4 Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil, Enak, Bermanfaat dan Tanpa Efek Samping

By

Manfaat labu siam untuk ibu hamil banyak sekali dan tentunya memberikan dampak positif terhadap perkembangan janin juga. Jika kamu masih penasaran tentang manfaat – manfaat tersebut dapat di cek penjelasan berikut dilengkapi resep masakan untuk ibu mengandung.

Beberapa manfaat yang terkandung dalam labu siam ini masih jarang banget orang yang mengetahuinya. Padahal, bagi ibu hamil buah sayur yang satu ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat luar biasa sekali lho. Jika anda juga belum mengetahuinnya secara lengkap, berikut ini saya tuliskan beberapa manfaat labu siam untuk ibu hamil, simak selengkapnnya.

Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil

Penulis telah merangkum fungsi – fungsinya serta mengambil 4 poin penting saja. Semua manfaat yang akan dijelaskan berdasarkan kandungan yang ada di dalam labu siam, jadi informasinya valid. Berikut adalah 4 manfaatnya.

Sumber Mineral

Labu siam memiliki mineral yang cukup banyak. Mineral – mineral dikandungnya yaitu berupa kalsium, fosfor dan zat besi. Suatu penelitian menunjukkan dalam setiap 100 gram labu siam, sehingga didalamnya ada 14 mg kalsium, 25 mg fosfor dan 0,5 mg zat besi.Berikut manfaat – manfaat dari kandungan mineral tersebut bagi ibu hamil :

Kalsium berfungsi agar ibu hamil menjadi sehat dan menghindari risiko hipertensijuga komplikasi selama kehamilan. Bagi janin, kalsium ini sangat bermanfaat untuk pengoptimalan pertumbuhan tulang, gigi, saraf serta otot janin.

Fosfor baik untuk ibu hamil karena bisa mendukung kepadatan tulang dan gigi. Fungsi lainnya yaitu baik untuk kesehatan ginjal, menjaga detak jantung agar tetap normal dan untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak.

Zat besi berfungsi untuk membentuk hemoglobin. Ketika hamil, sang ibu tersebut akan memproduksi darah tambahan karena harus memasok sang ibu juga sang anak, artinya perlu asupan zat besi cukup banyak.

Sumber Serat

Manfaat labu siam untuk ibu hamil selanjutnya terkait dengan kandungan serat yang ada di dalamnya. Serat merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan tubuh dan biasanya berhubungan dengan rasa sehat. Inilah manfaat dari serat di dalam labu siam untuk ibu hamil:

Mencegah kenaikan berat badan berlebih, tak heran jika selama kehamilan berat badan ibu hamil melonjak naik, hal itu wajar karena dalam tubuh sang ibu ada calon manusia yang bobotnya juga besar. Tapi, jika sang ibu hamil konsumsi labu siam maka kelebihan berat badan itu masih bisa dikontrol jadi setelah melahirkan untuk menurunkan berat badan lagi jadi lebih mudah.

Menghindari Sembelit, sembelit juga bisa menyerang ibu hami, tapi ketika usia kandungan sudah tua dan perut ibu sudah jauh membesar pasti akan melelahkan dan tidak nyaman sekali ketika terjadi sembelit. Jadi, konsumsi labu siam untuk ibu hamil sangat dianjurkan

Mencegah preeklamsia, serat bisa melakukan hal tersebut karena bisa mengontrol darah tinggi ibu hamil.

Sumber Asam Folat

Asam folat pada labu siam cukup tinggi yaitu pada 100 gramnya terdapat 93 mkg. Jadi bisa menutupi kebutuhan asam folat pada tubuh sebanyak 25%. Berikut adalah manfaat labu siam untuk ibu hamil terkait kandungan asam folatnya.

Bisa mennghindari cacat tabung saraf, karena bisa membantu perkembangan saraf janin

Menghindari anemia, karena bisa menghasilkan sel darah merah dalam tubuh. Anemia merupakan keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil

Menghindari kecacatan janin, contohnya seperti bibir sumbing dan langit langit bayi

Melindungi kehamilan seperti mencegah keguguran dan kelahiran premature.

Kaya Vitamin

Tak hanya kaya mineral dan asam folat, nyatanya sayur ini juga mengandung banyak vitamin. Vitamin ini banyak macamnya dan keseluruhan dibutuhkan oleh ibu mengandung. Beberapa vitamin yang ada pada labu siam yaitu vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Berikut adalah manfaat labu siam untuk ibu hamil dilihat dari kandungan vitaminnya.

Vitamin A pada labu siam bermanfaat agar perkembangan janin berjalan dengan baik terutama untuk perkembangan ginjal, paru, jantung, tulang dan mata. Baik juga ketika dikonsumsi sebelum melahirkan karena akan mudah memulihkan pasca melahirkan

Vitamin B berguna untuk menjaga sistem saraf karena biasanya ibu hamil sering nyeri otot atau kram. Lalu, manfaat labu siam untuk kecantikan ibu hamil juga ada karena mengandung vitamin B ini yaitu untuk mencegah kerontokan dan menjaga kesehatan rambut

Vitamin C berguna untuk melindungi tubuh sang ibu agar terhindar terkena penyakit, bisa juga untuk menyerap zat besi pada makanan, memperbaiki jaringan sel yang rusak, dan menjaga kulit tetap sehat.

Resep Berbahan Labu Siam untuk Ibu Hamil

Setelah membicarakan perihal manfaat labu siam untuk ibu hamil, alangkah baiknya kita bicara juga terkait resep masakannya. Penulis tahu bahwa banyak ibu hamil yang khawatir terkait asupan makanan selama kehamilan karena penuh keraguan apakah makanan itu aman untuk dikonsumsi atau tidak. Berikut ada beberapa resep masakan labu siam yang aman untuk ibu hamil.

Resep 1

Resep yang pertama pembuatannya agak panjang. Bahan utama yang diperlukan berupa labu siam, wortel, santan kelapa dan minyak goreng. Adapun bahan tambahan yang diperlukan seperti ketumbar bubuk, daun salam, serai, lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih dan garam. Alatnya berupa perlengkapan memasak , berikut pembuatannya :

Bagi menjadi dua bagian labu siamnya, gosok – gosok hingga getah yang ada pada sayur tersebut keluar semua. Kemudian cuci bersih dan kupas kulitnya.

  • Kupas wortel dan cuci hingga bersih
  • Wortel dan labu siam sama – sama dipotong dengan ukuran seperti korek api
  • Geprek serai dan lengkuas. Tak lupa cuci daun salam menggunakan air biasa
  • Bumbu – bumbu yang lain di haluskan bisa dengan cara diulek atau di blender
  • Tumis bumbu-bumbu yang telah halus tersebut
  • Ketika telah tercium bau haru langsung masukkan air santan, aduk-aduk dan tunggu hingga mendidih
  • Masukkan wortel dan labu siam
  • Tunggu hingga santannya menyurut, cicipi jika ada rasa yang kurang
  • Sisihkan pada mangkuk dan siap dihidangkan

Resep 2

Resep kedua mirip seperti resep satu hanya saja bahannya lebih sedikit dan kuahnya bening. Bahan yang dibutuhkan berupa labu siam, wortel, tahu putih, daun seledri, daun salam, garam, bawang merah, bawang putih dan air. Alatnya seperti biasa yaitu alat masak pada umumnya. Berikut metodenya:

  • Kupas labu siam dan hilangkan getah, kupas juga wortel dan cuci kedua bahan tersebut
  • Potong kecil – kecil seledri
  • Potong dadu tahu putihnya
  • Oseng bawang merah dan bawang putih
  • Tambahkan air dan daun salam
  • Masukkan labu siam dan wortel
  • Terakhir tambahkan tahu putih dan garam secukupnya
  • Aduk – aduk seperlunya dan tunggu hingga mendidih
  • Sisihkan ke mangkuk dan siap disantap.

Itulah penjelasan mengenai manfaat labu siam untuk ibu hamil beserta resep sehatnya. Kamu juga harus tahu, selain berguna seperti yang dicantumkan di atas, manfaat labu siam untuk hipertensi juga bisa membantu ibu hamil.

Tinggalkan komentar