5 Manfaat Labu Siam untuk Bayi, Ibu Wajib Tahu

By

Tak hanya untuk orang dewasa, manfaat labu siam untuk bayi juga sama banyaknya loh. Kebanyakan manfaatnya itu berhubungan dengan tumbuh kembang si kecil. Untuk lebih jelas mengenai fungsinya, yuk simak penjelasan di bawah disertai resep masakannya yang cocok untuk bayi.

Beberapa manfaat ini sudah terbukti sejak lama, namun masih banyak orang tua terutama ibu-ibu. Padahal ini bisa adi salah satu makanan yang baik untuk kesehatan bayi, baik usia balita hingga ia dewasa.

1. Manfaat Untuk Bayi

Penulis sudah mencari beberapa manfaat labu siam untuk bayi dan telah merangkumnya menjadi 5 bagian. Berikut adalah penjelasan dari masing – masing manfaatnya.

A. Mencegah Obesitas

Berat badan berlebih dari normalnya ternyata tak hanya bisa menyerang remaja atau dewasa, nyatanya pada bayi pun bisa terjadi. Tentunya itu akan menambah kekhawatiran si ibu terkait kesehatan buah hati. Apalagi, obesitas membuat persentase risiko terkena penyakit jantung makin tinggi.

Nah, sekarang para ibu jangan khawatir karena bisa mencegah hal tersebut terjadi, ibu dapat memberikan makanan pada bayi berupa labu siam. Labu siam tidak mengandung lemak jahat jadi cocok untuk mencegah obesitas. Alasan lain kenapa labu siam bisa mencegah obesitas yaitu :

  • Mengandung kalium, berfungsi untuk melawan kolestrol jahat pada tubuh si bayi
  • Kalium juga bermanfaat untuk membersihkan co2 pada darah bayi

B. Mencegah Sembelit

Jika sembelit terjadi pada bayi maka dapat dibayangkan betapa tidak menyenangkan yang dirasakan si bayi, pasalnya ketika mereka sembelit mereka biasanya tidak bisa mengungkapkannya karena sebagian dari mereka mungkin ada yang belum bisa bicara.

Alangkah baiknya jika sebelum itu terjadi, maka sang ibu harus melakukan pencegahan seperti rutin memberi masakan labu siam untuk sang bayi. Labu siam terbukti bisa mencegah sembelit karena mengandung banyak serat.

Serat dan kandungan air yang tinggi pada labu siam bisa membuat si bayi terhindar dari sembelit bahkan menjaga kesehatan ginjal mereka juga. Jadi, sang ibu tak perlu repot dan khawatir harus memberikan obat farmasi pada bayi yang biasanya memiliki efek samping.

C. Menyempurnakan Susunan Sistem Saraf

Manfaat labu siam untuk bayi ketiga yaitu guna menyempurnakan susunan sistem saraf si bayi. Sel saraf sangat penting untuk tumbuh kembangnya, jadi konsumsi labu siam pada waktu bayi sangat dianjurkan karena mengandung B kompleks beserta asam folat. Asam folat berguna agar tidak terjadi kerusakan sistem saraf pada tubuh.

Vitamin B kompleks juga asam folat yang ada juga bisa berguna bagi perkembangan sel otak si bayi, jadi dia bisa bertindak dan belajar lebih leluasa bahkan lebih cepat pertumbuhannya dari bayi seumuran mereka.

D. Menjaga Stamina

Meski masih kecil, bayi juga manusia dimana memerlukan energy atau stamina untuk bergerak. Jika kamu melihat perkembangan bayi maka pasti tahu bahwa pada usia bayi itu sedang sangat aktif – aktifnya apalagi ketika baru bisa merangkak dan berjalan. Jika kegiatan itu terus berlanjut tanpa disertai asupan yang baik maka kemungkinan si bayi terkena penyakit makin tinggi.

Jadi, manfaat labu siam untuk bayi yang keempat adalah sebagai penyedia stamina atau energy bagi bayi. Teksturnya yang lembut dan kandungan gizi yang banyak sangat cocok dan sangat dibutuhkan bagi bayi.

E. Merangsang Kinerja Otak

Pernah dibahas pada poin sebelumnya bahwa manfaat labu siam untu bayi juga berguna pada sistem otak. Hal itu disebabkan karena mengandung B6 yang lumayan banyak. Jika bayi memakan satu buah saja labu silam, maka dia telah memenuhi kebutuhan B6 tubuhnya sebanyak 4%.

Ketika bayi sudah rajin makan labu siam maka kemampuan otaknya akan cepat seperti kemampuan mengingat menjadi tinggi, menjadi cepat tanggap atau lebih responsive dan fungsi otak lainnya menjadi lebih maksimal.

2. Resep Masakan Labu Siam untuk Bayi

Manfaat labu siam untuk bayi hanya bisa dirasakan jika sang bayi mau mengkonsumsinya. Tapi, pasti ibu tahu bahwa bayi kerap sekali rewel ketika diberi makan. Oleh karena itu, penulis disini menyiapkan beebrapa resep masakan labu siam yang cocok dana man dimakan oleh bayi.

A. Resep 1

Resep 1 adalah bisa diberikan untuk umur 7 bulan ke atas. Bahan yang digunakan yaitu 1 buah labu siam dan susu. Untuk susu boleh susu ASI maupun susu formula. Alat yang digunakan berupa blender, pisau dan mangkuk. Berikut adalah langkah – langkahnya.

  • Bagi labu siam menjadi dua bagian, boleh memanjang ataupun melebar
  • Gosok-gosok agar getahnya keluar semua, kemudian cuci
  • Potong menjadi bentuk dadu atau bebas asalkan ukurannya menjadi lebih kecil, kulitnya tidak perlu dikupas
  • Rebus hingga teksturnya menjadi lembut
  • Masukkan labu siam yang sudah melembut itu ke blender, lalu tambahkan air susu secukupnya
  • Blender hingga kedua bahan tersebut tercampur dan labu siam menjadi jauh lebih lembut
  • Sisihkan ke dalam mangkuk dan siap diberikan pada bayi.

B. Resep 2

Ketika menggunakan resep kedua juga, manfaat labu siam untuk bayi bisa dirasakan. Kali ini resepnya cocok untuk bayi diatas 1 tahun. Bahan yang diperlukan berupa wortel, labu siam, tahu kuning, bawang merah, bawang putih dan garam. Alat yang dibutuhkan adalah alat-alat memasak. Berikut metode pembuatannya :

  • Belah 2 labu siam lalu seperti biasa digosokkan permukaan keduanya agar getahnya keluar kemudian cuci
  • Kupas wortel dan cuci
  • Potong-potong labu siam menjadi sebesar korek api per bijinya sedangkan untuk wortel bisa diparut atau disamakan dengan cara pada labu siam
  • Iris kecil-kecil bawang merah dan putih, tak lupa potong dadu tahunya
  • Panaskan api dan masukkan bawang-bawangan tadi
  • Menambahkan labu siam dan wortel, dan tunggu sampai sedikit layu
  • Tambahkan sedikit air dan potongan tahu tadi
  • Taburkan garam dan aduk – aduk
  • Tunggu hingga air menyurut
  • Ketika air sudah surut masakan sudah bisa dipindahkan ke mangkuk dan tunggu hingga dingin baru bisa dikonsumsi oleh bayi

C. Resep 3

Resep terakhir diperuntukkan bagi bayi diatas 9 bulan. Bahan yang diperlukan berupa kentang, labu siam, bawang merah, bawang putih, tepung, susu, keju, kembang kol dan jagung. Alat yang dibutuhkan berupa alat masak. Berikut adalah metode lengkapnya :

  • Pada wajan panas, tumis bawang – bawangan yang telah di cincang
  • Masukkan terigu dan susu, lalu aduk
  • Masukkan kentang dan labu siam yang sebelumnya telah dihaluskan menggunakan blender
  • Tambahkan jagung dankembang kol, aduk – aduk hingga susunya menyusut
  • Ketika masakan dirasa belum masak tapi air susu sudah menyusut maka bisa ditambahkan lagi air susunya sesuai selera
  • Tambahkan keju pada bagian atasnya, dan siap disajikan untuk bayi.

Itulah 5 manfaat labu siam untuk bayi beserta resepnya. Jika kamu masih penasaran mengenai artikel tentang labu siam maka bisa membaca artikel lain pada laman ini yang berjudul manfaat labu siam untuk ibu hamil dan manfaat labu siam untuk hipertensi.

Tinggalkan komentar