Simak 15 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal!

sumbersehat.com – Manfaat ketumbar biasanya diketahui oleh masyarakat sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa masakan. Namun, ternyata dibalik kegunaannya untuk masakan, ketumbar juga menyimpan segudang manfaat lainnya baik untuk kesehatan maupun untuk mengobati berbagai penyakit.

Tidak hanya itu, rempah ini juga dijadikan sebagai salah satu bahan baku pembuatan parfum bahkan juga untuk aromaterapi. Sebab, aroma yang dimiliki ketumbar begitu harum serta bisa mampu membuat otak menjadi rileks. Apabila ingin menggunakan manfaat ketumbar untuk diet, menjaga kesehatan dan mengobati penyakit, biasanya dijadikan sebagai air ketumbar terlebih dahulu.

Manfaat ketumbar
Manfaat ketumbar

Inilah Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan dan Mengobati Penyakit

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, ketahui inilah beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan dan mengobati penyakit:

1. Khasiat ketumbar untuk menjaga kesehatan otak serta daya ingat

Berkat adanya sifat anti inflamasi yang dimiliki oleh ketumbar, bisa membantu melindungi otak dari agar tidak mengalami alzheimer dan parkinson. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kandungan antioksidan serta ekstrak ketumbar juga bisa melindungi dari kerusakan saraf. Tidak hanya itu, manfaat ketumbar juga dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Sehingga kecil kemungkinan bagi seseorang yang mengonsumsi air ketumbar dapat mengalami penyakit alzheimer.

2. Manfaat ketumbar untuk mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit ataupun cacingan dapat diatasi dengan menggunakan rempah ketumbar. Hal ini dikarenakan antioksidan yang terkandung didalamnya dapat memproduksi enzim pencernaan dan membantu pergerakan usus. Sehingga khasiat ketumbar mampu. mengobati permasalahan pada sistem pencernaan.

3. Khasiat ketumbar untuk menambah nafsu makan

Apabila Anda atau keluarga Anda memiliki nafsu makan yang kurang, maka salah satu solusinya ialah dengan mengonsumsi air rebusan ketumbar. Adanya manfaat ketumbar yang satu ini dikarenakan beberapa kandungan dalam rempah ini berkhasiat untuk membantu meningkatkan nafsu makan.

4. Manfaat ketumbar untuk mengurangi resiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang memiliki resiko tinggi terhadap kematian. Tentu Anda tidak ingin terkena penyakit kanker bukan? oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mulai sekarang mengonsumsi ketumbar.

Khasiat ketumbar yang satu ini bekerja dengan cara mencegah terbentuknya HCA (heterocylic amine) saat Anda memasak daging. HCA sangat tidak baik untuk kesehatan karena bisa meningkatkan resiko penyakit kanker. Untuk HCA itu sendiri merupakan suatu zat kimia yang akan terbentuk bilamana daging dimasak dengan suhu yang tinggi.

5. Khasiat ketumbar untuk menyembuhkan infeksi jamur

Ketumbar memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang mampu membantu mencegah melawan infeksi baik karena bakteri ataupun jamur. Selain itu, senyawa antimikroba di dalam ketumbar dapat menangkal penyakit yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang tidak higienis.

6. Manfaat ketumbar untuk menyembuhkan keputihan

Beberapa wanita mungkin pernah mengalami keputihan atau bahkan ada beberapa juga yang sering. Pastinya hal tersebut dapat membuat Anda risih dan merasa tidak nyaman. Namun, Anda tidak perlu risau lagi karena salah satu khasiat ketumbar ialah dapat membantu menyembuhkan keputihan. Agar manfaat ketumbar ini bisa diperoleh, maka Anda perlu mengonsumsi air rendaman ketumbar.

7. Khasiat Ketumbar untuk mencegah penyakit anemia

Manfaat ketumbar kali ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita anemia. Pasalnya, ketumbar memiliki kandungan zat besi yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan energi, kekuatan, dan meningkatkan kesehatan tulang.

8. Manfaat Ketumbar untuk mengobati mata merah

Karena adanya kandungan antioksidan tinggi yang ada di dalam ketumbar, membuat khasiat ketumbar ini bisa membantu mengobati mata merah. Tidak hanya itu, apabila terjadi infeksi lainnya pada bagian mata, Anda juga bisa menanganinya dengan menggunakan ketumbar.

Lantas, bagaimana cara mengambil manfaat ketumbar untuk mata ini? tentu saja sangat mudah. Anda dapat merebus biji ketumbar terlebih dahulu sampai mendidih, lalu tunggu beberapa menit hingga airnya dingin. Gunakan air rebusan ketumbar tersebut untuk mencuci mata Anda.

9. Khasiat ketumbar untuk diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, rempah ketumbar ini sangat cocok untuk dijadikan tambahan dalam menu makanan diet sehari-hari. khasiat ketumbar untuk diet bisa Anda peroleh dengan cara menambahkannya ke dalam olahan acar, sayuran panggang, dan lain sebagainya.

Selain itu, daun ketumbar juga bermanfaat untuk mendukung program diet. Caranya yaitu tinggal Anda jadikan saja sebagai menu makanan sehari-hari seperti sup atau diolah sebagai makanan lainnya.

10. Manfaat ketumbar untuk meredakan kecemasan

Bagi Anda yang seringkali merasa cemas yang berlebihan, maka alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi rempah ketumbar. Sebab, ekstrak ketumbar tidak jauh berbeda dengan Diazepam yang biasanya dijadikan obat untuk meredakan kecemasan. Selain itu, khasiat ketumbar juga mampu membantu merelaksasi pikiran agar dapat lebih tenang dan rileks.

11. Khasiat ketumbar untuk mencegah diabetes

Ekstrak ataupun minyak dari biji ketumbar berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah secara efektif. Sebab, biji ketumbar mampu merangsang produksi insulin di dalam tubuh seseorang. Jadi, penumpukan gula di dalam darah dapat dicegah.
Cara kerja biji ketumbar ini juga sama halnya seperti obat gula darah yang biasanya sering dijual di apotek yaitu Glibenclamide. Sehingga salah satu bumbu dapur ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

12. Manfaat ketumbar untuk mengatasi batuk dan pilek

Khasiat ketumbar berikutnya ialah mampu membantu Anda untuk mengobati batuk dan pilek. Beberapa kandungan yang dimiliki oleh rempah ketumbar dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, dimana berkhasiat untuk mengobati batuk dan pilek.

Selain itu, sumber vitamin C yang terkandung didalamnya merupakan antioksidan tinggi yang sangat mampu meredakan flu. Jadi, apabila Anda sedang batuk ataupun pilek, disarankan untuk mengonsumsi ketumbar agar penyembuhannya bisa semakin cepat.

13. Khasiat ketumbar untuk membantu mengatasi nyeri sendi dan pegal-pegal

Sebelum Anda membeli obat yang mengandung bahan kimia, alangkah baiknya jika mencoba menggunakan ketumbar untuk menyembuhkannya. Sifat analgesik yang dimiliki ketumbar mampu membantu mengurangi rasa nyeri dan pegal-pegal pada bagian persendian seseorang. Tidak hanya itu, di dalam ketumbar juga terdapat kandungan asam linoleat. Kandungan tersebut mampu membantu analgesik dalam meredakan rasa nyeri dan pegal-pegal.

14. Manfaat ketumbar untuk mencegah peradangan

khasiat ketumbar untuk kesehatan lainnya ialah mampu mencegah peradangan. Ketumbar memiliki kandungan antioksidan tinggi, hal itulah yang membuat manfaat ketumbar bisa membantu mencegah peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, antioksidan tersebut juga diganyang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

15. Khasiat ketumbar untuk menjaga kesehatan kulit

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ekstrak ketumbar mampu membantu mencegah kerusakan sel, dimana bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini. Selain itu, juga dapat menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi sinar matahari yang berlebih.

Apabila Anda mendapati permasalahan kuli seperti jerawat, pigmentasi, atau masalah kulit kering alangkah baiknya jika mengonsumsi jus daun ketumbar. Sebab, dari dulu sudah banyak orang yang mengonsumsinya untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut.

Cara Membuat Air Rendaman Ketumbar

Sebagian besar khasiat ketumbar di atas, bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi air rendaman ketumbar. Lantas bagaimana cara membuatnya? ikuti langkah-langkah berikut:

  • Rendamlah 10 gram ketumbar dengan 1 gelas air, kemudian biarkan selama semalaman.
  • Keesokan paginya, saring air rendaman tersebut. Jika sudah, Anda dapat langsung meminumnya dalam keadaan perut yang masih kosong.

Itulah berbagai manfaat ketumbar untuk kesehatan dan mengobati segala penyakit. Perlu diingat, bahwa jangan sampai mengonsumsi ketumbar secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping. Bagi ibu hamil dan menyusui, baru usai menjalani operasi, memiliki kelainan perdarahan, lebih baik konsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *