Ketahui 6 Manfaat Kulit Lidah Buaya yang Ternyata Luar Biasa

sumbersehat.com – Manfaat kulit lidah buaya sepertinya akan sedikit sulit Anda temukan di berbagai artikel unggulan yang muncul pada search engines. Hal yang lebih sering dibicarakan adalah misalnya rekomendasi skincare dengan kandungan Aloe vera atau manfaat lidah buaya untuk kesehatan. It’s okay, di sini kita akan membahas tentang kulit lidah buaya secara luas serta mengarah pada aplikasinya.

Bagian dari spesies tanaman Aloe vera ini yang lebih dikenal khasiatnya oleh masyarakat umum adalah daging daunnya. Bagian kulit yang berwarna hijau pekat biasanya dibuang begitu saja setelah dimanfaatkan lendir atau daging daun secara konvensional. Tahukah Anda bahwa manfaat kulit lidah buaya mengandung satu senyawa yang memiliki banyak peran untuk kesehatan tubuh dan hal – hal lainnya? Simak ulasan di bawah.

manfaat kulit lidah buaya
manfaat kulit lidah buaya

Inilah 6 Khasiat Kulit Lidah Buaya yang Penting Diketahui

Cara berpikir kita tentang kegunaan suatu objek sebaiknya terus – menerus berkembang. Demikian juga dengan manfaat kulit lidah buaya yang ternyata tak hanya bisa dirasakan oleh manusia, loh. Simak uraian berikut, yuk!

1. Khasiat Kulit Lidah Buaya Sebagai Pakan Ternak

Kulit Aloe vera dapat dimanfaatkan sebagai pakan tambahan atau feed additive hewan ternak, baik unggas maupun ruminansia. Tentu saja ada penelitian khusus yang menyimpulkan bahwa terdapat keistimewaan dari tanaman berlendir ini. Salah satu keistimewaan tersebut yang pernah disebutkan dalam hasil penelitian adalah kemampuannya meningkatkan efisiensi penggunaan energi melalui penurunan emisi metan.

Hebatnya lagi, pemberian suplemen daun lidah buaya ini akan bekerja lebih efektif ketika dicampur dengan ransum berkualitas kurang baik. Terlihat sekali manfaat kulit lidah buaya, bukan? Para peternak dapat meningkatkan efisiensi hasil produksi dengan menekan biaya pakan. Perlu diingat bahwa kulit lidah buaya ini diperlukan pengolahan sebelum diberikan pada ternak. Proses yang umum dilakukan adalah ekstraksi dengan bantuan berbagai pelarut.

2. Manfaat Kulit Lidah Buaya untuk Menghambat Pertumbuhan Jamur Penyebab Keputihan

Riset yang dilakukan untuk mengetahui khasiat kulit lidah buaya kali ini dilakukan secara in vitro, yang artinya ‘di dalam kaca’ pada Bahasa Latin. Maksudnya adalah bahwa penelitian ini tidak secara langsung diaplikasikan pada makhluk hidup, melainkan dengan media berbahan kaca. Jenis jamur dalam penelitian adalah Candida albicans yang merupakan tokoh utama penyebab penyakit Kandidiasis atau lebih dikenal sebagai keputihan pada wanita.

Tak sedikit kaum hawa yang merasa terganggu dengan siklus alami pada organ reproduksi mereka. Keputihan ini pada dasarnya berperan dalam membersihkan serta menjaga kelembaban organ kewanitaan. Salah satu penyebab yang menjadikan keputihan sebagai masalah bagi sebagian wanita adalah tumbuhnya jamur Candida albicans. Maka dari itu, manfaat kulit lidah buaya dalam hal ini menjadi sangat perlu diketahui.

Pertumbuhan Candida albicans ternyata dapat dihambat pertumbuhannya melalui pemberian ekstrak kulit Aloe vera. Hal tersebut disampaikan dalam hasil penelitian, yang juga menyatakan kesimpulan menarik lainnya. Kesimpulan yang dimaksud adalah bahwa zona hambat pertumbuhan Candida albicans berbanding lurus dengan tingginya konsentrasi ekstrak kulit lidah buaya. Luar biasa sekali khasiat kulit lidah buaya ini, ya?

3. Khasiat Kulit Lidah Buaya untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Masih berlandaskan pada hasil penelitian, manfaat kulit lidah buaya pada poin ini hampir sama dengan manfaat daging Aloe vera. Telah menjadi rahasia umum bahwa lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka karena terkandung khasiat antiinflamasi. Tak hanya luka bakar, tetapi juga luka insisi yang disebabkan benda tajam. Penelitian kali ini menggunakan probandus kelinci dan ekstrak Aloe vera.

Sama dengan poin sebelumnya, khasiat kulit lidah buaya akan diperoleh melalui proses ekstraksi terlebih dahulu. Penelitian tentang pengaruh ekstrak kulit lidah buaya tersebut dilakukan selama 14 hari. Kesimpulan yang diperoleh adalah pernyataan bahwa ekstrak lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka insisi pada kulit kelinci. Namun demikian, penelitian – penelitian lain tetap harus dilakukan agar ilmu yang ada senantiasa berkembang.

4. Manfaat Kulit Lidah Buaya Sebagai Bahan Inhibitor Tirosinase Alami

Khasiat kulit lidah buaya lainnya berhubungan dengan dunia kosmetika. Tak asing lagi bahwa ada salah satu senyawa yang paling dikecam keras karena terkandung dalam komposisi bahan pembuatan kosmetik, yaitu merkuri. Namun bukan senyawa merkuri yang akan kita bahas kali ini, melainkan bahan alami berupa ekstrak kulit lidah buaya. Yap, ternyata kulit lidah buaya memiliki kelompok senyawa ajaib yang berperan pada kesehatan kulit.

Kelompok senyawa yang dimaksud sebelumnya adalah polifenol. Berdasarkan hasil penelitian, polifenol ini merupakan kelompok terbesar inhibitor tirosinase. Apa itu inhibitor tirosinase? Menurut ahli, inhibitor tirosinase merupakan inhibitor yang memiliki fungsi menekan produksi melanin pada kulit. Melanin yang merupakan pigmen utama warna kulit akan berpotensi memunculkan noda gelap pada kulit jika terpapar sinar UV.

Ekstraksi polifenol dari kulit Aloe vera dapat dilakukan menggunakan beberapa pelarut. Penelitian menyebutkan bahwa hasil ekstraksi kulit lidah buaya dengan kadar inhibitor tirosinase paling tinggi adalah yang menggunakan pelarut etil asetat. Urutan kedua dan seterusnya adalah etanol, metanol dan aquabides. Tidakkah manfaat kulit lidah buaya yang satu ini sangat keren?

5. Khasiat Kulit Lidah Buaya untuk Menghambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab Jerawat dan Bisul

Bakteri Staphylococcus aureus memang tidak secara spesifik menyebabkan tumbuhnya bisul dan jerawat. Namun, infeksi jenis bakteri ini sering diasosiasikan dengan sejumlah kondisi patologi, seperti; pneumonia, meningitis, bisul dan jerawat. Tahukan Anda bahwa manfaat kulit lidah buaya salah satunya adalah menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.

Sama halnya dengan penelitian pada bahasan sebelumnya, kulit lidah buaya perlu diekstraksi terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada perlakuan. Berapakah konsentrasi ekstrak kulit lidah buaya dengan hasil terbaik? Jawabannya adalah 100%. Yap, pada konsentrasi tersebut ekstrak kulit lidah buaya menunjukkan zona hambat terluas. Anda dapat mulai menggunakan khasiat kulit lidah buaya dengan bijak dan harus berdasar pada hasil riset mendalam, ya!

6. Manfaat Kulit Lidah Buaya untuk Menghambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab Diare Berdarah

Bakteri yang dimaksud pada poin ini adalah Escherichia coli, atau yang biasa disebut E-coli. Sudah tidak asing lagi, bukan? Well, menurut sumber referensi terpercaya, kebanyakan bakteri jenis ini tidak berbahaya dan bahkan dapat ditemukan pada usus besar manusia. Namun demikian, ada beberapa tipe Escherichia coli yang berpotensi menyebabkan keracunan pada manusia.

Diare berdarah merupakan salah satu dampak yang ditimbulkan dari paparan bakteri Escherichia coli yang tak baik. Biasanya ditemukan pada daging yang belum masak. Manfaat kulit lidah buaya berdasarkan hasil penelitian ternyata salah satunya adalah menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli. Daya hambat tertinggi diperoleh pada konsentrasi ekstrak lidah buaya 75%.

Baiklah, kini telah Anda ketahui beberapa manfaat kulit lidah buaya dari kacamata berbagai sudut. Tak hanya manusia, tetapi juga makhluk hidup lain yang ada di sekitar kita. Oleh karena sedikitnya referensi dari bahasan kali ini, silakan lakukan riset tambahan untuk memperoleh referensi lebih. Dengan demikian, pengetahuan dan wawasan Anda tentang manfaat tumbuhan herbal dapat senantiasa bertambah.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat benalu jeruk

Mengulik 5 Manfaat Benalu Jeruk untuk Berbagai Macam Penyakit

sumbersehat.com - Selain sebagai tumbuhan parasit ternyata manfaat benalu jeruk terbilang cukup banyak. Bahkan, benalu jeruk dapat mengatasi penyakit kanker ganas yang ditakuti banyak orang. Benalu jeruk merupakan tumbuhan parasit yang hidup menempel di pohon jeruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *