8 Manfaat Labu Siam untuk Asam Lambung yang Jarang Orang Tahu

Tahukah kamu bahwa labu siam kerap kali dimasukkan ke berbagai resep masakan ? Selain menu yang satu ini rasanya nikmat, namun ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan lho. Salah satunya adalah manfaat labu siam untuk asam lambung. Labu siam ini memang sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Apa saja manfaatnya? Artikel ini akan menjelaskannya secara singkat, detail dan lengkap. Simak penjelasannya di artikel berikut:

Manfaat Labu Siam untuk Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau yang dikenal dengan GERD adalah munculnya rasa terbakar di dada yang disebabkan karena asam lambung naik ke kerongkongan. Umumnya, gejala asam lambung akan muncul minimal 2 kali dalam seminggu.

Walaupun asam lambung bukanlah penyakit yang mematikan, namun jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan komplikasi. Inilah mengapa selain cara medis, ternyata ada alternatif lain yang dapat mengatasi asam lambung dengan mengonsumsi labu siam.

Manfaat labu siam buat kesehatan kini mulai dikenal oleh banyak kalangan, terlebih bagi pengidap asam lambung. Manfaat labu siam untuk asam lambung sangat membantu para pengidap gangguan lambung untuk bisa sembuh dari penyakit yang dideritanya dengan cara mengonsumsi labu siam sesuai dengan resep yang tepat.

Sayuran yang satu ini sangat banyak manfaatnya karena kandungan di dalamnya. Mulai dari karbohidrat kompleks, folat, air serat, zat besi, vitamin B, C, E dan lainnya. Karena labu siam ini sangat rendah kalori, inilah mengapa labu siam sangat baik di konsumsi oleh pengidap asam lambung.

Bagaimaa bisa labu siam sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung ? Manfaat labu siam untuk asam lambung ini diketahui karena labu siam tidak menimbulkan gas ketika dicerna dalam lambung.

Labu siam dikenal sangat baik dalam membantu proses meringankan kerja saluran pencernaan sekaligus menetralisir kelebihan asam lambung. Bahkan konsumsi labu siam juga bermanfaat untuk meringankan gejala pada radang serta iritasi pada saluran pencernaan.

Dengan mengkonsumsinya secara rutin dan sesuai resep, labu siam akan membantu meringankan kerja saluran pencernaan dan membantu menetralisir kelebihan asam lambung. Selain itu, Mengkonsumsi labu siam rebus ternyata juga mempunyai banyak manfaat lainnya, muldai dari mampu mencegah sembelit, mencegah kolesterol, sebagai sumber stamina, mengontrol tekanan darah tinggi, membantu menurunkan berat badan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Nah, ingin tahu bukan apa saja manfaat konsumsi labu siam bagi kesehatan ? Di artikel kali ini kami akan menguraikan 8 khasiat labu siam bagi kesehatan disamping manfaat lambu siam untuk asam lambung. Namun sebelum itu, mari kita simak kandungan dari nutrisi labu siam yang kaya akan manfaat ini.

Kandungan Nutrisi Labu Siam

Ternyata, satu buah labu siam mengandung berbagai suplai vitamin, mineral dan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi labu siam yang bawa banyak manfaat ini adalah sebagai berikut :

  • Karbohidrat     : 9 gram
  • Kalori              : 39 gram
  • Lemak             : 0 gram
  • Protein             : 2 gram
  • Serat
  • Vitamin B6, B9, C, K
  • Tembaga
  • Kalium
  • Magnesium
  • Seng
  • Mangan

Khasiat Labu Siam bagi Kesehatan

Setelah melihat uraian dari beragam kandungan nutrisi di atas, kita sudah sepakat bukan bahwa labu siam ternyata kaya akan manfaat ? Apa saja khasiat labu siam disamping manfaat labu siam untuk asam lambung ? Berikut ini ulasannya.

  • Antioksidan Tinggi

Khasiat labu siam pertama adalah sebagai antikosidan tinggi. Kandungan senyawa antioksidan didalamnya terdiri dari morin, quercetin, myricetin dan kaempferol. Dari keempat senyawa ini, myricetin lah yang sebagai pembawa sifat anti-diabets, anti-inflamasi dan anti-kanker.

Labu siam adalah salah satu sumber vitamin C yang sangat baik sebagai antioksidan dalam tubuh sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

  • Mencegah Penuaan Dini

Mengkonsumsi labu siam bagi kesehatan memiliki efek baik untuk mencegah penuaan dini. Karena memiliki kandungan vitamin C yang baik, labu siam dikenal sangat baik untuk mencegah penuaan dini.

Berkat antikosidan dan porduksi kolagen di dalamnya, labu siam mampu memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel-sel dari radikan bebas serta menjaga kekencangan kulit agar tampak lebih awet muda.

  • Mencegah Kanker

Selain manfaat labu siam untuk asam lambung, ternyata dampak baik dari rutinnya mengkonsumsi labu siam berfungsi untuk mencegah kanker. Beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker serviks dan leukimia.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Tahukah kamu bahwa dengan mengkonsumsi labu siam sesuai resep, sangat bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung ? Berkat kandungan myricetin di dalamnya bisa membawa manfaat untuk jantung. Ia mampu menurunkan kadar kolesterol dan membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga bisa mengurangi tekanan darah.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam labu siam memberi peranan penting bagi pola makan yang sehat. Bagaimana bisa ? Sebab, serat tinggi akan mampu membantu menjaga berat badan. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan badan yang ideal, konsumsi labu siam akan membantumu menurunkan berat badan.

  • Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Dalam satu buah labu siam terkandung karbohidat yang rendah dan serat larut yang tinggi. Kedua kandungan inilah yang akan membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, ia juga dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat sehingga dapat mengontrol kadar gula darah.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Khasiat labu siam bagi kesehatan berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Berkat senyawa flavonoid di dalamnya sangat bagus untuk meningkatkan pencernaan dan membantu meredakan penyakit asam lambung.

Senyawa flavonloid akan mendorong fungsi usus yang sehat dan bakteri usus. Inilah mengapa labu siam sangat cocok untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan labu siam untuk asam lambung kini mulai populer di kalangan masyarakat.

  • Makanan Sehat bagi Balita

Bagi balita, mengonsumsi asupan bergizi sangatlah penting unutk menjaga kesehatannya. Labu siam menjadi salah satu pilihan sayuran yang bergizi untuk menu MPASI. Makanan sehat bagi balita ini sangat disarankan untuk memasaknya hingga empuk agar mudah dikonsumsi bagi si bayi.

Cara Konsumsi Labu Siam

Dari 8 khasiat labu siam bagi kesehatan dan manfaat labu siam untuk asam lambung seperti yang sudah dijelaskan diatas, kini kita tahu bahwa kandungan labu siam sangat kaya akan manfaat. Namun, bagaimana cara mengolah dan mengonsumi labu siam yang tepat ?

Sayuran yang sangat lezat dan kaya akan mafaat ini dapat dikonsumi dengan berbagai oalahan sesuai selera. Beberapa olahan yang dapat dilakukan dengan menu labu siam seperti : tumis labu siam, kukus labu siam, sayur bening, soup, sayur lodeh dan lain-lain.

Demikianlah artikel tentang 8 khasiat labu siam dan manfaat labu siam untuk asam lambung yang semoga dengan mengetahui manfaat dari labu siam ini, dapat membantu orang-orang yang mengidap asam lambung bisa segera pulih. Semoga artikel ini bermanfaat ya !

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

buah kesemek untuk ibu hamil

9 Manfaat Hebat Buah Kesemek untuk Ibu Hamil, Wajib Dicoba!

sumbersehat.com – Buah kesemek untuk ibu hamil ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak. Buah yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *