Rasakan 9 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Tubuh Sehat dan Bugar

sumbersehat.com – Manfaat makan bawang putih mentah? Duh … Siapa juga yang mau konsumsi bawang putih mentah. Rasanya pedas, mana baunya bikin enek orang-orang sekitar. Tetapi jangan salah lho ternyata banyak manfaatnya. Gak percaya? Memang banyak yang belum tahu mengenai khasiat makan bawang putih mentah ini.

Bawang putih dikenal sebagai bumbu masak dengan rasa dan aroma yang kuat. Manfaat makan bawang putih mentah untuk kesehatan itu didapat karena kandungan gizi dan nutrisinya. Ada antioksidan tinggi dan zat-at lainnya yang membuatnya sangat berkhasiat. Nah, bagi anda yang belum tahu manfaat bawang putih mentah, bisa simak penjelasan di bawah ini!

Manfaat makan bawang putih mentah
Manfaat makan bawang putih mentah

Kandungan Bawang Putih

Dalam bawang putih itu terkandung dalam setiap 100 gram bawang putih adalah berbagai antioksidan yaitu asam amino, oligosakarida, dan flavonoid. Kandungan bawang putih lainnya adalah 5,4 mg kalsium, 1 gram karbohidrat, 4 kalori, dan 0,1 gram serat. 0,2 gram protein, 0,1 mg mangan, 0,9 vitamin C, dan 0,4 mg selenium.

Dalam satu bawang putih juga terdapat kandungan aliil. propyl disulfide, dan dialil sulfida, serta alliin. Jadi saat bawang putih dikunyah mentah-mentah dalam mulut, maka allicin akan terbentuk dari reaksi yang ditimbulkan oleh zat-zat sulfur.

Inilah Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Bawang putih mentah secara signifikan telah menunjukan khasiatnya yang banyak dan ampuh. Di bawah ini adalah beberapa khasiat makan bawang putih mentah:

1. Menyehatkan jantung

Manfaat makan bawang putih mentah salah satunya adalah menjaga dan mencegah penyakit jantung. Hal ini dapat terjadi karena kandungan dalam bawang putih dapat mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah terbentuknya gumpalan baru di arteri. Dengan demikian, akan berpengaruh juga pada kesehatan jantung.

Kesehatan jantung sangat tergantung dari lancarnya asupan oksigen dan darah di dalam arteri. Tersumbatnya arteri otomatis akan menghambat perjalanan oksigen dan darh ke jantung. Efeknya akan memicu stroke dan yang lebih parah adalah serangan jantung.

2. Menjaga kesehatan otak

Bukan hanya kesehatan fisik yang lebih prima namun kandungan Fru Arg dalam bawang putih ternyata dapat melindungi otak. Perlindungan tersebut merupakan perlindungan terhadap penyakit serta efek penuaan. Rupanya Fru Arg diketahui bisa mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia yang ada dalam otak. Sel mikroglia semakin lama akan semakin kuat melawan peradangan dengan memproduksi oksida nitrat.

3. Mengobati jerawat

Memang bila menggunakan bahan herbal harus lebih sabar dibandingkan menggunakan bahan kimia. Bahan kimia biasanya lebih cepat menyembuhkan namun terkadang menimbulkan efek yang kurang baik bagi kesehatan. Sedangkan bahan alami meskipun efeknya akan berjalan perlahan, namun cenderung tidak memiliki efek samping yang membahayakan.

Bila ada, biasanya dapat ditolerir dengan baik oleh tubuh. Begitu juga dengan bila selama ini telah mencoba berbagai obat herbal untuk mengatasi jerawat yang membandel. Kini anda bisa mencoba manfaat makan bawang putih mentah sebagai obat.

4. Mengurangi kerontokan rambut

Wah kalau yang ini sih bukan hanya wanita yang akan gembira mengetahui manfaat yang satu ini. Kaum pria pun banyak yang stress karena mengalami kerontokan rambut pada usia muda. Ujung-ujungnya tentu kebotakan akan menghiasi kepala mereka. Ya tidak selalu botak itu keren seperti profesor. Yang ada malah rasa minder karena menjadi bahan olok-olok rekan kerja. Apalagi wanita, kondisi rambut panjang tentu saja akan sangat merpotkan bila erjadi kerontokan.

Mahkota wanita hilang dan rasanya kurang bila wanita hanya berambut pendek. Manfaat makan bawang putih mentah besar sekali mendorong pertumbuhan rambut secara nyata di kulit kepala. Kebotakan salah satunya dapat disebabkan oleh penyakit autoimun dan ini bisa diatasi dengan konsumsi bawang putih mentah. ingat tak perlu dimasak terlebih dahulu ya.

5. Mencegah pengeroposan tulang

Usia masih muda dan saat naik turun tangga merasakan seperti nyeri pada lutut? Atau anda mendengar suara kretek kretek pada lutut saat aktivitas naik turun tangga, maka berhati-hatilah. itu merupakan salah satu gejala keropos tulang. Bila tak segera ditangani, dikhawatirkan akan semakin parah. Kesehatan tulang sangat dipengaruhi oleh kecukupan asupan kalsium dan vitamin D. vitamin D bisa didapatkan dari luar yaitu dari terpaparnya tubuh oleh sinar mentari.

Selain itu flavonoid termasuk juga dalam nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang. Penelitian telah dilakukan atas hewan tikus di laboratorium dan hasilnya menyatakan bahwa Manfaat makan bawang putih mentah adalah nyata. Ya ternyata setelah operasi pengangkatan indung telur (oophorectomy), tikus tidak mengalami pengeroposan tulang.

6. Menghindari resiko kanker

Dengan memakan bawang putih tanpa dimasak, maka tubuh akan mendapatkan asupan sulfur yang aktif. Kandungan ini rupanya dapat mencegah terbentuknya sel kanker serta penyebaranya dapat dihambat sedemikian rupa.

Manfaat makan bawang putih mentah secara rutin, dapat menurunkan resiko terserang beberapa jenis kanker sekaligus. Di antaranya adalah kanker usus besar,kanker usus kecil, kanker lambung. Selain itu kanker kerongkongan, pankreas, payudara, serta kanker prostat dapat dicegah juga.

7. Mengendalikan tekanan darah

Dengan terkendalinya tekanan darah, maka kemungkinan atau resiko yang lebih berat akan dapat dihindari. Biasanya bila tekanan darah tak terkendali maka efek terburuknya adalah serangan jantung akan menyerang. Cara penggunaannya adalah dengan mengunyah mentah bawang putih. Kandungan polisulfida yang akan bekerja memperlebar pembuluh darah. Manfaat makan bawang putih mentah cukup baik karena akan menurunkan tekanan darah.

8. Menurunkan kolesterol

Manfaat makan bawang putih mentah bagi penurunan kadar kolesterol telah dibuktikan oleh penelitian. Sebuah penelitian di india telah mencatat hasil penurunan kolesterol sebanyak 10-13% setelah responden diminta makan bawang putih mentah.

Yang menyebabkan penurunan tersebut adalah kadar allicin yang diproduksi oleh bawang putih ketika dimakan mentah. Ya zat ini memang hanya kan terbentuk dan keluar bila diolah dengan cara diulek, ditumbuk, atau dihancurkan dalam mulut atau dikunyah. Ya rasanya memang luar biasa ya tapi manfaatnya itu lho. Luar biasa.

9. Melawan pilek, batuk, dan peradangan

Daya tahan tubuh bagaimanapun harus ditingkatkan. Dengan kondisi daya tahan tubuh yang tinggi, maka penyakit-penyakit tidak akan mudah menyerang. Ah senyawa aktif allicin yang ada pada manfaat makan bawang putih mentah terbukti cukup ampun dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh.

Keparahan gejala ketika menderita sakit batuk, pilek, akan dapat dikurangi dengan segera. Bila pun terkena, maka disebabkan oleh manfaat makan bawang putih mentah, efeknya tidak akan parah bandingkan apabila tidak mengkonsumsi bawang putih mentah. Hal ini telah dibuktikan dengan berbagai hasil penelitian.

Laporan yang diterima bahwa bawang putih mentah yang dikonsumsi secara rutin, memang benar-benar dapat mengurangi resiko sakit dan atau tertular. Apalagi di indonesia, negeri tropis ini memang sangat banyak penderita batuk pilek. Ya iklimnya memang membuat penyakit flu sering bolak-balik menyerang.

Setelah mengetahui manfaat makan bawang putih mentah, mungkin kini bawang putih bukan hanya menjadi pelengkap rasa masakan saja. Namun akan memanfaatkannya untuk kesehatan. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi Anda, keluarga, dan kenalan lainnya. Salam sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *