Ingin Tahu 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kecantikan? Simak Di Sini

sumbersehat – Ada banyak manfaat ketumbar untuk kecantikan yang belum dikenal orang. Padahal beberapa jurnal kesehatan sudah meneliti dan membahas salah satu bumbu dapur ini. Benarlah anggapan bahwa kecantikan wanita bisa terbit dari dapur. Karena ternyata banyak bahan dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai produk kecantikan alami.

Saat ini banyak orang menganggap bahwa kecantikan wanita tergantung pada produk skincare yang dipakai. Mungkin mereka belum tahu bahwa ada banyak wanita separuh baya atau bahkan lebih tua masih awet muda meskipun tidak mengenal skincare. Bisa jadi salah satunya karena mereka lebih mengenal manfaat ajaib ketumbar untuk kecantikan dibanding skincare.

manfaat ketumbar untuk kecantikan

Kandungan Ketumbar yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Ketumbar memiliki beberapa bahan aktif yang dapat berfungsi menambah kecantikan alami kulit. Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Andafarm menunjukkan bahwa kandungan ketumbar dalam 100 gram ketumbar kering didominasi oleh karbohidrat. Yaitu mencapai 54,2 gram. Sedangkan sisanya adalah kandungan fosfor, kalium, kalsium, protein, serat, dan lainnya seperti:

Seng (Zinc)

Dari 100 gram ketumbar kering, mengandung 4,6 mg seng atau zinc. Zinc dalam tubuh manusia bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Jenis mineral ini juga merupakan katalisator ratusan jenis enzim yang menjaga kelancaran pencernaan.

Gula darah yang stabil dapat membuat peredaran darah lebih lancar. Sehingga memperkecil kemungkinan terserang stroke. Di bidang kecantikan, zinc mendukung sistem integumen pad akulit, kuku dan rambut. Keberadaan zinc berfungsi mencegah kerontokan dan meminimalisir jerawat muncul.

Niasin

Niasin merupakan salah satu jenis Vitamin B, atau biasa dikenal sebagai Vitamin B3. Secara singkat hasil penelitian menunjukkan bahwa Niacin (Niasin) bermanfaat untuk menguatkan sistem kardiovaskular serta menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Zat ini juga mendukung kesehatan kulit dan mencegah munculnya jerawat.

Tembaga

Kandungan tembaga dalam butiran kecil bumbu dapur ini menambah daftar manfaat ketumbar untuk kecantikan. Selain berfungsi mencerahkan dan meremajakan kulit, mineral tembaga juga bermanfaat mengobati luka seperti bisul, infeksi kulit, luka dan mencegah penuaan dini. Selain pada ketumbar, mineral tembaga juga terdapat pada kacang tanah dan kedelai.

Kalsium

Kandungan kalsium sebanyak 630 mg dari 100 gram ketumbar kering. Kalsium bagus untuk mendukung sistem rangka tubuh, tulang, gigi, dan mengatur kontraksi otot. Pada kulit, kalsium berfungsi untuk mengatasi kulit pecah-pecah dan membekukan darah dari area kulit yang terluka. Selan pada ketumbar, kalsium juga terdapat dalam susu, sayur, buah dan bahan olahan.

Protein

Dari 100 gram biji ketumbar kering, terdapat 14,1 gram protein. Selain pada biji ketumbar, protein banyak terdapat pada daging, telur, sayur dan buah. Protein berfungsi menjaga sistem imun, sistem otot, dan membantu produksi hormon. Simak juga manfaat ketumbar untuk kesehatan.

B-Karoten

Manfaat ketumbar untuk kecantikan berikutnya adalah disebabkan adanya kandungan B-Karoten atau biasa dikenal sebagai Beta Karoten. Di dalam tubuh manusia, senyawa Beta Karoten diubah menjadi Vitamin A yang salah satunya berfungsi mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Selain pada biji ketumbar, Beta KAroten juga terdapat pada buah dan sayuran serta daging.

Riboflavin

Merupakan nama lain dari Vitamin B2 yang berfungsi menurunkan risiko anemia dan mencegah penyumbatan darah. Selain itu Riboflavin juga berfungsi menyehatkan rambut, mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit. Pada ibu hamil, RIboflavin berfungsi menurunkan risiko terjadinya pre-eklampsia.

Mengambil Manfaat Ketumbar Untuk Kecantikan

Selain dapat digunakan sebagai bumbu, manfaat ketumbar untuk kecantikan juga bisa dinikmati oleh para ibu dan gadis Indonesia. Beberapa manfaat berikut dapat dirasakan baik dengan cara mengonsumsi atau dengan menggunakannya sebagai produk perawatan. Meskipun belum se-familiar buah atau sayur untuk perawatan, manfaat ketumbar ini luar biasa, seperti:

Mencegah Penuaan Dini dan Meremajakan Kulit

Kandungan Beta Karoten, Protein, Kalsium, Riboflavin, Niacin, dan bahan aktif lainnya sangat bermanfaat untuk membantu kulit tetap muda. Salah satu manfaat ketumbar untuk kecantikan ini sangat dicari oleh para wanita. Mungkin karena jarang dari kaum hawa yang mudah menerima kenyataan bahwa usia semakin senja.

Mencegah Jerawat

Regenerasi sel kulit akan berjalan dengan baik jika nutrisinya terpenuhi. Sayangnya dalam proses regenerasi tersebut kadang kulit wajah terhambat kotoran atau polusi sehingga menyebabkan jerawat. Dengan salah satu manfaat ketumbar untuk kecantikan yaitu mencegah jerawat, bumbu dapur ini dapat dikonsumsi dengan porsi yang lebih banyak.

Membantu Produksi Kolagen

Dengan konsumsi ketumbar, peredaran darah menjadi lancar dan salah satu manfaat ketumbar untuk kecantikan adalah untuk mencegah penuaan. Maka ketumbar juga merangsang produksi kolagen tetap normal meskipun usia sudah di atas kepala tiga. Kolagen inilah yang berperan paling besar dalam pencegahan penuaan dini.

Mencerahkan Kulit

Banyak manfaat ketumbar untuk kulit. Kandungan Vitamin B2, B3, dan banyak bahan lain yang aktif menjaga kesehatan kulit dapat membuatnya lebih cerah. Tentu untuk mendapat hasil maksimal, bisa dibantu dengan produk lain yang memang berfungsi mencerahkan kulit. Seperti lotion, Vitamin E, dan pakaian tertutup untuk melindunginya dari sinar matahari langsung.

Mengobati Luka, Bisul dan lainnya

Fungsi Kalsium dalam biji ketumbar diantaranya adalah untuk menutup luka dan membantu pembekuan darah. Penyembuhan sakit pada kulit tentu tidak bisa dilakukan secara kilat. Namun melebihkan porsi konsumsi ketumbar saat sakit dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Mencegah Kulit Kering

Dengan produksi kolagen yang cukup, kelembapan kulit akan terjaga. Sehingga kulit tidak mudah kering dan pecah-pecah. Sementara itu Kalsium juga bekerja maksimal untuk memperbaiki sel kulit yang pecah atau terluka agar jaringannya bersatu kembali.

Menyehatkan Rambut

Inilah manfaat ketumbar yang tidak boleh dilewatkan. Kandungan Riboflavin dalam biji ketumbar dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Beberapa produk perawatan rambut sudah ada yang menggunakan ketumbar sebagai campuran bahan. Meskipun belum familiar layaknya lidah buaya, ketumbar juga siap bersaing menjadi produk perawatan rambut.

Cara Memanfaatkan Ketumbar

Lalu bagaimana cara mengambil manfaat ketumbar untuk kecantikan? Sementara selama ini kita mengenal ketumbar hanya sebagai bumbu yang dikonsumsi bersama dengan masakan. Sulit menemukan orang yang biasa mengonsumsi ketumbar secara khusus layaknya kudapan sayur atau buah yang bisa dikonsumsi langsung.

Konsumsi

Manfaat ketumbar untuk kecantikan wanita bisa diperoleh dengan mengonsumsinya. Batas maksimal konsumsi ketumbar harian adalah 100 gram. Sangat besar dibandingkan dengan penggunaan ketumbar untuk bumbu masakan yang hanya beberapa gram. Maka untuk mendapat manfaat lebih, bisa ditambahkan porsi ketumbar untuk bumbu masakan harian.

Campuran Kosmetik

Selain dengan cara dikonsumsi, manfaat ketumbar untuk kecantikan juga dapat dirasakan melalui penggunaan sebagai produk perawatan. Baik secara alami dengan menumbuknya, menggunakan sebagai masker, mengambil sarinya untuk campuran air mandi, dan sebagainya. Atau dengan menggunakan produk yang bahannya sudah dicampur biji ketumbar.

Dengan banyaknya manfaat ketumbar untuk kecantikan, wanita Indonesia tidak lagi perlu khawatir dengan penuaan dini. Cukup gunakan biji ketumbar sebagai campuran bahan perawatan kulit. Atau konsumsi bumbu kecil ini dengan porsi lebih banyak dari biasanya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penghilang tahi lalat

8 Penghilang Tahi Lalat Alami yang Ampuh Hilangkan, Wajib Tahu

sumbersehat.com – Bahan penghilang tahi lalat sebenarnya banyak terdapat di sekitar kita. Dan juga sangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *