Percaya Tidak? 25 Manfaat Kunyit Ini Bisa Buat Kamu Sehat dan Segar!

Sumbersehat.com – Manfaat kunyit untuk kecantikan sangat bayak sekali. Ingin punya wajah yang terlihat segar dan cantik? Menjaga penampilan memang krusial bagi kaum wanita, salah satunya perihal wajah. Bagi anda yang menghindari produk kecantikan berbahan kimia, anda bisa memanfaatkan kunyit, lho.

Kalau kita mau mempelajari ada banyak manfaat kunyit untuk lambung hingga untuk kesehatan rahim. Kunyit merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman kunyit masih satu golongan dengan jahe. Ketahui yuk, manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh kita! Simak ulasan berikut ini.

Inilah 25 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan kesehatan

Ini dia 25 khasiat kunyit yang bisa mengatasi beberapa gangguan kesehatan dan kecantikan, yaitu antara lain:

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Adapun manfaat kunyit untuk kecantikan adalah:

Menyamarkan noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat yang membandel sering kali membuat anda geregetan. Untuk mengatasinya, anda bisa mengandalkan manfaat kunyit. Zat antiinflamatori pada kunyit dapat membantu membersihkan kotoran di dalam pori-pori sekaligus memberi efek menenangkan pada kulit.

Baca juga : Ketahui 7 Multivitamin untuk Ibu Hamil Muda, Agar Tidak Salah Konsumsi!

Caranya cukup dengan mencampurkan sejumput kunyit dengan yogurt dan air. Aduk hingga tercampur rata, kemudian aplikasikan ke seluruh wajah sebagai masker. Tunggu sampai 15 menit dan bilas menggunakan air. Ulangi setiap seminggu sekali.

Membantu menghilangkan bekas luka pada wajah

Khasiat kunyit yang kedua yaitu membantu menghilangkan bekas luka pada wajah. Kunyit mendorong pembentukan kolagen, sehingga proses pembentukan lapisan sel kulit baru lebih cepat dan luka pun jadi lekas sembuh.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh bubuk kunyit dengan air atau minyak kelapa. Setelah itu, gunakan untuk membersihkan luka sebelum menutupnya dengan kapas/plester.

Menghilangkan psoriasis

Psoriasis ialah kondisi ketika sel-sel kulit mati menumpuk. Akibatnya, timbul bercak-bercak seperti sisik pada kulit yang terasa gatal. Kulit yang terkena psoriasis cenderung kering dan mudah berdarah.

Untuk mengatasinya, gunakan manfaat kunyit karena mengandung kurkumin. Campurkan bubuk kunyit dan air dengan rasio 1:2. Panaskan di dalam wadah dan aduk hingga teksturnya mengental. Setelah dingin, anda bisa mengoleskannya pada bagian kulit yang sedang bermasalah.

Mencegah radikal bebas dan memperlambat penuaan

Selanjutnya, khasiat kunyit yang tidak kalah pentingnya yaitu mencegah radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Paparan sinar UV yang intens pada kulit dapat memicu berbagai gangguan, seperti hiperpigmentasi, munculnya kerutan, hingga risiko kanker.

Nah, kandungan antioksidan yang bisa ditemukan pada kunyit dapat menangkal serangan radikal bebas. Manfaat Kunyit dapat membantu memperbaiki elastisitas pada kulit yang telah berkurang akibat paparan sinar UV dan polusi.

Anda bisa mencampurkan 4 sendok makan gel lidah buaya, 10 tetes minyak kunyit, dan 1 sendok teh minyak argan. Setelah tercampur, aplikasikan pada wajah sebelum tidur dan jangan lupa dibilas keesokan harinya.

Mencerahkan kulit

Jika kulit anda kusam, maka anda bisa memanfaatkan kunyit sebagai pencerah kulit alami, lho. Seperti yang sudah dibahas di atas, kandungan antiinflamatori dan antioksidan pada kunyit dapat membantu menghalau radikal bebas. Selain itu, kedua zat tersebut juga punya fungsi lain, yaitu dapat membantu mencerahkan kulit secara alami.

Anda tidak perlu repot-repot. Cukup campurkan kunyit dengan tepung jagung. Aduk rata, kemudian tambahkan madu secukupnya dan aduk kembali. Aplikasikan pada bagian wajah dan leher sebagai masker selama kurang lebih 15-20 menit.

Ternyata banyak sekali ya manfaat kunyit untuk kesehatan wajah anda. Nah, yang perlu anda perhatikan, perawatan wajah menggunakan kunyit perlu waktu yang lebih lama. Hal ini karena kunyit merupakan bahan alami, sehingga khasiatnya baru terasa apabila anda konsisten menggunakannya.

Baca juga : Mau Sehat saat Hamil? Ikuti 12 Tips Ibu Hamil Sehat Berikut Ini!

Bagaimana? Sudah siap memiliki wajah yang senantiasa segar dan sehat dengan memanfaatkan kunyit? Selain itu, masih banyak manfaat kunyit untuk kesehatan, diantaranya :

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

  1. Dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh
  2. Membantu mengatasi maag
  3. Menigkatkan kinerja otak
  4. Membantu mengurangi nyeri haid
  5. Mengatasi rasa mual
  6. Dapat mengatasi perut kembung
  7. Bisa membantu proses diet sehat
  8. Mencegah diabetes dan bisa mengelola kadar gula darah
  9. Sebagai obat alergi alami
  10. Mencegah pertumbuhan sel kanker
  11. Menawarkan racun ular
  12. Meredakan rasa nyeri
  13. Menyehatkan pencernaan
  14. Mengobati diare dan sembelit
  15. Meredakan demam
  16. Mencegah stress
  17. Mengobati disentri
  18. Membantu pengobatan hepatitis
  19. Mengobati rematik
  20. Merangsang nafsu makan

Demikianlah ulasan tentang manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga pengetahuan ini bermanfaat dan bisa membuat anda sehat di tengah-tengah pandemi seperti saat ini.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *