12 Manfaat Mahkota Dewa, Membantu Mengatasi Pusing Hingga Kanker

Sumbersehat.com – Manfaat mahkota dewa telah diketahui sejak lama oleh masyarakat Indonesia sebagai pengobatan tradisional. Tanaman yang berasal dari papua ini memiliki nama latin Phaleria macrocarpa sedangkan buahnya terkenal dengan sebutan simalakama. Disebut simalakama karena meskipun menjadi obat untuk berbagai penyakit, mahkota dewa juga bisa menjadi racun jika anda mengonsumsi bijinya.

Buah Mahkota dewa atau simalakama ini berbentuk bulat dan berwarna merah merona saat matang. Tidak seperti buah pada umumnya, buah mahkota dewa ini tidak bisa dimakan langsung. Anda harus melakukan beberapa cara mengolahnya seperti merebusnya atau menjadikannya teh. Khasiat mahkota dewa tidak hanya dari buahnya saja, batang dan daunnya juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting.

manfaat mahkota dewa

Inilah Manfaat Mahkota Dewa untuk Kesehatan

Tahukan anda mahkota dewa memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Berikut 12 manfaat mahkota dewa yang perlu anda tahu, meliputi:

1. Khasiat Mahkota Dewa untuk Mengatasi Diabetes

Manfaat mahkota dewa yang paling terkenal adalah dapat mengatasi penyakit diabetes. Di dalam mahkota dewa terdapat zat aktif berupa saponin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat herbal ini efektif mengontrol kadar gula darah sehingga dibutuhkan bagi penderita diabetes.

Cara mengolah mahkota dewa dengan baik dan benar yaitu dengan cara merebusnya. Cuci buah mahkota dewa kemudian potong. Jangan lupa untuk membuang bijinya. Karena biji mahkota jika dikonsumsi akan berbahaya dan menimbulkan gejala seperti mual, gatal-gatal, hingga mabuk.

Setelah itu, potong buah mahkota dewa menjadi lebih tipis-tipis. Kemudian jemur hingga kering. Rebus buah mahkota kering tersebut hingga mendidih lalu saring. Anda hanya perlu meminum air rebusannya saja. Konsumsi ramuan tersebut setiap hari supaya hasil  optimal.

2. Manfaat Mahkota Dewa untuk Meredakan Sakit Kepala

khasiat mahkota dewa selanjutnya adalah meredakan sakit kepala. Kandungan bioaktif dalam ekstrak mahkota dewa bisa bertindak sebagai senyawa analgesik atau pereda nyeri. Selain pereda sakit kepala, Analgesik pada mahkota dewa juga dapat meringankan rasa nyeri pada bagian tubuh lain.

3. Khasiat Mahkota Dewa untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh merupakan proses kimia yang terjadi dalam tubuh untuk mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Energi dibutuhkan tubuh agar sel dan jaringan dalam tubuh  tetap sehat dan fungsinya  berjalan dengan baik.

Maka dari itu, Setiap orang pasti membutuhkan antioksidan untuk meningkatkan metabolisme tubuhnya. Mahkota dewa memiliki kandungan berupa flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Anda dapat menambahkan madu ke dalam ramuan mahkota dewa supaya pahitnya agak berkurang.

4. Manfaat Mahkota Dewa untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh.

Selain meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan sistem imun tubuh juga termasuk manfaat mahkota dewa. Imunitas yaitu pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari faktor biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Gangguan sistem imun salah satunya yaitu berupa penyakit inflamasi.

Mahkota dewa mengandung zat aktif berupa flavonoid yang mengandung anti inflamasi atau anti radang.  Jika anda mau mengonsumsi mahkota dewa dengan cara yang telah dijelaskan tadi. Maka, zat aktif tersebut akan bekerja untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh anda.

5. Khasiat Mahkota Dewa Sebagai Antibakteri

Manfaat mahkota dewa selanjutnya adalah sebagai antibakteri. Antibakteri merupakan zat yang mampu mengganggu pertumbuhan bakteri bahkan mematikannya.  Seperti yang kita tahu, berbagai penyakit muncul disebabkan oleh tubuh yang terserang bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Mahkota dewa diketahui  mengandung senyawa saponin dan alkaloid. Senyawa tersebut akan membantu anda terhindar dari berbagai penyakit yang berasal dari bakteri.

6. Manfaat Mahkota Dewa untuk Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas semakin meningkat sebanding dengan meningkatnya Polusi, asap rokok, dan udara yang tercemar limbah pabrik. Sulit untuk menghindari hal tersebut. Namun, kita masih bisa melakukan pencegahan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas tersebut. Kandungan flavonoid dalam mahkota dewa yang berfungsi sebagai antioksidan efektif bekerja menangkal radikal bebas.

7. Khasiat Mahkota Dewa untuk Meningkatkan Vitalitas

Manfaat mahkota dewa juga dipercaya dapat meningkatkan vitalitas, terutama pada pria. Untuk meningkatkan vitalitas, maka tubuh membutuhkan senyawa saponin dan alkaloid. Senyawa saponin dan alkaloid banyak ditemukan pada obat herbal yang digunakan sebagai afrodisiak atau pembangit gairah. Sedangkan mahkota dewa sendiri memiliki kedua senyawa tersebut.

8. Manfaat Mahkota Dewa untuk Detoks Racun

Dari dulu yang namanya racun pasti berbahaya. Apalagi jika racun tersebut masuk ke dalam tubuh, pasti akan menyebabkan masalah bagi kesehatan tubuh. salah satu contohnya adalah racun yang terdapat pada sistem pencernaan yang menyebabkan diare.

Rasa pahit dan getir dari buah mahkota dewa berasal dari alkaloid. Alkaloid adalah jenis senyawa basa yang bernitrogen dalam tumbuhan. Sifat alkaloid yaitu  dapat mendetoksifikasi atau menetralisir racun dalam tubuh. Hal inilah yang menjadikan  manfaat mahkota dewa sebagai obat herbal untuk detoksifikasi tubuh.

9. Khasiat Mahkota Dewa untuk Menurunkan Resiko Kanker dan Tumor

Manfaat mahkota dewa yang dapat menangkal radikal bebas, menjadikan buah ini mampu menurunkan resiko dari penyakit berbahaya seperti kanker dan tumor. Terutama kanker tulang. Khasiat mahkota dewa untuk kanker tulang terdapat pada batangnya.

Cara mengolah mahkota dewa untuk kanker tulang yaitu dengan mengolah batangnya menjadi teh. Anda hanya perlu mengambil kulit dari batang mahkota dewa. Bersihkan dengan air mengalir kemudian keringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu, rebus batang kering atau bisa langsung diseduh seperti membuat teh.

10. Manfaat Mahkota Dewa untuk Membantu Mengobati Stroke

Daun dewa diketahui memiliki zat antihipertensi dan kardioprotektif yang dapat menjaga kesehatan jantung.  Hal inilah yang menjadikan manfaat daun dewa efektif untuk menurunkan resiko penyakit jantung termasuk stroke.

Perlu dipahami, stroke merupakan penyakit berbahaya yang dapat mengancam nyawa. Saat hal itu terjadi, jangan meminum jamu daun dewa dengan harapan manfaat daun dewa dapat menghilangkan stroke tersebut. Segeralah ke dokter untuk berobat. Jamu herbal hanya sebagai pendukung obat kimia yang diresepkan dokter.

11. Khasiat Mahkota Dewa untuk Mengatasi Masalah pada Kulit

Saat ini, matahari semakin terik dan polusi yang semakin banyak menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Oleh karena itu, kulit membutuhkan nutrisi untuk tetap sehat. Sedangkan teh buah mahkota dapat menutrisi kulit dari dalam. Jika ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat, jadikanlah masker mahkota dewa sebagai step skin care anda.

Cara mengolah mahkota dewa sebagai masker untuk kulit yaitu dengan menumbuh atau memblender daun mahkota dewa hingga benar-benar halus.  Kemudian balurkan masker daun mahkota dewa ke kulit anda. Masker kulit daun mahkota juga ampuh mengobati eksim dan jamur.

12. Manfaat Mahkota Dewa untuk Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Mahkota dewa yang mengandung antioksidan juga dipercaya bisa menurunkan resiko kardiovaskuler. Kardiovaskuler merupakan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti jantung koroner, stroke, dan penyakit lainnya. Obat herbal yang satu ini mampu melancarkan peredaran darah dan mengatasi berbagai kondisi yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Demikian 12 manfaat mahkota dewa untuk kesehatan. Yang perlu diingat, jamu herbal bukanlah obat utama untuk penyembuhan penyakit. Jamu herbal digunakan untuk menjaga kesehatan, mengurangi resiko penyakit dan pemulihan dari penyakit. Jadi, konsumsilah jamu herbal sebagai alternatif pelengkap dari obat kimia yang diresepkan dokter.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *