11 Manfaat Labu Siam Buat Kesehatan, Juga Bisa untuk Diet Loh

Seperti yang sudah kita ketahui bersama di dunia ini banyak sekali jenis tanaman dan sayuran yang bisa dimanfaatkan bagi manusia untuk kesehatan, dan salah satunya adalah labu siam. Tahukah anda manfaat labu siam buat kesehatan?

Setidaknya ada 11 manfaat yang bisa anda dapatkan jika konsumsi labu siam. Bagi anda yang sedang diet, labu siam adalah makanan paling di rekomendasikan. Simak selengkapnya berikut ini:

Nutrisi Labu Siam

Sekilas labu siam tidak sepopuler dengan jenis sayuran lain yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, kenyataannya labu siam memiliki manfaat yang tidak kalah dengan jenis sayuran lainnya.

Lantaran labu siam tidak memiliki lemak jenuh dan kolesterol dan labu siam juga merupakan jenis sayuran tipe sayur – mayur yang rendah kalori. Jadi, tidak mengherankan jika jenis sayuran ini direkomendasikan untuk orang – orang yang sedang menjalani diet.

Selain itu labu siam kaya akan serat seperti potassium, vit C, vit B1, B6, B2, tembaga, zat besi, seng, antioksidan, fosdor dan mangan. Tidak hanya kaya akan serat, labu siam juga memiliki beberapa kecil poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting bagi tubuh.

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat labu siam buat kesehatan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya, sebagai berikut :

Menurunkan Kolestrol

Manfaat labu siam buat kesehatan pertama yakni dapat menurunkan kolesterol. Dengan beredarnya berbagai makanan lezat saat ini yang tinggi akan lemah jenuh membuat tingkat pasien dengan kolesterol tinggi di Indonesia terus mengalami peningkatan, dan ini beresiko terserangnya penyakit jantung dan stroke.

Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan manfaatkan sayuran untuk menurunkan kolesterol yakni dengan labu siam. Agar lebih maksimal untuk menurunkan kolesterol menggunakan labu siam, anda bisa kombinasikan dengan makanan lain seperti alpukat, almond dan kacang.

Mencegah Penuaan Dini

Siapa sangka bahwa manfaat labu siam rebus juga bisa mencegah penuan dini! Menurut para hali antioksidan yang terdapat pada labu siam dapat memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel dari radikal bebas.

Selain itu juga labu siam memiliki vitamin C yang memiliki manfaat untuk memproduksi kolagen diamana protein esensial yang ditemukan dalam kulit. Kolegen inilah yang dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih kencang dan sehat.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Labu siam memiliki serangkaian senyawa mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Meniral dan vitamin ini sebagai antioksidan yang memiliki manfaat melawan radikal bebas agar tubuh terhindar dari penyakit.

Dari satu buah labu siam saja anda akan merasakan banyak kandungan didalamnya seperti vitamin C, vitamin B, asam folat, magnesium, potasium. Dan memiliki kadar kalori lemak yang cenderung rendah, sehingga labu siam sangat tepat dimasukan dalam menu diet.

Menurunkan Berat Badan

Anda sedang menjalani program menurunkan berat badan? Yak, manfaat labu siam buat kesehatan ini juga bisa menurunkan berat badan. Hal ini karena 100 gram labu siam hanya mengandung 16 kalori sedangkan sedangkan 100 gram nasi mengandung hampir 100 kalori.

Dengan begitu program menurunkan berat badan dengan mengaplikasi labu siam didalamnya bisa dengan mudah dilakukan. Gantilah setengah asupan nasi anda dengan satu porsi labu siam setiap harinya.

Menjaga Kesehatan Kehamilan

Tak jarang ibu hamil sering mengabaikan beberapa kebutuhan yang dianggap sepele seperti kebutuhan Asam Folat atau vitamin B9. Padahal Asam Folat atau vitamin B9 merupakan hal penting untuk dikonsumsi ibu menjelang kehamilan.

Asam folat atau vitamin B9 ini memiliki manfaat untuk mencegah kelahiran prematur dan cacat otak pada bayi. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi 600 mcg asam folat setiap hari, dan salah satu sumber 600 mcg asam folat tersebut ada pada labu siam dalam satu porsi.

Menjaga Gula Darah

Manfaat labu siam buat kesehatan selanjutnya yakni bisa menjaga gula darah. Tentunya sebagai penderita diabetes sudah mengetahui betapa pentingnya menjaga gula darah, dan salah satu untuk menjaga gula daraha agar tetap stabil adalah dengan memanfaatkan labu siam.

Kandungan karbohidrat yang ada pada labu siam dapat menurunkan gula darah serta juga dapat melawan resistensi tubuh terhadap insulin. Selain itu juga kandungan serat tinggi pada labu siam dapat memperlambat penyerapan karbo.

Mencegah Sembelit

Apakah diantara pembaca ada tipe orang yang sulit untuk BAB? Pada umumnya gangguan pencernaan ini tidak akan menimbulkan masalah komplikasi serius. Namun, terkadang perut akan terasa kembung dan berat badan terus naik kerap menimbulkan rasa tidak nyaman.

Untuk itu, menambahkan labu siam dalam menu diet setiap harinya bisa menjadi solusi praktis untuk anda. Kandungan air dan serat terbukti dapat melancarkan pencernaan dan juga terbukti efektif mengatasi konstipasi .

Mencegah Anemia

Anemia adalah salah satu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Pada umunya hal tersebut disebabkan karena vitamin B2 dan tingkat zat besi yang rendah, dan beberapa gejala dari anemia ini seperti pusing, pucat, lesu, sering kram dan insomnia.

Dan lagi – lagi manfaat labu siam buat kesehatan adalah dapat mencegah terjadinya anemia. Kandungan yang tersimpan dalam anemia tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga labu siam menjadi solusi terbaik untuk mencegah anemia.

Meningkatkan Stamina

Manfaat labu siam buat kesehatan lainnya yakni dapat meningkatkan stamina. Kandungan yang ada pada labu siam seperti jenis elektrolit merupakan kandungan yang diperlukan oleh tubuh.

Dan salah satu sumber elektrolit yang cukup besar terdapat pada labu siam. Untuk itu, labu siam dapat direkomendasikan untuk anda yang ingin lebih sehat selain melakukan kegiatan olahraga.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain dari daging labu siam yang memiliki banyak manfaatnya, ternyata kulit labu siam yang selama ini dibuang juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Umumnya kulit labu siam digunakan untuk mengatasi penderita hipertensi.

Cara membuat kulit labu siam untuk menurunkan tekanan darah tinggi yakni pertama didihkan daun labu siam dalam air panas untuk dijadikan teh, lalu minum minimal satu kali sehari. Baiknya minum teh dari daun labu siam di pagi hari agar juga menjadi stamina saat akan beraktifitas.

Mencegah Kanker

Beberapa tahun belakangan ini dunia kesehatan dikabarkan bahwasanya labu siam memiliki manfaat untuk memperlambat perkembangan sel kanker seperti kanker leukemia dan kanker serviks. Kandungan antioksidan flavonoid yang ada pada labu siam dipercaya mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya.

Itulah beberapa manfaat labu siam buat kesehatan. Kita sangat beruntung sayuran ini dengan sangat mudah ditemukan di Indonesia, yuk dari sekarang rajin – rajin mengonsumsi buah agar tubuh menjadi lebih sehat. Ketahui juga manfaat labu siam untuk bayi agar lebih menambah wawasan kita bersama.

Selain mengonsumsi sayur – sayuran, ingat juga untuk mengonsumsi asupan protein serta vitamin lainnya untuk diet yang seimbang.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *