4 Manfaat Minyak Bidara dan Cara Pengolahannya yang Tepat

sumbersehat.com – Manfaat minyak Bidara mulai dilirik oleh para pecinta herbal untuk dijadikan bahan perawatan tradisional. Seperti diketahui, banyak yang dapat dilakukan untuk merawat kecantikan juga kesehatan tubuh, dan setiap orang memiliki cara masing-masing. Ada yang memilih perawatan menggunakan bahan-bahan modern seperti obat kimia, ada juga yang lebih memilih untuk menggunakan bahan-bahan alami, seperti dari tumbuh-tumbuhan.

Daun Bidara merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan dan kesehatan tubuh. Daun ini biasanya diolah kedalam bentuk minyak sebelum digunakan. Meski belum banyak yang mengetahui, namun khasiatnya sangat beragam. Selain itu, minyak Bidara mulai banyak dijual baik di toko offline maupun toko online.

manfaat minyak bidara
manfaat minyak bidara

Kandungan Minyak Daun Bidara

Daun Bidara (Ziziphus mauritiana) sendiri sebenarnya adalah tanaman yang lumayan mudah ditemukan di daerah pelosok pedesaan. Oleh sebab itu, manfaat minyak Bidara pun pada awalnya hanya populer diketahui oleh kalangan orang-orang dari pelosok desa. Bidara tumbuh di daerah dengan tanah yang kering, pohonnya cenderung kecil atau pendek.

Tanaman ini dikenal juga dengan nama Kalangga, Bukol, atau Rangga, dan beberapa daerah lain menyebutnya Widara Dara. Meskipun belum dikenal secara luas oleh masyarakat, namun manfaatnya sangat bervariasi dan diyakini dapat digunakan untuk merawat kecantikan bahkan kesehatan tubuh. Hal ini karena kandungan minyak daun Bidara yang sangat berkhasiat.

Berikut ini adalah beberapa kandungan senyawa yang terdapat di dalam daun Bidara:

  • Alkaloid
  • Flavonoid
  • Glikosida
  • Saponin

Disamping itu, menurut data Nutrisi USDA, menerangkan bahwa setiap 100 gram daun Bidara, mengandung beberapa komponen. Seperti terdapat terdapat energi dengan jumlah 5,92 kcal, lalu juga terdapat karbohidrat sebanyak 17 gram, lalu ada pula protein dengan jumlah 0,8 gram, dan lemak sejumlah 0,07 gram dan serta air dengan kandungan yang cukup banyak yakni sejumlah 81,6 gram.

Inilah Manfaat Minyak Bidara untuk Kesehatan dan Kecatikan

Fakta unik dari minyak Bidara adalah terdapat dalam hal pemanfaatannya. Banyak orang yang memanfaatkan minyak Bidara untuk hal-hal spiritual. Contohnya untuk meruqyah, mengusir jin, atau bahkan memandikan jenazah. Sekilas memang terdengar seram, namun memang begitulah manfaat minyak Bidara.

Kini khasiat minyak bidara bisa dirasakan lebih luas lagi, yakni bisa digunakan sebagai bahan utama perawatan kecantikan ataupun obat tradisional untuk penyembuhan penyakit dalam tubuh. Kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalam daun Bidara telah terbukti efektif mengatasi sariawan, mengobati luka, merawat kecantikan atau bahkan untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

Nah, langsung saja, mari kita intip apa sajakah manfaat yang dihasilkan dari daun Bidara, baik itu sebelum diolah menjadi minyak, maupun setelah diolah menjadi minyak.

1. Khasiat Minyak Bidara untuk Mengatasi Sariawan

Minyak Bidara yang terkenal di Arab dengan nama Nabka, atau dalam bahasa Inggris adalah Jujube Oil, dikenal mampu mengobati sariawan. Manfaat minyak bidara yang satu ini karena kandungan antioksidan alami dalam daun Bidara. Antioksidan ini sangat berguna bagi tubuh, yakni berfungsi untuk melawan bakteri- bakteri yang ada di dalam mulut sehingga sariawan dapat dengan bertahap diobati.

2. Manfaat Minyak Bidara untuk Mengobati luka dan mempercepat penyembuhan

Luka pada kulit seperti akibat tergores, lecet, tersayat pisau ketika memotong sayuran, atau luka jatuh dari sepeda dapat diobati dengan daun Bidara. Manfaat minyak Bidara ini dikarenakan adanya zat anti inflamasi di dalam daun Bidara. Untuk mengobati luka, daun Bidara dipilih yang sudah tua, lalu ditumbuk sampai menjadi serbuk, lalu taruh di bagian kulit yang terluka.

3. Khasiat Minyak Bidara untuk Mengatasi Nyeri dan Haid Tidak Teratur

Daun bidara juga berkhasiat untuk membantu wanita yang mengalami ketidaklancaran haid. Kandungan senyawa aktif dalam daun Bidara dapat membantu menstabilkan hormon agar haid menjadi lancar dan teratur sehingga nyeri haid dapat diminimalisir.

4. Manfaat Minyak Bidara untuk Merawat Rambut agar Hitam Legam

Kandungan senyawa-senyawa aktif dalam minyak daun Bidara dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, salah satunya adalah untuk perawatan rambut. Manfaat minyak Bidara untuk rambut adalah dapat membuat rambut hitam legam serta menebalkan rambut menjadi lebih ber-volume.

Cara Pembuatan Minyak dari Daun Bidara

Meski Anda akan dengan mudah menjumpai produk minyak Bidara yang dijual bebas di toko-toko, namun alangkah baiknya meramu dan mengolah minyak daun Bidara sendiri di rumah agar lebih terjamin kualitasnya.

Untuk dapat merasakan manfaat minyak Bidara dengan optimal, maka cara mengolah daun Bidara pun harus benar-benar diperhatikan. Berikut ini adalah cara pengolahan daun Bidara menjadi minyak Bidara yang bisa anda lakukan jika ingin mendapatkan manfaatnya dengan sempurna.

Memilih jenis daun Bidara

Dalam cara mengolah daun Bidara untuk dijadikan minyak, ada beberapa hal-hal penting yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah memilih daun Bidara yang tepat untuk dijadikan minyak.

Sebetulnya, ada berbagai jenis Bidara. Namun jenis pohon Bidara yang paling baik untuk dijadikan atau diolah menjadi minyak adalah dari jenis Sidr Arab. Hal ini dikarenakan dari jenis Sidr Arab ini, kandungan senyawanya lebih ampuh daripada jenis yang lain.

Memilih daun dan ranting terbaik yang siap olah

Selanjutnya adalah memilih daun yang tepat. Daun Bidara yang telah siap diolah menjadi minyak adalah daun yang sudah betul-betul tua. Ini bisa terlihat dari warnanya yang hijau pekat dan permukaannya yang mengkilap. Selain itu, di bagian bawah daun warnanya bukan lagi hanya hijau namun sudah berubah menjadi lebih kecoklatan.

Demi mendapat manfaat minyak bidara, pastikan juga bahwa ranting daunnya sudah tua dan menjadi kayu. Karena ini akan menjadi pertanda bahwa kualitas daun yang ada pun semakin bagus. Selain anjuran memilih jenis Bidara yang tepat, membuat minyak bidara juga disarankan ketika musim berbunga atau musim berbuah. Karena dimusim inilah daun Bidara sedang memiliki kandungan yang sebanyak-banyaknya.

Tahap pengolahan

Setelah selesai memilih bahan, tahap berikutnya adalah ke bagian pengolahan. Minyak Bidara ini dalam pengolahannya dicampur oleh minyak kelapa. Ini dimaksudkan untuk memancing kandungan senyawa di dalam daun bidara agar keluar sehingga khasiat dari minyak Bidara dapat dirasakan secara optimal.

Untuk mendapatkan manfaat minyak Bidara yang maksimal, perhatikan cara yang benar dalam mengolahnya:

Kupas kelapa sebanyak 5 butir, bersihkan, lalu parut. Kelapa yang sudah diparut kemudian diberi air sebanyak 500ml dan dimasak diatas api sedang.
Sementara itu, Anda bisa menyiapkan dua genggam daun Bidara. Petik daun Bidara dengan mempertimbangkan penyeleksian seperti di atas, yakni daun yang tua dan rantingnya sudah menjadi kayu.

Segera cuci dan bersihkan daun Bidara. Jangan lupa cek masakan kelapa tadi, jika didihan kelapa sudah cukup menguning, masukkan daun Bidara tanpa perlu mengirisnya.

  • Aduk-aduk terus secara perlahan agar sari daun Bidara keluar. Setelah selesai, saringlah.
  • Tunggu sampai minyak menjadi dingin lalu pindahkan ke dalam wadah yang telah disteril sebelumnya.
  • Minyak daun Bidara kini telah siap untuk digunakan.

Meski bahan herbal kadang memiliki efek samping ketika digunakan secara berlebihan, manfaat minyak Bidara terkenal efektif dan tidak memiliki efek samping negatif. Kalaupun ada, tidak akan parah dan tidak akan bersifat jangka panjang.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *