7 Manfaat Mentimun Untuk Diet yang Jarang Orang Tahu

By

Siapa yang tidak kenal dengan mentimun? Ia biasanya paling enak dikonsumsi sebagai lalapan untuk makan siang yang bersamaan dengan sajian ayang goreng, lele, ataupun bebek goreng. Bisa juga dengan makanan yang lainnya. Selain untuk lalapan, ternyata mentimun mempunyai kegunaan yang lain, salah satunya membantu proses diet. Apakah Anda penasaran, bagaimana sih sebenarnya manfaat mentimun untuk diet ? Mentimun memiliki banyak kandungan vitamin C dan K yang efektif menurunkan berat badan.

Manfaat Mentimun Dalam Diet Menurunkan Berat Badan

Diet dengan mentimun adalah teknik yang bisa membatasi asupan kalori yang bertujuan menurunkan berat badan dalam  jangka pendek. Ada banyak versi dalam diet dengan timun ini, inilah yang akan penulis jelaskan kali ini. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat mentimun untuk diet.

1. Bagaimana Mentimun Efektif Menurunkan Berat Badan?

Diet adalah proses menurunkan berat badan, salah satu caranya adalah dengan mengurangi atau mereduksi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Mengurangi kalori yang masuk bisa dijalankan dengan 2 cara, yaitu : mengurangi asupan kaya kalori dan memperbanyak asupan rendah kalori.

Timun merupakan salah satu makanan yang rendah kalori. Dalam secangkir timun yang diiris mengandung  14 kalori. Mentimun yang belum dikupas memiliki kandungan 45 kalori sedangkan yang sudah dikupas memiliki kandungan 24 kalori.

Jadi saat kita memakan timun dengan porsi yang banyak, tidak membuat kita bersalah karena hanya mengandung sedikit kalori.

Kalangan dokter mengatakan bahwa timun memang memiliki kalori yang sedikit dan membantu menurunkan berat badan. Ditambah lagi hal positif dari mentimun, ternyata mentimun mengandung kaya serat yang membuat kenyang sedikit lebih lama dan membuat pencernaan menjadi lancar.

Timun merupakan  makanan yang memiliki kepadatan energi sangat rendah. Dengan konsumsi makanan ini, Anda akan mendapat manfaat dalam menurunkan berat badan. Anda akan kenyang  tapi kalori yang masuk terkontrol dalam menunjang proses diet.

2. Berbagai Macam Manfaat Mentimun

Selain memiliki banyak manfaat mentimun untuk diet, timun juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti.

  1. Mentimun mengandung vitamin K yang membantu proses pembekuan darah
  2. Menimun mengandung vitamin C, yang secara tidak langsung membantu produksi kolagen. Fungsi kolagen adalah membuat tulang, kulit dan rambut kuat.
  3. Timun mengandung zat lignan yang manfaatnya menekan perkembangan sel kanker, inillah jenis kanker yang dihambat adalah kanker payudara, kanker prostat,dan kanker rahim.
  4. Timun juga mengandung zat cucurbitacin, yang bermanfaat anti tumor pada kanker dan menahan sel kanker memperbanyak diri.
  5. Kandungan fitonutrien dimiliki oleh sayuran ini, manfaatnya adalah anti oksidan dan antidiabetes
  6. Timun memiliki kandungan 95% air dan 5% serat, hal ini membantu memperlancar proses pencernaan, memaksimalkan metabolisme serta membersihkan racun-racun dalam tubu.
  7. Manfaat mentimun untuk diet dapat membantu relaksasi dan mendinginkan tubuh sepanjang hari
  8. Vitamin C dan vitamin B yang terkandung dapat melembutkan kulitdan membuatnya berkilau.

3. Biji Mentimun Dapat Menghilangkan Sembelit

Biji mentimun juga bisa menghilangkan sembelit bagi penderitanya. Layaknya buah lainnya, mentimun ternyata juga punya fungsi menghilangkan sembelit karena punya kandungan yang bisa melancarkan buang air besar.

Biasanya orang yang kurang lancar dalam buang air besar (sembelit), kekurangan serat di dalam tubuhnya. Dengan mengkonsumsi mentimun secara rutin, tidak hanya melangsingkan tubuh saja, ia juga bisa membuat sistem pencernaan menjadi tidak terganggu, sembelit pun bisa dihindari.

Tapi bagi Anda yang masih bingung, harus mengkonsumsi apanya saat ingin menghilangkan sembelit dengan mentimun? Jawabannya adalah dari bijinya. Jadi saat konsumsi mentimun, tidak usah membuang bijinya, karena bisa untuk menghidarkan diri dari sembelit. 

4. Bagaimana Cara Diet Dengan Makan Mentimun

Diet mentimun adalah suatu teknik diet yang bertujuan  penurunan berat badan jangka pendek dengan mengkonsumsi mentimun.

Dalam diet ini, anda harus mengganti sebagian besar makanan yang masuk dengan mentimun. Diet ini dilakukan selama 7 sampai dengan 14 hari. Selain mentimun, buah dan sayuran lain pun harus dikonsumsi secara minimum.

Tidak ada aturan yang mengikat dalam diet mentimun, selain dari rekomendasi untuk makan mentimun sebagai menu besarnya.

Pada saat menjalani diet ini  disarankansetiap kali lapar, Anda harus mengkonsumsi mentimun. Selain itu tidak ada aturan standar yang mengatur di dalam diet ini. Perbanyak makan mentimun, karena rendah kalori sehingga perut tetap kenyang.

Dalam diet ini, perlu juga diimbangi oleh asupan protein. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat juga menjaga kesehatan kulit, otot serta persendian. Tambahkan makanan kaya protein seperti telur, daging non fat dan kacang-kacangan.

Anda juga dapat menambahkan karbohidrat dengan porsi sedikit, seperti nasi merah atau kentang.

Dikutip dari Health ada beberapa aturan-aturan yang disebutkan, yaitu:

  • Konsumsi mentimun pada setiap makanan dan kudapan.
    • Makan mentimun sebanyak anda bisa dan sebanyak anda suka
    • Anda harus membuat makanan dan minuman dari bahan mentimun seperti salad dan smoothies
    • Dianjurkan menambahkan protein pada saat sarapan, makan siang dan makan malam
    • Pergunakan sedikit lemak baik, seperti minyak zaitun
    • Jika diperlukan, variasikan dengan sedikit karbohidrat, seperti beras merah, kentang, atau buah.
    • Tambahkan sayuran rendah kalori seperti tomat, bayam, dan seledri.

Jangan melakukan diet ini untuk jangka panjang, karena diet mentimun tidak dirancang untuk dijalankan lebih dari 7-14 hari. Konsumsi yang dibatasi  kalori ekstrim secara ekstrim dapat menyebabkan metabolisme lebih lambat.

5. Contoh Menu Makan dengan Mentimun

Agar Anda tidak keliru dalam memperaktekkan menu diet ini, Artikel ini juga menyajikan cara menjalankan menu diet yang benar dengan mentimun, Inilah salah satu contoh rencana makan dalam diet mentimun :

  • Sarapan

Anda bisa siapkan yogurt non fat dan tanpa gula, tambahkan 200 gram mentimun yang telah diiris. Jika masih lapar bisa konsumsi buah seperti apel atau pear.

  • Makan siang

Buatlah sepiring salad mentimun dengan sepotong roti gandum. Atau makan 2 buah kentang , ditambah 300 gram buah segar dan mentimun. Untuk minumnya, bisa diselingi the atau kopi tanpa gula. Kentang diolah dengan cara direbus atau dipanggang .

  • Minuman dari mentimun

Untuk minuman, konsumsi jus mentimun dicampur segenggam bayam, 20 gram kacang almond, 1 buah apel dan jahe diblender sampai halus.

  • Makan malam

Pada saat makan malam, konsumsi salad buah seberat 300 gram.

6. Diet Dengan Air Mentimun

Selain mengonsumsi mentimun, ternyata air rendaman mentimun memiliki kandungan yang sama yaitu kaya serat dan rendah kalori. Rendaman air mentimun baik dikonsumsi sebelum kita mengonsumsi makanan pokok baik pada saat sarapan, makan siang dan makan malam.

Setelah kita mengonsumsi air rendaman timun, perut akan terasa lebih kenyang sehingga porsi makan kita akan berkurang. Sehingga kita makan sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan. Jika kita menjalankannya secara konsisten, berat badan akan turun dan akan tetap sehat. Ada benar-benar akan merasakan banyak sekali manfaat mentimun untuk diet sehat.

Cara membuat air mentimun, yaitu :

Bahan-bahan:

  • 2 ketimun yang sudah diiris
  • 8 gelas air
  • ½ sendok teh garam

Cara pembuatannya:

  • Masukan ketimun yang sudah diiris kedalam toples
  • Tambahkan garam dan air, kemudian aduk secara merata
  • Diamkanlah semalaman dalam lemari es
  • Minumlah air sebanyak yang dibutuhkan
  • Lakukanlah dalam 30 hari.
  • Apabila kurang nikmat, bisa ditambahkan lemon, jeruk, atau  mint untuk memberikan rasa pada air rendaman timun.

Manfaat mentimun untuk diet ternyata tidak main-main. Tapi ingat diet mentimun tidak untuk jangka waktu yang lama dan harus diimbangi oleh keseimbangan nutrisi yang lain.

Kekurangan nutrisi akan mempengaruhi keseimbangan metabolisme tubuh. Alih-alih ingin menurunkan berat badan malah timbul penyakit sebagi efek sampingnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar