin aktivitas sehari hari terganggu karena daya tahan tubuh yang lemah dan mudah terserang virus.

Minyak kelapa mengandung asam kaprilat dan asam laurat yang terkenal memiliki kandungan efek antimikroba dan antivirus. Minyak ini juga mampu membersihkan saluran pencernaan dengan baik sehingga sangat baik untuk kesehatan manusia.

3. Mencegah Penyakit Hati

Manfaat minyak kelapa selanjutnya ialah untuk mencegah penyakit hati yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi lain. Penelitian yang dilakukan terhadap hewan mengatakan bahwa minyak ini memiliki pengaruh untuk kesehatan hati.

Hasil dari penelitian tersebut mengatakan bahwa hewan yang mengkonsumsi minyak kelapa selama 4 minggu beruntun memiliki hati yang lebih sehat. Meskipun demikian penelitian ini harus dilakukan lebih mendalam untuk mengetahui manfaatnya bagi tubuh manusia.

4. Menjaga Kesehatan Gigi

Minyak kelapa bisa menjadi senjata ampuh melawan bakteri, termasuk Streptococcus mutans, bakteri di mulut Anda yang menyebabkan plak gigi, kerusakan gigi, dan penyakit gusi. Dalam sebuah penelitian, berkumur dengan minyak kelapa mampu mengurangi bakteri ini seperti membilas dengan obat kumur antiseptik

Penelitian lain juga menyebutkan berkumur menggunakan minyak kelapa secara teratur mampu  mengurangi peradangan dan plak pada remaja serta radang gusi.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak manusia merupakan bagian terpenting sehingga harus dijaga kesehatannya dan ditingkatkan fungsinya. Mengkonsumsi minyak kelapa ternyata dapat membantu peningkatan fungsi otak. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan baik dalam minyak kelapa.

Kandungan tersebut dapat diubah menjadi keton oleh organ hati, keton ini kemudian menjadi sumber energi alternative bagi otak.

6. Membuat Makanan yang Sehat

Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi makanan sehat namun tetap memiliki variasi yang beragam, maka gunakanlah minyak kelapa. Minyak kelapa bisa menjadi alternatif minyak sehat yang bisa digunakan untuk menggantikan minyak pada umumnya.

Jika Anda ingin membuat mayones maupun coklat alami dan lebih sehat dari yang ditemui di pasar, maka gunakanlah minyak kelapa ini.

7. Melindungi Diri Dari SInar UV

Ketika diterapkan pada kulit minyak kelapa dapat melindunginya dari sinar ultraviolet matahari (UV), yang meningkatkan risiko kanker kulit dan menyebabkan bintik-bintik kecoklatan dan keriput.  Faktanya terdapat penelitian menemukan bahwa minyak kelapa menghalangi sekitar 20% dari sinar UV matahari

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Seperti diketahui bahwa minyak kelapa dapat membantu menjaga kesehatan rambut Anda. Terdapat sebuah penelitian yang membandingkan efek minyak kelapa, minyak mineral, dan minyak bunga matahari pada rambut.

Hanya minyak kelapa yang secara signifikan mampu mengurangi resiko kehilangan protein dari rambut ketika dioleskan sebelum atau sesudah keramas. Hasilnya rambut terlihat lebih sehat dan lebat serta berkilau.

Hal ini dapat terjadi karena struktur unik asam laurat – asam lemak utama dalam minyak kelapa yang dapat menembus batang rambut yang tidak bisa ditembus oleh minyak lainnya.

9. Sebagai Deodoran Alami

Menjaga badan terutama bagian ketiak sehingga tidak berkeringat dan tidak bau adalah hal yang sangat penting. Namun tidak semua orang bisa menggunakan deodorant yang biasa ditemukan di pasaran. Tidak perlu khawatir, bagi Anda yang mengalami masalah ini minyak kelapa bisa mengatasinya.

Dengan menggunakan minyak kelapa yang memiliki sifat antibakteri, kulit tidak akan mengeluarkan bau yang menyengat. Anda bisa mencari berbagai cara membuat deodorant alami dari minyak kelapa yang mudah untuk dicoba.

10. Membersihkan Makeup

Makeup merupakan hal yang sangat dekat dengan perempuan dan pada beberapa perempuan menggunakan makeup setiap hari adalah hal yang wajib dilakukan. Namun setelah menggunakan makeup maka Anda juga harus membersihkannya sebelum tidur agar kulit wajah tetap terawat.

Jika berbagai produk yang ada dipasaran tidak mampu membersihkan makeup Anda dengan sempurna, maka gunakanlah minyak kelapa. Bagian yang harus dibersihkan dengan hati hati yakni bagian mata bisa dibersihkan dengan menggunakan minyak kelapa ini.

Selain membersihkan makeup dengan bersih, kulit juga akan lebih lembut dan lembab dibandingkan dengan menggunakan produk yang mengandung alkohol.

11. Melembabkan Kulit Kering

Terlalu lama berada di ruangan yang ber AC membuat kulit menjadi lebih kering sehingga bisa menjadi kusam. Oleh karena itu alangkah baiknya Anda menggunakan pelembab dan sejenisnya untuk mengatasi masalah kulit kering ini.

Jika lotion biasa tidak mampu mengatasi masalah ini, maka Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti minyak kelapa. Minyak kelapa mampu meningkatkan hidrasi kulit sehingga kulit menjadi jauh lebih lembab.

Selain itu minyak kelapa juga mampu mengatasi eksim yakni kondisi kulit yang memiliki ruam bersisik dan terasa gatal.

12. Mengurangi Peradangan

Manfaat selanjutnya dari minyak kelapa ialah untuk mengurangi peradangan karena minyak ini memiliki sifat anti inflamasi. Tidak hanya mampu menghilangkan peradangan, minyak kelapa juga mampu mengurangi rasa sakit serta meningkatkan status antioksidan.

13. Mengurangi Lemak Perut

Minyak kelapa dapat membantu mengurangi lemak perut – juga dikenal sebagai lemak visceral – yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.  Dalam sebuah penelitian, seorang pria gemuk kehilangan 2,5 cm dari lemak pinggang dengan menambahkan 2 sendok makan (1 ons atau 30 ml) minyak kelapa ke dalam makanan mereka.

Penelitian lain mengamati wanita dengan diet terbatas kalori. Mereka yang menggunakan 2 sendok makan (30 ml) minyak kelapa per hari mengalami penurunan ukuran pinggang. Bagi Anda yang juga mengalami permasalahan perut buncit, maka Anda bisa menambahkan minyak kelapa pada makanan dan rasakan perbedaanya.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat minyak kelapa yang berguna baik untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Ternyata minyak kelapa tidak hanya dapat digunakan dan memberikan manfaat untuk kesehatan saja. Tapi Anda juga bisa coba rasakan khasiat dan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan tubuh Anda juga. Tertarik untuk mencobanya dirumah?

About Alvindayu

Check Also

manfaat keladi tikus

5 Manfaat Keladi Tikus untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

sumbersehat.com - Manfaat keladi tikus memang tidak diragukan lagi. Saat mendengar nama Keladi tikus mungkin yang terbayang di benak adalah sebuah pohon yang mungkin ada kaitannya dengan sejenis hewan pengerat yang cerdas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *