13 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat lengkuas untuk kesehatan sangat beragam dan dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Dalam lengkuas terdapat banyak kandungan gizi yang memberikan efek baik untuk kesehatan. Seperti yang kita tahu, lengkuas sering digunakan sebagai komponen penting dalam bumbu masakan.

Rempah yang satu ini memberikan citarasa tersendiri pada makanan. Rasa dan aromanya yang khas membuat orang mudah mengenali jenis rempah yang satu ini. Kali ini akan membahas mengenai manfaat lengkuas bagi kesehatan. Simak ulasan di bawah ini untuk mendapatkan informasinya!

manfaat lengkuas
manfaat lengkuas

Inilah Khasiat Lengkuas untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan yang bisa Anda andalkan untuk meningkatkan kesehatan maupun obat herbal, diantaranya:

1. Khasiat Lengkuas Untuk Kesuburan Pria

Manfaat lengkuas yang pertama adalah dapat dijadikan sebagai obat untuk meningkatkan kesuburan pria. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Iranian Journal of Reproductive Medicine mengatakan bahwa akar lengkuas dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Akar lengkuas dapat memberikan peningkatan kemampuan bergerak dan jumlah sperma. Selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan sperma. Dengan mengonsumsi lengkuas, maka sperma dapat meningkat 3 kali lipat.

2. Manfaat Lengkuas Untuk Mengobati Asma

Khasiat lengkuas yang selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai obat penyakit asma. Kabarnya, lengkuas dapat melebarkan bronkiolus sehingga ampuh untuk mengurangi penyakit asma. Selain itu, lengkuas juga mempunyai sifat antiinflamasi.

3. Khasiat Lengkuas Untuk Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker dan tumor adalah jenis penyakit yang sangat berbahaya. Tetapi, kandungan lengkuas mampu untuk mencegah kedua penyakit mematikan tersebut. Karena lengkuas mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang mampu menurunkan kerusakan DNA karena radikal bebas. Penelitian yang dilakukan di Inggris sudah membuktikan bahwa manfaat lengkuas dapat melawan kanker. Penelitian ini sudah dibuktikan dalam menangani penyakit kanker payudara dan paru-paru.

4. Manfaat Lengkuas Untuk Menurunkan Kolesterol

Kandungan lengkuas ternyata mampu untuk menurunkan kadar kolesterol. Penelitian di China mengatakan bahwa ekstrak lengkuas dapat melawan sintase asam lemak yang dibantu dengan flavonoid seperti kaempferol dan quercetin. Di Korea, para peneliti sudah membuktikan bahwa ekstrak lengkuas mampu mengurangi kolesterol dan trigliserida.

5. Khasiat Lengkuas Untuk Mengobati Demam

Lengkuas ternyata dapat digunakan sebagai obat penurun demam. Lengkuas yang dicampurkan dengan nila lembu dapat digunakan sebagai obat tradisional demam. Cara mengolahnya juga sangat mudah dengan menyiapkan 5-6 lembar daun nila embu. Lalu campurkan dengan ½ lengkuas yang besar.

Kedua komponen tersebut anda masukkan ke dalam panci bersama dengan secangkir air. Rebus air dan tunggu hingga mendidih. Jika sudah mendidih, diamkan sejenak sampai air rebusan tidak terlalu panas. Manfaat lengkuas dapat dirasakan jika rutin mengonsumsi 2-3 hari sekali.

6. Manfaat Lengkuas Untuk Obat Batuk

Penyakit batuk memang terlalu biasa tetapi jika dibiarkan sangat mengganggu aktifitas. Jika batuk terlalu lama dan parah dapat menyebabkan tenggorokan terasa sakit. Khasiat lengkuas yang satu ini dapat untuk mengobati batuk. Dengan mengonsumsi air sadapan lengkuas ampuh untuk menyembuhkan batuk.

Cara mengolahnya juga sangat mudah, Anda siapkan botol minuman dan potong lengkuas menjadi kecil. Lalu, masukkan lengkuas yang sudah dipotong ke dalam botol dan diamkan lengkuas semalaman. Untuk obat, Anda dapat mengkonsumsinya selama 3 hari berturut-turut sampai batuk mereda.

7. Khasiat Lengkuas Untuk Meningkatkan Gairah Seks

Tidak hanya untuk vitalitas pria, manfaat lengkuas juga dapat digunakan untuk meningkatkan gairah seks. Cara mengolahnya juga sangat mudah, Anda siapkan 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari dan 3 rimpang halia sebesar ibu jari. Kemudian, parut dan peras kedua bahan tersebut untuk diambil airnya.

Siapkan 2 buah jeruk nipis kemudian belah dan peras untuk diambil airnya. Kemudian, bahan-bahan tersebut dioplos dengan menambahkan 1 sendok teh merica. Lalu, campurkan juga dengan 1 sendok teh garam, 1 ragi tape, dan ½ gelas air. Rebus hingga matang dan air rebusan dapat langsung dikonsumsi selagi hangat.

8. Manfaat Lengkuas Untuk Menambah Nafsu Makan

Jika Anda memiliki anak yang susah untuk makan dapat mencoba ramuan sederhana dari lengkuas ini. Cara mengolahnya juga sangat mudah, Anda perlu menyiapkan 1 rimpang lengkuas, 1 rimpang temulawak, 1 tumbuhan meniran, dan sedikit adas pulawaras. Kemudian, rebus semua bahan tersebut di panci bersama dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air mendidih dan menyusut sampai kurang lebih tersisa 1 gelas. Konsumsi air rebusan ini sebanyak 3 kali sehari sampai nafsu makan muncul.

9. Khasiat Lengkuas Untuk Mengurangi Peradangan

Kandungan lengkuas dapat mengurangi efek peradangan yang dapat menyebabkan penyakit serius. Hal ini sudah dibuktikan dalam uji laboratorium jika lengkuas memiliki sifat antiradang yang kuat. Penelitian tersebut dilakukan dalam waktu 6 minggu pada 261 penderita osteoartritis lutut.

Dimana, 63% dari mereka mengonsumsi ekstrak jahe dan lengkuas secara rutin. Hasilnya membuktikan bahwa terjadi pengurangan nyeri lutut ketika berdiri jika dibandingkan dengan 50% lainnya yang menggunakan obat peradangan lainnya.

10. Manfaat Lengkuas Untuk Melawan Infeksi

Kandungan lengkuas terdapat minyak esensial untuk melawan berbagai organisme penyebab infeksi. Akar lengkuas memiliki potensi untuk membunuh bakteri berbahaya seperti E. Coli, Salmonella Typhi, dan lain-lain. Selain itu, lengkuas juga dapat melawan mikro organisme yang dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

11. Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan Otak

Antioksidan didalamnya dapat mengurangi plak beta-amyloid. Kandungan lengkuas itu dianggap mampu untuk menjaga kesehatan otak. Lengkuas dapat memperlambat dan mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif. Dimana penyakit ini dapat mematikan sel saraf otak yang menyebabkan gangguan gerak dan fungsi mental.

12. Manfaat Lengkuas Untuk Mengobati Diare

Selanjutnya, khasiat lengkuas sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Dalam lengkuas terdapat kandungan zat antimikroba dan antibakteri. Dimana zat tersebut berfungsi untuk menghilangkan bakteri pantogen yang dapat menyebabkan penyakit diare.

13. Khasiat Lengkuas Untuk Mengobati Bronkitis

Mengobati bronkitis merupakan salah satu manfaat lengkuas ternyata dapat mengobati penyakit bronkitis. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi ramuan jamu lengkuas. Cara mengolah ramuannya juga sangat mudah, Anda tumbuk halus 2 buah lengkuas, temulawak, halia, dan keningar. Kemudian, campurkan dengan beberapa lembar daun pecut kuda, daun iler, dan manis. Jika sudah halus, masukkan semua bahan tersebut ke dalam panci bersama dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan tunggu sampai air rebusan mendingin. Konsumsi setiap hari pada pagi dan malam hari.

Efek Samping Lengkuas

Setelah mengetahui berbagai khasiat lengkuas pasti Anda sangat tertarik untuk mencobanya. Tetapi, dalam mengonsumsi lengkuas tidak bisa sembarangan. Terdapat batasan-batasan yang harus diperhatikan jika ingin mengonsumsinya. Manfaat terbaik akan didapatkan jika Anda mengolahnya secara alami. Jangan mengonsumsi lengkuas bersama dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Itu karena efek samping lengkuas sangat berbahaya bagi tubuh. Contohnya, seperti berkurangnya nafsu makan, diare, menurunkan stamina, dan lain-lain. Jika mau aman, sebelum mengonsumsinya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. Jika dirasa tidak menunjukkan perubahan setelah mengonsumsi lengkuas, jangan diteruskan. Kemungkinan penyakit yang diderita karena terdapat indikasi penyakit lainnya.

Jika muncul gejala yang lain, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut adalah informasi mengenai manfaat lengkuas yang bisa didapatkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam bidang kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *