11 Manfaat Kulit Pisang, Nomor 6 Wajib Anda Simak dengan Baik!

sumbersehat.com – Manfaat kulit pisang dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan sebagai obat alami. Buah yang satu ini tergolong buah yang sangat lezat, mudah dijumpai dan digemari banyak orang dari berbagai kalangan. Ya, buah tersebut adalah buah pisang yang sangat bagus untuk kesehatan. Terkenal akan seratnya yang tinggi, vitamin A, B 6, C, hingga mangan dan masih banyak lagi.

Buah pisang biasanya dikonsumsi dengan beraneka macam cara, mulai dari dimakan langsung ataupun dibuat olahan. Seperti dipanggang, dikukus, hingga dijadikan sale pisang untuk oleh-oleh dan cemilan. Yang disayangkan adalah orang-orang akan membuang begitu saja kulit pisang.

manfaat kulit pisang
manfaat kulit pisang

Inilah Manfaat Kulit Pisang yang Harus Anda Ketahui

Dalam artikel kali ini kita akan mengupas khasiat kulit pisang yang sangat luar biasa bagi kesehatan, di antaranya:

1. Membantu Menghilangkan Rasa Gatal

Manfaat kulit pisang yang pertama yaitu bahwasanya kulit pisang dapat membantu menghilangkan rasa gatal karena gigitan serangga. Seringkali ketika kita tidak sengaja digigit oleh serangga, efek setelahnya kulit akan terasa gatal. Untuk menghilangkan rasa gatal tersebut, Anda dapat memijat kulit yang gatal dengan menggunakan bagian dalam kulit pisang.

2. Membantu Melancarkan BAB (Buang Air Besar)

Khasiat kulit pisang selanjutnya sangat cocok bagi Anda yang sering bermasalah dengan BAB. Kandungan serat tidak hanya terdapat dalam buah pisang, akan tetapi di bagian kulitnya juga. Ketika BAB tidak lancar, alangkah baiknya memakan buah pisang beserta dengan kulitnya.
Jika Anda belum terbiasa mengonsumsi pisang beserta dengan kulitnya, Anda bisa memblendernya. Cara ini lebih efektif dan Anda tidak akan merasa aneh telah memakan kulit pisang.

3. Pemutih Gigi Alami

Memiliki gigi yang berwarna kuning terkadang membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri ketika berhadapan dengan orang lain. Apalagi jika Anda bekerja yang mengharuskan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Memiliki gigi yang putih dapat menambah kepercayaan diri sekaligus memperlancar interaksi dengan orang lain.

Manfaat kulit pisang untuk gigi ini tidak banyak yang tahu. Karena biasanya kebanyakan orang yang ingin memiliki gigi yang putih lebih memilih menggunakan zat pemutih keras. Padahal ada pilihan yang lebih mudah dan aman, yakni menggunakan kulit pisang. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda cukup menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigi. Lakukan kegiatan ini setiap hari secara konsisten selama 2 minggu berturut-turut. Hasilnya memang tidak instan, Anda harus melakukannya secara disiplin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Membantu Membuat Kulit Lebih Sehat

Antioksidan merupakan zat yang sangat bagus untuk kulit karena membuat kulit menjadi lebih sehat. Nah, kandungan antioksidan yang tinggi juga terdapat di dalam kulit pisang. Tak heran jika banyak orang yang mencari di internet tentang manfaat kulit pisang untuk kesehatan kulit.
Tak hanya membuat kulit lebih sehat, kulit pisang juga dapat membantu mengurangi kerutan. Caranya yaitu cukup dengan menggosok kulit pisang langsung pada area kulit yang diinginkan. Lalu diamkan selama 30 menit, kemudian basuh dengan menggunakan air bersih.

Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk menjadikan kulit lebih sehat dan lembab. Yaitu dengan cara membuat kulit pisang ditumbuk menjadi berbentuk seperti pasta. Aduk pasta kulit pisang bersama dengan kuning telur. Oleskan pada area wajah atau kulit yang diinginkan selama 5 menit, kemudian basuh dengan menggunakan air bersih.

5. Membantu Para Penderita Insomnia

Bagi Anda yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, manfaat kulit pisang kali ini wajib Anda simak. Di dalam kulit pisang terdapat suatu bahan kimia alami yang dapat membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Kandungan lain di dalam kulit pisang yaitu adanya serotonin yang membantu tubuh lebih rileks.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda tidak diharuskan untuk mengonsumsinya. Cukup dengan menggosok bagian dalam kulit pisang pada kulit sebelum tidur selama 5 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih dan dilap dengan menggunakan handuk kering.

6. Membantu Melindungi Mata dari Radikal Bebas

Banyak dari Anda mungkin sering mengalami masalah pada mata, salah satunya yaitu mata panda. Manfaat kulit pisang untuk mata panda sangat cocok jika Anda sering mengalaminya. Caranya yaitu dengan menggosok kulit pisang di area sekitar mata selama 2-5 menit sebelum tidur, kemudian membilasnya dengan air bersih.

Lutein adalah zat antioksidan yang terdapat di dalam kulit pisang yang membantu menetralkan radikal bebas. Ketika radikal bebas tersebut dapat dinetralkan, maka mata akan terlindung dari radiasi UV yang berbahaya. Kebutuhan akan lutein yang tercukupi akan membantu mengurangi risiko katarak ataupun degenerasi makula.

7. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan memperbanyak mengonsumsi serat. Seperti yang sudah kita bahas di atas, serat tak hanya terdapat dalam buah pisang, akan tetapi juga pada kulitnya. Jadi, jika Anda membuang kulit pisang begitu saja, Anda telah membuang kesempatan untuk tubuh mendapatkan lebih banyak serat.

Kandungan serat yang banyak pada tubuh mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran tubuh. Kemudian kolesterol keluar dari tubuh dalam bentuk limbah, sehingga kadar kolesterol akan turun dengan sendirinya.

8. Membantu Mengatasi Jerawat

Masalah wajah yang satu ini sering dialami oleh kebanyakan orang yang berusia remaja hingga dewasa, yaitu jerawat. Manfaat kulit pisang kali ini sangat tepat bagi Anda yang saat ini sedang mengalami hal tersebut. Anda dapat menggunakan kulit pisang sebagai masker alami wajah.

Dengan cara menggosok bagian dalam kulit pisang secara merata pada wajah. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas wajah Anda menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan masker kulit pisang ini dengan rutin dan disiplin.

9. Membantu Meningkatkan Sistem Imun (Kekebalan Tubuh)

Bakteri probiotik di usus besar salah satunya diciptakan karena adanya asupan serat yang tinggi ke dalam tubuh. Ketika bakteri probiotik di dalam tubuh tercukupi, maka proses detoksifikasi akan berjalan lebih lancar. Dampaknya adalah sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih baik. Dengan mengetahui manfaat kulit pisang yang satu ini, Anda akan berpikir dua kali untuk membuang kulit pisang.

10. Membantu Dalam Pembentukan Otot

Manfaat kulit pisang untuk pembentukan otot sangat jarang diketahui banyak orang. Pasalnya, di dalam kulit pisang terdapat kalium dan elektrolit yang sangat baik untuk pembentukan otot. Bahkan zat tersebut sangat bermanfaat juga untuk metabolisme tubuh dan mengatur asam basa dalam tubuh.

11. Sel Kulit Mati Terangkat dengan Masker Kulit Pisang

Tidak hanya menghilangkan jerawat, manfaat kulit pisang untuk wajah lainnya yaitu dapat mengangkat sel kulit mati. Cara penggunaannya sama seperti ketika Anda bertujuan untuk menghilangkan jerawat. Yakni dengan cara memanfaatkan kulit pisang sebagai masker wajah.

Nah itulah beberapa manfaat kulit pisang bagi kesehatan yang jarang diketahui kebanyakan orang. Selama ini kita lebih sering menyia-nyiakan kulit pisang begitu saja, padahal ada segudang manfaat di dalamnya. Kini setelah Anda mengetahui khasiat kulit pisang, Anda akan lebih cermat dan cerdas dalam memanfaatkan kulit pisang bukan?

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *