6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wanita dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

sumbersehat.comManfaat lidah buaya untuk wanita tidak main-main. Wanita secara alaminya memang ingin selalu tampil cantik dan mulus. Tidak hanya di depan suami bagi yang sudah menikah. Kecantikan alami yang selalu dikejar dan diusahakan oleh wanita dengan biaya yang mahal, bisa didapatkan dari pekarangan rumah sendiri. Lho kok bisa?

Ya dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat bertumbuhnya pohon lidah buaya, maka para wanita akan dapat memperoleh manfaatnya. Memang apa saja sih khasiat lidah buaya untuk kecantikan wanita? Apa benar sedahsyat itu dan kandungan apa yang terdapat dalam tanaman lidah buaya sehingga berperan dalam kecantikan kaum hawa?

Klasifikasi Ilmiah Lidah Buaya

Sebelum masuk ke manfaat lidah buaya untuk wanita maka ketahui terlebih dahulu informasi tentang lidah buaya. Lidah buaya tergolong ke dalam divisi Tracheophyta, upa divisi Spermatophyta, kelas Angiospermae dan monocots. Sedangkan ordonya adalah Asparagales, famili Xanthorrhoeaceae, dengan upafamili Asphodeloideae. Genusnya adalah Aloe dan spesies termasuk ke dalam Aloe Vera.

Ciri Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya berciri khas daunnya berdaging tebal berwarna hijau atau hijau keabuan. Pinggir daunnya bergerigi. Ciri lainnya dari lidah buaya  adalah tanpa batang atau kalaupun ada maka memiliki batang yang pendek. Tingginya hanya sekitar 60 sampai 100 cm. Lidah buaya berkembang biak dengan tunas.  Bunga-bunganya muncul pada musim panas.

Posisi setiap bunga menggantung dengan mahkota berbentuk tabung yang panjangnya sekitar 2 sampai 3 cm. Aloe Vera ini membentuk kumpulan simbiosis bersama jamur, sehingga ketersediaan mineral yang berasal dari tanah meningkat. Manfaat lidah buaya untuk wanita memiliki kandungan senyawa-senyawa fitokimia, sampai sekarang masih diteliti bioaktivitasnya.

Sebaran Tanaman Lidah Buaya

Seperti tanaman lainnya yang bertipe sama dengan lidah buaya seperti kaktus, lidah buaya juga berasal dari Jazirah Arab. Namun persebaran lidah buaya sudah ke berbagai belahan dunia. Tanaman ini juga telah mengalami naturalisasi sesuai dengan iklim daerah yang ditumbuhinya. Seperti di negara sekitar Arab, yaitu Spanyol, Afrika Utara, Sudan, dan lainnya. 

Inilah Khasiat Lidah Buaya untuk Wanita dan Kecantikan

Adapun manfaat lidah buaya untuk wanita dan kecantikan adalah:

1. Manfaat Lidah Buaya untuk Wanita dalam Menjaga Kelembaban dan Kelembutan Rambut

Di Indonesia khasiat lidah buaya untuk wanita yang paling terkenal adalah untuk keindahan rambut. Kandungan lidah buaya adalah berbagai vitamin seperti  A, B-12, C, E, juga terdapat folat di dalamnya. Tidak salah lagi kandungan tersebut yang membuat tampilan rambut menjadi berkilau. Juga berfungsi sebagai pencegah kerontokan rambut. 

Cara penggunaan lidah buaya dengan mengupas kulit daunnya dan mengambil lendir pada dagingnya untuk dioleskan pada rambut. Usahakan agar mengoleskannya secara merata dari akar rambut hingga ujungnya. Diamkan beberapa saat, sebaiknya sampai satu jam. Lanjutkan dengan membilas rambut sampai bersih. Rasakan manfaatnya rambut lembut cantik berkilau.

2. Khasiat Lidah Buaya untuk Meredakan Nyeri dan Mengobati Luka Bakar

Kulit wanita rawan terkena panas atau api karena wanita sering berada di dapur untuk menghidangkan masakan bagi keluarga. Manfaat lidah buaya untuk wanita juga dapat menghilangkan rasa nyeri karena terbakar sekaligus mengembalikan kondisi kulit akibat luka bakar. Aloe vera memiliki kandungan pelembab alami serta antioksidan.

Kandungan dalam lidah buaya tersebut dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat terkena api. Tingkat luka yang dapat disembuhkan oleh lidah buaya adalah derajat pertama dan kedua. Menurut penelitian kesembuhan luka dapat terjadi lebih cepat sampai sembilan hari. Ternyata kemampuan lidah buaya dalam mengembalikan kolagen memang lebih cepat.

Khasiat lidah buaya untuk wanita terkait kulit adalah dalam rangka proses percepatan kesembuhan luka. Selain itu dapat mengatasi gigitan serangga serta luka terbuka. Lidah buaya terserap lebih cepat ke dalam kulit lapisan luar. Bahkan sampai empat kali lebih cepat dari pada air. Ini menyebabkan lidah buaya sangat baik untuk memperbaiki sel kulit yang rusak.

3. Manfaat Lidah Buaya untuk Wanita dalam Membuat Kulit Lebih Lembut

Kulit lembut dambaan setiap wanita. Tidak sulit sebenarnya mendapatkan kulit lembut. Dengan efek melembutkan yang terdapat dalam lidah buaya, amat membantu wanita dalam menjaga agar kulitnya tetap cantik. Proses perbaikan kulit pecah-pecah dengan lidah buaya diantaranya adalah perbaikan kulit yang kasar dan pecah-pecah. 

4. Khasiat Lidah Buaya untuk Wanita dalam Menjaga Kulit Lebih Cerah

Kulit cerah sangat diidamkan kaum hawa. Manfaat lidah buaya untuk wanita bagi kulit cerah serta memberikan efek awet muda dan segar pada wajah. Wanita mana yang tidak mau. Berbagai masalah kulit seperti bintik-bintik karena terpapar sinar matahari atau disebabkan oleh faktor lainnya seperti stres, masalah genetik, dapat dikembalikan ke kondisi normal. 

5. Manfaat Lidah Buaya untuk Wanita dalam Permasalahan Kulit pada Wanita Hamil

Khasiat lidah buaya pada wanita hamil  dengan permasalahan kulitnya yang rawan rusak karena perubahan hormon. Gel lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalah kulit pada wanita hamil seperti bintik-bintik hitam, kasar, terkelupas. Tidak perlu khawatir karena lidah buaya dengan khasiatnya bisa membantu mengatasi hal-hal tersebut.

6. Khasiat Lidah Buaya untuk Wanita dalam Mengatasi Masalah Stretch Mark

Setelah hamil biasanya wanita akan dihantui oleh permasalahan stretch mark. Yaitu perubahan warna kulit disebabkan oleh perubahan elastisitas kulit saat hamil. Kulit yang melar saat hamil ketika melahirkan akan menyebabkan bekas hitam-hitam yang memanjang dan sangat tak sedap dipandang. Khasiat lidah buaya untuk wanita setelah melahirkan dapat diatasi lho.

Ya masalah percaya diri sangat sering terjadi pada wanita sehabis melahirkan. Pengurangan stretch mark yang signifikan bisa didapatkan bila saat hamil wanita rajin mengolesi kulit perutnya dengan gel lidah buaya. Jadi tidak perlu bingung bila terdapat stretch mark, langsung saja atasi stretch mark dengan lidah buaya. Dapat juga dilakukan setelah melahirkan. 

Budidaya Lidah Buaya

Setelah mengetahui aneka manfaat lidah buaya untuk wanita, mungkin saat ini anda tertarik membudidayakan lidah buaya di pekarangan rumah. Lidah buaya adalah tanaman yang cepat berkeembang biak.Tunas-tunas kecil dapat segera tumbuh di sekitar tanah induk lidah buaya. Tunas-tunas tersebut bisa dipindah ke pot lain dan segera berkembang lagi di pot barunya.

Lidah buaya dapat terkena luka bakar bila terkena suhu yang terlalu panas. Meskipun ia berasal dari jazirah Arab, setelah mengalami naturalisasi banyak penyesuaian terjadi. Tanah kering dan berpasir serta sinar matahari yang cukup, diperlukan oleh lidah buaya. Bila tanah terlalu lembab akan membuat tanaman berkerut. 

Masih banyak lagi sebenarnya manfaat lidah buaya untuk wanita. Diantaranya adalah untuk produk-produk komersial kesehatan dan sebagai suplemen makanan. Selain itu aloe vera juga sangat baik dan enak bila digunakan sebagai bahan minuman segar. Jusnya cocok sekali diminum ketika bermasalah dengan sistem pencernaan. 

Nah setelah mengetahui berbagai khasiat lidah buaya untuk kecantikan wanita  ada baiknya mulai mencoba untuk menanamnya. Atau bila mengalami masalah kulit silahkan mencoba memanfaatkan lidah buaya untuk kecantikan. Dijamin akan tercengang setelah mengetahui dan merasakan sendiri manfaat tanaman lidah buaya.

Manfaat lidah buaya untuk wanita ternyata cukup banyak ya. Jadi sekarang sudah tahu kan jika ingin cantik tak perlu mahal. Dengan tanaman yang mudah tumbuh di pekarangan sendiri, anda dapat berbahagia karena mendapat manfaat yang luar biasa. Yuk mulai sekarang rawat kecantikan alami dengan bahan-bahan alami yang berkhasiat dan aman bagi kulit wanita.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *