7 Manfaat Makan Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan Jarang Orang Tahu

Tahukah kamu bahwa ada banyak sekali manfaat makan daun ubi jalar memang sangat bagus untuk kesehatan.  Anda pasti sudah tahu bukan mengenai hal ini? Banyak para ahli gizi dan kesehatan yang menyatakan bahwa khasiat daun ubi jalar ini sangat membuat sehat tubuh dan bermanfaat untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai macam gangguan penyakit.

A. Mengenal Kandungan Gizi Daun Ubi Jalar

Tanaman ubi jalar atau yang dikenal dengan nama latin lpomoea Batatas adalah jenis tanaman umbi-umbian yang biasa banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Bahkan ada beberapa daerah yang menjadikannya sebagai makanan pokok.

Tidak hanya umbinya saja, ternyata daun ubi jalar juga mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Hal ini karena ada banyak kandungan zat baik yang ada di dalamnya, yaitu sebagai berikut ini.

Kalori

Dalam daun ubi jalar mengandung kalori sebesar 35 mg. Jumlah ini sangat cukup untuk memenuhi jumlah kalori untuk beraktivitas sehari-hari. Bagi yang sedang diet bisa menjadi daun ubi jalar sebagai kukudapan.

Lemak

Lemak hanya yang terdapat dari daun ubi jalar sekita 2,3 gram saja. Dengan rincian lemak jenuh 0,1 gr, lemak trans 0 gr, kolesterol 0 gr. Ini tidak terlalu banyak jumlanhnya.

Mengadung banyak vitamin

Daun ubi jalar mengandung banyak kandungan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan vitamin tersebut antara lain vitamin Atau, Vitamin B2, Vitamin B9 dan ada juga vitamin C. Semakin tinggi kandungan vitaminnya maka semakin tinggi pula kandungan antioksidannya.

Lutein dan Beta Karoten

Selain mengandung banyak kandungan vitamin, daun ubi jalar juga mengandung kandungan Lutein dan Beta karoten. Senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang siap menjaga  tubuh dari berbagai macam serangan penyakit akibat virus dan bakteri..

B. Manfaat Makan Daun Ubi Jalar

Pada dasarnya, daun ubi jalar memiliki banyak sekali manfaat yang tidak kalah dari bagian ubi jalarnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan daun ubi jalar yang bisa Anda rasakan bagi kesehatan:

Mengobati penyakit dem berdarah

Demam berdarah atau DBD merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus dengar yang mana ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Gejalanya adalah demam, mual, muntah dan disertai ruam pada bagian kulit.

Gangguan penyakit ini bisa menyebabkan penurunan trombosit darah. Untuk bisa sembuh maka kadar trombosit darah harus naik dan stabil. Salah satu cara buat meningkatkan trombosit darah adalah dengan mengonsumsi daun ubi jalar.

Di dalam daun ubi jarak mengandung vitamin dan asam folat yang akan berperan aktif dalam meningkatkan produksi sel darah merah. Selain itu, juga mengandung zat besi untuk meningkatkan produksi sel darah merah juga.

Bantu jaga kesehatan pencernaan

Daun ubi jalar mengandung banyak serat pangan alami kurang lebih 8% dari kebutuhan harian. Serat ini mempunyai fungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga bisa mencegah terjadinya konstipasi. Serat di dalam ubi jalar juga bisa mencegah terjadinya diabetes dikarenakan proses penyerapan membutuhkan waktu yang rumayan lama. Selain itu, juga bisa mengontrol kadar glukosa dalam darah.

Jaga kesehatan mata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daun ubi jalar mengandung vitamin A yang dapat mencegah terjadinya gangguan pada mata misalnya saja katarak, makula, xeroftalmia, dan sebagainya.

Selain vitamin A, kandung senyawa Beta Karoten dan Lutein juga berperan untuk menjadi kesehatan mata. Salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya kanker mata.

Ini merupakan salah satu manfaat makan daun ubi jalar yang masih sangat jarang sekali orang ketahui.

Tinggalkan imunitas

Imun menjadi salah satu hal yang vital di dalam tubuh. Jika sistem imunitas terjaga maka tubuh tidak akan mudah terkena gangguan penyakit. Ini adalah salah satu manfaat dari ubi jalar.

Daun ubi jalar mengadung Beta karoten yang mempunyai peran penting sebagai antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini karena Beta karoten merupakan sumber dari vitamin A. Ada juga zat yang bisa menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh..

Menjaga kesehatan saat kehamilan

Bukan hanya untuk kesehatan, manfaat makan daun ubi jalar jua bisa di rasakan oleh wanita hamil. Bagi para wanita hamil, sangat bagus untuk mengonsumsi daun ubi jalar. Hal ini karena ada kandungan asam folat di dalamnya. Asam folat ini berguna buat menjaga kesehatan janin dan mencegah bayi lahir cacat.

Selain itu, asam folat juga berperan dalam pembentukan sel darah merah pada ibu hamil. Jika ibu hamil kekurangan asam folat maka akan sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan janin. Janin akan kekurangan noksigen dan menyebabkan pertumbuhannya terhambat.

Jaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Daun ubi jalar mengandung zat kalium sebesar 15% dari kebutuhan manusia. Kalium ini memiliki peranan buat mencegah terjadinya aterosklerosis, stroke dan penyakit jantung.

Kalium akan membantu dalam penyerapan kalsium yang dilakukan oleh tulang. Kalsium tidak akan diserap dengan baik akan tetap berada pada pembuluh darah. Hal ini lama kelamaan bisa menyebabkan terjadinya plak

Jaga kesehatan kulit Anda

Kandungan vitamin A yang ada pada daun ubi jalar adalah 1028 IU. Vitamin A ini merupakan hasil dari pembentukan senyawa betakoreteib yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh.. selain itu, zat ini juga mempunyai peranan dalam menjaga kesehatan kulit agar cerah dan tidak mengalami kerusakan sel yang bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan kulit jadi kering, penipisan kulit dan penebalan folikel pada kulit.

Manfaat makan daun ubi jalar yang satu ini juga mungkin masih jarang sekali orang yang mengetahuinya.

Swlain itu, di dalam daun ubi jalar juga terdapat kandungan vitamin C yang berperan aktif sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga metabolisme kulit. Ada beberapa manfaat dari vitamin C pad daun ubi jalar ini yaitu : mencegah terjadinya kerusakan pada kulit dikarenakan radikal bebas, menghasilkan kolagen yang bisa mengencangkan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar UV secara langsung, mencegah terjadinya penuaan dini.

C. Cara Mengolah Daun Ubi Jalar

Untuk bisa mendapatkan manfaat makan daun ubi jalar yang baik untuk kesehatan, maka anda bisa mengolah daun ubi jalar menjadi beberapa sajian. Anda bisa memasak daun ubi jalar dengan cara berikut

Di rebus

Jika Anda suka konsumsi daun ubi jalar maka Anda bisa merebus daun ubi jalar. Anda bisa mengonsumsi dengan nasi putih atau dijadikan sebagai kudapan.

Tumis

Daun ubi jalar juga bisa olah dengan cara di tumis. Tumis daun ubi jalar dengan bumbu bumbu yang sudah disiapkan. Jangan lupa perbanyak bawang putih ya. Hal ini karena kandungan bawang putih dan daun ubi jalar bisa menambah khasiat yang bagus untuk kesehatan.

Dijadikan urap

Urap merupakan makanan yang berisi rebusan sayuran. Nah, Anda bisa menjadikan daun ubi jalar sebagai bahan sayur urap. Kombinasi daun ubi jalar dan sayuran urap lainnya akan semakin membuatnya menjadi lebih bergizi. Itu tadi beberapa manfaat makan daun ubi jalar bagi kesehatan. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat dan bisa Anda mulai praktekkan di rumah. Salam sehat.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *