Ternyata Ini 11 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Sumbersehat.com – Manfaat kunyit putih untuk kecantikan dan kesehatan masih jarang diketahui oleh masyarakat. Orang-orang pastinya lebih mengenal kunyit kuning dibandingkan dengan kunyit putih karena memang keberadaannya yang jarang sekali bisa ditemukan.

Rempah yang berasal dari India dan Indonesia ini dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai penyakit seperti maag, asma, bahkan kanker sekalipun. Kunyit putih juga biasanya dipakai sebagai bumbu untuk menambah cita rasa makanan dan memberikan banyak khasiat kunyit putih untuk kesehatan. Berikut penjelasan lengkapnya!

manfaat kunyit putih

Inilah Khasiat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jarang sekali orang-orang mengetahui manfaat kunyit putih untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mengetahuinya dapat menyimak ulasan di bawah ini:

1. Khasiat Kunyit Putih untuk Mengobati Sakit Maag

Penyakit maag terjadi karena adanya luka yang di lambung yang menyebabkan infeksi. Apabila Anda biasanya mengonsumsi obat-obatan kimia untuk mengatasi sakit maag, kini beralihlah untuk memanfaatkan kunyit putih sebagai obat herbal. Sejak dulu, manfaat kunyit putih sudah dipercaya untuk mengatasi permasalahan pencernaan apabila digunakan sebagai obat herbal alami.

Kunyit putih memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi maag, diantaranya yaitu atsin, gula, saponin, damar, protein toksin, tinanin, dan lain-lain. Apabila bisa mengonsumsinya secara rutin, maka dapat mengurangi keasaman lambung supaya terhindar dari penyakit maag.

2. Manfaat Kunyit Putih untuk Menjaga kesehatan jantung

Khasiat kunyit putih selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Kunyit putih kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seperti potasium zat besi yang berguna dalam membangun sel darah merah. Sementara kandungan kalium didalamnya mampu mengontrol tekanan darah serta denyut jantung.

Karena kandungan-kandungan tersebutlah kunyit putih sangat berkhasiat untuk membantu kesehatan jantung. Supaya dapat memetik manfaat kunyit putih ini, maka konsumsilah rempah tersebut secara rutin dengan catatan dengan takaran yang pas.

3. Khasiat Kunyit Putih untuk Membantu Meredakan Nyeri Haid

Nyeri haid yang dialami wanita seringkali mengganggu atau bahkan menghambat aktivitas keseharian. Apabila Anda ingin meredakan rasa nyeri tersebut dapat memanfaatkan kunyit putih sebagai ramuan herbal.

Manfaat kunyit putih sangatlah mampu membantu meredakan nyeri haid. Sebagai pereda nyeri alami, kunyit putih bekerja dengan cara melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram saat menstruasi. Mengonsumsi kunyit putih sebagai obat herbal alami juga bisa mengurangi hormon yang menimbulkan rasa sakit serta peradangan.

4. Manfaat Kunyit Putih untuk Membantu Menjaga Sistem Pencernaan dari Penyakit

Khasiat kunyit putih sudah terbukti sejak ribuan tahun lalu dapat mengatasi masalah pencernaan pada tubuh kita. Usahakan untuk menyediakan selalu kunyit putih di dapur, agar sewaktu-waktu bisa mengonsumsinya sebagai obat herbal alami.

Apabila rempah ini diolah menjadi minyak esensial kunyit putih, tentu manfaat kunyit putih ini sangat baik untuk kesehatan. Manfaat tersebut diantaranya yaitu mengatasi perut kembung, cacingan, kejang otot, serta penurunan nafsu makan. Bahkan rempah ini mampu melancarkan buang air besar saat sembelit.

5. Khasiat Kunyit Putih untuk Menangkal Racun

Wah, mungkin tidak sampai terpikirkan ya kalau manfaat kunyit putih ini juga dapat sebagai anti racun atau anti toxic. Hal ini dibuktikan dengan manfaat kunyit putih yaitu sebagai penawar bisa ular atau hewan berbisa lainnya. Pasalnya, temu putih memiliki kandungan yang mampu merusak neurotoksin dan enzim yang ada pada racun ular.

Racun ular apabila tidak segera diatasi, maka dapat melumpuhkan tubuh. Cara kerja kunyit putih sebagai anti toxic yaitu dengan menghambat kinerja racun, sehingga racun tidak sampai menyebar ke tubuh lainnya.

6. Manfaat Kunyit Putih untuk Membantu Proses Penyembuhan Kanker

Khasiat kunyit putih lainnya yaitu dapat membantu proses penyembuhan kanker. Hal ini dikarenakan kunyit putih memilikikandungan senyawa ethly pmethocyvinnatate, bidemothxcurcumin, demothxcurcumin, flavonoid, dan kurkuminoid. Dinama kandungan tersebut dipercaya dapat membunuh sel kanker.

7. Khasiat Kunyit Putih Sebagai Anti kanker

Kunyit putih dipercaya dapat menghambat penyebaran kanker dari satu organ ke organ lainnya. Namun, khasiat kunyit putih tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Walaupun demikian, kandungan zat ribosom inacting protein (RIP) didalamnya mampu mencegah memblokir serta menonaktifkan sel kanker dalam tubuh. Hal itu juga dilakukan tanpa merusak sel-sel disekitarnya.

8. Manfaat Kunyit Putih untuk Meringankan Rasa Sakit

Inilah khasiat kunyit putih yang sederhana tetapi sangat berguna dalam keseharian. Kunyit putih dapat mengurangi rasa sakit yang Anda alami, sebab rempah ini mengandung sifat analgesik. Kandungan senyawa curcumenol yang ada pada kunyit putih mampu meredakan rasa sakit lebih baik dibandingkan dengan aspirin.

Kunyit putih juga biasanya digunakan sebagai terapi jangka pendek dimana mampu menekan peradangan. Dengan begitu, tidak ada lagi penyempitan saluran udara. Memang tidak ada dampak tertentu untuk mengonsumsi rempah ini. Namun, disarankan untuk ibu hamil dan menyusui agar mengikuti arahan dokter ketika mengonsumsinya.

9. Khasiat Kunyit Putih untuk Menghambat Proses Penuaan

Ini dia manfaat kunyit putih untuk kecantikan yang dicari-cari oleh wanita. Sebagai seorang wanita tentu ingin wajahnya tetap terlihat awet muda walaupun kulitnya sudah agak berkeriput. Nah, agar wajah terlihat kencang dan tidak berkeriput, Anda bisa menggunakan kunyit putih.

Khasiat kunyit putih dapat membantu menunda timbulnya tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis keriput pada wajah dan bisa menghilangkan flek hitam. Anda penasaran bagaimana cara penggunaanya? tentu sangat mudah.

Caranya yaitu Anda perlu mencampur beberapa sendok makan kunyit putih yang sudah halus dengan air (sedikit saja). Kemudian aduk-aduk hingga mengental sempurna. Setelah itu, Anda bisa mulai mengoleskannya pada area wajah dan leher atau jika ingin bagian lainnya juga bisa.

10. Manfaat Kunyit Putih untuk Membantu Kulit Wajah Agar Lebih Cerah dan Sehat

Khasiat kunyit putih untuk kecantikan berikutnya juga dapat mencerahkan wajah dengan alami dan sehat. Apabila Anda memiliki masalah dengan kulit wajah seperti kusam, maka dapat menggunakan kunyit putih sebagai masker wajah. Kunyit putih memiliki kandungan nutrisi yang baik serta vitamin serta pati sehingga bisa membantu mencerahkan wajah.

Kalau tidak bisa rutin tidak apa-apa, gunakan masker wajah dari kunyit putih 1-2 kali saja dalam seminggu sudah cukup. Setidaknya manfaat kunyit putih ini bisa membuat kulit Anda menjadi lebih cerah dan berseri secara alami.

11. Khasiat Kunyit Putih untuk Mengurangi Jerawat

Setiap wanita pasti tidak ingin memiliki wajah yang berjerawat karena tentu sangat mengganggu penampilan dan rasanya sakit pula. Untuk mengatasinya bisa menggunakan kunyit putih. Rempah ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga manfaat kunyit putih baik untuk membantu membunuh berbagai macam kuman penyebab timbulnya jerawat.

Bagaimana cara menggunakan kunyit putih untuk mengatasi jerawat? caranya yaitu dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Untuk membuatnya dapat mencampurkan sejumput kunyit, air mawar, serta yogurt lalu mengaduknya hingga rata. Oleskan pada bagian wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilaslah dengan air.

Atau dengan menggunakan cara lain juga bisa yaitu menggunakan kunyit putih bubuk yang dicampurkan dengan air perasan lemon. Masker ini bisa diaplikasikan sebelum mandi kemudian diamkan selama 15 menit dan bilaslah dengan air hangat. Agar manfaat kunyit putih untuk kecantikan ini bisa kita dapatkan, maka lakukanlah secara teratur yaitu 2-3 kali seminggu.

Itulah manfaat kunyit putih untuk kesehatan dan kecantikan yang harus Anda ketahui sebagai obat herbal. Semoga bermanfaat!!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat benalu jeruk

8 Manfaat Daun Kemuning sebagai Obat dan Perawatan Kecantikan

sumbersehat.com - Manfaat daun kemuning dikenal banyak dan beragam. Tak hanya bagi kesehatan, tetapi juga kecantikan terutama perawatan kulit dan juga wajah. Daun kemuning terbukti sejak lama telah mendominasi obat tradisional yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *