11 Manfaat Kumis Kucing, Tanaman Cantik Segudang Manfaat

By

sumbersehat.com – Ada banyak sekali manfaat kumis kucing bagi kesehatan tapi masih banyak yang tidak mengetahuinya. Kumis kucing merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang mudah kita temukan di lingkungan sekitar. Tampilan mirip wajah kucing dengan benang sari memanjang sampai keluar bunga menjadi alasan penamaan tanaman ini. Selain sebagai tanaman hias, kumis kucing sering ditanam dengan tujuan digunakan sebagai obat alami.

Zat-zat kimia maupun nutrisi dalam kumis kucing bisa mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit. Negara dengan iklim tropis seperti Indonesia sangat cocok ditumbuhi kumis kucing. Maka Anda bisa dengan mudah mencari atau bahkan menanam sendiri tanaman keren ini. Agar Anda tidak semakin penasaran dengan manfaat kumis kucing bagi kesehatan, yuk ikuti ulasan berikut.

manfaat kumis kucing
manfaat kumis kucing

Inilah Khasiat Kumis Kucing Mampu Melindungi Anda dari Penyakit


Sebelum mulai menanam kumis kucing, lebih baik pelajari dulu bermacam-macam manfaat kumis kucing yang akan Anda peroleh:

1. Khasiat Kumis Kucing untuk Mengobati Batuk

Berdasarkan penelitian, kumis kucing mengandung zat kimia dengan fungsi antibakteri. Kandungan kumis kucing ini salah satunya dapat menghancurkan bakteri penyebab batuk. Kumis kucing dipercaya mampu menyembukan gejala batuk kita alami.

Anda dapat merasakan manfaat kumis kucing ketika batuk menyerang dengan meminum air rebusan daun kumis kucing. Cara mengolah kumis kucing untuk mengobati batuk cukup rebus 15-20 gram daun kumis kucing ke dalam segelas air mendidih. Lalu minum air hasil rebusan tiga kali sehari.

2. Manfaat Kumis Kucing untuk Menyembuhkan Gangguan Nafas

Pada beberapa kasus, batuk sering diiringi dengan sesak nafas. Namun terkadang sesak nafas bisa tiba-tiba terjadi terutama pada pengidap asma. Manfaat kumis kucing tidak hanya untuk menyembuhkan batuk melainkan sekaligus meredakan sesak nafas termasuk sesak nafas akibat asma.

Cara mengolah kumis kucing sebagai obat sesak nafas biasanya dengan mencampurkan tanaman herbal lain. Tambahkan kunyit dan jahe saat membuat ramuan daun kumis kucing agar manfaatnya semakin maksimal.

3. Khasiat Kumis Kucing untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Methylripariochromene A (MRC) adalah zat kimia yang ditemukan pada daun kumis kucing. Berbagai penelitian menunjukkan kandungan kumis kucing ini memiliki aktivitas antihipertensi. MRC mendorong garam dalam tubuh keluar melalui urin. Sebab itulah dalam pengobatan tradisional, kumis kucing efektif menyembuhkan darah tinggi.

Jadi apabila tekanan darah Anda sering terlalu tinggi, air rebusan daun kumis kucing bisa menjadi pilihan obat yang jitu. Hipertensi tidak boleh diremehkan begitu saja karena bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.
Manfaat Kumis Kucing untuk Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti rasa nyeri ketika kencing sampai adanya darah dalam air seni. Penyakit ini terjadi saat sistem kemih terinfeksi bakteri atau mungkin juga virus, jamur, dan mikroba. Perempuan lebih rentan mengidap infeksi saluran kemih.

Kumis kucing ampuh membersihkan traktat dalam tubuh. Selain itu kumis kucing juga memberikan efek relaksasi pada dinding pembuluh darah di area kandung kemih. Manfaat kumis kucing inilah yang dapat menyembuhkan dan mencegah infeksi saluran kemih.

4. Khasiat Kumis Kucing untuk Menyembuhkan Batu Ginjal

Kumis kucing kerap disebut sebagai peluru bagi batu ginjal dan memiliki manfaat diuretik. Gumpalan penyebab batu ginjal dapat dicegah pembentukannya oleh kandungan kumis kucing. Tidak hanya mencegah, meminum air rebusan daun kumis kucing diyakini dapat menghancurkan batu ginjal yang bersarang dalam tubuh.

5. Manfaat Kumis Kucing Mengobati Diabetes Melitus

Diabetes melitus disebut juga kencing manis karena air kencing penderitanya mengandung gula. Tingginya kadar gula darah dalam tubuh menjadi penyebab kondisi ini. Proses kerja kumis kucing dalam mengontrol gula darah adalah dengan meningkatkan ekskresi glukosa sehingga gula darah dapat dikeluarkan dari tubuh.

Selain itu, kandungan kumis kucing juga mampu menghalangi aktivitas enzim penghidrolisis karbohidrat. Oleh sebab itu, kumis kucing bagus dijadikan alternatif dalam pengobatan diabetes melitus atau kencing manis. Manfaat kumis kucing dalam pencegahan dan penyembuhan kencing manis tidak kalah dengan obat jenis lainnya.

6. Khasiat Kumis Kucing untuk Mengatasi Rematik

Manfaat kumis kucing selanjutnya berkaitan dengan penyakit sendi. Peradangan pada otot atau sendi mengakibatkan rematik. Hal ini menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian otot atau sendi tertentu. Orthosiphon aristatus alias kumis kucing mempunyai kemampuan menyembuhkan peradangan termasuk peradangan pada otot dan sendi sehingga mampu menyembuhkan penyakit ini.

7. Manfaat Kumis Kucing untuk Menghilangkan Racun dari Tubuh

Kumis kucing merupakan tanaman dengan kemampuan detoksifikasi. Tanaman dengan nama lain Javaplant ini manjur membersihkan racun yang mengancam kesehatan. Keracunan makanan akibat bakteri staphylococcus aureus juga dapat diatasi oleh zat yang dikandung kumis kucing.

8. Khasiat Kumis Kucing untuk Mengobati Gatal Akibat Alergi

Saat mengalami alergi, gejala yang paling sering muncul di antaranya adalah gatal-gatal. Rasakan manfaat kumis kucing untuk solusi atas masalah ini. Kandungan kumis kucing berupa zat antijamur dan antibakteri membantu meredakan rasa gatal akibat alergi.

9. Manfaat Kumis Kucing untuk Membersihkan Wajah dari Kotoran

Khasiat kumis kucing bukan hanya bekerja pada kesehatan organ dalam tubuh melainkan juga pada kecantikan wajah. Zat anti inflamasi yang ada dalam kumis kucing bisa menghilangkan peradangan jerawat. Jika kulit wajah Anda menghasilkan minyak berlebih penyebab jerawat dan noda, maka kumis kucing dapat membantu Anda menangani masalah tersebut.

10. Khasiat Kumis Kucing untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Anda pernah mendengar istilah imunomodulator? Istilah ini berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh kita alias imun. Nah, kumis kucing termasuk tanaman dengan khasiat imunomodulator atau penjaga keseimbangan imun. Sifat antioksidan dari senyawa flavonoid berperan sebagai pemberi stimulus untuk sistem imun. Ekstrak kumis kucing mampu menjaga sistem imun tubuh sehingga kita terlindungi dari penyakit.

11. Manfaat Kumis Kucing untuk Meredakan Masuk Angin

Beraktivitas di luar rumah saat malam hari rentan menyebabkan masuk angin. Cuaca dingin terutama ketika musim hujan tiba juga dapat memicu masuk angin. Sebenarnya, tidak ada penyakit masuk angin dalam dunia medis. Meski begitu, gejala berupa badan pegal-pegal, perut kembung, mual, pusing, dan diare tentu membuat tidak nyaman. Saat Anda terserang masuk angin, meminum air rebusan daun kumis kucing merupakan solusi yang efektif.

Itulah sebelas khasiat kumis kucing untuk menjaga kesehatan dengan bahan alami. Secara keseluruhan tanaman kumis kucing mempunyai berbagai macam kandungan senyawa kimia. Beberapa kandungan kumis kucing di antaranya adalah flavonoid, Methylripariochromene A, saponin, terpenoid, alkaloid, asam ursolat, asam rosmarinat, asam oleaniat.

Semua kandungan kumis kucing di atas menjadikan tanaman ini populer sebagai tanaman pengobatan herbal. Anda bisa menumbuk daun kumis kucing sebelum merebusnya sebagai variasi cara mengolah kumis kucing. Hasil tumbukan daun kumis kucing juga dapat dibalurkan ke bagian tubuh yang terkena infeksi jamur.

Meski mempunyai begitu banyak manfaat kumis kucing, Anda tetap harus memperhatikan dosis penggunaan kumis kucing. Terutama jika Anda sedang hamil atau menyusui, maka perlu untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar