12 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan dan Kecantikan Alami

sumbersehat.com – Manfaat kunyit hitam mungkin saat ini jarang sekali diketahui oleh masyarakat, mengingat keberadaannya yang dapat dikatakan langka. Berbeda dengan kunyit kuning yang namanya sudah lebih familiar di telinga masyarakat sebagai bumbu dapur dan pengobatan herbal. Walaupun begitu, kunyit hitam juga tidak kalah menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Tanaman kunyit hitam yang berasal dari India ini dapat dijadikan sebagai ramuan herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Apabila tanaman herbal ini dikombinasikan dengan rempah lainnya seperti lada hitam, maka khasiat kunyit hitam akan lebih maksimal. Baik manfaat dalam hal menunjang kesehatan ataupun kecantikan.

manfaat kunyit hitam
manfaat kunyit hitam pic by jelajahinformasisriwijaya

Inilah Khasiat Kunyit Hitam untuk Kesehatan

Anda penasaran apa saja manfaat kunyit hitam? mari simak ulasan yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini:

1. Khasiat Kunyit Hitam untuk Mencegah Kanker

Ternyata penyakit kronis seperti kanker ini dapat dicegah dengan mengonsumsi kunyit hitam. Mengapa bisa demikian? karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kunyit hitam mengandung kurkumin. Kandungan tersebut khasiat kunyit hitam dapat membantu mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor (angiogenesis) dan mengurangi penyebaran kanker (metafisis).

Tidak hanya itu, kandungan kurkumin juga dipercaya mampu membantu mematikan sel kanker di dalam tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui penyakit kanker memiliki resiko kematian yang cukup tinggi. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika mengonsumsi kunyit hitam dengan cara ditumbuk. Dengan begitu manfaat kunyit hitam untuk mencegah dan mengobati kanker bisa diperoleh.

2. Manfaat Kunyit Hitam untuk Melancarkan ASI

Khasiat kunyit hitam yang satu ini tentu sangat dibutuhkan oleh ibu yang memiliki anak yang masih bayi atau dengan usia di bawah 2 tahun. Pasalnya, anak dengan usia tersebut sedang menjalankan program ASI eksklusif. Sehingga mau tidak mau ASI yang lancar menjadi suatu kebutuhan tersendiri.

Apabila Anda ingin melancarkan produksi ASI, maka sang ibu harus mengonsumsi makanan yang bergizi. Tidak hanya itu, ibu juga dapat menambah suplemen kunyit hitam. Supaya produksi ASI ibu menjadi semakin lancar dan berkualitas. Jika ASI ibu mengalir dengan lancar, maka tumbuh kembang anak pun juga akan pesat.

3. Khasiat Kunyit Hitam untuk Mengobati Cacingan

Cacingan merupakan salah satu permasalahan yang seringkali terjadi pada anak-anak, akibatnya nafsu makan anak menjadi berkurang. Apabila hal ini tidak segera diobati, maka dapat mempengaruhi tumbuh kembang sang anak. Untuk mengobatinya, Anda dapat memanfaatkan kunyit hitam sebagai obat herbal dan tradisional.

Sebab, manfaat kunyit hitam dapat membantu mengatasi masalah cacingan. Caranya yaitu Anda dapat membuat jamu dan jangan lupa untuk menambahkan kunyit hitam sebagai campuran. Berikan kepada anak untuk diminum secara rutin sampai masalah cacingan sudah teratasi.

4. Manfaat Kunyit Hitam untuk Mengatasi Sakit Maag

Maag biasanya terjadi karena pola hidup kita yang sendiri yang salah atau kebiasaan buruk yang dianggap sepele. Contohnya seperti telat makan, makan terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, banyak minum minuman kafein, soda, dan lain sebagainya.

Salah satu khasiat kunyit hitam ialah dapat membantu mengatasi maag. Mengapa demikian? karena zat yang terkandung didalamnya mampu menetralisir asam lambung sehingga bisa mencegah dan meredakan sakit maag.

5. Khasiat Kunyit Hitam untuk Melancarkan Haid

Anda pasti tau khususnya perempuan bahwa terdapat produk minuman untuk membantu melancarkan haid. Bahan baku pembuatan produk tersebut ialah dari tanaman herbal salah satunya ialah kunyit. Baik itu kunyit kuning ataupun kunyit hitam.

Manfaat kunyit hitam sangat luar biasa yaitu mampu mengontrol siklus menstruasi, menghindari warna darah yang tidak normal, dan mencegah PMS. Selain itu khasiat yang paling penting ialah dapat menormalkan jumlah darah keluar saat mengalami haid.

6. Manfaat Kunyit Hitam untuk Mengatasi Kulit Gatal

Khasiat kunyit hitam berikutnya adalah dapat mengatasi kulit gatal entah itu disebabkan oleh bakteri ataupun karena cuaca yang kurang bersahabat. Untuk membantu mengatasinya, Anda dapat menggunakan tanaman kunyit hitam sebagai obat tradisional.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan anti inflamasi yang dimiliki kunyit hitam sehingga dapat membantu mengatasi kulit gatal. Tidak hanya itu, manfaat kunyit hitam juga dapat dijadikan sebagai anti radang untuk kulit yang gatal.

7. Khasiat Kunyit Hitam untuk Mencegah Alzheimer

Penyakit alzheimer atau dapat dikatakan pikun ini sebenarnya masih belum ada pengobatan yang ampuh untuk mencegahnya. Namun, apabila Anda ingin mencegahnya, maka dapat menggunakan tanaman kunyit hitam.

Karena rempah ini memiliki kandungan kurkumin yang bisa membantu mencegah terjadinya alzheimer. Agar manfaat kunyit hitam ini dapat Anda dapatkan, Anda perlu mengonsumsinya secara teratur dan secukupnya saja, jangan berlebihan.

Khasiat Kunyit Hitam untuk Kecantikan

Adapun manfaat kunyit hitam untuk kecantikan adalah:

1. Khasiat Kunyit Hitam untuk Menjaga kulit agar Tetap Lembab

Semua wanita pasti ingin kulitnya terutama kulit wajahnya tetap terjaga kelembaban dan kesehatannya. Nah, salah satu manfaat kunyit hitam untuk kecantikan ini adalah dapat membantu melembabkan wajah. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi.

2. Manfaat Kunyit Hitam untuk Menghaluskan Kulit

Apabila labu air memiliki khasiat menghaluskan kulit dengan cara membantu mengenyalkan kulit dan meningkatkan kadar kolagen dalam kulit. Justru khasiat kunyit hitam ini sedikit berbeda yaitu menghaluskan kulit dengan cara mengeliminasi bintik-bintik merah yang biasanya dialami sebagian orang.

Manfaat kunyit hitam ini dapat mengeliminasi bintik-bintik merah seperti ruam, bercak, atau radang kulit baik itu kulit luar maupun dalam. Dimana hal tersebut tentu saja dapat mengganggu penampilan fisik dan berpotensi membuat seseorang tidak percaya diri.

3. Khasiat Kunyit Hitam untuk Membuat Wajah Terlihat Awet Muda

Walaupun tanaman kunyit hitam tidak mudah untuk ditemukan karena kelangkaannya, tetapi khasiat rempah ini tidak dapat diragukan lagi. Salah satu manfaat kunyit hitam yaitu dapat menghambat penuaan hingga beberapa dekade.

Hal tersebut tidak lepas dari kandungan antioksidan yang dimiliki kunyit hitam sangatlah tinggi. Apabila penuaan pada wajah dapat terhambat, maka wajah akan terlihat lebih muda.

4. Manfaat Kunyit Hitam untuk Membantu Merelaksasi Sel-sel Kulit

Manfaat kulit hitam lainnya ialah dapat membantu merelaksasi sel-sel kulit Anda. Sebagian orang mungkin merasa tegang dalam menjalankan aktivitas keseharian. Untuk mengatasinya maka dapat dengan melakukan relaksasi selama beberapa saat. Namun, jika Anda adalah orang yang tidak memiliki waktu untuk melakukannya, maka kunyit hitam dapat digunakan sebagai alternatifnya.

Khasiat kunyit hitam berperan dalam membantu merelaksasikan sel-sel kulit supaya menjadi lebih tenang dan rileks. Selain membuat kita menjadi tenang, juga bermanfaat untuk membuat kulit terhindar dari jerawat dan penyakit kulit lainnya.

5. Khasiat Kunyit Hitam Sebagai Alternatif Aksesoris Wanita

Inilah manfaat kunyit hitam yang cukup unik yaitu dapat dijadikan sebagai alternatif aksesoris wanita. Apabila Anda merasa bosan mengenakan aksesoris dari perhiasan emas, perak, tembaga, dan lain sebagainya, maka dapat memanfaatkan tanaman kunyit hitam.

Anda dapat mengeringkan kunyit hitam dan memanfaatkan sebagai alternatif aksesoris untuk mempercantik penampilan diri. Bunganya juga sangat cantik, cocok jika melekat di kepala Anda sebagai jepit rambut Tentu hal ini sangat menarik untuk Anda coba karena selain dapat mempercantik diri juga dapat melatih kreativitas.

Itulah manfaat kunyit hitam yang jarang diketahui banyak orang, padahal manfaatnya luar biasa sekali bukan? baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Untuk kesehatan Anda dapat mengolahnya sebagai makanan atau air rebusan kunyit hitam sementara untuk kecantikan dapat menjadikannya sebagai masker wajah.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *