6 Manfaat Minyak Adas, Bisa Meningkatkan Kesehatan Anda!

By

Sumbersehat.com – Manfaat minyak adas cukup bagi bagi kesehatan dan pengobatan beberapa penyakit. Awalnya, minyak adas terkenal karena khasiatnya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Untuk memperoleh minyaknya, perlu dilakukan proses penyulingan biji adas yang sudah matang.

Usut punya usut, selain menyehatkan pencernaan, ada banyak khasiat minyak adas lain yang dapat menunjang kesehatan anda. Memangnya, apa saja sih manfaat minyak adas? Penjelasan selengkapnya mengenai manfaat minyak adas akan dibahas di bawah ini!

Inilah Manfaat Minyak Adas

Minyak adas memiliki sifat antiseptik. Sifat inilah yang membuat minyak adas dinilai mampu membantu mengatasi masalah pada pencernaan, mendetoksifikasi tubuh, dan masih banyak lagi. Penasaran? Ini dia 6 manfaat minyak adas yang dapat digunakan untuk memelihara kesehatan anda :

Membantu penyembuhan luka

Khasiat minyak adas yang pertama adalah membantu proses penyembuhan luka. Menurut hasil studi, minyak adas dapat memproduksi zat antibakteri. Zat tersebut membuat minyak adas dipercaya mampu melindungi luka dari serangan bakteri. Untuk mendapatkan manfaat minyak ada, aplikasikan minyak adas di atas luka.

Baca juga : 6 Ramuan Alami untuk Kista Ovarium yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Dengan cara itu, minyak adas akan bekerja mencegah terjadinya infeksi serta mempercepat penyembuhan luka. Ini merupakan cara alternatif bagi anda yang ingin segera menyembuhkan luka tanpa menggunakan obat.Minyak adas dapat menjadi alternatif pengobatan alami yang tepat.

Sumber antioksidan alami

Di dalam minyak adas terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Itu artinya, antioksidan dalam minyak adas mampu melindungi tubuh anda dari serangan radikal bebas. Seperti yang kita tahu, polusi harian dan terik matahari dapat menyebabkan dampak serius pada tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat minyak adas sebagai antioksidan, anda bisa mengonsumsi minyak adas. Konsumsi dengan cara menyampurkan 1 sdm minyak adas ke dalam teh atau meminumnya secara langsung.

Mengobati anemia

Sering merasa lemah, letih, dan lesu seharian? Mungkin anda mengalami anemia. Anemia merupakan kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Ini terjadinya akibat kurangnya hemoglobin, sehingga sel darah merah tidak bisa mengedarkan oksigen dengan lancar ke seluruh tubuh.

Alhasil, fungsi tubuh pun tidak dapat bekerja secara normal. Nah, dengan mengambil manfaat minyak adas, anda dapat mengatasi penyakit anemia ini karena mengandung zat histidin dan zat besi. Anda dapat mengonsumsi minyak ada sebagai solusi obat alami penambah darah.

Mampu meredakan gas dan sembelit

Apakah anda pernah mengalami kram perut, perut kembung, dan munculnya gas dalam perut? Untuk mengatasinya, anda hanya perlu menggunakan minyak adas. Minyak adas berkhasiat menghilangkan gas dan kembung, meringankan sembelit, dan membersihkan perut.

Untuk mendapatkan manfaat minyak adas, campurkan teh dengan 1 hingga 2 tetes minyak adas. Segera minum untuk meringankan rasa tidak nyaman pada perut akibat adanya gas.

Mengatasi sesak napas

Manfaat minyak adas yang selanjutnya adalah mengatasi sesak napas. Anda tidak perlu repot, karena caranya tergolong gampang. Ambillah 10 tetes minyak adas, kemudian campuran dengan 1 sendok makan air panas. Langsung minum selagi masih hangat.

Anda bisa mengulanginya hingga 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan kesembuhan. Jika gejala sesak napas berkurang, maka anda bisa meneruskan konsumsinya. Tapi, jika tidak ada perubahan, lebih baik hentikan konsumsi.

Baca juga : 4 Ramuan Herbal untuk Syaraf Kejepit, Apa Saja Itu?

Membantu mengurangi berat badan

Jika anda sedang menjalankan program penurunan berat badan, maka anda bisa memanfaatkan khasiat minyak adas yang satu ini. Minyak adas memiliki kemampuan meningkatkan metabolisme dan mengurangi keinginan untuk makan, sehingga mendukung diet anda.

Selain itu, adas juga berfungsi sebagai cadangan lemak dan sumber energi sehingga meminimalkan kadar lemak dalam aliran darah. Anda bisa menambahkan adas ke dalam menu diet untuk merasakan manfaatnya.

Yap, itu tadi 6 manfaat minyak adas yang dapat menunjang kesehatan anda. Anda bisa mencoba mengonsumsi minyak adas untuk memperoleh khasiat-khasiat yang telah disebutkan di atas.
Perlu diketahui, pada beberapa kasus adas dapat memicu timbulnya alergi.

Selain itu, adas juga tidak disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil dan penderita kanker rahim atau kanker payudara. Jadi, anda perlu menyesuaikannya dengan kondisi tubuh anda, sebelum mengambil khasiat minyak adas.

Tak hanya manfaat minyak adas saja, anda bisa mendapatkan info menarik lainnya di Sumber Sehat.

Tinggalkan komentar