7 Manfaat Ketumbar Hitam untuk Kesehatan, Anda Harus Tahu!

sumbersehat – Ada banyak manfaat ketumbar hitam untuk Kesehatan, mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga mencegah diabetes. Meski fungsi utamanya adalah sebagai bumbu masakan, khasiat ketumbar hitam sangat bagus untuk tubuh manusia. Selain itu, bumbu dapur ini seringkali dijadikan sebagai bahan obat-obatan herbal.

Ketumbar hitam termasuk dalam keluarga umbelliferae. Jadi, dari akar hingga bagian buahnya memiliki aroma menenangkan. Menariknya, selain berkhasiat untuk kesehatan, ternyata wanginya pun banyak dimanfaatkan. Maka, tidak jarang bahwa Anda akan menemui bahan masakan ini kerap digunakan juga sebagai bahan dasar parfum, pewangi, aroma terapi, sabun, sampai kosmetik.

manfaat ketumbar hitam untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Ketumbar Hitam untuk Kesehatan

Kandungan dalam ketumbar hitam cukup banyak, diantaranya seperti karbohidrat, protein, Zat besi, hingga Vitamin A, B1, dan tak ketinggalan Vitamin C. Beragam kandungan inilah yang menjadikan khasiatnya cukup banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan singkatnya berikut ini!

Mengatasi Masalah Pencernaan

Salah satu manfaat ketumbar hitam untuk kesehatan adalah untuk mengatasi masalah pada perut Anda, yakni pencernaan. Pencernaan seringkali bermasalah karena efek dari makanan pedas atau juga makanan tidak sehat. Kondisi tersebut jelas tidak membuat Anda nyaman. Tetapi, kebanyakan orang biasanya akan langsung saja mengambil obat kimia untuk meredakannya.

Padahal, ketumbar hitam memiliki banyak serat yang mampu meredakan masalah pencernaan. Cara penyembuhannya yaitu dengan meminum air rebusannya atau memakannya langsung. Jadi, proses penyembuhan terjadi melalui pergerakan usus Anda. Selain itu, bahan ini dapat mengendurkan otot dan menghilangkan nyeri pada perut.

Mencegah Infeksi Jamur Dan Bakteri

Kandungan anti jamur juga anti bakteri menjadi manfaat ketumbar hitam untuk kesehatan selanjutnya. Jadi, bahan makanan ini bisa melindungi tubuh dari resiko terkena infeksi jamur dan bakteri. Dengan begitu, otomatis metabolisme Anda akan selalu terjaga. Namun, tentang hal ini masih banyak yang perlu dikaji lebih lanjut untuk melihat seberapa jauh khasiatnya sebagai anti jamur dan anti bakteri.

Mengatur Kolesterol dan Gula Darah

Selanjutnya, manfaat ketumbar hitam untuk kesehatan adalah menjaga kadar kolesterol dan kadar gula darah tetap normal. Ketumbar hitam diyakini memiliki kandungan anti inflamasi dan juga anti bakteri. Bila fakta tersebut benar, maka bisa digunakan sebagai pengatur kadar kolesterol dalam darah. Hal ini juga sangat baik untuk penderita diabetes, karena ketumbar hitam bekerja dengan cara merangsang sekresi insulin.

Seperti diketahui, insulin merupakan hormon yang bekerja dengan cara mentransfer glukosa dari darah ke dalam sel kemudian menjadikannya energi. Maka dari itu, bila kadar insulin di dalam tubuh lemah, tentu saja gula darah akan tidak terkontrol. Dengan terapi konsumsi ketumbar,

Kecantikan

Siapa sangka, manfaat ketumbar hitam untuk kecantikan ternyata juga ada. Setidaknya ada 3 manfaat utama bagi kecantikan. Pertama, rambut menjadi sehat. Kedua, wajah akan cerah. Dan ketiga, mengecilkan pori-pori. Tiga manfaat ini merupakan hal yang paling dicari oleh wanita zaman sekarang. Jadi, ketika Anda mengalami keluhan seperti kulit kusam, jerawat, ataupun rambut bercabang, tak perlu bingung, manfaat ketumbar untuk kecantikan ini adalah solusinya.

Menurunkan Darah Tinggi

Manfaat ketumbar hitam untuk kesehatan juga termasuk mengatasi darah tinggi ini memiliki alasan yang sama dengan khasiatnya mengontrol kolesterol dan gula darah. Ya, sifat anti inflamasi yang dibawa ketumbar hitam dipercaya efektif untuk mengobati darah tinggi sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Cara kerjanya adalah dengan cara membuang zat beracun dari darah. Demi merasakan manfaat ketumbar untuk darah tinggi ini, Anda bisa mengonsumsinya langsung atau dengan cara meminum air rebusannya.

Mengobati Batuk dan Pilek

Manfaat ketumbar hitam untuk kesehatan yang tak kalah penting adalah membantu mengobati batuk serta pilek. Cara mengonsumsinya adalah dengan cara meminum air ketumbar hitam setiap pagi sebelum sarapan, saat keadaan perut masih kosong. Lakukan terapi ini secara rutin hingga batuk dan pilek sembuh.

Mengatasi Gangguan Haid

Ketumbar hitam juga dikenal efektif mengatasi gangguan kewanitaan, yakni menstruasi. Bila Anda kerap merasakan nyeri hebat saat haid, ataupun memiliki gangguan seperti haid tak teratur, Anda bisa mengonsumsi suplemen herbal yang kaya khasiat ini.

Efek Samping Konsumsi Ketumbar Hitam

Sesuatu yang memiliki khasiat tentunya juga memiliki efek samping. Meski tergolong bahan alami yang kerap digunakan sebagai obat, konsumsi ketumbar hitam bisa jadi mengakibatkan efek samping. Meski kasusnya jarang ditemukan, ada baiknya Anda waspada. Berikut ini beberapa efek samping konsumsi ketumbar hitam secara berlebihan yang mungkin terjadi:

Bagi Penderita Darah Rendah (Anemia)

Seperti ulasan sebelumnya, diketahui bahwa salah satu manfaat ketumbar hitam untuk kesehatan adalah menurunkan darah tinggi. Namun, apa jadinya bila dikonsumsi terlalu banyak oleh penderita darah rendah? Tubuh otomatis akan menjadi lemas dan juga semakin kekurangan darah. Maka dari itu, penting bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit anemia, sebaiknya menghindari konsumsi ketumbar hitam terlalu banyak. Bila Anda ragu, konsultasikan segera dengan dokter ahli.

Efek Konsumsi Ketumbar Menjelang Operasi

Kondisi pada saat operasi harus benar-benar stabil agar segalanya berjalan lancar. Mengkonsumsi ketumbar hitam yang berlebihan sebelum operasi, dikhawatirkan akan mengganggu stabilitas gula darah dalam tubuh. Jadi, bila Anda memiliki jadwal operasi dalam waktu dekat, disarankan untuk menjaga asupan makanan paling tidak dua minggu sebelumnya.

Efek Samping untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat ketumbar hitam untuk kesehatan dan juga kecantikan sudah tak diragukan. Namun, khususnya bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, disarankan untuk mengonsumsi ketumbar hitam dengan asupan terbatas. Mengonsumsi terlalu banyak ketumbar hitam diyakini dapat mengganggu perkembangan janin. Selain itu, efek samping bagi ibu menyusui adalah mempengaruhi kelancaran ASI serta kandungan didalamnya.

Mengganggu Proses Pencernaan

Bila mengonsumsi ketumbar hitam dalam jumlah yang tidak wajar, Anda akan merasakan efek samping pada pencernaan. Hal ini disebut sebagai masalah gastrointestinal. Kondisi ini termasuk diare, mual dan muntah, dehidrasi, sakit perut, hingga hilangnya nafsu makan.

Dosis yang Aman Dikonsumsi

Meski termasuk tanaman herbal yang umumnya minim efek samping, untuk merasakan manfaat ketumbar hitam untuk kesehatan secara maksimal, Anda wajib memperhatikan dosis yang tepat. Apalagi setelah mengetahui efek sampingnya bila mengonsumsi berlebihan. Lalu, berapakah dosis yang tepat untuk dikonsumsi oleh orang dewasa? Dosis yang dibutuhkan tentu berbeda pada setiap orang.

Hal ini tergantung pada kondisi tubuh secara keseluruhan seperti riwayat kesehatan, usia, jenis kelamin, dan kondisi lainnya. Untuk hasil terbaik, selalu diskusikan terlebih dahulu dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda. Selain mengonsumsi secara langsung dan meminum air rebusannya, Anda juga bisa mencoba suplemen herbal berbahan dasar ketumbar hitam. Suplemen ini tersedia dalam berbagai bentuk serta dosis seperti tablet, minyak, sirup, dan bubuk.

Kesimpulannya, ketumbar hitam memang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Namun, tentunya dengan konsumsi dosis yang tepat alias tidak berlebihan. Jangan lupa, untuk menikmati manfaat ketumbar hitam untuk kesehatan dan kecantikan, Anda harus mengimbangi dengan pola hidup sehat termasuk menjaga asupan makanan serta berolahraga secara rutin.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *