8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Dapatkan Kulit Cantik Alami!

sumbersehat.com – Manfaat lidah buaya untuk kecantikan semakin santer diperbincangkan oleh banyak orang. Berbeda dengan metode zaman dahulu yang hanya diaplikasikan begitu saja pada bagian tubuh. Kini banyak sekali produsen skincare berlomba – lomba mengolah tanaman yang memiliki nama latin Aloe vera ini menjadi berbagai macam produk. Tak main – main, peminat dari produk olahan tersebut bahkan tak terhitung di seluruh dunia.

Pada era sebelumnya, lidah buaya mungkin lebih terkenal memiliki khasiat terkait kesehatan rambut. Pemanfaatan lidah buaya untuk rambut tak lepas dari kebiasaan para tetua tempo dulu. Hingga akhirnya sekarang banyak diolah juga menjadi produk sampo supaya lebih mudah dalam penggunaannya. Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang manfaat lidah buaya untuk kecantikan, simak ulasan berikut, ya!

manfaat lidah buaya untuk kecantikan
manfaat lidah buaya untuk kecantikan

8 Khasiat Lidah Buaya untuk Kecantikan Wajah

Sebenarnya apa saja sih manfaat lidah buaya untuk kecantikan? Di bawah ini beberapa khasiat yang dimiliki oleh tanaman hijau berdaging dan berlendir hanya untuk Anda.

1. Khasiat Lidah Buaya untuk Kecantikan dalam Mengatasi Kulit Kering

Daerah asal Aloe vera yang notabene beriklim gurun, menjadikannya mampu bertahan hidup pada lingkungan minim air atau bercurah hujan rendah. Hal ini memungkinkan lidah buaya untuk menyimpan cadangan air pada bagian daunnya. Itulah mengapa bentuk daun tanaman ini menebal dan mengandung banyak air serta lendir.

Kandungan yang ada dalam Aloe vera menjadikannya mampu mengatasi kulit kering. Anda hanya perlu memilih produk pelembab yang berbahan dasar lidah buaya, kemudian gunakan secara rutin sesuai anjuran pemakaian. Pilihan merek produk dapat disesuaikan dengan selera Anda. Harap berhati – hati dalam hal ini, jangan tergiur dengan harga murah, ya. Gunakan otak intel Anda untuk melakukan riset.

2. Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan sebagai Penghilang Jerawat

Kita tentu tahu bahwa segala hal membutuhkan proses, bukan? Apalagi hal – hal yang berhubungan dengan pengobatan. Topik tentang manfaat lidah buaya untuk wajah berjerawat juga banyak dibahas dan dipercaya akan kebenarannya. Pasalnya, tak sedikit wanita yang berjuang dengan keluhan kulit yang satu ini. Bukan hanya wanita, kaum pria juga tak segan mencari tahu bahan terbaik untuk mengatasi jerawat.

Berbagai tipe jerawat yang banyak menghinggapi kaum muda – mudi dapat diatasi dengan lidah buaya. Kandungan dasar lidah buaya dikombinasikan dengan bahan kimia dipercaya mampu mengobati jerawat. Jenis produk yang dapat Anda temui dengan mudah adalah krim atau masker. Gunakanlah dengan rutin dan perhatikan anjuran pakai untuk hasil terbaik.

3. Khasiat Lidah Buaya untuk Kecantikan sebagai Penyamar Bekas Jerawat

Selain mengatasi keluhan jerawat, manfaat lidah buaya untuk kecantikan adalah memudarkan bekas jerawat. Sama halnya dengan penanganan jerawat ataupun penyakit lain, proses recovery kulit dari bekas jerawat juga membutuhkan waktu. Aloe vera gel yang dikemas dalam berbagai merek dipercaya mampu memudarkan bekas jerawat jika digunakan dengan rutin dan penuh kesabaran.

4. Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan sebagai Pemulih Luka Bakar

Efek soothing dalam lidah buaya sangat berperan dalam meredakan rasa sakit akibat luka, umumnya adalah luka bakar. Luka yang sebaiknya diberi sentuhan kesegaran Aloe vera adalah yang sudah layu, atau setelah dibiarkan beberapa saat. Mengapa demikian? Karena luka merupakan kondisi dimana terjadi kerusakan jaringan kulit, sehingga perlu penanganan khusus untuk mencegah adanya kemungkinan terburuk.

Peran Aloe vera dalam penyembuhan luka adalah kekayaan kandungan di dalamnya yang mampu mempercepat pembelahan sel. Sel – sel yang dimaksud adalah sel yang menghasilkan zat keratin pada kulit. Anda dapat pula menggunakan produk berbentuk gel berbahan dasar lidah buaya yang sudah dipastikan aman secara dermatologi.

5. Khasiat Lidah Buaya untuk Kecantikan sebagai Bahan Face Cleanser Alami

Bentuk zat paling praktis dalam membersihkan wajah adalah pasta atau gel, betul? Nah, lidah buaya ternyata memenuhi kualifikasi sebagai bahan dasar pembuatan face cleanser. Tekstur lembut dan warna transparan yang relatif netral menjadikan lidah buaya sangat cocok dimanfaatkan sebagai pembersih wajah.

Selain kelebihan dari sisi look, manfaat lidah buaya untuk kecantikan sebagai face cleanser ditunjang oleh kandungan flavonoid, saponin, tanin dan polifenol. Bahan – bahan tersebut bersifat antiseptik dan memiliki kemampuan membersihkan. Maka dari itu, cocok sekali bagi Anda yang memiliki kulit sensitif untuk menggunakan face cleanser berbahan dasar Aloe vera.

6. Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan sebagai Penghalus Kulit Wajah

Sebenarnya tak hanya bekerja pada kulit wajah, namun kali ini kita fokuskan bahasan manfaat lidah buaya untuk kecantikan untuk wajah saja, ya. Banyak dari kita menginginkan kulit wajah yang halus, bukan? Terutama bagi Anda yang gemar memadukan berbagai jenis make up dan melukis keindahan pada wajah. Kondisi kulit yang halus akan memudahkan Anda dalam mengeksplorasi setiap sudut wajah.

Salah satu metode yang banyak diminati kaum hawa dan relatif mudah dilakukan adalah pemanfaatan Aloe vera sebagai masker. Bentuk produk yang paling umum digunakan untuk masker adalah gel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya mampu membantu proses regenerasi sel serta menstimulasi pembentukan jaringan epidermis kulit.

7. Khasiat Lidah Buaya untuk Kecantikan sebagai Pencerah Kulit Wajah

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan lainnya adalah mampu memberikan kecerahan yang nyata pada kulit. Hal ini didasari oleh hasil penelitian yang menyebutkan bahwa penggunaan masker gel lidah buaya mampu mencerahkan wajah. Kandungan vitamin E, vitamin C dan lignin pada tanaman ajaib ini berperan dalam melembabkan dan mencerahkan kulit.

Namun demikian, berdasarkan hasil penelitian yang sama, disebutkan bahwa efek mencerahkan dari lidah buaya tidak sebanding dengan kemampuannya dalam melembabkan kulit. Maka dari itu, beberapa produsen mungkin juga menambahkan bahan alami atau kimia lainnya yang dapat membantu kinerja lidah buaya. Tidak apa, manfaat lidah buaya untuk kecantikan belum usai sampai di sini.

8. Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan dalam Mencegah Penuaan Dini

Adakah dari Anda yang tak ingin terlihat awet muda? Tentu agak mustahil jika jawabannya ‘ada’. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan pada poin terakhir kali ini mungkin menjadi highlight yang paling membuat mata Anda berbinar. Pasalnya, banyak sekali orang ‘mampu’ yang rela menginvestasikan sebagian asetnya untuk perawatan kecantikan demi terlihat awet muda.

Bagi Anda yang belum merasa ada masalah kompleks pada wajah, hendaknya lakukan langkah pencegahan. Salah satunya adalah dengan menggunakan lidah buaya ataupun produk yang berbahan dasar tanaman hijau ini. Penuaan dini sering terjadi karena keadaan kulit yang kering, sehingga memicu terbentuknya kerutan pada wajah. Nah, Aloe vera disini berperan melembabkan kulit agar jauh dari kekeringan.

Anda dapat menggunakan gel atau produk berbahan Aloe vera secara rutin untuk memperoleh manfaat lidah buaya untuk kecantikan. Sebaiknya imbangi juga dengan aktivitas fisik yang membantu Anda berkeringat. Anda dapat melakukan workout sendiri di rumah atau boleh juga mencari kegiatan olahraga kelompok yang saling mendukung satu sama lain.

Bagaimana dengan efek samping lidah buaya untuk wajah? Well, silakan hentikan pemakaian jika terjadi iritasi atau hal – hal lain yang tak diinginkan ketika Anda menggunakan Aloe vera. Cobalah untuk lebih mengenal diri sendiri sebelum menentukan cocok atau tidaknya sesuatu dalam hidup Anda. Semoga bermanfaat, ya!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *