9 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

sumbersehat – Ada banyak pembahasan mengenai tanaman herbal, salah satunya yaitu manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya. Konon, sederet tanaman herbal tersebut memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan minim efek samping. Benarkah demikian?

Memang ada benarnya, tetapi penggunaan tanaman herbal pun harus diperhitungkan dengan baik. Minimal, kenali terlebih dahulu mengenai kandungan, manfaat, serta kemungkinan efek samping. Selain itu, ada beberapa tanaman yang tidak cocok untuk suatu kondisi tertentu.

manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya

Inilah Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang dikenal dengan sensasi agak pedas. Bumbu dapur ini dihasilkan dari biji tanaman bernama Coriandrum Sativum yang sudah mengalami proses pengeringan. Pada kesempatan kali ini, pembahasan akan lebih fokus kepada manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya bagi tubuh:

Saluran Pencernaan

Ketumbar dikenal mengandung anti oksidan yang cukup tinggi, sehingga dipercaya ampuh dalam membantu peregangan pada usus. Lebih dari itu, manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya ini juga dapat mengatasi permasalahan perncernaan lainnya. Mulai dari cacingan, sembelit, diare, iritasi yang terjadi pada usus besar, perut kembung, hingga membantu proses produksi enzim saluran cerna.

Wasir

Wasir adalah sebuah pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah di bagian usus besar akhir atau rektum, dan dubur atau anus. Meski tidak selalu menimbulkan keluhan, keberadaan wasir juga dapat memicu rasa tidak nyaman serta sensasi gatal pada anus. Pada beberapa kasus juga dapat menyebabkan perdarahan yang keluar melalui anus.

Siapa sangka, manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya juga dapat mengatasi wasir. Hal ini dikarenakan ketumbar memiliki sifat sebagai analgesik yang ternyata mampu meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh wasir. Air rendaman ketumbar juga digadang-gadang dapat mencegah timbulnya wasir.

Infeksi

Infeksi dapat terjadi di mana saja dan disebabkan oleh apa saja, baik bakteri, virus, maupun jamur. Salah satu jenis infeksi yang acapkali terjadi adalah konjungtivitis atau iritasi yang terjadi pada konjungtiva. Iritasi ini dapat menimbulkan peradangan, sehingga menutupi bola mata yang berwarna putih.

Tak hanya membuat mata menjadi merah, tetapi juga menimbulkan rasa gatal, berair dan membentuk kerak, hingga pembesaran kelenjar getah bening. Atasi dengan manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya yang ternyata juga mampu mengatasi infeksi. Tidak sebatas iritasi pada mata saja, tetapi juga saluran pernapasan dan kulit yang diakibatkan oleh virus, kuman, dan bakteri.

Mulut dan Gigi

Ada yang meragukan manfaat dari ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya untuk mulut dan gigi? Perlu diketahui, bahwa manfaat ini benar adanya. Sebab, kandungan analgesik pada ketumbar tidak hanya bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri akibat wasir saja, tetapi juga bagian tubuh lainnya. Bagi mulut dan gigi, analgesik tersebut berperan dalam meredakan sakit gigi dan menghindarkannya dari bakteri.

Sendi

Nyeri sendi dapat terjadi kepada siapa pun, terutama pada manusia lanjut usia. Nyeri sendi diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti cedera, terjadi peradangan, maupun osteoartritis. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk mengambil manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya. Perpaduan antara anlagesik dan asam linoleate cukup mampu meredakan nyeri sendi secara bertahap.

Batuk dan Pilek

Air rendaman ketumbar memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, di mana vitamin tersebut bersifat anti oksidan. Senyawa ini merupakan bahan bakar utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar kebal terhadap penyakit. Manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya ini dapat menghalangi virus penyebab batuk dan pilek untuk menyerang tubuh.

Kolesterol

Dewasa ini, kolesterol termasuk salah satu penyakit yang sudah sangat umum terjadi pada masyarakat Indonesia. Penyebab utama penyakit ini adalah gaya hidup dan pola makan yang kurang diperhatikan, sehingga kadar kolesterolnya naik. Setiap orang pasti memiliki kolesterol di dalam tubuh, hanya kadarnya saja berbeda.

Beberapa waktu lalu beredar kabar tentang manfaat air rendaman ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya untuk kolesterol. Hal ini benar adanya, air rendaman ketumbar mampu mengendalikan kadar kolesterol. Namun, ada aturan khusus untuk pemanfaatannya. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter yang juga paham dengan minuman herbal, agar tetap aman.

Diabetes

Selaras dengan poin sebelumnya, diabetes juga sudah menjadi “penyakit umum” di Indonesia. Meski demikian, cobalah untuk mengubah gaya hidup dan kendalikan kadar gula, agar berumur panjang. Salah satunya yaitu dengan menggunakan manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya.

Pada biji ketumbar mengandung beragam nutrisi penting, seperti vitamin A, C, K, kalium, asam folat, magnesium, kalsium, dan zat besi. Daftar nutrisi tersebutlah yang dipercaya mampu mengurangi kadar gula di dalam darah, serta menjaga kegiatan insulin. Oleh karena itu, ketumbar termasuk bumbu dapur yang cukup aman bagi penderita diabetes.

Kanker

Salah satu faktor penyebab kanker yang cukup dekat dengan manusia adalah keberadaan HCA atau heterocylic amine. Zat kimia ini terbentuk saat daging dimasak dalam suhu yang sangat tinggi dan mengonsumsinya secara berlebih dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Menurut hasil riset pada American Journal of Clinical Nutrition, konon penggunaan ketumbar saat memasak dapat mencegah pembentukan HCA. Meski demikian, manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh dan efek sampingnya masih perlu diteliti ulang. Sebab, sampai saat ini belum benar-benar ada obat untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Efek Samping Ketumbar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya tetap harus diperhatikan. Sebab, pada beberapa orang dengan kondisi tertentu mungkin saja dapat menimbulkan efek yang berbeda. Berikut beberapa kemungkinan efek samping yang terjadi:

Alergi

Alergi merupakan suatu bentuk reaksi tubuh terhadap kandungan tertentu, baik dalam berupa makanan, minuman, maupun unsur lain. Begitu juga saat mengonsumsi air rendaman ketumbar yang ternyata dapat meningkatkan risiko alergi. Oleh karena itu, jika memiliki alergi tertentu lebih baik konsultasikan terlebih dahulu.

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu keadaan di mana tubuh kekurangan asupan cairan. Keadaan ini ditandai dengan rasa haus yang teramat sangat dan dapat menjadi lebih buruk, jika tidak segera ditangani. Dan perlu diketahui, mengonsumsi air rendaman ketumbar dalam jangka waktu lama juga dapat memicu dehidrasi. Oleh karena itu, minumlah secukupnya pada waktu dibutuhkan.

Penurunan Gula Darah Secara Drastis

Manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya terhadap gula darah memang cukup efektif. Meski demikian, penurunan yang terjadi secara drastis juga sangat tidak disarankan. Sebab, hal ini justru akan membuat penderita diabetes menjadi drop dan tidak berdaya.

Tekanan Darah Rendah

Efek samping lain dari ketumbar yang harus diperhatikan, yaitu menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Oleh karena itu, sebaiknya perhitungkan dengan baik sebelum meminum air rendaman ketumbar. Minimal, kurangi dosis atau takaran dari minuman tersebut.

Demikian sederet manfaat ketumbar untuk kesehatan dan efek sampingnya yang dapat dijadikan bahan pertimbangan. Meskipun tergolong herbal, tetaplah berhati-hati dalam penggunaannya. Jangan sembarangan, pastikan mencari tahu informasinya secara lengkap terlebih dahulu.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah leci madu

8 Manfaat Buah Leci Madu Untuk Kesehatan Dari Atasi Sembelit Hingga Cegah Kanker

Buah leci madu dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa paling manis dibandingkan buah leci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *