12 Khasiat dan Manfaat Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Sumbersehat.com – Manfaat lemon dan madu yang dicampur sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tentang khasiat lemon dan madu sebenarnya sudah dikenal oleh nenek moyang kita sejak ratusan tahun lalu. Kedua bahan ini memiliki kekuatan antibakteri, antivirus, dan peningkat kekebalan yang kuat.

Lemon sendiri mengandung banyak zat, terutama asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonene. Sedangkan madu juga mengandung antioksidan serta beragam zat yang baik untuk kesehatan lainnya. Nah, berikut ini manfaat lemon dan madu yang harus anda dapatkan!

Cara Membuat Ramuan Lemon dan Madu

Anda harus menggunakan air putih hangat dan harus suam-suam kuku yang mana tidak mendidih panas. Kemudian, pilih lemon segar dan siapkan madu secukupnya. Setelah itu, peras ½ lemon di gelas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk-aduk sampai berbaur rata dan minum di pagi hari. Berikut manfaatnya:

Inilah Manfaat Lemon dan Madu yang Wajib Anda Ketahui

Adapun khasiat lemon dan madu untuk kesehatan dan kecantikan adalah:

Menyehatkan Pencernaan

Ramuan lemon dan madu dapat bekerja mengeluarkan racun yang tidak diinginkan dari tubuh. Komposisi atomiknya bekerja seperti air liur dan asam klorida dari pencernaan. Hal ini akan membantu organ hati dalam memproduksi empedu yang berfungsi sebagai asam yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan.

Lemon juga kaya mineral dan vitamin dan membantu mengeluarkan racun di saluran pencernaan. Bahkan, kualitas pencernaan air lemon mampu meredakan gangguan pencernaan, seperti sendawa, mulas dan kembung. Sementara manfaat lemon dan madu hangat kepada penderita kanker untuk membantu merangsang pergerakan usus.

Bisa Berfungsi Sebagai Diuretik

Khasiat lemon dan madu hangat membantu meningkatkan kadar buang air kecil di dalam tubuh. Karena itu, racun dilepaskan dengan lebih cepat yang membantu menjaga saluran kemih Anda tetap sehat. Asam sitrat dalam lemon membantu memaksimalkan fungsi enzim, yang merangsang hati dan membantu detoksifikasi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Selanjutnya, manfaat lemon dan madu untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemon kaya akan vitamin C, yang bagus untuk melawan selesma. Selain itu, mengandung kalium yang bergungsi untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh serta meningkatkan fungsi otak dan syaraf.

Asam askorbat yang terkandung dalam lemon juga menawarkan efek anti-inflamasi, yang mampu meredakan peradangan, sehingga baik bagi asma. Tak hanya itu saja, khasiat lemon dan madu juga meningkatkan penyerapan zat besi dan berarti dapat meningkatkan imun tubuh.

Sementara kandungan saponin dalam lemon, bersifat antimikroba yang mampu mencegah masuknya virus flu. Bahkan, lemon bisa membuat tubuh mengurangi produksi dahak. Sehingga, sangat baik untuk memelihara kesehatan anda setiap hari karena dapat menghindarkan dari segala macam virus.

Menyeimbangkan Level pH

Lemon adalah salah satu makanan paling alkali bagi tubuh. Buah ini bersifat asam, tetapi di dalam tubuh lemon bersifat basa (asam sitrat tidak menciptakan keasaman dalam tubuh setelah dimetabolisme). Lemon mengandung asam sitrat dan asam askorbat, asam lemah yang mudah dimetabolisme tubuh.

Sehingga memungkinkan kandungan mineral lemon membantu alkali darah. Keadaan penyakit hanya terjadi ketika pH tubuh bersifat asam. Manfaat lemon dan madu yang dikonsumsi secara rutin yaitu bisa menghilangkan sifat asam dalam tubuh, maka kadar pH pun seimbang.

Membersihkan Kulit

Kalau vitamin C dalam lemon untuk kulit, berfungsi mengurangi keriput dan noda pada serta membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Tak hanya itu, vitamin C sangat mampu membuat kulit berkilau yang sehat. Lalu, sifat basa pada buah ini membunuh beberapa jenis bakteri penyebab jerawat.

Untuk penerapannya bisa langsung dioleskan ke bekas luka atau bintik-bintik penuaan. Karena air lemon membersihkan racun dari darah Anda, maka khasiat lemon dan madu juga membuat kulit bersih dari noda. Vitamin C yang terkandung dalam lemon meremajakan kulit dari dalam tubuh Anda.

7 Manfaat dan Khasiat Lemon dan Madu Lainnya

  1. Meningkatkan energi tubuh
  2. Meningkatkan mood
  3. Mengatasi asam urat pada persendian
  4. Mempercepat proses pemulihan
  5. Menyegarkan Napas
  6. Menghidrasi Sistem getah bening Anda
  7. Membantu menyukseskan program penurunan berat badan

Itulah khasiat dan manfaat lemon dan madu yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan maupun kecantikan. Bagi anda yang ingin tubuh sehat, maka konsumsi lemon dan madu dalam jumlah yang cukup, jangan berlebihan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

pexels photo 351448 min

Grow Local Business With Online Marketing

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *