6 Manfaat Labu Siam untuk Diet 7 Hari Langsung Kurus dengan Mudah

By

Diet bisa dikatakan sebagai program untuk mengoptimalkan proporsi tubuh. Yang perlu kamu tahu adalah manfaat labu siam untuk diet sangat terpercaya bahkan 7 hari pun bisa langsung kurus. Berikut penjelasan terkait labu siam dengan diet.

Manfaat Labu Siam untuk Diet

Ada beberapa manfaat labu siam untuk diet yang bisa anda dapatkan untuk anda yang memiliki berat bada berlebih, mungkin ini bisa jadi solusinya.

Alasan Labu Siam Cocok untuk Diet

Adanya manfaat labu siam untuk diet pasti ada alasannya. Telah penulis telusuri dari berbagai sumber dan didapatlah 5 alasan utamanya. Berikut penjelasan per poinnya.

Mengandung Banyak Vitamin

Selama diet, kamu pasti masih memerlukan pemenuhan vitamin meski harus mengurangi porsi makan. Nah, labu siam ini merupakan solusi untukmu karena mengandung banyak sekali vitamin.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa dalam 100 gram labu siam, terdapat vitamin E sebanyak 0,12 mg, vitamin K 4,1 mg,  vitamin c 7,7 mg, vitamin B6 0,076mg dan vitamin B1 sebanyak 0,025 mg. Dari vitamin – vitamin tersebut, beberapa diantaranya bisa bantu diet loh.

Vitamin B6, meskipun jumlah kandungannya tergolong sedikit, tapi vitamin ini bisa bantu mencegah kenaikan berat tubuh karena bisa memperlancar metabolism tubuh dan mengatur tiroid. Jika kamu belum tahu, tiroid merupakan indikator penting penyebab kenaikan berat badan.

Vitamin C, kandungan vitamin satu ini cukup banyak yaitu 7,7 mg. Manfaat untuk orang diet yaitu bekerja untuk merubah glukosa menjadi energy. Jadi, bisa menghindari perubahan glukosa menjadi tumpukan lemak.

Vitamin E, memiliki sifat antioksidan dimana nantinya bertugas untuk menghancurkan lemak yang dirasa bisa membahayakan.

Mengandung Banyak Mineral

Manfaat labu siam untuk diet juga bisa dirasakan karena sayurnya mengandung banyak mineral. Dalam 100 gram labu siam, terdapat 0,34 mg besi, 18 mg fosfor, 125 mg kalium, 17 mg kalsium, 12 mg magnesium, 2 mg natrium dan 0,189 mg mangan. Berikut adalah beberapa dari mineral tersebut yang bantu program diet.

Magnesium, ketika orang diet pasti ada yang sering olahraga atau mencoba beradaptasi menurunkan porsi makannya. Nah si magnesium ini membantu agar kamu menjadi tidak mudah lelah jadi meski sedang diet masih bisa melakukan aktivitas biasanya

Zat besi, berguna untuk mengolah makanan yang masuk menjadi energi sehingga keperluan energimu tetap terpenuhi meski sedang diet.

Kalorinya Rendah

Alasan yang ketiga yaitu karena labu siam mengandung kalori yang rendah. Kenapa hal tersebut berhubungan dengan diet? Karena kamu pasti tahu ketika memeriksa kandungan nutrisi sebuah makanan, apakah kandungan yang paling penting? Yap itu adalah kalori.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda – beda per harinya tergantung seberapa berat badan yang mereka ingin punya. Lalu, apa yang akan disarankan ahli kesehatan ketika mendengar kamu akan diet? Pasti jawabannya adalah perhatikan asupan kalori.

Orang yang sedang diet sangat memerhatikan kalori dari setiap makanannya tujuannya untuk mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuhnya. Ketika ingin menurunkan ½ kg saja maka kamu harus menurunkan kalori sebanyak 500. Kandungan kalori dalam labu siam sekitar 30 hingga 35.

Mengandung Karnitin

Alasan adanya manfaat labu siam untuk diet yang kelima adalah karena kandungan karnitinnya. Karnitin ini dipercaya bisa mempercepat metabolism pada tubuh sehingga pembakaran lemak terjaga. Manfaat lainnya yaitu bisa mengembangkan massa otot.

Rasanya Enak

Tak kalah penting, manfaat labu siam untuk diet karena rasanya enak. Kamu pasti pernah mendengar bahwa makanan orang diet itu rasanya enak karena kebanyakan menunya hambar. Tapi ternyata hal tersebut tidak berlaku ketika orang diet menjadikan labu siam sebagai menunya.

Ketika kamu memasukkan labu siam dalam menu sudah dipastikan kamu seperti tidak sedang melakukan program diet karena makanannya seperti hari – hari biasa yaitu enak. Untuk variasi menunya bisa dipelajari pada poin berikutnya.

Menu Diet dari Labu Siam

Manfaat labu siam untuk diet juga berkaitan dengan menu makannya, karena berbahan labu siam banyak menu yang bisa dibuat bisa jenis minuman, camilan, hingga teman makan utama. Berikut adalah beberapa variasi menu diet dari labu siam.

Menu Sarapan

Untuk sarapan ini penulis buat secara sederhana yaitu hanya memerlukan bahan labu siam, jagung, tomat, tahu dan tempe. Alat yang diperlukan seperti alat masak pada umumnya. Berikut adalah langkah lengkapnya.

  • Pisahkan jagung dari bonggolnya artinya ambil bagian bijinya saja
  • Belah dua labu siam dan hilangkan getah dengan cara digosok-gosok lalu dicuci
  • Cuci tomat dan bagi menjadi 4 bagian
  • Rebus jagung dan labu siam. Jangan lupa diberi garam
  • Potong tempe menjadi ukuran kecil-kecil begitupun tahu
  • Isi air dan tambahkan garam, rendam tahu dan tempe dalam air tersebut
  • Goreng tahu dan tempe
  • Sisihkan labu siam, jagung, tempe dan tahu ke piring
  • Menu sarapan sudah jadi

Menu Camilan

Menu camilan bisa berbentuk jus. Bahan yang digunakan hanya berupa labu siam dan gula. Alatnya berupa blender, gelas, saringan, dan sendok. Cara – caranya :

  • Bersihkan labu siam dari kulit dan getahnya
  • Potong dadu atau menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga bisa dimasukkan ke blender
  • Masukkan ke blender dan tambahkan 2 hingga 3 sendok makan gula
  • Blender hingga lebur
  • Saring hasil blenderan tersebut dan simpan hasilnya ke gelas
  • Masukkan ke dalam kulkas jika ingin penyajian jus yang dingin

Makan Siang

Makan siangnya bisa berupa tumis labu siam dipadukan dengan wortel juga tahu, dilengkapi juga dengan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, garam, gula dan sedikit air. Peralatan masak juga harus sudah siap.

  • Bersihkan wortel dari kulitnya dan cuci bersih. Potong potong menjadi ukuran korek api
  • Labu siam belah menjadi dua bagian, gososk gosok sampai getah keluar semua. Cuci dan hilangkan kulitnya. Lalu potong potong seperti wortel yaitu menjadi berbentuk korek api
  • Kupas bawang-bawangan, lalu geprek dan dicacah.
  • Panaskan wajan lalu masukkan cacahan bawang tadi, aduk – aduk hingga warnanya kecoklatan
  • Tambahkan air tunggu hingga mendidih dan masukkan wortel juga labu siam
  • Ketika labu siam sudah mulai layu tambahkan garam dan gula perbandingannya 3:1.
  • Cicipi, jika masih kurang bumbunya bisa ditambahi, jika kelebihan bisa ditambahkan air.
  • Lalu matikan kompor dan sajikan dalam mangkuk

Makan Malam

Makan malamnya bisa menggunakan labu siam rebus dan sambal kacang. Berikut adalah cara pembuatannya.

  • Bersihkan labu siam dan potong menjadi 8 hingga 12 bagian
  • Goreng kacang, jika sudah langsung diblender agar menjadi bubuk
  • Bubuk kacang tadi diulek dan ditambahi sedikit gula merah dan garam tak lupa pakai cabai jika ingin pedas
  • Rebus potongan labu siam hingga labu siamnya empuk
  • Labu siam bisa langsung disajikan dengan sambal kacangnya

Itulah penjelasan mengenai manfaat labu siam untuk diet hingga menu makannya. Tak hanya manfaat ini saja yang perlu kamu ketahui tapi manfaat labu siam untuk payudara atau manfaat labu siam untuk asam urat juga sangat penting. Jadi dapat disimpulkan bahwa labu siam ini multi fungsi.

Tinggalkan komentar