Ketahui 4 Manfaat Ketumbar Untuk Diet, Badan Langsing dan Sehat

sumbersehat – Manfaat ketumbar untuk diet belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Namun belakangan hal ini tampaknya mulai populer. Bukan hanya karena bahannya mudah didapatkan namun juga proses pengolahannya sangatlah mudah. Jadi selain mudah dibuat juga murah di kantong. Tidak perlu merogoh kocek dalam, Anda sudah bisa merasakan manfaat nyata dari bumbu dapur yang satu ini.

Faktanya manfaat ketumbar untuk diet cukup banyak. Dari mengatasi penyakit jantung, sampai mengurangi berat badan. Yang terakhir merupakan salah satu resep alami yang sering dicari terutama oleh kaum hawa yang sangat memperhatikan penampilan fisik. Tidak heran bila aneka produk meski mahal tetap dicari dan digunakan untuk program diet.

Manfaat ketumbar untuk diet

Kandungan yang Terdapat Dalam Ketumbar

Sebelum membahas manfaat ketumbar untuk diet, terlebih dahulu dibahas kandungan-kandungan yang terdapat dalam ketumbar. Zat-zat atau senyawa apa saja yang berperan dalam menjaga dan mengatasi masalah kesehatan. Seperti halnya ramuan herbal lainnya, maka ketumbar juga diklaim tidak memiliki efek samping berbahaya bila digunakan jangka panjang. Kandungan ketumbar sebagai berikut:

Daun Ketumbar Mentah

Berikut ini merupakan kandungan gizi per 100 gram yang terdapat dalam daun ketumbar segar atau mentah. Belum mengalami proses apapun. Banyak kandungannya yang bermanfaat bagi kesehatan terutama manfaat ketumbar untuk diet. Salah satu di antaranya adalah kandungan vitamin C yang terdapat dalam daun ketumbar mentah per 100 gram terdapat 566,7 mg.

Kandungan vitamin lainnya adalah vitamin B6, dan E. masing-masing sebanyak 0,610mg dan 1,03g per 100 gram. Terdapat juga vitamin K atau filokuinon dalam daun ketumbar mentah dan vitamin A iU dan A RAE. sedangkan kandungan lemak, lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal, lemak jenuh masing-masing sebanyak 4,78g, 0,328g, 2,232g, dan 0,115g.

Sedangkan zat-zat lain yang terkandung dalam 100 gram daun ketumbar mentah adalah zat besi, fosfor, kalium, kalsium, karbohidrat. Lalu magnesium, mangan, natrium, protein, selenium, seng, tembaga, dan tianima. Masing-masing terdapat 42,46mg, 481 mg, 4.466mg, 1.246mg, 52,10mg. Lalu dalam magnesium 694mg, 6,355mg, 211mg, 21,93mg, 29,3mg, 4,73 mg, 1,786mg, 1,252mg.

Daun Ketumbar yang Telah Dikeringkan

Di atas merupakan kandungan gizi per 100 gram daun ketumbar segar. Berikut ini adalah kandungannya daunnya yang telah dikeringkan. Yang pertama terdapat kandungan air sebanyak 7,30g. Lalu ada kandungan zat besi yang sama banyak dengan daun ketumbar segar yaitu sebanyak 42,46 mg. Kemudian terdapat juga kandungan fosfor (481 mg), gula (7,27g), kalium (4.466mg), kalsium (1.246mg).

Terdapat juga kandungan karbohidrat sebanyak 52,10g dan tanpa kandungan kolesterol. Nah inilah salah satu kelebihan dari ketumbar. Sementara kandungan lemak terdapat 4,78g, lemak jenuh yang sangat sedikit (0,115g). Lemak tak jenuh ganda sebanyak 0,328g dan lemak tak jenuh tunggal 2,32g atau sama dengan daun ketumbar segar.

Biji Ketumbar

Lalu bagaimana dengan kandungan yang terdapat dalam biji ketumbar itu sendiri? Simak kandungannya berikut ini. Adanya kandungan air sebanyak 8,86 g. Lalu zat besi (16,32 mg), food energy (293 kkal), fosfor (409 mg). Kandungan kalium 1.267 mg, kalsium (709 mg), dan karbohidrat (54,99 g). Sedangkan kolesterol lagi-lagi tidak terdapat sedikit pun dalam biji ketumbar.

Kandungan lemaknya 17,77g, lemak jenuh (0,990g), lemak tak jenuh ganda dan tunggal masing-masing 1,750g dan 13,580g. Dalam biji ketumbar banyak terdapat vitamin C yaitu dalam 100 gramnya ada 21,0 mg. Riboflavin atau vitamin B2 terdapat 0,290mg dan serat total 41,9g. Serat total ini merupakan salah satu manfaat ketumbar untuk diet yaitu bagi proses penurunan berat badan.

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat dalam biji ketumbar. Nyatanya memang banyak yang bermanfaat untuk kesehatan. Di antaranya adala asam askorbat, asam stearat, ada juga asam palmitat. Masih ada lagi asam linoleat, dan asam oleat. Asam stearat terkenal dengan kemampuannya mengendalikan kolesterol dalam darah.

Inilah Manfaat Ketumbar Untuk Diet

Betul manfaat ketumbar untuk diet belum seterkenal manfaat buah pisang untuk program diet. Dalam artikel ini akan dibahas manfaat ketumbar, kandungan yang terdapat dalam ketumbar. Juga cara mengolah ketumbar agar dapat digunakan untuk membantu proses penurunan berat badan. Berikut penjelasan manfaat ketumbar yang perlu diketahui:

Bagi Pencernaan

Manfaat air rebusan ketumbar untuk diet dapat mengatasi berat badan berlebih atau obesitas, maka manfaat ketumbar untuk diet ini merupakan poin utama yang perlu diperhatikan. Yaitu manfaatnya untuk pencernaan. Seperti yang telah kita ketahui dan berdasarkan penelitian selama bertahun-tahun bahwa erat sekali kaitannya antara pencernaan dengan berat badan.

Membantu Proses Metabolisme

Adanya kandungan serat yang cukup banyak dalam ketumbar sangat membantu proses metabolisme tubuh secara umum. Namun khususnya adalah meringankan beban kerja pencernaan sehingga pengeluaran sampah sisa makanan terjadi secara teratur. Endapan-endapan yang tidak keluar secara lancar akan mengganggu dan mempengaruhi berat badan yang ideal. Nah inilah manfaat ketumbar untuk diet.

Detoks

Pencernaan yang lancar dapat mendetoks secara alami racun-racun dalam tubuh. Detoks tubuh merupakan salah satu keharusan dalam program diet. Bukan hanya itu lancarnya pencernaan merupakan salah satu kunci sukses program diet. Manfaat air ketumbar untuk diet ternyata dapat merangsang enzim dalam pencernaan yang telah dikenal secara luas mampu meningkatkan fungsi sistem pencernaan kita.

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Lainnya

Selain manfaat ketumbar untuk diet terdapat juga manfaat lainnya dari ketumbar. Di antaranya adalah mencegah rematik dan radang pada sendi. Masalah kulit ternyata dapat juga disembuhkan dengan bantuan ketumbar. Anemia, cacar, dan penyakit mata dapat diatasi dengan ketumbar. Kesehatan jantung juga bisa ditingkatkan oleh ramuan air ketumbar.

Cara Mengolah dan Manfaat Air Ketumbar untuk Diet

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengolah ketumbar yaitu dengan direbus, direndam, dan dibuat jus. Dengan cara direbus yaitu satu sendok makan biji ketumbar dimasukkan dalam air mendidih dan rebus sampai sekitar 1 menit. Matikan api lalu simpan dan minum setelah dingin setelah didiamkan semalaman ya.

Dengan cara direndam yaitu cukup 10 gram biji ketumbar dimasukan dalam segelas air. Biarkan selama semalaman. Pagi harinya, minum air rebusan tersebut dalam keadaan perut masih kosong. Alternatif dalam mengambil manfaat ketumbar untuk diet dengan membiarkan dalam lemari es semalaman daun ketumbar yang telah dimasukan dalam botol. Minum keesokan harinya.

Sedangkan olahan lainnya untuk diet adalah dengan membuat jus ketumbar. Caranya potong daun ketumbar sebanyak satu cangkir dan haluskan. Tambahkan secangkir air dan blender sampai rata. Ramuan ini dapat diminum setiap pagi untuk mendapatkan manfaat minum air ketumbar untuk diet secara maksimal.
.
Setelah mengetahui kandungan serta manfaat ketumbar, apakah Anda tertarik untuk mengkonsumsinya juga untuk mengatasi masalah berat badan? Silahkan dicoba beberapa cara di atas. Semoga berhasil dan dapat mengambil manfaat ketumbar untuk diet. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan setiap hari.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *